Kelebihan dan Kekurangan Oppo A15s

OPPO segera menghadirkan produk baru setelah meluncurkan Seri OPPO Reno5, pada Januari 2021. Kali ini, mereka membawa OPPO A15s, sebuah smartphone yang ditujukan untuk kelas entri. Dalam penamaan ponsel ini, OPPO terlihat terinspirasi oleh banyak produsen.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo A15s
  • Rilis Desember 2020
  • Layar 6.52 inci IPS LCD ~269 ppi
  • Chipset MediaTek Helio P35 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Internal 4/64 GB
  • Eksternal Tersedia slot MicroSD
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4230 mAh
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo A15s dan Harganya
Sebagaimana lazimnya, produsen sering menggunakan akhiran "s" untuk menunjukkan bahwa seri ini adalah peningkatan atau pembaruan dari versi sebelumnya. Hal ini berarti bahwa OPPO A15s adalah penerus dari OPPO A15 yang diperkenalkan kepada publik pada Oktober 2020.

Tidak mengherankan jika kedua ponsel ini terlihat serupa dari semua sisi. Namun, OPPO pasti memberikan beberapa peningkatan yang membuat OPPO A15s menjadi pilihan yang layak bagi konsumen. Berdasarkan hal ini, kami akan membahas seberapa menarik ponsel ini.

Kami akan memberikan ulasan singkat dengan format poin-poin untuk kelebihan dan kekurangan. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam membuat penilaian.

Kelebihan OPPO A15s

Setidaknya ada lima kelebihan yang menjadi daya tarik dari OPPO A15s. Apa saja kelebihan tersebut? Simak di bawah ini:

Desain Bodi yang Ringan

Penggunaan bahan polikarbonat plastik kembali populer. Padahal, produsen ponsel dalam beberapa tahun terakhir cenderung menggunakan bahan logam aluminium dan kaca. Hal ini juga berlaku untuk ponsel kelas entri.

OPPO A15s termasuk dalam kategori ponsel yang mempopulerkan penggunaan polikarbonat sebagai bahan rangka dan penutup belakangnya. Polikarbonat memang tidak sekuat aluminium, tetapi bahan ini jauh lebih ringan dan memiliki daya tahan yang lebih baik daripada kaca. Selain itu, harga polikarbonat juga lebih terjangkau dibandingkan kaca atau aluminium.

Memegang OPPO A15s dalam jangka waktu lama tidak akan membuat tangan Anda lelah. Ponsel ini memiliki dimensi 164 x 75,4 x 7,9 mm dan berat kurang dari 200 gram, tepatnya 177 gram. Selain itu, desainnya juga terlihat elegan dengan ketebalan yang tipis dan pilihan warna yang menarik: Dynamic Black dan Mystery Blue. Dua warna tersebut tampak glossy, tidak meninggalkan sidik jari, dan tidak terlalu licin.

Tampilan yang Baik

Tampilan layar OPPO A15s memang tidak terlalu istimewa. Resolusi layarnya masih HD+ (720 x 1600 piksel) dan refresh rate-nya 60Hz.

Namun, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam melihat isi layarnya yang berukuran 6,52 inci, bahkan di luar ruangan. Ini disebabkan oleh kecerahan rata-rata layar OPPO A15s yang cukup tinggi untuk kelasnya, yaitu 480 nit.

Selain kecerahan yang memuaskan, layar ini juga dilapisi dengan Gorilla Glass 3. Sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang tergoresnya layar ketika bersentuhan dengan kunci kendaraan di dalam saku celana.

Kamera Depan

Perbedaan pertama yang mencolok antara OPPO A15s dan OPPO A15 terletak pada kamera depan. Resolusi kamera depan pada OPPO A15s mengalami peningkatan menjadi 8 MP, meningkat 3 MP dari pendahulunya. Selain itu, aperture (bukaan) yang diberikan oleh OPPO juga lebih besar.

Dari f/2.2 menjadi f/2.0. Kombinasi peningkatan resolusi dan aperture yang lebih besar berpotensi menghasilkan gambar yang lebih baik dengan kamera depan OPPO A15s. Ditambah dengan dukungan pengolahan perangkat lunak AI Beautification. Selain itu, lensa kamera depannya menggunakan 5P yang merupakan kualitas yang baik. Angka "P" menunjukkan jumlah elemen lensa, semakin tinggi angka di depannya, semakin baik kualitasnya.

Penyimpanan yang Luas

Bukan hanya kamera depan yang berbeda, sektor penyimpanan internal dan RAM juga berbeda. Jika OPPO A15 hanya memiliki penyimpanan 32 GB dan RAM 3 GB, penerusnya telah meningkatkan kapasitas penyimpanan internal menjadi 64 GB dengan RAM 4 GB. Anda tidak akan ragu untuk mengunduh berbagai game dan aplikasi di OPPO A15s.

Juga untuk menyimpan koleksi foto dalam momen-momen yang tak terlupakan. Jika 64 GB masih kurang, Anda dapat memperluas kapasitas penyimpanan dengan kartu microSD khusus yang terpisah dari dua kartu SIM. Ponsel ini mendukung kartu microSD hingga 256 GB.

Peningkatan RAM juga berdampak pada kemampuan multitasking yang lebih baik. Buka beberapa aplikasi sekaligus lebih lancar dan tanpa loading.

Navigasi dan WiFi

OPPO A15s mendukung lebih banyak sistem navigasi daripada OPPO A15. Selain GPS, A-GPS, GLONASS, dan BDS, OPPO A15s juga mendukung GALILEO. Mendukung berbagai sistem navigasi ini membuat ponsel ini lebih tangguh menghadapi situasi yang sulit.

Misalnya, jika satelit yang digunakan oleh salah satu sistem navigasi mengalami gangguan, ponsel akan secara otomatis beralih ke sistem navigasi lain yang tersedia. Selain itu, dalam hal konektivitas WiFi, OPPO A15s sudah mendukung WiFi generasi kelima, atau WiFi AC.

Meskipun WiFi 5 yang berjalan pada frekuensi 5 GHz tidak lebih cepat dari generasi sebelumnya (2,4 GHz), koneksi internet menggunakan WiFi 5 memiliki latensi (ping) yang lebih rendah. Latensi yang rendah akan membuat koneksi menjadi lebih stabil. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari lag saat bermain game online.

Kekurangan OPPO A15s

Tidak ada produk yang sempurna tanpa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa catatan khusus yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Pengisian Baterai yang Lambat

Memiliki baterai berkapasitas 4230 mAh adalah hal yang baik untuk ponsel saat ini. Kapasitas ini sudah cukup untuk penggunaan sehari penuh. Sayangnya, kapasitas baterai yang memadai tidak diimbangi dengan teknologi pengisian yang cepat.

Chipset MediaTek P35 yang digunakan pada OPPO A15s sebenarnya mendukung pengisian cepat. Namun, OPPO memilih untuk tidak mengaktifkannya. Adaptor yang disertakan hanya memiliki daya 10V 2A atau 10 Watt.

Hal ini membuat Anda perlu memiliki kesabaran ekstra saat menunggu baterai OPPO A15s terisi penuh. Sebagai gambaran, situs Gizmologi mencatat bahwa waktu pengisian OPPO A15 (dengan kapasitas yang sama dengan A15s) hingga penuh membutuhkan sekitar tiga jam.

Port USB yang Usang

Tidak ada masalah yang serius jika sebuah ponsel masih menggunakan port microUSB tipe B. Namun, OPPO A15s terlihat ketinggalan zaman dibandingkan perangkat lain yang sudah menggunakan USB tipe C. Beberapa laptop terbaru bahkan telah mengganti port adapternya menjadi USB tipe C.

Hal ini bisa menjadi masalah ketika Anda kehabisan baterai dan lupa membawa charger. Anda tidak dapat meminjam charger teman karena port yang digunakan berbeda. Selain itu, bentuk port microUSB tipe B yang memiliki posisi atas dan bawah yang berbeda juga berisiko. Jika Anda tidak hati-hati dalam mencolokkan kabel dengan posisi yang salah, port pada ponsel dapat rusak.

Chipset yang Sedikit Usang

Chipset MediaTek Helio P35 memang memiliki delapan inti dan dibuat dengan proses fabrikasi 12 nm. Chipset ini cukup hemat daya. Namun, jika dilihat dari saat peluncurannya, Helio P35 terlihat agak usang.

Chipset ini diluncurkan pada kuartal pertama 2019. Beberapa ponsel yang menggunakan chipset MediaTek telah beralih ke chipset kelas entri yang lebih baru, seperti seri G. Contohnya adalah Helio G35 yang diluncurkan pada kuartal kedua 2020. Chipset terakhir tersebut jauh lebih kuat dibandingkan Helio P35.

Melalui pengujian Antutu 8 yang dilakukan oleh situs nanoreview, Helio P35 hanya mencetak skor GPU sebesar 13274, sedangkan Helio G35 mencapai 13274. Angka ini memberikan gambaran bahwa Helio P35 kurang cocok untuk menjalankan game berat. Namun, game seperti Mobile Legend, PUBG Mobile, dan Free Fire tetap dapat dimainkan dengan pengaturan grafik yang wajar.

Sensor Terbatas

OPPO A15s hanya dilengkapi dengan sensor akselerometer, proximity, dan sensor pemindai sidik jari. Sensor penting lainnya seperti sensor cahaya, giroskop, dan kompas tidak tersedia. Ketidakberadaan sensor cahaya membuat Anda harus mengatur kecerahan secara manual saat berpindah dari luar ruangan ke dalam ruangan atau sebaliknya. Selain itu, ketiadaan sensor giroskop mungkin akan mempengaruhi pengalaman bermain beberapa game yang memanfaatkan orientasi ponsel.

Terutama untuk game yang menggunakan orientasi ponsel untuk menghasilkan gerakan. Meskipun demikian, memainkan game seperti PUBG Mobile di ponsel tanpa sensor giroskop masih memungkinkan. Hanya saja, semua gerakan (termasuk saat menargetkan musuh) ditentukan oleh kecepatan jari dalam menekan layar. Tidak adanya sensor kompas juga berarti Anda harus terus terhubung dengan internet untuk mengetahui arah mata angin.

Tidak Ada Kamera Ultrawide

Beberapa orang mungkin lebih memilih lensa ultrawide daripada lensa makro. Terutama bagi mereka yang suka mengabadikan momen bersama dengan banyak orang, seperti dalam budaya komunal Indonesia.

Hal ini dapat didukung dengan adanya kamera belakang dengan lensa ultrawide. Namun, OPPO A15s hanya dilengkapi dengan lensa makro yang lebih cocok untuk memotret objek kecil dari jarak dekat, seperti bunga atau semut. Ketidakhadiran kamera ultrawide menjadi kekurangan bagi OPPO A15s.

Pasalnya, pada kisaran harga yang sama (sekitar Rp1,9-2,3 juta), pesaingnya mampu menyediakan kamera tersebut. Misalnya Xiaomi Redmi 9, Xiaomi Redmi 9T, realme C15, realme C15 Holiday Edition, realme narzo 20, hingga Samsung Galaxy A12. Keenam ponsel tersebut tentu tidak dapat dianggap remeh.

Hal ini karena semua ponsel tersebut sudah mendukung pengisian cepat, USB tipe C (kecuali realme C15 dan C15 Holiday Edition), dan menggunakan chipset yang lebih baru. OPPO A15s memang bukan ponsel yang cocok untuk semua orang.

Ponsel ini mungkin cocok bagi mereka yang mengutamakan penampilan dan sering beraktivitas di luar ruangan, tetapi tetap fungsional untuk penggunaan sehari-hari. Dengan harga sekitar Rp2,3 juta, apakah OPPO A15s dapat memenangkan hati masyarakat? Pilihan itu tergantung pada Anda.

Harga
6/128 GB - Rp 2.400.000
4/64 GB - Rp 2.100.000

Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk harga terupdate selengkapnya, kunjungi halaman daftar harga HP Oppo terbaru.

Disclaimer - Ponselhub.com tidak menjamin informasi pada halaman ini 100% akurat. Baca selengkapnya

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn