Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16e

Berikut uraian kelebihan dan kekurangan Oppo A16e
Oppo A16e menyusul varian A16 yang telah hadir lebih dahulu di Indonesia. Dengan harga yang lebih terjangkau, Oppo A16e memang cukup menggoda di kelas entry-level. Spesifikasinya memang tidak terlalu ‘wah’ mengingat harga banderolnya hanya di kisaran 1 jutaan saja.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo A16e
  • Rilis Juni 2022
  • Layar 6.52 inci IPS LCD
  • Chipset Mediatek Helio P22 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 3/32 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide)
  • Kamera Depan 5 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4230 mAh
  • Harga Rp 1.600.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo A16e dan Harganya
Untuk membandingkan Oppo A16e dengan para rivalnya di kelas yang sama, mari simak kelebihan dan kekurangan Oppo A16e berikut.

Kelebihan Oppo A16e

Oppo tak ingin ketinggalan dalam persaingan ponsel kelas entri dari berbagai sisi. Hal tersebut terbukti dari keunggulan A16e berikut ini.

Desain Nyaman

Desain perangkat ini bukanlah desain yang fresh atau beraksen ikonik. Namun dalam hal kenyamanan, ergonomis Oppo A16e boleh diadu. Tidak hanya ringan saja, dimensi Oppo A16e terasa kompak karena hadir lebih ringkas dari saudaranya. Dimensinya memiliki ukuran 164 x 75.4 x 7.85 mm saja diimbangi dengan berat 175 gram. Ya, dengan kata lain ia dapat dioperasikan sebagai daily driver hanya dengan satu genggaman tangan.

Menariknya lagi, Oppo A16e ternyata sudah mengantongi sertifikasi rating yang menjamin ketahanan bodi dari tetesan air hujan. Ponsel ini membawa IP rating IPX4 yang jarang ada pada ponsel 1 jutaan lainnya sehingga tak perlu khawatir jika ingin menggunakannya di saat gerimis.

Layar Lebar dengan All-day Eye Care

Oppo A16e mengusung visualisasi yang cukup mendukung untuk streaming, scrolling sosial media, dan kebutuhan lainnya dengan ukuran layar lapang 6.52 inci. Resolusi layarnya tentu saja masih HD Plus (720 x 1600 piksel) dan menggunakan panel IPS LCD. Hal paling menarik dari layarnya adalah Oppo memberikan dukungan All-day Eye Care atau sekumpulan fitur yang membuat mata kalian tidak cepat lelah saaat menggunakan ponsel.

Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah Moonlight Display, Sunlight Display, dan AI Smart Backlight. Tidak cukup sampai di situ saja, layar dengan tingkat kecerahan hingga 480 nits ini juga sudah diberi proteksi berupa Corning Gorilla Glass 3 yang menjamin ketahanannya dari goresan atau retakan kecil.

Baterai Awet dan Tahan Lama

Meskipun Oppo A16e tergolong smartphone ringan dan ramping, siapa sangka bahwa ia juga mengemas daya baterai yang awet dan tahan lama. Kalian bisa mengandalkan baterai berkapasitas 4.320 mAh yang tentu saja termasuk besar di kelasnya. Oppo A16e dapat diandalkan seharian karena resolusi layarnya HD Plus yang berarti mengonsumsi lebih sedikit daya.

Selain itu, Oppo juga menyertakan fitur pendukung dari AI yang membantu kesehatan baterai tetap terjaga dalam waktu yang lama. Beberapa fiturnya yakni Optimized Night Charging, Super Power Saving Mode, dan juga Super Nighttime Standby.

Performa Mulus

Jangan dulu remehkan kinerja dari Oppo A16e walaupun ia berada di kelas entri. Dari sektor performa, perangkat ini diotaki oleh Helio P22 dari MediaTek. CPU Octa-core dengan kecepatan maksimum 2.0GHz ini dikombinasikan dengan memori internal 32GB dan kapasitas RAM 3GB. Ingin menambah ruang penyimpanan? Kalian bisa menggunakan opsi ekspansi microSD hingga 1TB lho.

Karena telah membawa System Booster, maka tak perlu risau soal issue overheat. Lembaran grafit heatsink dan kerja sistemnya yang optimal akan membantu memberikan performa lancar untuk tugas harian yang tidak terlalu berat. Untuk sistem operasinya, Oppo A16e berjalan di atas Android 11 dengan ColorOS 11.1.

Kekurangan Oppo A16e

Setelah membahas mengenai kelebihan Oppo A16e, mungkin beberapa di antara kalian sudah memantapkan hati memilihnya sebagai daily driver terbaru tahun ini. Namun ada baiknya untuk mempertimbangkan pula beberapa kekurangan Oppo A16e di bawah ini.

Kamera Downgrade

Jika dibandingkan dengan saudaranya, Oppo A16, spesifikasi kamera Oppo A16e justru downgrade. Apalagi para pesaingnya di harga yang sama sudah menawarkan kamera setidaknya dengan setup triple di bagian belakang. Pada Oppo A16e kalian hanya akan mendapatkan kamera utama 13MP dan kamera selfie beresolusi 5MP saja.

Ya, smartphone ini tidak menawarkan kamera ultrawide maupun sensor makro atau sensor depth sebagai pelengkap. Jika kalian bukan termasuk pengguna yang hobi memotret, tentu hal ini tidak menjadi masalah.

Belum Didukung Fast Charge

Daya baterai Oppo A16e yang tergolong besar ternyata belum didukung oleh kemampuan fast charging dari Oppo. Ponsel ini hanya menawarkan output 10W yang akan mengisi daya baterai dengan durasi lebih dari 2 jam. Padahal saat ini justru vendor smartphone bersaing dalam memberikan dukungan pengisi daya cepat meskipun di kelas entry-level.

Usai sudah uraian mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A16e yang wajib kalian ketahui. Semoga informasi ini dapat membantu dalam menentukan pilihan smartphone baru dengan budget terbatas. Terlepas dari dua kekurangannya, Oppo A16e cukup worth it to buy bagi yang membutuhkan smartphone cantik dengan mobilitas padat.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn