Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo V20

Apakah ada di antara Anda yang jatuh cinta pada vivo V19 dan menanti HP generasi lanjutannya? Kabar baik untuk Anda, karena vivo V20 sudah tersedia di pasaran Indonesia sejak September 2020.

HP Vivo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Vivo V20
  • Rilis September 2020
  • Layar 6.44 inch AMOLED ~409
  • Chipset Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU Adreno 618
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 44 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 2.950.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo V20 dan Harganya
Dengan harga sekitar Rp5 juta, vivo V20 masuk ke kategori flagship killer yang membuat Anda tidak tertarik pada HP yang lebih mahal. Hal ini karena vivo V20 memiliki banyak kelebihan yang membuatnya hampir setara dengan HP di atasnya dalam rentang harga.

Apa saja yang membuat vivo V20 ini layak untuk diperhatikan? Berikut adalah kelebihan dan kekurangan vivo V20.

Kelebihan vivo V20

Apa yang membuat vivo V20 begitu menarik? Berikut adalah beberapa kelebihan vivo V20 yang bisa menjadi pertimbangan.

Desain Ramping yang Menarik

Sebagai produsen ponsel, vivo memperhatikan desain agar memberikan kenyamanan saat digenggam oleh konsumen. Vivo V20 hadir dengan bodi yang tipis dan ramping.

Hal ini memudahkan Anda membawa ponsel ini ke mana saja, karena vivo V20 memiliki dimensi bodi sebesar 161,3 x 74,2 mm. Ketebalannya hanya 7,4 mm dengan bobot 171 gram. Dengan bobot yang ringan dan bodi yang kompak, vivo V20 menjadi pilihan yang cocok untuk pengguna yang aktif.

Layar OLED yang Jernih

Bagi Anda yang suka menikmati konten di YouTube atau menonton film di Netflix, vivo V20 hadir dengan panel AMOLED berukuran 6,44 inci dengan resolusi Full HD+. Rasio aspeknya adalah 20:9. Vivo V20 juga dilengkapi dengan sensor sidik jari di dalam layar atau in-display fingerprint scanner.

Layar vivo V20 memiliki desain berponi dengan bezel yang tipis, sehingga rasio layar terhadap bodi sangat besar, sekitar 83,7%.

Kualitas layar yang bagus ini ditunjukkan oleh standar HDR10 yang menyajikan rentang dinamis yang luas dan tingkat kecerahan yang tinggi. Dengan tampilan layar yang tajam, pengalaman bermain game atau menonton film menjadi lebih nyaman.

Kualitas Kamera yang Mengagumkan

Sebagai penerus dari seri vivo V, perangkat ini fokus pada pengalaman fotografi yang maksimal. Di bagian belakangnya, terdapat tiga kamera yang disusun dalam modul persegi di pojok kiri atas.

Konfigurasi tiga kamera ini terdiri dari kamera utama 64 MP dengan bukaan f/1.9 dan panjang fokus 26mm. Selain itu, terdapat juga kamera 8 MP dengan mode ultra-wide dengan sudut pandang 120 derajat. Terakhir, ada kamera 2 MP yang digunakan untuk menghasilkan efek bokeh.

Vivo V20 juga menawarkan berbagai fitur menarik pada sektor kamera, seperti deteksi wajah, mode malam, slow motion, dan perekaman Art Portrait Video. Fitur ini sangat berguna bagi para pembuat konten video, karena memungkinkan Anda untuk membuat latar belakang menjadi monokrom atau memberikan efek bokeh.

Vivo V20 juga sudah mendukung perekaman video dengan resolusi 4K pada frame rate 30 FPS. Hasil foto yang dihasilkan sangat tajam dan menampilkan reproduksi warna yang mengagumkan, menjadi salah satu keunggulan dari merek vivo di kelas harga ini. Berikut adalah beberapa contoh foto hasil jepretan vivo V20.

Anda pasti akan terkesan dengan hasil foto di atas. Vivo V20 mampu menghasilkan rentang dinamis yang luas dan ketajaman yang baik pada setiap foto, bahkan dalam kondisi cahaya rendah.

Menggunakan Android 11

Saat vivo V20 diluncurkan, masih sedikit ponsel yang telah menggunakan Android 11. Vivo V20 memanfaatkan kesempatan ini dengan menghadirkan Funtouch 11. Hal ini memberikan kesempatan kepada konsumen untuk merasakan langsung perkembangan yang ditawarkan dari Android 10 ke Android 11.

Funtouch OS 11 hadir dengan berbagai fitur baru dan pengembangan dari Funtouch OS 10 sebelumnya. Beberapa fitur yang dikembangkan termasuk antarmuka Always-On Display, Dark Mode, beranda saat Jovi (sejenis Google Assistant) aktif, desain ikon yang lebih segar, dan masih banyak lagi.

Kinerja Tinggi Snapdragon 720G

Ponsel tidak dapat lepas dari chipset yang digunakan. Vivo V20 sebagai ponsel kelas menengah menggunakan Snapdragon 720G yang memiliki performa yang sangat baik dalam memberikan pengalaman bermain game yang profesional.

Selain chipset, performa bermain game juga dipengaruhi oleh RAM dan fitur optimasi pada perangkat. Vivo V20 dilengkapi dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Pengalaman bermain game akan sangat lancar dengan adanya fitur Ultra Game Mode yang mengoptimalkan pengaturan sistem operasi agar CPU dan GPU difokuskan pada game yang sedang dimainkan.

Jangan ragu untuk menggunakan vivo V20 sebagai pilihan bermain game. Sebuah video yang diunggah oleh lctfix.net menunjukkan bahwa pengaturan grafis PUBG Mobile bisa mencapai tingkat HD dan High. Selain itu, tidak ada masalah atau lag saat bermain, dan responsivitasnya sangat baik. Apakah Anda tertarik untuk meningkatkan peringkat menggunakan vivo V20?

Fitur NFC Multifungsi

NFC (Near Field Communication) pada ponsel dengan harga menengah bukanlah hal baru. Bahkan beberapa ponsel dengan harga sekitar Rp4 jutaan sudah dilengkapi NFC. Namun, NFC Multifungsi pada vivo V20 patut diapresiasi oleh pengguna.

NFC Multifungsi pada vivo V20 tidak hanya berguna untuk mentransfer data atau kontak, tetapi juga dapat digunakan untuk menyalin data dari kartu apartemen. Dengan demikian, Anda dapat mengkloning kartu kunci pada ponsel dan membuka pintu dengan cara menyentuhkan ponsel. Ini sangat praktis dan tentu akan membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Baterai dengan Fitur Fast Charging 33 W

Jangan buang waktu hanya untuk menunggu ponsel Anda mengisi daya! Lebih baik memilih ponsel seperti vivo V20 yang dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat. Vivo V20 memiliki baterai tipe Li-Po berkapasitas 4.000 mAh yang dapat bertahan dalam waktu lama.

Vivo V20 telah meningkatkan kemampuan fast charging menjadi 33W, dibandingkan dengan 18W pada vivo V19. Dengan begitu, ponsel dapat diisi daya hampir dua kali lebih cepat daripada vivo V19. Sekarang tidak ada lagi momen yang terbuang hanya karena menunggu ponsel terisi daya.

Desain Belakang dengan Warna yang Menarik

Siapa yang bosan dengan desain bodi yang monoton? Beberapa ponsel menawarkan pilihan warna yang polos, sementara yang lain memberikan efek kilauan cahaya untuk tampilan yang menarik. Namun, vivo V20 memiliki sesuatu yang berbeda, yaitu desain belakang dengan tampilan warna yang "berdansa" seperti hologram. Ini disebut Dual Tone Step, sebuah desain unik dari vivo.

Namun, apakah desain bodi seperti ini sesuai dengan selera Anda tergantung pada preferensi masing-masing, karena efek perubahan warna seperti ini mungkin tidak cocok untuk setiap orang. Vivo menyatakan bahwa Dual Tone Step ini bertujuan untuk menyamarkan ketebalan modul kamera belakang. Apakah Anda tertarik dengan desain bodi vivo V20?

Kekurangan vivo V20

Tidak dapat dipungkiri, vivo V20 juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa poin kekurangan yang perlu diperhatikan:

Tidak Dilengkapi dengan Gorilla Glass

Vivo V20 sayangnya tidak dilengkapi dengan perlindungan Gorilla Glass. Ini berarti pengguna harus lebih berhati-hati agar tidak menjatuhkan ponsel secara tidak sengaja. Kehilangan perlindungan Gorilla Glass juga membuat layar lebih rentan terhadap retak dan goresan. Pengguna mungkin perlu menambahkan tempered glass sendiri untuk melindungi layar.

Kapasitas Baterai yang Lebih Kecil

Meskipun durasi baterai vivo V20 masih cukup baik, terdapat penurunan kapasitas baterai dibandingkan dengan vivo V19. Vivo V20 hanya memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh, sedangkan vivo V19 memiliki baterai berkapasitas 4.500 mAh. Hal ini mungkin sedikit mengecewakan, terutama jika mempertimbangkan bahwa versi yang lebih murah dari vivo V20, yaitu vivo V20 SE, justru memiliki baterai berkapasitas 4.100 mAh.

Kesimpulan

Sekali lagi, vivo tidak mengecewakan dengan vivo V20 yang menawarkan banyak kelebihan dan layak dengan harga sekitar Rp5 juta. Mulai dari performa yang unggul dalam kelasnya, kemampuan fotografi yang luar biasa, hingga hadirnya Funtouch OS 11 berbasis Android 11.

Desain bodi dengan gradasi warna yang elegan juga membuat vivo V20 terlihat menarik. Namun, perlu diingat untuk menambahkan lapisan perlindungan pada vivo V20 karena ketiadaan Gorilla Glass membuatnya rentan terhadap goresan dan retak akibat jatuh.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang ponsel vivo lainnya, Anda dapat membaca artikel kami tentang ponsel vivo terbaru yang kami update secara berkala. Vivo V20 telah tersedia di Indonesia sejak September 2020 dengan harga sekitar Rp4.999.000,- dan Anda dapat membelinya melalui tautan ini.

Vivo V20
Rilis : September 2020
8/128 GB - Rp 2.950.000
[Update]
Beli di Shopee