Review Kelebihan dan Kekurangan Pova 4 Pro

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Pova 4 Pro
Pada bulan Oktober 2022, Tecno Mobile meluncurkan serangkaian produk baru di Indonesia. Salah satu produk yang menarik perhatian publik adalah Tecno POVA 4 Pro, yang dianggap sebagai salah satu ponsel gaming terjangkau dengan spesifikasi lengkap di kelasnya.

HP Tecno
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Pova 4 Pro
  • Rilis Oktober 2022
  • Layar 6.6 inci AMOLED 90Hz
  • Chipset Mediatek Helio G99 (6nm)
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), Unspecified
  • Kamera Depan 8 MP
  • Baterai Li-Po 6000 mAh, Fast charging 45W
  • Harga Rp 3.000.000 - 3.700.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Pova 4 Pro dan Harganya
Ponsel ini menawarkan desain futuristik dan dimensi yang kompak, menjadi kelebihan di tengah maraknya ponsel dengan layar lebar. Panel AMOLED yang digunakan juga menambah kesan mewah pada ponsel ini.

Tecno juga mengandalkan chipset terbaru dari MediaTek, yakni Helio G99. Dengan RAM yang besar, pengguna dapat membuka berbagai aplikasi dengan lancar dan ditemani baterai yang besar pula.

Kelebihan Pova 4 Pro

Berikut kelebihan Pova 4 Pro yang menarik untuk kalian pertimbangkan:

Layar AMOLED yang Jernih

HP TecnoSumber : youtube.com/@hiteknozza

Tecno menggunakan layar berukuran 6,6 inci pada seri POVA 4 Pro sebagai ponsel gaming yang mampu menampilkan gambar dan video dengan lebih jelas. Ukuran layar yang tidak terlalu besar membuat pergerakan jari saat bermain game lebih nyaman.

Layar POVA 4 Pro memiliki resolusi FHD+ yang memberikan tampilan detail dan jelas yang lebih baik daripada ponsel mid-range lainnya. Refresh rate 90 Hz pada layar membuat pergerakan di layar lebih halus dan memiliki kecerahan yang cukup ideal.

Layar ini juga mampu menampilkan warna lebih banyak dan mempesona. Penggunaan layar AMOLED di POVA 4 Pro memungkinkan tampilan lebih dinamis dengan kecerahan dan kompleksitas warna yang lebih baik. Panel ini juga memastikan kecepatan refresh rate yang tinggi sehingga gambar tampak lebih halus.

Dilengkapi Sensor Keamanan Cepat

Untuk meningkatkan keamanan pengguna saat menggunakan POVA 4 Pro, bagian sisi bodi ponsel dilengkapi dengan sensor sidik jari yang sangat praktis. Sensor ini terintegrasi dengan tombol power, membuatnya mudah ditemukan dan diakses.

Yang menarik, sensor ini memungkinkan Anda untuk membuka dan mengunci layar ponsel secara cepat dan mudah. Anda juga dapat mengandalkan sensor sidik jari ini untuk keakuratan yang lebih baik dan dapat diandalkan dalam berbagai situasi.

Body Plastik Desain Futuristik

HP TecnoSumber : youtube.com/@hiteknozza

Tecno POVA 4 Pro ditujukan untuk pasar ponsel mid-range dengan harga yang terjangkau sebagai ponsel gaming. Produsen menggunakan desain yang unik untuk menonjolkan kesan gaming-nya.

Bodi Tecno POVA 4 terlihat kokoh dengan dua kamera di bagian belakang yang disertai dengan LED flash. Bodi belakangnya memiliki corak dan tekstur sehingga nyaman digenggam saat bermain game ataupun saat melakukan aktivitas lainnya.

Desain bodi belakang POVA 4 Pro terinspirasi dari pola meteor luar angkasa yang bernama Widmanstatten, yang memberikan kesan futuristik dan menunjukkan ketangguhan ponsel ini saat digunakan untuk bermain game.

Sementara itu, sisi depan dari seri Tecno POVA ini memiliki desain bodi yang modern, terlihat dari kamera depan punch hole yang terletak di tengah layar. Desain ini cukup baik karena di kelas harga yang sama, masih banyak produsen yang menggunakan desain waterdrop.

POVA 4 Pro memiliki ukuran 164,8 x 77 x 9,2 mm. Ukuran yang lebih kompak dan bodi bertekstur memberikan kenyamanan penggunaan dalam waktu lama yang lebih baik daripada ponsel mid-range lainnya.aat mengoperasikan ponsel. Anda juga dapat menggunakan sensor sidik jari yang akurat dan dapat diandalkan dalam situasi apa pun.

Menggunakan Chipset MediaTek Helio G99

HP TecnoSumber : youtube.com/@hiteknozza

Tecno Mobile menawarkan dapur pacu ala gaming dengan harga terjangkau pada ponsel gaming mereka. Untuk mendukung performa gaming, produsen memilih menggunakan chipset MediaTek Helio G99, prosesor octa-core yang terdiri dari dua core Cortex A76 performa tinggi dengan kecepatan 2,2 GHz dan enam buah Cortex A55 berkecepatan 2,0 GHz untuk efisiensi daya.

Chipset ini didukung oleh GPU Mali G57, RAM LPDDR4X 8GB, dan memori penyimpanan 256 GB. Seperti seri POVA sebelumnya, POVA 4 Pro juga dilengkapi dengan Memory Fusion yang memungkinkan RAM dapat ditambah hingga 5GB.

Skor AnTuTu pada chipset Helio G99 di Nanoreview mencapai 373.074, menunjukkan performa Tecno POVA 4 Pro yang lancar dan anti-lag saat digunakan untuk bermain game. Selama digunakan untuk bermain Mobile Legends, performanya cukup lancar meskipun pengaturan ultra masih terkunci.

Fitur Koneksi dan Sensor Lengkap

Tecno Mobile menawarkan konektivitas dan sensor yang lengkap pada seri POVA 4 Pro untuk memberikan pengalaman komunikasi dan gaming yang lebih baik. Meskipun masih menggunakan jaringan 4G, ponsel ini dilengkapi dengan Bluetooth 5.2, WiFi 5, NFC, dan fitur USB Type-C.

Fitur NFC memungkinkan pengguna melakukan pembayaran non-tunai, mentransfer data ke perangkat lain dengan cepat, dan fungsi lainnya. Untuk mendukung pengalaman gaming yang optimal, POVA 4 Pro memiliki sensor sidik jari, sensor akselerometer, sensor kompas, sensor proksimitas, dan sensor gyro. Sensor gyro digunakan untuk mendeteksi gerakan dan berguna saat bermain game seperti PUBG Mobile.

Fitur Fast-Charging 45W

HP TecnoSumber : youtube.com/@hiteknozza

Tecno POVA 4 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas 6000 mAh yang cukup besar untuk sebuah smartphone gaming. Penggunaan baterai yang besar ini diklaim membuat pengguna bisa lebih lama menggunakan HP untuk aktivitas harian maupun gaming.

POVA 4 Pro mendukung fitur pengisian cepat 45W yang memungkinkan pengguna mengisi baterai secara cepat dalam waktu 24 menit untuk mengisi baterai dari 0-50%. Selain itu, ponsel ini juga memiliki mode hemat daya yang memungkinkan pengguna menelpon selama 12 jam, bermain game PUBG selama 3 jam atau menonton video hingga 4 jam dengan kondisi baterai 20%.

Kekurangan Pova 4 Pro

Berikut kekurangan Pova 4 Pro yang penting untuk kalian perhatikan sebelum membeli:

Mudah Kotor

Meskipun merupakan ponsel mid-range, POVA 4 Pro memiliki desain bodi yang cukup menarik dan futuristik. Namun, jika dilihat lebih dekat, bodi belakangnya terbuat dari plastik.

Desain unik ini ternyata menyimpan beberapa kelemahan. Bodi plastiknya mudah kotor dan menarik sidik jari. Selain itu, bodi ponsel ini terasa licin saat tangan berkeringat. Jadi, jika Anda berencana membeli HP ini, disarankan untuk melapisi bodi dengan casing agar lebih nyaman saat digenggam.

Performa Kamera Medioker

HP TecnoSumber : youtube.com/@hiteknozza

Karena difokuskan sebagai ponsel gaming terjangkau, Tecno Mobile tidak terlalu menonjolkan kualitas kamera di seri ini.

Pada Tecno POVA 4 Pro, Anda akan menemukan hanya dua kamera belakang. Ponsel ini dilengkapi kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.8. Sedangkan kamera kedua dikabarkan memiliki kamera AI 2 MP.

Teknologi AI yang ditawarkan diharapkan dapat menghasilkan foto yang lebih jelas dalam berbagai kondisi pencahayaan. Namun, ponsel ini hanya mengandalkan Dual LED Flash untuk penerangan.

Di bagian depan, Tecno POVA 4 Pro menggunakan kamera 8 MP dengan bukaan f/2.0 dan sudah dilengkapi LED Flash.

Algoritma AI memang cukup membantu dalam menghasilkan foto yang lebih detail. Sayangnya, jika kondisi pencahayaan kurang, teknologi AI ini dapat memberikan warna yang tidak akurat pada foto. Misalnya, beberapa foto pohon dan dedaunan mungkin berwarna hitam, bukan hijau atau coklat.

Mengingat ponsel ini lebih fokus pada sektor gaming daripada videografi atau fotografi, Anda mungkin tidak bisa berharap terlalu banyak pada kamera ini.

Tanpa Dukungan 5G

Konektivitas yang ditawarkan ponsel ini sebenarnya sudah cukup lengkap, termasuk WiFi 5, Bluetooth, sensor gyro, dan lainnya. Namun, sayangnya ponsel ini belum mendukung jaringan 5G dan masih menggunakan jaringan 4G.

Fitur Perlindungan Terbatas

HP Tecno ini dilengkapi berbagai fitur menarik, tetapi fitur perlindungan yang disediakan sangat terbatas untuk ponsel mid-range.

Misalnya, dalam paket pembelian, Tecno Mobile tidak menyertakan pelindung layar. Layar ponsel ini cukup besar, sehingga rentan terhadap goresan, retak, atau pecah. Selain itu, ponsel ini tidak dilengkapi pelindung layar berkualitas seperti Corning Gorilla Glass.

Ponsel Android ini juga tidak dilengkapi fitur tahan air atau tahan debu. Hal ini cukup mengecewakan karena beberapa ponsel di kelas yang sama sudah menawarkan fitur tahan air dan debu, meskipun pada tingkat dasar.

Kesimpulan

Sumber : youtube.com/@hiteknozza

Tecno Mobile yakin bahwa pasar ponsel entry-level masih memiliki peluang besar. Oleh karena itu, mereka percaya Tecno POVA 4 Pro sesuai dengan kebutuhan pasar.

Dengan desain yang menarik dan unik, ponsel ini menawarkan layar AMOLED yang ideal dan nyaman digunakan. Selain itu, performa dapur pacu juga cukup baik dengan dukungan MediaTek G99.

Penambahan sensor gyro semakin menguatkan kesan ponsel gaming. Ditambah lagi, pabrikan sudah menggunakan baterai berkapasitas besar, sehingga Anda dapat bermain game tanpa lag lebih lama.

Namun, sebagai ponsel gaming terjangkau, ponsel ini hanya dilengkapi kamera yang standar. Selain itu, ponsel ini juga memiliki fitur perlindungan yang terbatas, yang cukup mengkhawatirkan mengingat ponsel gaming lebih rentan terhadap kerusakan.

Secara keseluruhan, Tecno POVA 4 Pro menawarkan desain unik dan performa yang memadai. Apakah menurut Anda, ponsel ini layak untuk dipertimbangkan?

Pova 4 Pro
Rilis : Oktober 2022
8/128 GB - Rp 3.000.000
8/256 GB - Rp 3.700.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn