Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A12

Apakah Anda merasa puas dengan fitur yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A11? Nah, pada akhir tahun 2020, muncul penerusnya yang disebut Samsung Galaxy A12, yang sangat menarik perhatian penggemar Samsung.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A12
  • Rilis Desember 2020
  • Layar 6.5 inci PLS IPS ~264 ppi
  • Chipset Mediatek Helio P35
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/128 GB, 6/128 GB
  • Kamera Belakang 48MP (wide), 5MP (ultrawide), 2MP (macro) dan 2MP (live focus)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 15W
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A12 dan Harganya
Dalam jajaran seri Galaxy A, Anda dapat mengharapkan harga yang terjangkau untuk ponsel ini, dimulai dari Rp2,5 jutaan. Meskipun harganya murah, ternyata ada beberapa kelebihan dan sorotan utama yang menarik untuk dibahas. Ingin tahu apa saja? Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A12!

Kelebihan Samsung Galaxy A12

Apa yang Anda harapkan dari Galaxy A12? Apakah ponsel terbaru Samsung ini layak mendapatkan perhatian besar dari penggemar gadget? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak beberapa kelebihan di bawah ini.

RAM dan Memori Internal yang Besar

Salah satu keunggulan utama yang sangat diperhatikan pada ponsel ini adalah kapasitas memori internalnya. Dalam harga Rp2,5 jutaan, Galaxy A12 dilengkapi dengan penyimpanan 128 GB dan RAM 4 GB.

Untuk varian yang lebih mahal, perangkat ini tetap menawarkan kapasitas internal 128 GB, tetapi dengan RAM 6 GB. Ponsel ini menggunakan tipe memori internal eMMC 5.1.

Selain memori internal, ponsel ini juga dilengkapi dengan tiga slot kartu untuk dua kartu SIM dan satu kartu memori eksternal. Jadi, jika Anda memperhatikan kapasitas memori, Galaxy A12 ini adalah pilihan yang bagus.

Kamera Quad 48 MP yang Berkualitas

Jarang sekali ponsel dengan harga Rp2 jutaan sudah dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi. Galaxy A12 menunjukkan perbedaannya dengan menyajikan konfigurasi Quad Camera 48 MP yang ditempatkan dalam modul persegi di pojok kiri atas.

Tentu saja, lensa 48 MP ini tidak berdiri sendiri, tetapi juga didampingi oleh tiga lensa lainnya dengan fungsi makro 2 MP, ultrawide 5 MP, dan sensor kedalaman 2 MP. Dengan ini, Anda dapat mengambil foto dengan sudut pandang yang luas, memotret objek dari jarak dekat, dan menghasilkan foto dengan efek latar belakang buram.

Galaxy A12 juga mampu menghasilkan foto selfie yang bagus dengan kamera depan 8 MP. Baik kamera belakang maupun kamera depan mendukung perekaman video dengan resolusi hingga 1080p. Berikut adalah contoh hasil foto dari salah satu YouTuber.

Baterai 5.000 mAh yang Tahan Lama

Meskipun termasuk dalam seri Galaxy A, ponsel ini tetap menawarkan kapasitas baterai yang besar. Padahal, biasanya baterai besar lebih umum dijumpai pada seri Galaxy M. Galaxy A12 dengan baterai LiPo 5.000 mAh memberikan durasi penggunaan yang cukup lama, baik untuk menonton YouTube, bermain game, atau melakukan chatting.

Kapasitas baterai 5.000 mAh bukanlah hal baru dalam ponsel murah di Indonesia. Penggemar Samsung tidak perlu mencari stop kontak setiap kali bepergian. Perusahaan asal Korea Selatan ini mengklaim bahwa pemutaran audio bisa berlangsung hingga 109 jam. Sedangkan untuk penggunaan normal sehari-hari, ponsel ini bisa bertahan sepanjang hari.

Ketahanan baterai ini sudah terbukti. Laman GSM Arena telah menguji baterai Samsung Galaxy A12 dan hasilnya menunjukkan durasi pemakaian untuk browsing web selama 16 jam 18 menit atau 31 jam untuk panggilan telepon 3G. Samsung Galaxy A12 berhasil mencapai skor endurance rating yang baik, yaitu 123 jam.

Sensor Sidik Jari di Samping

Desain bodi belakang Galaxy A12 cukup menarik dengan pola garis-garis yang nyaman dipegang dan tidak meninggalkan bekas sidik jari. Yang membuatnya terlihat lebih baik adalah absennya sensor sidik jari di bagian belakang. Mengapa demikian? Karena sensor sidik jari di Galaxy A12 ditempatkan di samping bersama tombol Power.

Ini merupakan kelebihan tersendiri. Selain membuat bagian belakang terlihat lebih rapi, lokasi sensor sidik jari di samping juga memberikan pengalaman alami saat menempatkan jari pada sensor.

Desain Bodi Belakang yang Unik

Selain spesifikasi yang canggih, tampilan juga penting dalam penilaian ponsel. Dalam hal ini, Samsung Galaxy A12 menonjol dengan desain bodi bertekstur yang menarik. Casingnya terbuat dari bahan polikarbonat yang kuat dan menawan. Anda juga akan melihat tekstur diagonal tipis yang mendukung estetika ponsel.

Di bagian bawah, terdapat tulisan merek Samsung yang dibatasi oleh garis penanda, memberikan tampilan ponsel yang unik dan stylish. Setidaknya, bodi ponsel ini terlihat lebih segar daripada beberapa ponsel flagship Samsung yang terlihat kaku atau monoton.

Kekurangan Samsung Galaxy A12

Setiap ponsel, sebaik apapun, pasti memiliki kekurangan, dan hal yang sama berlaku untuk Samsung Galaxy A12. Agar Anda tidak salah membeli, berikut ini adalah kekurangannya:

Resolusi Layar Masih HD Plus

Mempunyai ponsel dengan layar yang lebar bukanlah lagi impian yang diinginkan. Hampir semua ponsel dari merek terkenal hadir dengan layar lebih dari 6,5 inci. Hal ini juga berlaku untuk Samsung Galaxy A12, yang memiliki layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD Plus.

Layar dengan resolusi ini tidak mampu menghasilkan konten dengan kejernihan sebaik Full HD Plus. Ini agak aneh, karena banyak ponsel dengan harga sekitar Rp2 jutaan di luar sana yang telah meninggalkan resolusi HD Plus untuk memberikan tampilan yang lebih memanjakan mata, seperti Redmi Note 9.

Performa Chipset Kurang Memuaskan

Mengharapkan dapat bermain game berat di Samsung Galaxy A12? Mungkin Anda akan sedikit kecewa karena performanya tidak sebaik ponsel lainnya. Dari segi pemrosesan, perangkat ini menggunakan chipset Helio P35 yang setara dengan seri Snapdragon 600.

Tenaga yang dihasilkan oleh chipset ini dirasa kurang memadai untuk game-game saat ini yang membutuhkan performa tinggi, seperti PUBG Mobile dan Genshin Impact. Berdasarkan pengujian benchmark, Galaxy A12 hanya mencapai skor sekitar 103.000 (AnTuTu v8).

Chipset Helio P35 sendiri terdiri dari prosesor delapan inti yang terdiri dari dua klaster ARM Cortex A53. Tidak dilengkapi dengan inti ARM Cortex A7X, yang menunjukkan bahwa chipset ini belum siap untuk game-game berat.

Pengisian Baterai Cepat 15 W

Baterai yang besar membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pengisian penuh. Namun, dalam kasus Galaxy A12, waktu pengisian daya terlalu lambat untuk kapasitas baterai yang dimilikinya. Ponsel ini dilengkapi dengan adaptor daya 15 W. Menurut pengujian GSM Arena, fitur pengisian cepat ini tidak mampu mengisi daya dengan cepat.

Dalam waktu 30 menit, hanya 20% daya baterai yang terisi. Dan untuk pengisian penuh, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam. Bagi mereka yang memiliki gaya hidup yang sibuk, hal ini mungkin menjadi kelemahan Galaxy A12. Ponsel ini lebih cocok diisi baterainya semalaman.

Tidak Ada Mode Malam

Ponsel seharusnya bisa digunakan untuk fotografi yang handal. Namun, jika kondisi pencahayaan kurang baik, hasil foto akan kurang optimal. Oleh karena itu, beberapa ponsel dilengkapi dengan mode malam agar foto terlihat lebih terang dan tetap tajam meskipun diambil pada malam hari.

Sayangnya, Samsung Galaxy A12 tidak memiliki fitur mode malam pada kamera. Jadi, jika Anda berencana untuk sesi foto dengan teman-teman, pastikan Anda membawa pencahayaan tambahan atau jadwalkan sesi foto pada siang hari.

Tidak Ada NFC dalam Versi Indonesia

Samsung Galaxy A12 termasuk dalam kategori ponsel murah yang memiliki konektivitas yang baik. Misalnya, ponsel ini dilengkapi dengan Bluetooth 5.0 dan port USB tipe-C. Bahkan, di beberapa negara, Galaxy A12 sudah dilengkapi dengan fitur NFC!

Bagaimana dengan di Indonesia? Sayangnya, varian yang dijual di pasar Indonesia belum dilengkapi dengan konektivitas NFC. Namun, hal ini mungkin tidak menjadi masalah karena jarang ponsel dengan harga sekitar Rp2 jutaan yang sudah dilengkapi fitur tersebut.

Kesimpulan

Sepertinya, Samsung Galaxy A12 telah mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan Galaxy A11. Mulai dari kapasitas memori internal, ukuran baterai, dan kualitas kamera. Dengan harga sekitar Rp2,5 juta, Anda dapat merasakan berbagai keunggulan dari ponsel pintar yang canggih.

Beberapa kekurangannya sebenarnya tidak terlalu fatal, kecuali jika Anda seorang gamer berat karena ponsel ini tidak memiliki performa yang unggul. Namun, jika Anda hanya mencari ponsel dengan kapasitas memori besar dan kamera yang bagus, Galaxy A12 dalam kisaran harga entry-level ini tidak akan mengecewakan. Apakah Anda tertarik?

Harga
6/128 GB - Rp 2.100.000
4/128 GB - Rp 2.000.000

Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk harga terupdate selengkapnya, kunjungi halaman daftar harga HP Samsung terbaru.

Disclaimer - Ponselhub.com tidak menjamin informasi pada halaman ini 100% akurat. Baca selengkapnya

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn