Review Kelebihan dan Kekurangan Realme C30

Berikut uraian kelebihan dan kekurangan Realme C30
Realme C30 sukses bikin persaingan smartphone level entri semakin panas. Harganya yang hanya 1 jutaan saja dijamin tidak akan menguras kantong kalian kok.

HP Realme
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme C30
  • Rilis Juli 2022
  • Layar 6.5 inci IPS LCD
  • Chipset Unisoc Tiger T612 (12 nm)
  • GPU Mali-G57
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 2/32 GB
  • Kamera Belakang 8 MP (wide)
  • Kamera Depan 5 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Harga Rp 1.400.000
Selengkapnya : Spesifikasi Realme C30 dan Harganya
Dengan harga terjangkau tersebut, ketahui lebih jauh mengenai kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Realme C30

Smartphone yang satu ini mengusung tagline “HP Sejutaan #PastiStylish” karena memang menawarkan desain yang tidak monoton atau pun murahan. Mulai dari layar lapang hingga baterai jumbo, sederetan kelebihan Realme C30 di bawah ini siap menemani aktivitas harian kalian.

Desain Unik

Realme C30 membawa desain vertical stripe yang mengingatkan pada permukaan koper sehingga terkesan unik. Realme sendiri menyebut bahwa konsep desain ini terinspirasi dari bagasi sehingga tak heran garis vertikalnya membuat Realme C30 terlihat stylish.

Berbodi ramping dan kompak, Realme C30 memiliki ukuran dimensi 164.1 x 75.6 x 8.5 mm dengan bobot hanya 182 gram saja. Kalian dapat memilih salah satu di antara tiga variasi warna yang disediakan, yakni varian Bamboo Green, Denim Black, dan Lake Blue.

Layar Besar

Ponsel terjangkau yang satu ini turut mengikuti tren layar besar yang nyaman digunakan untuk menonton film, streaming, bermain game, atau hanya sekadar scrolling sosial media saja. Panel depannya menyuguhkan rentang diagonal sebesar 6.5 inci dengan resolusi HD Plus (720 x1600 piksel) dan membawa rasio layar ke bodi sebesar 88.7 % yang notabene tidak menampilkan bezel terlalu tebal.

Dengan klaim kedalaman warna hingga 16.7 juta warna, visualisasinya terbilang oke dan mumpuni di kelasnya. Apalagi Realme turut membekali layar perangkat ini dengan touch sampling rate hingga 120 Hz sehingga input sentuhnya terasa smooth dan lancar. Sebagaimana smartphone lainnya di kelas entri, Realme C30 pun masih menggunakan panel IPS LCD dengan kerapatan piksel standar 270 ppi.

Performa Bisa Diandalkan

Bukan MediaTek atau pun Qualcomm, kali ini Realme C30 ditenagai oleh chipset Unisoc T612 yang merupakan salah satu chip andalan untuk ponsel entry-level. Performanya cukup mampu diandalkan sebagai daily driver untuk menjalankan tugas harian dengan mudah.

Chip Unisoc T612 memiliki delapan inti CPU yang terbagi menjadi dua kluster, dimana komposisinya terdiri dari dua core Cortex A75 berkecepatan maksimum 1.8 GHz dan enam core Cortex A55 lainnya hemat energi dengan kecepatan maksimum 1.8 GHz. Ia juga membawa kartu grafis GPU Mali-G57 yang turut dibekali HyperEngine. Dengan proses fabrikasi 12 nanometer, kinerja Realme C30 bisa dikatakan mumpuni untuk tugas yang tidak terlalu berat.

Penyimpanan Lega

Salah satu kelebihan Realme C30 yang patut diacungi jempol adalah kehadiran ruang penyimpanan yang lega meski harga banderolnya 1 jutaan saja. Tersedia RAM LPDDR4X variatif antara 2 GB, 3GB, dan 4 GB dengan memori internal UFS 2.2 32 GB dan 64 GB. Jika membutuhkan kapasitas tambahan, Realme menyediakan slot microSD khusus dengan daya tampung hingga 1 TB lho.

Baterai Badak

Kelebihan Realme C30 selanjutnya ada pada sektor daya baterai. Di balik kapnya, smartphone langsing ini mengemas baterai 5.000 mAh untuk bertahan seharian penuh. Realme juga mengunggulkan Ultra Saving Mode miliknya yang memberi manfaat bagi penggunanya untuk bisa menikmati 45.3 jam waktu siaga sangat lama bahkan ketika daya baterai hanya tersisa 5% saja.

Ketika mengaktifkan mode tersebut, kalian masih bisa membuka aplikasi WhatsApp hingga 1.5 jam, memutar musik di Spotify hingga 4 jam, dan bisa pula melakukan panggilan telepon hingga 2.3 jam meski baterai 5%. Sangat menarik, ya?

Kekurangan Realme C30

Setelah membahas mengenai kelebihan Realme C30, tidak adil rasanya jika tidak mengulik kekurangannya. Nah, berikut ini kekurangan Realme C30 yang wajib kalian ketahui.

Setup Kamera Tidak Menarik

Harus diakui bahwa Realme C30 belum unggul di sektor fotografi. Realme hanya menyediakan kamera tunggal 8 MP di punggungnya dan kamera selfie 5 MP di notch water-drop pada layarnya. Kendati telah dilengkapi berbagai fitur mendukung seperti Super Night hingga HDR, namun kemampuannya terbilang minim.

Jika digunakan untuk keperluan mengabadikan momen saja, tentu setup kameranya masih membantu. Namun untuk kebutuhan konten sosial media yang menarik, perangkat ini tidak menjanjikan kualitas yang diharapkan.

Belum Ada Fast Charging

Jangan dulu senang dengan kapasitas baterainya yang jumbo. Pasalnya, Realme belum membekali HP ini dengan teknologi fast charging. Kalian terpaksa harus puas dengan charger mentok di 10 watt jika ingin mengisi ulang daya.

Tidak Ada Biometrik Fingerprint

Nah, kalau yang satu ini sih hampir jadi deal breaker terutama bagi yang sudah terbiasa menggunakan smartphone dengan sidik jari. Apakah kalian tidak keberatan dengan absennya sensor ini pada Realme C30?

Itulah highlight kelebihan dan kekurangan Realme C30 yang wajib kalian pertimbangkan. Terlepas dari tiga kekurangan tersebut, perangkat ini adalah pilihan yang worth it to buy terutama bagi yang menginginkan fungsi dasar smartphone.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn