Kelebihan dan Kekurangan Realme 6

Realme 6 diperkenalkan di Indonesia sebagai sebuah ponsel yang dijual dengan harga sekitar Rp3 jutaan. Dilihat dari harganya, ponsel ini masuk dalam kategori menengah. Namun, jika melihat namanya, seharusnya Realme 6 menjadi penerus Realme 5 yang dijual dengan harga antara Rp1,9 juta hingga Rp2 jutaan.

HP Realme
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme 6
  • Rilis Maret 2020
  • Layar 6.5 inci IPS LCD 90Hz ~405 ppi
  • Chipset Mediatek MT6785 Helio G90T (12 nm)
  • GPU Mali-G76 MC4
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/128 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (depth), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4300 mAh, Fast charging 30W
  • Harga Rp 2.600.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Realme 6 dan Harganya
Namun, Realme secara tegas menyatakan bahwa Realme 6 bukanlah penerus Realme 5, tetapi Realme 5 Pro. Realme 5 Pro sendiri dijual dengan harga antara Rp2 juta hingga Rp3 jutaan. Lalu, seperti apa sebenarnya Realme 6 ini? Apakah ponsel ini menarik? Untuk mengetahuinya, mari kita lihat kelebihan dan kekurangan Realme 6 berikut ini.

Kelebihan Realme 6

Realme 6 memiliki beberapa kelebihan menarik. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

Sensor Sidik Jari Cepat

Realme 6 dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terletak di samping ponsel, bersama dengan tombol daya. Keberadaan sensor sidik jari di sisi ponsel ini menarik perhatian, mengingat Realme 5 Pro sebelumnya memiliki sensor sidik jari di bagian belakang. Respons sensor sidik jari di sisi ini juga tergolong cepat.

Menurut situs teknologi Smartprix, sensor sidik jari ini memiliki respons yang cepat. Bentuknya juga cukup panjang sehingga mudah dijangkau oleh tangan. Yang menarik, ponsel ini mendukung kombinasi teknologi pengenalan wajah dan sensor sidik jari untuk membuka layar. Kemampuan pengenalan wajah pada ponsel ini juga cukup cepat.

Tahan Air + Corning Gorilla Glass 3

Realme 6 tetap mempertahankan fitur tahan air, yang juga ada pada Realme 5 dan Realme 5 Pro. Perbedaannya sekarang, kualitas konstruksi ponsel ini ditingkatkan dengan adanya pelindung Corning Gorilla Glass 3 pada layarnya. Meskipun masih menggunakan versi 3, tetapi lebih baik memiliki Corning Gorilla Glass daripada tidak sama sekali.

Layar 90Hz

Realme 6 hadir dengan layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Layarnya menggunakan panel IPS, yang sebenarnya cukup wajar untuk kelas harganya.

Namun, yang tidak biasa dan membuat layar ponsel ini menonjol adalah dukungan refresh rate 90 Hz dan touch-sensing 120Hz. Jarang ada ponsel dalam kelas harga ini yang sudah mendukung refresh rate 90 Hz. Dengan refresh rate 90 Hz, pengalaman menikmati konten akan lebih menyenangkan.

Dukungan refresh rate 90 Hz menjadi daya tarik utama dari ponsel ini. Meskipun tidak menggunakan panel AMOLED, hal ini bukanlah kekurangan yang signifikan. Meskipun tingkat kecerahannya biasa-biasa saja, tidak buruk, jadi masih dapat dimaklumi.

Daya Tahan Baterai yang Panjang

Realme 6 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.300 mAh. Kapasitas ini meningkat dibandingkan Realme 5 Pro yang hanya memiliki kapasitas 4.035 mAh. Dengan kapasitas tersebut, daya tahan baterai ponsel ini cukup baik. Menurut yang ditulis oleh Smartprix, daya tahan baterai ponsel ini bisa mencapai 1,5 hingga 2 hari.

Karena Realme 6 memiliki refresh rate 90 Hz, tentu saja ini akan berpengaruh pada pemakaian baterai. Oleh karena itu, situs 91mobiles melakukan uji benchmark terhadap baterai Realme 6 dalam dua mode. Berikut adalah detail hasilnya.

Dari gambar di atas, terlihat bahwa dalam uji benchmark PCMark untuk daya tahan baterai, Realme 6 mencatatkan skor 9 jam 50 menit atau hampir 10 jam. Hasil ini didapatkan ketika Realme 6 menggunakan mode layar 60 Hz. Pada mode layar 90 Hz, waktu yang diperoleh adalah hampir 8 jam atau tepatnya 7 jam 51 menit.

Dilihat dari data di atas, jelas bahwa mode 60 Hz dapat memberikan daya tahan baterai yang lebih lama. Meskipun hasil dari PCMark menunjukkan bahwa daya tahan baterai ponsel ini tidak terlalu lama. Biasanya, angka daya tahan baterai yang lama mencapai belasan jam. Namun, berdasarkan pengalaman penggunaan yang disampaikan oleh Smartprix, daya tahan baterai ponsel ini bisa mencapai 2 hari, yang merupakan sesuatu yang patut diapresiasi.

Fast Charging Super Cepat 30W

Ternyata Realme 6 sudah dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat 30W. Ini merupakan peningkatan dari Realme 5 Pro yang hanya mendukung pengisian cepat 20W. Realme sendiri mengklaim bahwa ponsel ini dapat terisi penuh dalam waktu 55 menit.

Namun, menurut situs 91Mobiles, waktu pengisian dari 0% hingga 100% membutuhkan waktu 60 menit. Sementara itu, situs Gadgets NDTV menyatakan bahwa pengisian hingga penuh membutuhkan waktu lebih dari satu jam. Dalam waktu 30 menit, daya baterai dapat mencapai 65%.

Berdasarkan hasil tersebut, klaim Realme tentang pengisian dalam waktu 55 menit memang tidak sepenuhnya akurat, tetapi cukup mendekati. Hasilnya tidak terlalu jauh berbeda, yang menunjukkan bahwa ponsel ini memiliki daya tahan baterai yang baik.

Performa Chipset yang Bagus

Realme 6 menggunakan chipset Mediatek Helio G90T. Chipset ini dirancang khusus untuk permainan gim dan dibangun dengan proses fabrikasi 12nm.

Chipset ini memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari dua kluster. Kluster pertama terdiri dari dua core Cortex-A76 dengan kecepatan 2.05GHz, sedangkan kluster kedua terdiri dari enam core Cortex-A55 dengan kecepatan 2.0GHz. Untuk pemrosesan grafis, chipset ini dilengkapi dengan GPU Mali-G76 MC4.

Chipset ini sebelumnya telah digunakan pada Redmi Note 8 Pro, dan performanya dapat dikatakan baik. Hal ini juga terlihat dari skor Antutu pada ponsel ini yang mencapai sekitar 290 ribuan.

Sebagai perbandingan, Realme 5 Pro yang menggunakan Snapdragon 712 hanya mencapai skor Antutu sekitar 221 ribuan dalam pengujian Antutu 8. Skor ini jelas lebih rendah dibandingkan dengan Realme 6.

Menurut Smartprix, chipset G90T ini sangat baik untuk bermain gim. Bahkan performanya dapat bersaing dengan Snapdragon 720G yang digunakan pada Realme 6 Pro, bahkan bisa dikatakan lebih baik. Namun, saat digunakan untuk bermain gim dalam waktu yang lama, seperti PUBG Mobile selama 30 menit, suhu ponsel ini dapat mencapai 43 derajat Celsius. Meskipun demikian, performa ponsel ini tetap tergolong baik.

Kamera Selfie yang Baik

Realme 6 dilengkapi dengan kamera depan 16 MP dengan bukaan f/2.0. Kamera ini mampu menghasilkan kualitas selfie yang baik. Menurut situs Timesnownews, kualitas selfie dari ponsel ini tergolong baik. Bahkan menurut mereka, hasil tangkapan dari kamera depan lebih baik dibandingkan kamera belakang.

Situs Pricebaba juga menyatakan bahwa kamera depan Realme 6 mampu menghasilkan foto selfie dengan warna kulit alami dan detail yang tinggi. Kamera ini juga akurat saat menggunakan mode potret.

Kekurangan Realme 6

Realme 6 juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah pembahasannya:

Performa Kamera Kurang Memuaskan

Realme 6 dilengkapi dengan empat kamera di bagian belakang. Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 64 MP dengan fitur PDAF, kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP.

Jika dibandingkan dengan Realme 5 Pro, hanya kamera utama yang mengalami peningkatan resolusi. Realme 5 Pro juga memiliki empat kamera dengan tiga kamera yang serupa dengan Realme 6. Hanya saja, kamera utamanya memiliki resolusi 48 MP.

Namun, bagaimana hasil foto yang dihasilkan oleh kamera Realme 6? Berikut ini adalah beberapa contoh hasil foto dari Realme 6.

Berdasarkan hasil foto dari Realme 6, gambar-gambar yang dihasilkan terlihat bagus. Situs Smartprix menyebutkan bahwa kualitas foto dari kamera 64 MP pada ponsel ini mampu menangkap detail dengan baik dalam kondisi pencahayaan yang cukup. Namun, dalam kondisi cahaya yang kurang, hasil foto cenderung kurang terang dan kurang memuaskan.

Situs Timesnownews juga merasa bahwa hasil foto dari kamera belakang ponsel ini kurang memuaskan dan tidak memberikan kesan yang positif. Namun, mereka memuji kualitas foto dengan resolusi 64 MP yang lebih tajam jika menggunakan mode 12 MP.

Menurut Smartprix, kamera belakang pada ponsel ini mengalami penurunan kualitas dalam kondisi ruangan dengan pencahayaan yang kurang. Hal ini merupakan kekurangan dari Realme 6.

Desain yang Membosankan

Realme 6 memiliki desain yang terinspirasi oleh komet, dengan garis-garis desain yang menyerupai komet. Desain ini sebenarnya menarik. Namun, desain Realme 6 terasa membosankan dan terlihat mirip dengan ponsel Realme sebelumnya.

Selain itu, Realme 6 menggunakan bodi dan bingkai polikarbonat alias plastik. Hal ini dapat menjadi perdebatan apakah hal ini merupakan kekurangan atau tidak. Namun, hal ini membuat desain ponsel terasa kurang kokoh.

Tidak Mendukung NFC

Realme 6 hadir dalam dua varian di Indonesia. Varian pertama memiliki RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 128 GB dengan harga Rp3,4 juta. Varian kedua memiliki RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 128 GB dengan harga Rp3,8 juta.

Dengan melihat harganya, ponsel ini berada dalam kisaran harga Rp3 jutaan, sehingga akan lebih baik jika ponsel ini mendukung fitur NFC. Terlebih lagi, pesaingnya, Redmi Note 8 Pro, yang bahkan memiliki harga lebih murah, hadir dengan fitur NFC.

Kesimpulan

Realme 6 dapat dikatakan sebagai ponsel dengan banyak peningkatan dibandingkan dengan Realme 5 Pro. Peningkatan tersebut tidak hanya terjadi pada fitur, tetapi juga pada harga, mengingat Realme 5 Pro dijual dengan harga kurang dari Rp3 juta untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB.

Dengan melihat spesifikasinya, Realme 6 akan bersaing dengan Redmi Note 8 Pro. Keduanya memiliki chipset yang sama. Namun, keduanya memiliki keunggulan yang berbeda. Realme 6 cocok dipilih oleh mereka yang suka selfie dan membutuhkan performa serta layar dengan refresh rate 90 Hz. Apakah Anda tertarik dengan Realme 6?

Realme 6
Rilis : Maret 2020
4/128 GB - Rp 2.600.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn