Review Kelebihan dan Kekurangan Realme C20

Pada kuartal kedua 2021 lalu, Realme Indonesia secara resmi memboyong Realme C20 yang dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan saja. Tak heran karena seri C dari Realme memang dikenal sebagai gudangnya jagoan level entri.

HP Realme
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme C20
  • Rilis Juli 2021
  • Layar 6.5 inci IPS LCD ~270 ppi
  • Chipset MediaTek Helio G35 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 2/32 GB
  • Kamera Belakang 8 MP (wide)
  • Kamera Depan 5 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Harga Rp 1.250.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Realme C20 dan Harganya
Meskipun harganya murah, Realme C20 tak bisa diremehkan begitu saja lho! Berikut ini sederet kelebihan dan kekurangannya yang harus kalian ketahui.

Kelebihan Realme C20

Ponsel ini sangat cocok bagi pengguna smartphone yang membutuhkan seluruh fitur standar sebagai daily driver. Mulai dari layarnya yang lapang hingga ketahanan baterai yang unggul, inilah kelebihan-kelebihan Realme C20 yang wajib diacungi jempol.

Layar Lapang 6.5 inci

Realme C20 mengikuti tren smartphone masa kini yang mengusung bentang layar lapang. Kalian dapat menikmati berbagai konten kesukaan atau bermain game dengan leluasa dan memuaskan di atas layar IPS LCD berukuran 6.5 inci pada Realme C20. Dengan resolusi HD Plus (720 x 1600 piksel) yang sudah menjadi standar di kelasnya, Realme C20 juga menawarkan tingkat kecerahan yang layak hingga 400 nits.

Kendati masih mengusung konsep mini drop screen atau water-drop nocth, hal tersebut dapat dimaklumi mengingat harga banderolnya yang sangat terjangkau. Rasio layar HP yang satu ini adalah sekitar 89.5% dengan kerapatan piksel 270 ppi. Artinya, visualisasi yang dihadirkan cukup layak dan menyenangkan. Tak hanya itu saja, ternyata Realme juga telah melapisi layar perangkat ini dengan kaca Gorilla Glass 3 lho!

Desain Geometric Art

Siapa bilang HP murah tidak bisa tampil elegan? Realme C20 menyuguhkan desain yang sama sekali tidak berkesan murahan. Dengan desain Geometic Art, perangkat ini dapat menimbulkan aksen kilauan dari sudut pandang yang berbeda karena memiliki finishing glossy.

Selain itu Realme C20 juga dapat dikategorikan sebagai ponsel kekinian yang menawarkan ergonomi jempolan dengan ketebalan 8.9 mm dan bobot secara keseluruhan 190 gram. Kalian dapat memilih salah satu dari dua varian warna menawan yang tersedia, yakni Iron Grrey dan Lake Blue.

Dapur Pacu Apik

Realme menggandeng MediaTek untuk mengisi dapur pacu Realme C20. Dengan harga banderol tidak lebih dari Rp 1,2 juta, ponsel ini diklaim dapat menangani berbagai tugas harian dengan mudah. Ia ditenagai oleh Helio G35, salah satu chip gaming kenamaan untuk ponsel level entri. SoC 4G tersebut membawa satu cluster CPU dengan kecepatan maksimum di angka 2.3 GHz.

Realme mengombinasikan kinerja chip tersebut dengan RAM standar sebesar 2 GB dan memori internal berkapasitas 32 GB.

Slot Lengkap dan Ada Audio Jack

Realme C20 membawa slot lengkap triple yang dapat menampung dua kartu nano SIM dan satu buah kartu microSD untuk ekspansi penyimpanan eksternal. Fitur ini sangat diminati oleh mayoritas pengguna smartphone karena menunjang aktivitas dengan mudah.

Realme juga tidak lupa menyertakan port audio jack 3.5 mm pada Realme C20 sehingga kalian dapat mendengarkan audio musik, menonton streaming, dan lainnya dengan mudah di ruang publik.

Baterai Besar

Realme C20 masuk dalam jajaran smartphone yang punya daya tahan baterai lama. Kalian dapat mengandalkannya seharian penuh karena ponsel ini mengemas baterai berkapasitas 5.000 mAh. Bahkan menurut klaimnya, Realme C20 dapat bertahan hingga 43 hari dalam mode standby.

Fitur yang juga sayang dilewatkan dari perangkat ini adalah Super Power Saving Mode untuk menambah durasi pakai saat baterai hanya tersisa 5% saja.

Kekurangan Realme C20

Setelah membahas kelebihan Realme C20, tak lengkap rasanya jika tidak mengulas pula kekurangannya. Berikut deretan kekurangan Realme C20 yang wajib kalian pertimbangkan kembali.

Konfigurasi Kamera Kalah Saing

Dalam hal spesifikasi kamera, Realme C20 belum bisa jadi yang paling unggul di kelasnya. Ya, hal ini dikarenakan Realme hanya membekali perangkat ini dengan sensor utama 8 MP dan kamera selfie beresolusi 5 MP saja. Meskipun disertakan fitur-fitur pendukung, namun ada banyak opsi HP entry-level lainnya yang sudah berani menawarkan setup lebih lengkap dari Realme C20. Apakah ini jadi deal breaker untuk kalian?

Masih Pakai microUSB

Saat para rivalnya sedang berlomba-lomba mengusung dukungan fast charging minimal 18 Watt, Realme C20 justru masih mentok di port microUSB saja. Dengan kata lain kalian harus dengan sabar menunggu perangkat ini terisi penuh saat mengisi ulang daya dari 0 hingga 100%. Sebagai informasi, microUSB sudah dianggap tertinggal dibandingkan port USB Type-C yang memiliki kecepatan transfer lebih optimal.

Itulah kelebihan dan kekurangan Realme C20 yang wajib diketahui. Terlepas dari kekurangannya, perangkat ini memang menawarkan sejumlah kelebihan yang sayang untuk dilewatkan terutama bagi para pelajar yang membutuhkan ponsel pintar untuk akses komunikasi dan informasi.

Realme C20
Rilis : Januari 2021
2/32 GB - Rp 1.250.000
[Update]
Beli di Shopee