Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra merupakan ponsel kelas atas yang memiliki harga yang cukup mahal. Ponsel ini menawarkan berbagai fitur dan spesifikasi yang lebih menarik dibandingkan dengan Samsung Galaxy S20 dan Samsung Galaxy S20 Plus.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Ultra
  • Rilis Maret 2020
  • Layar 6.9 inci Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+ ~511 ppi
  • Chipset Exynos 990 (7 nm+)
  • GPU Mali-G77 MP11
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 12/128 GB
  • Kamera Belakang 108 MP (wide), 48 MP (periscope telephoto), 12 MP (ultrawide), 0.3 MP (depth)
  • Kamera Depan 40 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 45W
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Ultra dan Harganya
Apa yang membuat Samsung Galaxy S20 Ultra istimewa? Bagaimana tingkat daya tariknya jika melihat harga yang ditawarkan? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S20 Ultra berikut ini.

Kelebihan Samsung Galaxy S20 Ultra

Sebagai ponsel kelas atas, Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki beberapa kelebihan berikut:

Kualitas Layar yang Bagus

Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki layar yang sangat besar dengan ukuran 6,9 inci. Layarnya memiliki resolusi 1440 x 3200 piksel yang dapat diubah ke resolusi Full HD. Layar ini menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X capacitive touchscreen yang dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6. Layarnya juga dilengkapi dengan fitur HDR10+ dan Always-on display. Refresh rate layarnya adalah 120Hz FHD dan 60Hz QHD.

Layar ponsel ini mendapat pujian dari GSMArena karena kecerahannya yang mencapai 894 nits dalam mode kecerahan adaptif. Stuff.tv menyebut layar AMOLED ponsel ini memberikan visual dengan kecerahan yang sempurna dan warna yang vibrant. Sudut pandang layar juga tergolong bagus dengan bezel yang tipis. Kemampuan layar ini dalam menampilkan video HDR10+ juga indah, dan mode refresh rate 120 Hz-nya memberikan pergerakan yang halus.

Performa Kamera Berkualitas

Samsung Galaxy S20 Ultra dilengkapi dengan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera ultrawide 108 MP, kamera Periscope 48 MP, kamera ultrawide 12 MP, dan kamera depth 0,3 MP. Keempat kamera ini membuat Galaxy S20 Ultra lebih istimewa dibandingkan Galaxy S20 dan Galaxy S20 Plus yang hanya memiliki tiga kamera belakang.

Hasil foto dari kamera belakang Galaxy S20 Ultra terlihat menakjubkan. Kamera utama 108 MP dapat menghasilkan foto dengan detail yang baik dan HDR yang seimbang. Kualitas pemotretan malam juga bagus meskipun belum sebaik kamera malam pada ponsel Google Pixel 4. Kamera ultrawide 12 MP di ponsel ini juga menghasilkan foto yang bagus dan lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya. Fitur menarik lainnya adalah Single Take Mode yang memungkinkan pengambilan foto dengan berbagai mode kamera, video 10 detik, mode potret, dan Live Focus hanya dengan sekali klik. Kamera depan 40 MP-nya juga menghasilkan foto selfie yang bagus baik dalam ruangan maupun luar ruangan.

Kamera Periscope Telefoto yang Baik

Kamera Periscope 48 MP pada Galaxy S20 Ultra memiliki fitur PDAF, OIS, dan kemampuan zoom optik hibrida 10x. Kemampuan zoom pada kamera ini terlihat baik dan menjadi daya tarik utama. Meskipun Samsung mengklaim kemampuan zoom hingga 100x, penggunaan zoom tersebut tidak disarankan. Kemampuan zoom 10x pada ponsel ini sudah fantastis dan menghasilkan foto dengan detail yang sangat baik.

Kinerja Chipset Kelas Atas

Samsung Galaxy S20 Ultra menggunakan chipset Exynos 990 yang dibangun dengan proses fabrikasi 7 nm+. Chipset ini merupakan chipset kelas atas Samsung dan mampu menjalankan berbagai aplikasi dengan baik. Dengan RAM tipe LPDDR5 dan penyimpanan UFS 3.0, Galaxy S20 Ultra menawarkan performa yang sangat baik. Skor benchmark Geekbench menunjukkan bahwa Galaxy S20 Ultra memiliki kinerja yang unggul dalam pengujian single-core dan kompetitif dalam pengujian multi-core.

Fitur Pengisian Daya Cepat

Galaxy S20 Ultra dilengkapi dengan charger bawaan 25W yang dapat mengisi daya dengan cepat. Pengisian daya menggunakan charger 20W dapat mencapai 64% dalam setengah jam, dan pengisian daya penuh membutuhkan waktu 58 menit. Ponsel ini juga mendukung pengisian daya hingga 45W untuk pengisian daya yang lebih cepat.

Kualitas Speaker Stereo yang Baik

Galaxy S20 Ultra memiliki kualitas suara yang baik melalui speaker stereo. Speaker ini menghasilkan suara yang jernih dan keras. Kualitas audio yang baik merupakan salah satu keunggulan yang sering terlupakan dari ponsel ini.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S20 Ultra. Ponsel ini menawarkan layar berkualitas tinggi, kamera yang baik dan fleksibel, performa kelas atas, pengisian daya cepat, dan kualitas suara yang bagus melalui speaker stereo.

Kekurangan Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra, sebagai ponsel kelas atas, memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah penjelasannya:

Konsumsi Baterai Tinggi dalam Mode Layar 120Hz

Samsung Galaxy S20 Ultra dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Namun, dengan ukuran layar yang besar dan penggunaan refresh rate 120Hz, konsumsi baterai dalam mode ini menjadi cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian baterai yang menunjukkan endurance rating hanya 87 jam dalam mode 120Hz, sedangkan dalam mode 60Hz endurance rating mencapai 97 jam. Oleh karena itu, penggunaan mode 120Hz dapat mempengaruhi daya tahan baterai, dan sebaiknya digunakan dengan bijak.

Respons Sensor Sidik Jari di Layar yang Lambat

Samsung Galaxy S20 Ultra menghadapi masalah dengan respons sensor sidik jari di layar yang lambat. Sensor sidik jari dalam layar ini dikritik karena kecepatan tanggapnya yang rendah dan kadang-kadang tidak responsif. Hal ini telah menjadi keluhan yang sama dengan generasi sebelumnya, seperti Galaxy S10. Dalam hal ini, tidak ada peningkatan yang signifikan dari Samsung.

Desain yang Membosankan Meskipun Kualitas Build yang Bagus

Meskipun Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki kualitas build yang baik dengan rangka aluminium dan sertifikasi tahan air, desainnya dianggap membosankan. Tidak ada yang istimewa atau berbeda dalam desainnya dibandingkan dengan ponsel lain. Penempatan modul kamera yang panjang juga tidak memberikan kesan desain yang menarik.

Tidak Ada Jack Audio

Samsung Galaxy S20 Ultra, seperti Galaxy S20 dan Galaxy S20 Plus, tidak dilengkapi dengan jack audio 3,5 mm. Ini menandakan kemungkinan hilangnya jack audio pada ponsel pintar di masa mendatang.

Harga yang Terlalu Mahal

Harga Samsung Galaxy S20 Ultra di Indonesia mencapai Rp18,9 juta. Meskipun wajar untuk ponsel kelas atas, harga ini terasa mahal dan menunjukkan tren kenaikan harga Samsung setiap tahunnya.

Kesimpulan

Samsung Galaxy S20 Ultra adalah ponsel yang bagus dengan banyak keunggulan, terutama dalam hal performa, layar, dan kamera. Namun, keunggulan-keunggulan ini diimbangi dengan kekurangan-kekurangan yang perlu diperhatikan, seperti konsumsi baterai yang tinggi dalam mode 120Hz, respons sensor sidik jari yang lambat, desain yang membosankan, ketiadaan jack audio, dan harga yang tinggi. Sebelum membeli Samsung Galaxy S20 Ultra, pertimbangkan dengan matang dan pastikan memiliki dana yang cukup, atau Anda dapat menunggu harga turun seiring berjalannya waktu.

Harga
12/128 GB - Rp 10.900.000

Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk harga terupdate selengkapnya, kunjungi halaman daftar harga HP Samsung terbaru.

Disclaimer - Ponselhub.com tidak menjamin informasi pada halaman ini 100% akurat. Baca selengkapnya

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn