Review Kelebihan dan Kekurangan Pova Neo 2

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Pova Neo 2
Pada bulan Oktober 2022, Tecno Mobile merilis HP terbarunya yaitu Tecno POVA Neo 2, yang merupakan penerus dari Tecno POVA Neo yang telah dirilis pada tahun 2021. HP gaming murah ini memiliki tujuan untuk melanjutkan kesuksesan pendahulunya sebagai HP gaming murah di kelas entry-level.

HP Tecno
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Pova Neo 2
  • Rilis Oktober 2022
  • Layar 6.82 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset Mediatek Helio G85 (12nm)
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB, 4/128 GB
  • Kamera Belakang 16 MP (wide), Unspecified
  • Kamera Depan 8 MP
  • Baterai Li-Po 7000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 1.750.000 - 1.900.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Pova Neo 2 dan Harganya
Tecno POVA Neo 2 hadir dengan sejumlah pembaruan dan kelebihan untuk meningkatkan pengalaman bermain game yang lebih baik. HP ini dilengkapi dengan chipset yang lebih bertenaga dan kapasitas baterai yang besar untuk mendukung performanya.

Selain performa, Tecno POVA Neo 2 memiliki desain dan tampilan yang cukup unik. Desain HP ini tidak jauh berbeda dengan seri Tecno POVA 4 karena keduanya dirilis bersamaan.

Sebagai HP gaming murah di kelas entry-level, Tecno POVA Neo 2 memiliki beberapa kelebihan menarik yang perlu diketahui. Berikut adalah 7 kelebihan Tecno POVA Neo 2 menurut kami.

Kelebihan Tecno POVA Neo 2

Ada beberapa kelebihan yang menjadi daya tarik utama dari Tecno POVA Neo 2 menurut kami. Berikut ini adalah penjelasan dari kelebihan-kelebihan tersebut.

Desain Unik dengan Energy Light ID

Tecno POVA Neo 2 menampilkan desain yang cukup unik dengan konsep Energy Light ID yang sama dengan seri Tecno POVA 4. Desainnya menonjolkan kesan hardcore, energi, serta kinerja yang lebih bertenaga dengan garis-garis yang menghiasi bagian punggung HP mengikuti bentuk modul kamera yang unik.

Modul kameranya terdiri dari dua kamera yang disusun secara vertikal serta satu LED Flash di sampingnya. HP ini tersedia dalam tiga varian warna menarik yaitu Magma Orange, Uranolith Grey, dan Cyber Blue, dan memiliki dimensi yang cukup tebal yaitu 170,9 x 77,8 x dan 9,6 mm.

Refresh Rate Tinggi

Sebagai HP gaming, Tecno POVA Neo 2 dilengkapi dengan layar IPS LCD berukuran 6,82 inci dengan kualitas visual HD+ atau 720 x 1640 piksel. Meskipun kerapatannya hanya mencapai 263 ppi, refresh rate layarnya yang mencapai 90 Hz menjadi salah satu peningkatan dari pendahulunya, memastikan pengalaman bermain game yang lebih lancar dan responsif.

Kapasitas Baterai 7000 mAh

Tecno POVA Neo 2 dibekali kapasitas baterai besar yaitu 7000 mAh yang memungkinkan pengguna dapat menggunakan HP ini sepanjang hari tanpa khawatir kehabisan baterai. Meskipun demikian, perlu diperhatikan bahwa fitur fast charging-nya masih sama dengan pendahulunya yaitu hanya 18 W.

Chipset Yang Canggih

Tecno POVA Neo 2 memiliki peningkatan pada sektor dapur pacunya dari seri sebelumnya, Tecno POVA Neo. Meskipun masih menggunakan chipset MediaTek, HP ini kini menggunakan seri yang lebih canggih, yaitu MediaTek Helio G85.

Chipset ini menggunakan manufaktur 12 nm dan dilengkapi dengan delapan inti CPU, terdiri dari dua inti berbasis Cortex A75 (2,0 GHz) dan enam inti berbasis Cortex A55 (1,8 GHz). Selain itu, HP ini juga didukung oleh kartu grafis GPU Arm Mali-G52 MC2 dengan frekuensi mencapai 1,0 GHz untuk meningkatkan performa gaming.

Menurut pengujian dari kanal YouTube TeknoLoGue, Tecno POVA Neo 2 berhasil mencetak skor AnTuTu 9 sebesar 251.859, yang tergolong tinggi untuk HP gaming kelas entry-level.

Bahkan, HP ini mampu menjalankan game-game populer seperti Mobile Legend dengan kualitas tertinggi dan PUBG Mobile tanpa lag saat diatur dengan kualitas grafis yang sesuai.

Penyimpanan Memori Yang Luas

Tecno POVA Neo 2 telah dilengkapi dengan penyimpanan memori yang cukup besar untuk standar HP Android saat ini. Bahkan, kapasitasnya lebih besar dari HP lain di kelas yang sama.

HP ini memiliki RAM 4 GB yang dapat diperluas hingga 7 GB dan penyimpanan memori internal pilihan 64 GB atau 128 GB. Jika masih kurang, pengguna dapat memperluasnya dengan memanfaatkan slot microSD yang telah disediakan.

Kapasitas memori yang luas ini sudah cukup untuk menyimpan beberapa aplikasi atau game populer dan ribuan file seperti foto, video, dan dokumen. Namun, jika membutuhkan lebih banyak ruang, pengguna dapat menggunakan kartu microSD yang tersedia.

Fitur Mesin Game Ganda

Tecno POVA Neo 2 dilengkapi dengan fitur mesin game ganda untuk meningkatkan performa gaming yang maksimal. Fitur ini berfungsi dengan baik dengan penggunaan daya yang rendah sehingga Anda dapat bermain game tanpa lag atau tersendat.

Selain meningkatkan performa, fitur ini juga membuat pengalaman bermain game lebih realistis dan memikat. Ada dua mesin game yang hadir, yaitu Phanter Game Engine dan Hyperengine.

HP ini juga dilengkapi dengan antarmuka HIOS dengan fitur Game Space 2.0 yang mampu meningkatkan performa dan grafik, mendeteksi kesehatan HP, serta menikmati hiburan dengan lebih sehat.

Speaker Stereo DTS

Tecno POVA Neo 2 dilengkapi dengan speaker stereo yang memiliki kualitas yang cukup baik. Speaker ini dilengkapi dengan teknologi DTS untuk memberikan efek suara yang lebih nyata saat bermain game atau menonton video. Speaker ini juga dapat digunakan untuk menonton film atau video lainnya.

Kekurangan Tecno POVA Neo 2

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Tecno POVA Neo 2 juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimilikinya.

Kamera yang Kurang Memuaskan

Sebagai HP gaming dengan harga yang terjangkau, Tecno POVA Neo 2 tidak terlalu fokus pada sektor kameranya. Spesifikasi kamera yang disematkan pada HP ini bisa dibilang kurang memuaskan, bahkan hanya seadanya.

HP ini hanya memiliki kamera utama 16 MP dan kamera depan 8 MP. Kemampuan perekaman videonya juga hanya mencapai kualitas maksimal 1080p dengan 30 fps.

Fast Charging yang Kurang Maksimal

Meskipun memiliki kapasitas baterai yang besar, fitur fast charging pada Tecno POVA Neo 2 masih sama dengan pendahulunya, yaitu hanya 18 W. Hal ini membuat pengisian daya menjadi lebih lama dan kurang efisien.

Sebagai kesimpulan, meskipun Tecno POVA Neo 2 memiliki beberapa kekurangan, namun hal tersebut tidak sepenuhnya mengurangi nilai positifnya. HP ini masih cocok digunakan sebagai pilihan HP gaming dengan harga yang terjangkau.

Kelengkapan Sensor

Perhatikan kelengkapan sensor saat memilih HP. Tecno POVA Neo sudah cukup baik dengan sensor fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, dan compass.

Sebagai HP gaming, terdapat sensor yang harus ada di HP ini, yaitu gyroscope. Fitur sensor gyroscope ini cukup penting untuk HP gaming. Gyroscope ini mempermudah pengontrolan dalam beberapa game seperti PUBG Mobile, game balap, dan lainnya.

Anda masih bisa bermain game tanpa fitur gyroscope, tetapi itu disayangkan jika absen pada HP gaming.

Kesimpulan

Setelah membaca kelebihan dan kekurangan di atas, Anda bisa mempertimbangkan HP gaming murah ini. Secara keseluruhan, Tecno POVA Neo 2 cukup bersaing di kelasnya sebagai HP gaming berkat chipset MediaTek Helio G85.

HP ini memiliki bodi yang unik dan tampilan bodi belakang yang berbeda. Refresh rate yang cukup tinggi membuatnya nyaman digunakan sehari-hari bahkan bermain game.

Kapasitas baterai besar di kelasnya yaitu 7000 mAh. Dengan kapasitas tersebut, Anda bisa menggunakan HP ini seharian tanpa khawatir kehabisan baterai. Namun, HP ini tidak diimbangi dengan fast charging yang mumpuni sehingga proses pengisian daya cukup lama.

Berdasarkan pertimbangan kelebihan dan kekurangan, apakah HP Tecno POVA Neo 2 masih cocok untuk Anda?

Pova Neo 2
Rilis : Oktober 2022
4/64 GB - Rp 1.750.000
4/128 GB - Rp 1.900.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn