Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A55

Kalau kalian sedang mencari smartphone berdesain cantik dan menawan, Oppo A55 bisa jadi salah satu pilihan paling worth it. Namun tentu saja keunggulan ponsel 2 jutaan yang satu ini tidak sebatas desainnya yang menarik. Suksesor dari Oppo A54 ini siap menjadi perangkat harian yang bisa diandalkan dalam berbagai situasi.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo A55
  • Rilis Juni 2022
  • Layar 6.51 inci IPS LCD
  • Chipset Mediatek Helio G35 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 2.700.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo A55 dan Harganya
Penasaran dengan kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan oleh Oppo A55? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Kelebihan Oppo A55

Berada di level entri, beberapa kelebihan Oppo A55 memang cukup menggoda. Setidaknya terdapat 5 kelebihan di bawah ini yang akan kalian dapatkan dari Oppo A55.

Desain Eye Catching

Siapa sangka smartphone 2 jutaan ternyata tampak lebih mahal dibanding para rivalnya. Ya, Oppo A55 mengusung desain kekinian yang menyuguhkan tipe layar punch-hole dan bodi melengkung 3D. Padahal hingga saat ini masih banyak ponsel yang menggunakan layar water drop atau tetesan air yang terlihat lebih lawas.

Dimensi dari Oppo A55 pun terlihat menjamin ergonomis penggunanya. Dengan dimensi 163.6 x 75.7 x 8.4 mm, ponsel ini membawa bobot 193 gram. Ukuran yang tergolong kompak tersebut diiringi dengan rancangan ultra modern sehingga semakin eye catching dan segar. Kalian bisa memilih salah satu di antara dua varian warna Oppo A55, yakni Starry Black dan Blue Rainbow.

Kombinasi Kamera Mumpuni

Oppo A55 juga menawarkan kelebihan berupa kombinasi kamera mumpuni yang dapat mendukung hobi fotografi. Pasalnya, kamera utama perangkat ini memiliki resolusi besar hingga 50 MP dengan aperture f/1.8. Lensa utama tersebut semakin lengkap dengan kehadiran kamera makro 2 MP serta sensor depth 2 MP.

Sejumlah fitur mendukung pun disuguhkan oleh Oppo mulai dari Baclight HDR, Night Mode, hingga Night Plus. Kalian juga bisa mengandalkan kamera selfie Oppo A55 yang memiliki resolusi 16 MP lengkap dengan dukungan Fill Light 360 derajat. Kabar baiknya, kamera depan dan kamera belakang Oppo A55 bisa merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 frame per detik. Cukup menarik bukan?

Baterai Besar

Nah, kalau kelebihan yang satu ini sudah pasti disukai oleh hampir seluruh pengguna smartphone. Dengan kapasitas baterai yang besar, maka durasi penggunaan ponsel pun akan lebih lama. Oppo A55 mengemas daya baterai 5.000 mAh sehingga sanggup menemani aktivitas seharian penuh. Kinerjanya dapat kalian andalkan untuk berbagai penggunaan meskipun hanya tersisa 5% saja karena Oppo memiliki fitur Power Saving Mode.

Sementara untuk mengisi ulang daya, Oppo A55 dibekali dengan teknologi pengisi daya cepat hingga 18W. Oleh sebab itu tak perlu risau soal kecepatan proses charging-nya ya.

Layar Lapang

Ponsel masa kini tentu tidak terlepas dengan spesifikasi layar yang lapang. Oppo A55 pun mampu memenuhi ekspektasi pengguna setia Android dengan mengusung panel IPS LCD berukuran 6.51 inci. kalian dapat menggunakannya untuk menonton film, streaming, atau hanya sekadar scrolling sosial media sepuasnya. Oppo telah menyertakan fitur Eye Comfort dan kecerahan hingga 550 nits yang menjamin keterbacaan baik di siang maupun di malam hari.

Proteksi Lengkap

Oppo A55 tak diragukan lagi merupakan ponsel entry-level dengan jaminan proteksi yang cukup lengkap. Terdapat sertifikasi IP rating IPX4 yang membuatnya tahan dari percikan air sehingga tak perlu khawatir menggunakannya ketika gerimis. Selain itu, layarnya pun telah diberi lapisan berupa NEF T2X-1 yang turut menjaga display dari retakan atau goresan.

Kekurangan Oppo A55

Apakah kalian sudah mulai tergoda untuk segera membeli Oppo A55? Jangan lupa untuk mempertimbangkan beberapa kekurangannya berikut ini.

Resolusi Layar Masih HD+

Oppo memang menyematkan layar lapang pada perangkat ini. Namun harus digaris bawahi bahwa resolusi layarnya belum Full HD Plus sebagaimana perangkat 2 jutaan lainnya. Kalian hanya bisa menikmati konten sebatas resolusi HD+ (720p) saja yang menjadi salah satu deal breaker bagi sebagian orang. Namun sisi baiknya adalah resolusi HD+ akan menjaga baterai lebih hemat daripada menggunakan layar dengan resolusi lebih tinggi.

Dapur Pacu Kalah Saing

Untuk kalian yang mengharapkan performa gaming yang luar biasa, tentu saja Oppo A55 bukan pilihan yang tepat. Perangkat ini ditenagai oleh Helio G35 (12 nm) dari MediaTek yang memiliki CPU 8 inti dengan clock speed 2.3 GHz. Jika digunakan untuk penggunaan ringan seperti scrolling sosial media atau sekadar multitasking tugas harian, Oppo A55 masih bisa diandalkan.

Namun jika chipset smartphone bukanlah prioritas, maka ponsel ini tetap worth it untuk dipilih. Pasalnya, Oppo menyertakan kapasitas cukup luas dengan konfigurasi RAM 4GB bersama memori internal 64GB.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A55 yang wajib diketahui sebelum fix membelinya untuk upgrade smartphone. Semoga informasi ini dapat membantu kalian menentukan pilihan ya.