Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A11

Samsung telah menjadi merek ponsel yang dominan di pasar. Produk-produknya selalu laku keras, terutama seri flagship Galaxy S yang selalu membawa inovasi baru.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A11
  • Rilis Mei 2020
  • Layar 6.4 inci PLS TFT ~268 ppi
  • Chipset Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
  • GPU Adreno 506
  • Internal 3/32 GB RAM
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 5 MP (ultrawide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP
  • Baterai Li-Po 4000 mAh, Fast charging 15W
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A11 dan Harganya
Selain seri flagship, Samsung juga memiliki seri Galaxy A yang ditujukan untuk Generasi Z dengan harga terjangkau. Salah satu produk yang telah dirilis adalah Samsung Galaxy A11 dengan harga Rp2.099.000,-.

Dengan harga yang terjangkau, para penggemar Samsung mungkin bertanya-tanya, apakah Samsung Galaxy A11 layak untuk dibeli? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Ponselhub telah menyajikan 10 kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A11 yang dirilis pada bulan Juni 2020 ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A11

Harga murah tidak berarti kualitas rendah. Meskipun seri Galaxy A sering dikaitkan dengan harga yang terjangkau, Samsung Galaxy A11 dilengkapi dengan fitur dan spesifikasi yang sayang untuk dilewatkan. Berikut adalah 5 kelebihan Samsung Galaxy A11 yang perlu diketahui.

Layar Luas dengan Panel PLS TFT

Dengan desain Infinity-O Display, Samsung Galaxy A11 memiliki layar yang luas, mengisi hampir seluruh bagian depan bodi. Layar ini memiliki ukuran 6,4 inci dengan resolusi HD+ 720 x 1560 piksel, kepadatan 268 ppi, dan rasio 19,5:9.

Panel yang digunakan adalah PLS TFT, bukan IPS LCD atau OLED. PLS TFT merupakan jenis panel buatan Samsung yang diklaim mampu bersaing dengan IPS LCD.

Dibandingkan dengan IPS LCD, PLS TFT memiliki tingkat kecerahan 10% lebih tinggi dan sudut pandang yang lebih lebar. Dengan menggunakan PLS TFT, Samsung Galaxy A11 mampu menyajikan layar dengan biaya yang lebih rendah namun kualitas yang lebih baik dari IPS LCD.

Baterai yang Tahan Lama

Samsung Galaxy A11 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang cukup tahan lama untuk kelasnya. Baterai ini juga mendukung pengisian cepat 15 W. Berapa lama daya baterainya dapat bertahan?

Berdasarkan pengujian baterai yang dilakukan oleh Wisnu Kumoro, Samsung Galaxy A11 masih memiliki sisa daya sebesar 20% setelah penggunaan maksimal selama 19 jam 4 menit. Hasil ini didapatkan dari pengujian menggunakan PCMark 10. Jadi bagi Anda yang menginginkan ponsel dengan baterai yang awet, Samsung Galaxy A11 adalah salah satu pilihan terbaik.

Dilengkapi dengan Port USB Tipe-C

Sebagian besar ponsel terbaru sudah menggunakan port USB tipe-C, termasuk Samsung Galaxy A11. Selain desainnya yang reversible, port tipe-C juga mampu melakukan transfer data lebih cepat dibandingkan dengan microUSB biasa.

Tetapi pada segmen harga ponsel murah, masih ada beberapa ponsel yang menggunakan microUSB. Keberadaan port USB tipe-C pada Samsung Galaxy A11 memberikan nilai tambah pada ponsel ini.

Slot Khusus Hingga 512 GB

Apakah Anda memiliki koleksi film dan serial TV dengan ukuran file yang besar? Dengan dukungan kartu memori eksternal, Anda dapat menikmati file-file tersebut di ponsel tanpa menghabiskan ruang penyimpanan internal.

Samsung Galaxy A11 dilengkapi dengan tiga slot yang dapat digunakan untuk dua kartu SIM nano dan satu kartu microSD dengan kapasitas hingga 512 GB. Dengan fitur ini, ponsel ini juga dapat berfungsi sebagai flash disk dan data-data di dalamnya akan tetap aman meskipun dilakukan reset pabrik.

Desain Bodinya yang Stylish

Samsung juga menyajikan desain bodi belakang yang trendy untuk Galaxy A11. Bodi bagian belakang hadir dalam empat varian warna yang beragam, yaitu hitam, putih, biru, dan merah. Meskipun tidak memiliki pola, warna yang lembut memberikan kesan elegan dan nyaman dipandang.

Selain itu, desainnya ramping dengan tepian melengkung, membuat ponsel ini nyaman digenggam meskipun hanya dengan satu tangan.

Kekurangan Samsung Galaxy A11

Tidak ada yang sempurna. Meskipun Samsung Galaxy A11 memiliki beberapa kelebihan menarik, ponsel ini juga memiliki beberapa kekurangan dalam beberapa aspek. Apa saja kekurangannya? Berikut adalah 5 kekurangan Samsung Galaxy A11.

RAM dan Memori Internal Terbatas

Di era tahun 2020 ke atas, minimal dibutuhkan ponsel dengan RAM 4 GB. Di bawah itu, aplikasi yang ditutup tidak dapat dibuka kembali dan harus dimulai dari awal. Samsung Galaxy A11 hanya memiliki dua varian RAM yang tergolong kecil, yaitu 2 GB dan 3 GB saja. RAM ini didukung oleh memori internal sebesar 32 GB.

Hal ini menjadi kendala bagi pengguna yang ingin menginstal berbagai aplikasi. Selain itu, saat membuka banyak aplikasi, ponsel cenderung menjadi lambat. Hal ini tentu mengganggu pengalaman pengguna dalam menggunakan ponsel dan dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Performa Kamera Kurang Baik

Samsung Galaxy A11 dilengkapi dengan kamera depan dan belakang. Di bagian belakang, terdapat konfigurasi tiga lensa dengan resolusi 13 MP, 5 MP, dan 2 MP. Sedangkan di bagian depan terdapat kamera 8 MP.

Lensa 5 MP adalah lensa ultra wide dengan sudut pandang 115 derajat, sementara lensa 2 MP adalah lensa kedalaman yang digunakan untuk mode Live Focus. Namun, ponsel ini tidak dilengkapi dengan lensa makro, meskipun masih dapat mengambil foto dari jarak dekat.

Dibandingkan dengan Samsung Galaxy M11, Samsung Galaxy A11 memberikan hasil foto yang kurang memuaskan. Warna yang dihasilkan kurang akurat, foto di luar ruangan terlihat gelap, dan banyak detail yang hilang pada objek. Bayangan juga tidak terlihat dengan jelas. Hasil foto terlihat sedikit buram dan objek cenderung menyatu dengan sekitarnya.

Pada contoh yang diberikan, terlihat bahwa ada detail yang hilang pada foto bunga yang diambil. Samsung Galaxy M11 masih dapat menampilkan detail kontur dengan jelas, sedangkan Galaxy A11 tidak dapat menampilkan tekstur dengan baik. Ini merupakan kekurangan yang disayangkan, terutama karena keduanya memiliki harga dan resolusi kamera yang serupa.

Chipset Tertinggal

Samsung Galaxy A11 menggunakan chipset Snapdragon 425 dengan GPU Adreno 506. Meskipun chipset ini masih mampu menjalankan game seperti PUBG Mobile, namun hanya pada pengaturan grafis rendah hingga sedang.

Untuk ponsel dengan harga sekitar 2 jutaan, chipset Snapdragon 425 terasa kalah dibandingkan dengan beberapa ponsel kompetitornya yang sudah lama hadir di pasaran. Contohnya adalah Redmi Note 8, OPPO A5 2020, atau Realme 5s yang menggunakan Snapdragon 665.

Snapdragon 425 hanya mencapai skor 127 pada benchmark GeekBench 5 (single core) dan skor 410 pada benchmark multi-core. Skor ini masih tergolong rendah dibandingkan dengan Snapdragon 665 yang mencapai skor 315 pada pengujian single core dan 1371 pada pengujian multi-core. Dengan kata lain, Samsung Galaxy A11 tidak menjadi pemenang di antara ponsel dengan harga sekitar 2 jutaan.

Tidak Dilengkapi Gorilla Glass

Dengan kisaran harga Samsung Galaxy A11, sangat disayangkan bahwa ponsel ini tidak dilengkapi dengan perlindungan Gorilla Glass. Padahal, banyak ponsel dengan harga sekitar 2 jutaan yang sudah menggunakan Gorilla Glass 5.

Ketidakhadiran lapisan pelindung ini membuat pengguna selalu khawatir ketika ponsel jatuh. Jika menggunakan Gorilla Glass 5, layar akan terlindungi dari goresan dan benturan.

Konektivitas Tidak Lengkap

Selain faktor kinerja chipset dan kamera, konektivitas juga menjadi salah satu faktor penting. Sayangnya, Samsung Galaxy A11 tidak dilengkapi dengan fitur IR blaster dan NFC.

Meskipun sensor inframerah dianggap tidak terlalu penting saat ini, namun beberapa pengguna masih menggunakannya untuk mengendalikan TV dan AC dengan ponsel mereka.

Namun, ketiadaan fitur NFC dapat menjadi penghambat bagi sebagian orang, terutama pengguna yang tinggal di kota besar. NFC umumnya digunakan untuk transfer data antar perangkat tanpa perlu mengaktifkan Bluetooth, dan juga digunakan untuk transaksi di mesin pembayaran digital.

Kesimpulan

Berdasarkan penjabaran kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A11 di atas, terlihat bahwa ponsel ini tidak menekankan kinerja gaming sebagai daya tarik utamanya. Keunggulan yang paling mencolok adalah daya tahan baterainya yang luar biasa. Selain itu, dukungan slot microSD yang terpisah juga menarik, terutama dengan kapasitas maksimal hingga 512 GB.

Kamera ponsel ini cukup baik untuk penggunaan sehari-hari. Namun, jika Anda mengharapkan hasil foto dengan detail dan kualitas luar biasa, Anda mungkin akan kecewa dengan Samsung Galaxy A11. Sekarang terserah Anda untuk menentukan apakah ponsel ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda tertarik, klik tautan ini untuk membeli Samsung Galaxy A11 dengan harga Rp2.099.000,-. Anda juga dapat membandingkannya dengan Samsung Galaxy A21s yang juga telah kami ulas kelebihan dan kekurangannya. Apakah Anda tertarik?

Harga
3/32 GB - Rp 1.450.000

Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk harga terupdate selengkapnya, kunjungi halaman daftar harga HP Samsung terbaru.

Disclaimer - Ponselhub.com tidak menjamin informasi pada halaman ini 100% akurat. Baca selengkapnya