Review Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50i Prime

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 50i Prime
Realme Narzo 50i Prime adalah pendatang baru dari segmen entry-level yang bisa kalian boyong dengan budget mulai dari 1.2 juta. Ya, harganya memang sangat terjangkau karena menargetkan pangsa pasar pengguna yang membutuhkan fungsi dasar smartphone.

HP Realme
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme Narzo 50i Prime
  • Rilis Agustus 2022
  • Layar 6.5 inci IPS LCD
  • Chipset Unisoc Tiger T612 (12 nm)
  • GPU Mali-G57
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 3/32 GB
  • Kamera Belakang 8 MP (wide)
  • Kamera Depan 5 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Harga Rp 1.300.000
Selengkapnya : Spesifikasi Realme Narzo 50i Prime dan Harganya
Bagi kalian yang tertarik dengan ponsel yang satu ini, ketahui lebih dahulu kelebihan dan kekurangannya berikut.

Kelebihan Realme Narzo 50i Prime

Bukan sekadar smartphone murah, Realme Narzo 50i Prime adalah salah satu smartphone stylish dengan desain yang segar. Beberapa kelebihan berikut ini akan kalian dapatkan dari Realme Narzo 50i Prime.

Desain Eye Catching

Realme Narzo 50i Prime cukup menarik perhatian sejak diluncurkan karena desainnya yang sedap dipandang. Terdapat konsep desain Vertical Stripe yang menyilang karena disebut-sebut terinspirasi dari mobil balap. Namun desain panel belakangnya mengingatkan pada Realme C30 yang juga mengusung modul kamera tunggal.

Motif dan gradasi warna Realme Narzo 50i Prime terbilang unik. Realme sendiri menyebutnya dengan perangkat ultra slim karena memang hadir dengan ketebalan hanya 8.5 mm dan bobot 182 gram. Nyaman di genggaman, Realme Narzo 50i Prime menawarkan dua variasi warna menarik yang terdiri dari pilihan Mint Green dan Dark Blue.

Layar Besar HD Plus

Kelebihan selanjutnya yang akan kalian dapatkan dari Realme Narzo 50i Prime adalah layar besar HD Plus (720 x 1600 piksel). Ukuran layarnya mencapai rentang 6.5 inci dengan rasio layar ke bodi hingga 88.7% sehingga konten yang ditampilkan cukup luas. Kenyamanan display ini juga hadir karena detail warnanya yang hidup hingga kedalaman 16.7 juta warna dan tingkat kecerahan layar mencapai 400 nits.

Layar waterdrop pada Realme Narzo 50i Prime ini menggunakan panel IPS LCD dengan kecepatan refresh yang masih standar, yakni 60 Hz saja. Mengingat harganya yang bersahabat dengan kantong, tentu hal tersebut bukan masalah.

Chipset Kencang

Untuk sekelas perangkat entry-level, Realme Narzo 50i Prime sudah berani menawarkan performa kencang karena diotaki oleh chipset Unisoc T612. Chip yang dibuat melalui proses fabrikasi 12 nanometer ini membawa CPU 8 inti dan GPU Mali-G57.

Prosesor tersebut memiliki konfigurasi Octa-core yang terbagi menjadi 2 core Cortex-A75 performa yang berkecepatan maksimum 1.8 GHz dan 6 core Cortex-A55 hemat daya dengan kecepatan 1.8 GHz. Dengan ditenagai oleh chipset ini, Realme Narzo 50i Prime mampu menangani tugas harian dengan mudah termasuk bermain gim dan multitasking aplikasi dengan lancar.

Baterai 5.00 mAh

Jangan lupa bahwa Realme Narzo 50i Prime juga mengusung kelebihan berupa baterai besar berkapasitas 5.000 mAh. Sama seperti smartphone entri lain miliknya yang baru diluncurkan, Realme Narzo 50i Prime juga dibekali fitur Ultra Saving Mode yang mampu menghemat baterai bahkan ketika sisa daya hanya 5% saja.

Saat mengaktifkan Ultra Saving Mode, Realme mengklaim bahwa perangkat ini bisa bertahan hingga 1.5 jam untuk obrolan WhatsApp, 2.3 jam untuk panggilan telepon, dan bertahan hingga 4.1 jam untuk pemutaran lagu di Spotify.

Penyimpanan Besar dan Triple Slot Kartu

Kelebihan terakhir yang disuguhkan oleh Realme Narzo 50i Prime adalah hadirnya kapasitas penyimpanan besar dan triple slot kartu yang sama-sama disukai oleh mayoritas pengguna Android. Kalian bisa memilih variasi penyimpanan antara RAM 3 GB yang dipasangkan dengan memori internal 32 GB atau varian RAM 4 GB yang dikombinasikan bersama memori internal hingga 64 GB.

Apa pun konfigurasi yang dipilih, kalian tetap bisa mengoptimalkan ruang penyimpanannya dengan menggunakan slot microSD khusus. Karena sudah mengusung triple slot, artinya Realme Narzo 50i Prime bisa menyematkan dual SIM aktif bersamaan dengan microSD dengan kapasitas hingga 1 TB.

Kekurangan Realme Narzo 50i Prime

Pada dasarnya Realme Narzo 50i Prime menyimpan beberapa kekurangan yang umum ditemukan pada ponsel murah. Beberapa kekurangan tersebut yakni sebagai berikut.

Tidak Ada Fingerprint

Realme Narzo 50i Prime tidak dibekali sensor sidik jari apa pun alias fingerprint. Sistem biometrinya hanya mencakup Face Unlock saja sehingga agak mengecewakan untuk sebagian pengguna. Apalagi saat ini sudah banyak pesaingnya yang menawarkan dukungan fingerprint meskipun bertipe side-mounted fingerprint saja.

Konfigurasi Kamera Lemah

Perangkat ini memang tidak ditujukan untuk pengguna yang mendambakan sensor fotografi mumpuni. Ketika smartphone entry-level lain menawarkan setup triple kamera atau kamera utama beresolusi 13 MP, namun Realme Narzo 50i Prime justru hanya menyediakan kamera utama tunggal dengan resolusi 8 MP saja. Selain itu, sensor selfie-nya pun tampak tidak menggairahkan dengan resolusi hanya 5 MP.

Belum Mendukung Fast Charging

Realme Narzo 50i Prime tidak menyediakan dukungan pengisi daya cepat sehingga kalian hanya bisa mengandalkan pengisi 10W yang mengisi ulang full battery memakan waktu 3 jam.

Itulah kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 50i Prime yang wajib kalian pertimbangkan. Semoga informasi ini dapat membantu dalam menentukan smartphone pilihan ya.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn