Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A30s

Samsung Galaxy A30s adalah penerus Samsung Galaxy A30 yang dipersembahkan oleh Samsung. Ponsel ini diluncurkan bersama dengan Samsung Galaxy A50s. Samsung Galaxy A30s dijual dengan harga sekitar Rp3 juta, lebih terjangkau daripada Samsung Galaxy A50s yang harganya sekitar Rp4 juta.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A30s
  • Rilis September 2019
  • Layar 6.4 inci Super AMOLED ~268 ppi
  • Chipset Exynos 7904 (14 nm)
  • GPU Mali-G71 MP2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB
  • Kamera Belakang 25 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4000 mAh, Fast charging 15W
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A30s dan Harganya
Apa yang menarik dari Samsung Galaxy A30s ini? Apakah ponsel ini layak untuk dipertimbangkan? Untuk mengetahuinya, mari kita lihat kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A30s berikut ini. Namun sebelum itu, mari kita bahas kelebihan Samsung Galaxy A30s terlebih dahulu.

Kelebihan Samsung Galaxy A30s

Samsung Galaxy A30s memiliki beberapa kelebihan yang cukup bagus di kelasnya. Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh ponsel ini? Berikut adalah poin-poin kelebihannya.

Kamera Beresolusi 25 MP

Samsung Galaxy A30s dilengkapi dengan tiga kamera belakang. Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera depan 25 MP, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera depth sensor 5 MP. Konfigurasi kamera ini mirip dengan Samsung Galaxy A50s. Perbedaannya, kamera utama Samsung Galaxy A30s hanya 25 MP sementara kamera utama Samsung Galaxy A50s adalah 48 MP.

Bagaimana dengan kualitas foto dari ponsel ini? Untuk mengetahuinya, mari kita lihat hasil foto dari kamera belakang Samsung Galaxy A30s ini.

Terlihat bahwa hasil foto dari kamera belakang ponsel ini bagus. Foto bokeh juga terlihat baik, seperti yang terlihat pada foto di atas, dengan detail yang bagus.

Mari kita lihat contoh foto lainnya. Berikut adalah contoh foto yang diambil oleh Youtuber Gadget Empire menggunakan Samsung Galaxy A30s.

Terlihat bahwa hasil foto dari ponsel ini cukup bagus. Gadget Empire sendiri berpendapat bahwa hasil foto dari kamera ponsel ini cukup bagus, baik dari kamera utama maupun kamera ultra-wide. Foto potret juga menghasilkan foto yang baik. Selain itu, ponsel ini juga mendukung AR Emoji.

Untuk kamera depan, ponsel ini dilengkapi dengan kamera 16 MP. Kamera depan ini mampu menghasilkan foto selfie yang baik. Ponsel ini juga dapat digunakan untuk membuat video live yang bagus. Dapat dikatakan bahwa sektor kamera ini merupakan salah satu keunggulan menarik yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A30s.

Daya Tahan Baterai yang Panjang

Samsung Galaxy A30s dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong standar karena saat ini banyak ponsel, bahkan di kelas harga paling terjangkau, memiliki kapasitas baterai 4.000 mAh.

Yang menarik, Samsung Galaxy A50s yang lebih mahal juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Dengan harga yang lebih terjangkau daripada Samsung Galaxy A50s, ponsel ini memiliki keunggulan tersendiri dengan kapasitas baterai 4.000 mAh.

Layar Super AMOLED yang Jernih

Samsung Galaxy A30s hadir dengan layar berukuran 6,4 inci. Layar ini memiliki resolusi HD+ sebesar 720 x 1560 piksel. Rasio aspeknya adalah 19,5:9 dengan kepadatan piksel sebesar 268 ppi. Meskipun tidak terlalu istimewa, yang menarik adalah ponsel ini menggunakan panel Super AMOLED yang memberikan tampilan layar yang jernih.

Desain Solid dan Menawan

Samsung Galaxy A30s memiliki desain yang serupa bahkan mirip dengan Samsung Galaxy A50s. Dimensinya juga serupa, yaitu 158,5 x 74,5 x 7,7 mm. Perbedaannya terletak pada bobotnya, di mana Samsung Galaxy A30s memiliki bobot 166 gram, sedangkan Samsung Galaxy A50s memiliki bobot 169 gram.

Desain bodi ponsel ini terlihat solid, meskipun masih menggunakan bahan plastik. Desainnya yang menawan dan tampak mewah menjadi salah satu keunggulannya. Setidaknya, ponsel ini tidak terlihat seperti ponsel murahan.

Dilengkapi Fitur Sensor Sidik Jari

Samsung Galaxy A30s sudah dilengkapi dengan teknologi sensor sidik jari di layar, yang dikenal sebagai In-Display Fingerprint. Kehadiran sensor sidik jari di layar ini patut diapresiasi, terutama pada ponsel dengan harga sekitar Rp3 jutaan, karena tidak banyak ponsel dari merek lain yang menyediakan fitur serupa pada kelas harga ini.

Performa sensor sidik jari ini cukup cepat. Tidak berlebihan jika Samsung menyebut sensor sidik jari di layar pada ponsel ini sebagai Fast Access Security. Selain sensor sidik jari, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur Face Recognition.

OneUI dengan Fitur NFC

Samsung Galaxy A30s menggunakan antarmuka pengguna OneUI. Antarmuka ini memiliki banyak fitur menarik yang membuat pengguna betah. Pengalaman navigasi yang menarik dibandingkan antarmuka pengguna lainnya membuat OneUI pada ponsel ini cukup ramah pengguna, seperti yang diungkapkan oleh Gadget Empire.

Selain itu, ponsel ini juga mendukung NFC. Keberadaan fitur ini menjadi keunggulan menarik, terutama di tengah banyaknya ponsel kelas menengah yang jarang menyediakan fitur NFC. Padahal, banyak orang yang mencari ponsel kelas menengah dengan fitur NFC.

Kekurangan Samsung Galaxy A30s

Samsung Galaxy A30s memiliki beberapa kekurangan yang membuatnya kurang menarik. Apa saja kekurangan Samsung Galaxy A30s ini? Berikut adalah empat poin kekurangan dari Samsung Galaxy A30s.

Kinerja yang Kurang Untuk Kelas Harganya

Samsung Galaxy A30s menggunakan chipset Exynos 7904 dengan proses fabrikasi 14nm. Chipset ini memiliki prosesor octa-core dengan dua core Cortex-A73 1,8 GHz untuk performa dan enam core Cortex-A53 1,6 GHz untuk efisiensi daya. GPU yang digunakan adalah Mali-G71 MP2.

Bagaimana performa chipset ini? Mari kita lihat skor Antutu dari Samsung Galaxy A30s.

Dari gambar di atas, terlihat bahwa Samsung Galaxy A30s mendapatkan skor Antutu sebesar 109.852. Sementara itu, Samsung Galaxy A50s mendapatkan skor 152.315.

Dengan skor Antutu di angka 100 ribuan, performa Samsung Galaxy A30s tidak termasuk yang terbaik di kelasnya. Namun, menurut Gadget Empire, ponsel ini masih cukup nyaman untuk bermain gim seperti PUBG Mobile dan COD Mobile. Terlebih lagi, terdapat fitur Game Booster yang dapat diandalkan.

David dari channel YouTube GadgetIn juga menyatakan bahwa performa ponsel ini tidak terlalu berbeda dengan Galaxy A50s. Dia membandingkan performa kedua ponsel ini dengan bermain gim PUBG Mobile pada pengaturan grafis smooth. Namun, pada pengaturan grafis high, performa Samsung Galaxy A50s lebih baik.

Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa performa Samsung Galaxy A30s bukan yang terbaik. Skor di angka 100 ribuan menunjukkan bahwa performa ponsel ini standar. Oleh karena itu, performa menjadi salah satu kekurangan dari ponsel ini.

Layar Hanya Beresolusi HD+

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Samsung Galaxy A30s memiliki layar dengan resolusi HD+. Penggunaan layar dengan resolusi HD+ memiliki keuntungan dalam hal efisiensi daya baterai. Namun, kekurangan layar HD+ adalah pengalaman visual yang kurang memuaskan.

Pengisian Daya Cepat Hanya 15W

Samsung Galaxy A30s mendukung teknologi pengisian cepat atau fast charging, tetapi dengan kecepatan 15W. Meskipun bukan yang terlemah, ada ponsel lain yang mendukung fast charging dengan kecepatan 20W atau lebih. Dalam hal ini, Samsung Galaxy A30s kalah bersaing.

Harga yang Kurang Kompetitif di Kelasnya

Samsung Galaxy A30s dijual dengan harga resmi Rp3.399.000 untuk varian RAM 4 GB dengan penyimpanan 64 GB.

Melihat harga dan spesifikasinya, ponsel ini terasa kurang menarik. Terlebih lagi, ada ponsel lain dengan spesifikasi yang lebih menarik seperti Vivo S1, Redmi Note 8 Pro, Realme 5 Pro, Vivo Z1 Pro, bahkan OPPO K3. Dibandingkan dengan ponsel-ponsel tersebut, Samsung Galaxy A30s kurang menarik dari segi spesifikasi.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A30s adalah ponsel yang cukup biasa untuk dijual dengan harga Rp3 jutaan. Meskipun memiliki keunggulan seperti NFC, sensor sidik jari di layar, dan kamera yang bagus, ponsel ini tetap kalah menarik dibandingkan dengan ponsel dari merek lain dengan kisaran harga yang sama.

Rekomendasi dari kami adalah tidak begitu layak untuk membeli Samsung Galaxy A30s. Meskipun tidak ada larangan untuk membeli ponsel ini, kami menyarankan untuk mempertimbangkan ponsel lain yang lebih menarik dari vendor lain. Jika Anda tetap ingin membeli, silakan, kami tidak melarang. Anda dapat membeli ponsel ini melalui toko online.

Harga
4/64 GB - Rp 2.500.000

Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk harga terupdate selengkapnya, kunjungi halaman daftar harga HP Samsung terbaru.

Disclaimer - Ponselhub.com tidak menjamin informasi pada halaman ini 100% akurat. Baca selengkapnya