Kelebihan dan Kekurangan Realme C12

Realme, sebagai sub-brand OPPO, sangat serius dalam mengembangkan bisnisnya. Banyak produk yang diluncurkan pada tahun 2020, mulai dari produk dengan harga tinggi seperti Realme X50 Pro, ponsel menengah seperti seri Realme 7, hingga produk dengan harga terjangkau seperti Realme C15.

HP Realme
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme C12
  • Rilis Agustus 2020
  • Layar 6.5 inci IPS LCD ~264 ppi
  • Chipset MediaTek Helio G35 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 3/32 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP, 2 MP
  • Kamera Depan 5 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 6000 mAh
  • Harga Rp 1.300.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Realme C12 dan Harganya
Sekarang, kita akan membahas ponsel yang masih sejajar dengan Realme C15, yaitu Realme C12. Spesifikasinya dan desainnya hampir sama. Bisa dikatakan bahwa Realme C12 adalah versi murah dari Realme C15 dengan selisih harga sekitar Rp100.000,-.

Apakah Realme C12 yang dijual dengan harga Rp1.899.000,- ini lebih worth it dibandingkan Realme C15? Temukan jawabannya dalam beberapa kelebihan dan kekurangan Realme C12 berikut ini.

Kelebihan Realme C12

Apa saja nilai tambah yang bisa Anda dapatkan dari ponsel seharga Realme C12 ini? Berikut adalah beberapa poin kelebihan ponsel Realme ini.

Baterai yang Sangat Awet

Kapasitas baterai 5.000 mAh sudah umum pada rentang harga tertentu. Namun, bagaimana dengan kapasitas 6.000 mAh yang dimiliki oleh Realme C12? Pada segmen entry-level, kapasitas sebesar ini tentunya sangat menarik.

Karena kapasitas yang besar ini, Realme C12 dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama. Bahkan, perangkat ini diklaim dapat bertahan hampir 2 bulan dalam kondisi siaga!

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh PhoneYear, Realme C12 dapat memutar video 1080p selama 23 jam dengan volume suara maksimal, kecerahan layar 50%, dan WiFi serta paket data 4G dimatikan.

Daya tahan baterai ini juga terbukti saat digunakan untuk berbagai aktivitas yang membutuhkan daya, seperti bermain PUBG Mobile, membuka Instagram, TikTok, merekam video dan melakukan panggilan video melalui WhatsApp, membuka SoundCloud dan YouTube, serta menelepon - masing-masing aktivitas dilakukan selama 30 menit.

Hasilnya? Kapasitas baterai hanya berkurang sebesar 30%. Selain itu, karena ini adalah ponsel Realme, fitur Super Power Saving Mode juga disediakan. Ketika fitur ini diaktifkan dan baterai tersisa 5%, ponsel masih bisa menggunakan WhatsApp selama 107 menit atau bertahan selama 2,9 hari dalam kondisi standby.

Triple Kamera yang Bagus

Bagi Anda yang gemar fotografi, Anda tidak perlu khawatir tentang hasil foto pada Realme C12. Meskipun konfigurasi kamera belakangnya standar untuk ponsel entry-level, ponsel ini mampu menghasilkan foto dengan ketajaman dan warna yang baik untuk kelasnya.

Pada bagian belakangnya, terdapat tiga lensa kamera yang terdiri dari sensor utama 13 MP f/2.2, lensa potret 2 MP f/2.4, dan sensor makro 4 MP f/2.4.

Kamera belakang ini juga mampu merekam video dengan resolusi 1080p dan memiliki mode slow motion. Terdapat juga fitur Super NightScape dan Chrome Boost yang membantu mempertahankan pencahayaan foto di malam hari dan meningkatkan kualitas warna gambar. Berikut beberapa contoh hasil foto dari kamera Realme C12.

Sensor Sidik Jari dan Face Unlock yang Cepat

Untuk kemudahan membuka kunci layar secara praktis, Realme C12 dilengkapi dengan sensor sidik jari yang ditempatkan di bagian belakang bodi.

Realme C12 adalah salah satu ponsel dalam kelas harganya yang memiliki fitur pembukaan kunci yang responsif baik melalui sensor sidik jari maupun Face Unlock.

Desain Bodinya yang Trendy dan Kokoh

Meskipun secara sekilas tampilan bodi Realme C12 tidak berbeda jauh dengan Realme C15 atau seri C lainnya, perlu diakui bahwa pilihan warna dan desain pada perangkat ini terlihat cukup trendy.

Ponsel ini memiliki desain tema Geometric Gradient dengan sedikit efek visual berupa guratan yang membuatnya terlihat seperti batu permata.

Realme C12 tersedia dalam dua varian warna, yaitu Coral Red dan Marine Blue. Keduanya merupakan warna yang cukup cerah dan menambah estetika secara keseluruhan.

Realme C12 juga memiliki bahan bodi dengan tekstur yang nyaman digenggam. Pengguna dapat menyentuh bagian belakang ponsel tanpa meninggalkan sidik jari, sehingga ponsel selalu terlihat seperti baru.

Meskipun Realme C12 tidak memiliki IP rating atau sertifikasi militer, Realme mengklaim bahwa perangkat ini telah melalui sejumlah pengujian ketahanan bodi. Setidaknya hal ini membuat Realme C12 lebih tahan terhadap jatuh atau percikan air.

Dilengkapi dengan Slot Kartu 3-in-1

Apakah Anda ingin menyimpan koleksi film, video, atau foto secara lengkap? Realme C12 adalah salah satu pilihan termurah yang dilengkapi dengan slot kartu 3-in-1. Sebagai ponsel entry-level, Realme C12 memiliki kapasitas memori internal yang terbatas. Namun, Anda dapat menggunakan kartu microSD dengan kapasitas hingga 256 GB tanpa harus mengorbankan slot kartu SIM kedua.

Fitur Reverse Charging

Salah satu keunggulan utama Realme C12 adalah baterai dengan kapasitas 6.000 mAh. Selain itu, fitur reverse charging memungkinkan Anda menggunakan Realme C12 sebagai power bank sementara untuk mengisi daya perangkat lain seperti ponsel atau earphone Bluetooth.

Melalui kabel OTG yang terhubung antara Realme C12 dan perangkat lain dengan konektor microUSB atau USB tipe-C, Anda dapat memanfaatkan fitur ini dalam situasi darurat. Meskipun kecepatan pengisian dayanya mungkin tidak terlalu cepat, fitur ini dapat menjadi penyelamat saat Anda membutuhkannya.

Kekurangan Realme C12

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, Realme C12 juga memiliki beberapa kekurangan yang membuatnya kalah bersaing di pasar ponsel dengan harga entry-level. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimilikinya.

Kinerja Gaming yang Kurang Memadai

Sejak peluncuran Realme C11 dan Realme C15, sepertinya seri C ini sering menggunakan chipset MediaTek Helio G35. SoC ini juga digunakan pada Realme C12, sehingga perangkat ini tidak membawa banyak peningkatan dalam hal performa dibandingkan generasi sebelumnya.

Jika melihat harga Realme C12, ponsel ini bersaing dengan Redmi 9. Sayangnya, dalam pertandingan ini, Realme C12 tidak mampu menjadi pemenang. Helio G35 tidak dapat bersaing dengan Helio G80 yang digunakan pada Redmi 9.

Helio G35 hanya mencapai skor AnTuTu v8 sebesar 109.405 poin, sementara Helio G80 unggul 87% dengan skor 204.511 poin. Saat bermain game PUBG Mobile, Realme C12 hampir tidak mampu menjaga FPS dengan stabil. Namun, untuk sesi bermain game secara kasual, ponsel ini masih bisa digunakan dengan performa yang cukup.

Tidak Ada Fast Charging

Realme C12 memang memiliki kapasitas baterai yang sulit ditandingi oleh pesaingnya. Namun, ponsel ini tidak dilengkapi dengan fitur fast charging.

Anda harus rela menunggu cukup lama untuk mengisi daya baterai dengan daya pengisian yang standar, yaitu 10W. Mengingat kapasitas baterai 6.000 mAh, waktu pengisian baterai akan lebih lama dibandingkan dengan ponsel lain dengan kapasitas baterai yang lebih kecil.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh seorang YouTuber dengan channel PhoneYear, dibutuhkan waktu 3 jam 32 menit untuk mengisi baterai Realme C12 dari kosong hingga penuh. Waktu pengisian yang cukup lama.

Meskipun absennya fitur fast charging mungkin dijelaskan dengan harga Realme C12 yang di bawah Rp2 juta, beberapa ponsel dengan harga yang lebih murah sudah dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat.

Sebagai contoh, Redmi 8A dengan baterai 5.000 mAh mendukung daya pengisian 18W dengan harga sekitar Rp1,3 jutaan. Samsung Galaxy A20 dengan harga sekitar Rp1,8 jutaan dilengkapi dengan fast charging 15W dan panel Super AMOLED.

Selain itu, Redmi 9 dengan harga sekitar Rp1,8 jutaan yang diluncurkan pada tahun 2020 sudah dilengkapi dengan fast charging 18W pada baterai 5.000 mAh. Sebenarnya ada banyak ponsel dengan harga serupa dengan Realme C12 namun sudah dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat.

RAM dan Memori Internal yang Terbatas

Sebagai ponsel dalam kategori entry-level, Realme C12 mengorbankan kapasitas memori internal dan RAM.

Realme C12 hanya memiliki satu varian dengan memori internal 32 GB dan RAM 3 GB. Memori internal yang digunakan adalah eMMC 5.1, sedangkan RAM menggunakan teknologi LPDDR4.

Meskipun RAM 3 GB masih lebih baik daripada RAM 2 GB pada ponsel dengan harga sekitar Rp1 jutaan, mengingat harga Realme C12 yang hampir mencapai Rp2 juta, seharusnya ponsel ini dilengkapi dengan memori internal 64 GB dan RAM 4 GB.

Beberapa ponsel seperti Infinix Hot 9 dan Infinix Note 7 Lite bahkan sudah dilengkapi dengan memori internal 128 GB pada rentang harga yang sama dengan Realme C12.

Layar yang Tidak Full HD+

Layar adalah komponen yang sering dilihat oleh pengguna pada ponsel. Realme C12 memiliki desain Mini Drop dengan layar berukuran 6,5 inci.

Desain ini masih wajar mengingat harga yang terjangkau. Namun, Realme C12 hanya memiliki resolusi HD+ dengan 720 x 1560 piksel. Rasio aspeknya adalah 19,5:9.

Akibatnya, tingkat kejernihan layarnya masih kalah dibandingkan dengan Redmi 9 yang memiliki resolusi Full HD+. Jika Anda terganggu dengan resolusi Realme C12, sebaiknya mencari ponsel lain dengan harga yang sama tetapi sudah dilengkapi dengan resolusi Full HD+.

Kesimpulan

Apakah Realme C12 merupakan ponsel entry-level terbaik yang dapat Anda dapatkan? Sayangnya, tidak. Masih ada banyak ponsel pesaing yang unggul dalam hal fast charging, performa chipset, dan resolusi layar.

Meskipun demikian, Realme C12 masih memiliki keunggulan dalam kapasitas baterai 6.000 mAh yang sulit ditandingi oleh ponsel lain dengan harga serupa. Ponsel ini cocok bagi mereka yang sering beraktivitas di luar rumah, seperti pengemudi ojek online atau pendaki gunung.

Keputusan akhir tetap ada pada Anda - apakah Anda membutuhkan fitur yang dimiliki oleh Realme C12? Jika ya, Anda dapat membelinya dengan harga Rp1.899.000,-.

Jika kapasitas baterai yang besar adalah fitur yang Anda cari, kami juga menyediakan daftar ponsel dengan baterai terbesar di dunia. Anda juga dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang produk-produk Realme terbaik melalui artikel ini. Jangan sampai salah membeli ponsel ya!

Realme C12
Rilis : Agustus 2020
3/32 GB - Rp 1.300.000
[Update]
Beli di Shopee