Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M31

Samsung Galaxy M31, salah satu produk Samsung, berhasil menarik perhatian penggemar ponsel dengan segmen harga menengahnya yang mampu bersaing dengan ponsel kelas atas dalam beberapa aspek tertentu.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy M31
  • Rilis Maret 2020
  • Layar 6.4" Super AMOLED, 420 nits ~403 ppi
  • Chipset Exynos 9611 (10nm)
  • GPU Mali-G72 MP3
  • Internal 6/128 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro), 5 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 6000 mAh, Fast charging 15W
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy M31 dan Harganya
Dirilis pada bulan Maret 2020, Samsung Galaxy M31 memiliki sejumlah kelebihan yang menarik minat Anda untuk mencobanya. Namun, kekurangan yang dimilikinya juga perlu dipertimbangkan agar Anda tidak salah memilih. Apakah Anda penasaran? Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M31.

Kelebihan Samsung Galaxy M31

Jika Anda tertarik dan ingin mengetahui keunggulan Samsung Galaxy M31 ini, berikut adalah beberapa keunggulannya yang unik.

Kapasitas Baterai Jumbo

Jika Anda ingin menggunakan ponsel Anda dalam waktu yang lebih lama, tentu Anda membutuhkan kapasitas baterai yang cukup besar. Untuk itu, hadirnya Samsung Galaxy M31 dengan kapasitas baterai yang lebih besar daripada ponsel lain dalam kelasnya sangat menguntungkan. Ponsel ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 6000 mAh!

Hal ini berarti ponsel ini akan bertahan lebih lama, baik saat tidak digunakan atau digunakan secara terus-menerus. Dalam penggunaan normal, baterai ini diklaim dapat bertahan selama dua hari. Bahkan, menurut laporan dari GSMArena, baterai ini dapat digunakan selama lebih dari 24 jam dan masih tersisa sedikit daya (24%). Cocok bagi Anda yang enggan membawa power bank saat bepergian.

Kapasitas Memori Internal dan RAM yang Besar

Salah satu kendala yang sering dialami oleh pengguna Android adalah kekurangan memori saat ingin mengunduh aplikasi dari Play Store. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan ponsel dengan memori internal yang besar. Di Indonesia, Samsung Galaxy M31 hadir dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Kapasitas yang cukup besar.

Slot Memori Khusus (Dedicated Slot)

Biasanya, ponsel yang sudah dilengkapi dengan memori internal yang besar tidak mendukung slot memori eksternal tambahan, tetapi Samsung Galaxy M31 memiliki fitur yang unik. Ponsel ini tidak hanya dilengkapi dengan slot microSD hingga 512 GB, tetapi Anda juga dapat menggunakannya bersamaan dengan kartu SIM kedua.

Ya, Samsung Galaxy M31 hadir dengan slot khusus untuk meningkatkan kapasitas memori menggunakan microSD. Keunggulan ini sangat diapresiasi oleh Anda yang suka mengunduh koleksi film berkualitas HD.

Tampilan Layar yang Bagus

Meskipun merupakan ponsel dengan segmen harga menengah, Samsung Galaxy M31 tidak kalah dengan ponsel lain yang berada di atasnya. Mengapa demikian? Ponsel ini dilengkapi dengan layar Super AMOLED dengan ukuran panel yang cukup besar, yaitu 6,4 inci.

Desain kamera depan dengan layar Infinity-U juga terlihat modern dan berkontribusi pada estetika tampilan secara keseluruhan. Untuk ponsel sekelas Samsung Galaxy M31, tampilan layar yang dimiliki sangat menakjubkan, terutama jika dibandingkan dengan ponsel lain dalam kelasnya seperti Xiaomi Redmi Note 8 Pro yang masih menggunakan layar IPS.

Resolusi Kamera yang Cukup Besar

Jika Anda agak khawatir tentang kamera yang ada di Samsung Galaxy M31, jangan khawatir. Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera ini cukup bagus! Ponsel ini dilengkapi dengan empat kamera belakang dengan resolusi yang cukup besar, yaitu 64 MP sebagai kamera utama, lensa 8 MP sebagai kamera ultra wide, lensa 5 MP untuk memotret objek jarak dekat (makro), dan lensa 5 MP dengan sensor kedalaman untuk mengambil gambar dengan efek bokeh. Anda dapat melihat beberapa contoh hasil foto dari kamera ini sebagai berikut.

Foto pertama adalah hasil dari kamera ultra wide. Terlihat bahwa area yang dijangkau cukup luas dan mampu menjaga detail dengan baik. Sementara itu, kamera makro juga mampu mempertahankan ketajaman objek dengan baik, seperti yang terlihat pada foto kedua. Secara keseluruhan, kamera ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas HD selama objek memiliki pencahayaan yang cukup.

Dilengkapi dengan Android 10

Salah satu daya tarik dari sebuah ponsel tentunya adalah sistem operasinya. Untungnya, Samsung Galaxy M31 sudah menggunakan Android versi 10 yang dilengkapi dengan berbagai fitur baru. Dalam hal antarmuka, ponsel ini menggunakan One UI 2 yang memberikan pengalaman pengguna dan kemudahan navigasi yang lebih baik.

Kekurangan Samsung Galaxy M31

Saat menilai sebuah ponsel, tidak hanya kelebihannya yang perlu diperhatikan, tetapi juga kekurangannya. Samsung Galaxy M31 memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan, seperti berikut ini.

Kinerja Gaming Biasa Saja

Jika Anda mengharapkan performa gaming yang luar biasa, Samsung Galaxy M31 mungkin tidak dapat memenuhi harapan tersebut. Ponsel ini dilengkapi dengan Exynos 9611 dan CPU 8 core yang dianggap kurang mampu menghasilkan pengalaman bermain game yang optimal. Hal ini dapat dilihat dari skor benchmark AnTuTu yang kurang mencolok. Pada benchmark AnTuTu, Samsung Galaxy M31 hanya mencapai skor 195284, yang tidak sebanding dengan pesaing-pesaingnya dalam segmen harga yang sama.

Meskipun demikian, menurut ulasan SmartPrix, ponsel ini masih mampu menjalankan PUBG Mobile dengan frame rate yang cukup tinggi (pengaturan default). Anda dapat mengubah pengaturan ke mode Ultra, tetapi akan ada penurunan frame rate dan performa.

Pengisian Baterai yang Lambat

Meskipun Samsung Galaxy M31 memiliki baterai dengan kapasitas besar, sayangnya pengisian baterai membutuhkan waktu yang lama. Meskipun ponsel ini diklaim mendukung pengisian cepat, namun hanya menerima daya hingga 15W.

Menurut laporan dari GSMArena, pengisian baterai membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk mencapai daya penuh. Hal ini memakan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan ponsel lain dalam kelas yang sama yang dapat mengisi daya dalam waktu 30 menit.

Perlindungan Layar Terbatas

Proteksi layar sangat penting untuk melindungi ponsel dari kerusakan akibat benturan. Sayangnya, Samsung Galaxy M31 hanya dilengkapi dengan Gorilla Glass 3, yang hanya mampu melindungi layar dari goresan. Berbeda dengan Gorilla Glass 5 yang dapat meredam benturan hingga ketinggian 1 meter.

Tidak Mendukung NFC

Saat ini, banyak layanan pembayaran digital yang menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication), terutama di kota-kota besar di Indonesia. Sayangnya, Samsung Galaxy M31 tidak memiliki fitur NFC ini, sehingga tidak dapat digunakan untuk mengisi saldo kartu e-Toll atau bertransaksi di mesin pembayaran digital.

Kesimpulan

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy M31. Ponsel ini menarik karena menawarkan daya tahan baterai yang luar biasa dengan kapasitas 6000 mAh. Memori internal yang besar dengan slot dedicated untuk microSD juga menjadi keunggulan bagi mereka yang suka menonton film di ponsel.

Namun, perlu berhati-hati karena perlindungan layar Gorilla Glass 3-nya tidak mampu melindungi layar dari benturan yang keras, berbeda dengan Gorilla Glass 5 atau 6.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, apakah Anda tertarik untuk membeli Samsung Galaxy M31? Jika tertarik, Anda dapat membelinya melalui link ini.

Harga
6/128 GB - Rp 2.650.000

Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk harga terupdate selengkapnya, kunjungi halaman daftar harga HP Samsung terbaru.

Disclaimer - Ponselhub.com tidak menjamin informasi pada halaman ini 100% akurat. Baca selengkapnya