Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9A

Ponsel dengan baterai besar tidak selalu mahal, karena sekarang ada seri Redmi 9 yang memiliki daya tahan baterai yang lama dengan harga sekitar 1 jutaan. Sebelumnya kami telah menulis tentang kelebihan dan kekurangan Redmi 9, tetapi tahukah Anda bahwa Xiaomi juga merilis Redmi 9A?

HP Xiaomi
Spesifikasi Redmi 9A
  • Rilis Juli 2020
  • Layar 6.53" IPS LCD ~269 ppi
  • Chipset MediaTek Helio G25 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Internal 2/32GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 13 MP (wide)
  • Kamera Depan 5 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Charging 10W
Selengkapnya : Spesifikasi dan Harga Redmi 9A
Ya, Redmi 9A ini bahkan memiliki harga yang lebih murah lagi, sekitar Rp1,2 jutaan. Apa yang membuat ponsel kelas pemula ini begitu menarik? Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Redmi 9A yang dapat menjadi pertimbangan.

Kelebihan Xiaomi Redmi 9A

Jangan menganggap remeh ponsel ini hanya karena harganya murah, Redmi 9A memiliki beberapa kelebihan yang akan membuat Anda terkesan. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

Daya Tahan Baterai yang Lama

Ini adalah kelebihan umum dari sebagian besar ponsel Xiaomi kelas pemula, yaitu baterai berkapasitas besar. Hal ini juga terlihat pada Redmi 9A yang memiliki kapasitas baterai 5000 mAh.

Kapasitas 5000 mAh ini sangat besar untuk ponsel dengan harga sekitar 1 jutaan. Bahkan beberapa ponsel di kelas atas masih memiliki kapasitas baterai hanya 4000 mAh.

Xiaomi mengklaim bahwa Redmi 9A dapat bertahan hingga 19 jam saat digunakan untuk menonton video, 38 jam untuk menelepon, atau 14 jam untuk bermain game.

Layar Lebar dengan Desain Poni

Sebagai ponsel dengan harga terjangkau, Redmi 9A menawarkan layar yang lebar dan sinematis. Dengan panel IPS LCD, Redmi 9A memiliki layar berukuran 6,53 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel).

Selain itu, ponsel ini juga memiliki desain layar dengan poni (Dot Drop Display), sehingga layar terlihat memenuhi sebagian besar bagian depan ponsel.

Dengan rasio aspek 20:9, layar Redmi 9A dilengkapi dengan fitur low blue light yang membuat mata nyaman meskipun digunakan untuk waktu yang lama. Redmi 9A juga memiliki rasio kontras 1500:1 dan kecerahan tipikal sebesar 400 nits.

Dilengkapi dengan MIUI 12

Redmi 9A dirilis pada saat yang hampir bersamaan dengan perilisan MIUI 12. Sebagai hasilnya, Redmi 9A menjadi salah satu ponsel pertama yang dilengkapi dengan sistem operasi Android 10 dan antarmuka MIUI 12.

Anda dapat menikmati berbagai fitur baru pada ponsel ini, termasuk Dark Mode 2.0 yang dapat menyesuaikan ketebalan dan kontras warna font untuk meningkatkan pengalaman membaca sesuai dengan tingkat kecerahan ponsel.

Selain itu, ada juga Super Wallpaper dengan objek planet dan bintang. Wallpaper ini akan berubah sesuai dengan waktu di dunia nyata - bintang-bintang akan muncul saat malam hari dan ada penyesuaian lainnya.

Slot Memori Eksternal Khusus

Redmi 9A memiliki keunggulan umum yang sering ditemukan pada ponsel dengan harga sekitar 1 jutaan, yaitu dukungan untuk memori eksternal. Anda tidak perlu khawatir kehilangan slot SIM kedua, karena slot microSD ini merupakan slot khusus.

Anda dapat menyimpan file-file besar seperti koleksi film BlueRay atau video dan ribuan foto tanpa masalah. Selain itu, Anda juga dapat melakukan factory reset tanpa kehilangan data yang tersimpan di memori eksternal.

Kualitas Kamera yang Baik

Di bagian belakang Redmi 9A hanya terdapat satu kamera dengan resolusi 13 MP. Pada pandangan pertama, keberadaan kamera tunggal ini dianggap sebagai kekurangan yang signifikan karena sebagian besar ponsel saat ini memiliki setidaknya kamera ganda.

Namun, jangan salah, kamera Redmi 9A sudah dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap seperti pengenalan wajah, AI Scene Detection, mode HDR, efek Kaleidoscope, dan banyak lagi.

Bahkan jika dibandingkan dengan Redmi 9 yang memiliki empat kamera, hasil foto dari Redmi 9A memiliki kualitas yang hampir sama. Berikut adalah beberapa contoh perbandingan foto antara Redmi 9A dan Redmi 9.

Kekurangan Xiaomi Redmi 9A

Setelah membaca kelebihan-kelebihan di atas, apakah Anda tertarik? Tunggu dulu, sebelum membeli, ada beberapa kekurangan Redmi 9A yang perlu Anda ketahui berikut ini.

Tidak Ada Fast Charging

Salah satu resiko dari baterai besar adalah waktu pengisian yang lama. Biasanya, produsen ponsel di seluruh dunia mengatasi hal ini dengan fitur fast charging. Sayangnya, Redmi 9A hanya dilengkapi dengan fitur pengisian standar 10 W.

Ini cukup disayangkan karena Redmi 9 yang memiliki harga serupa sudah dilengkapi dengan fast charging 18 W. Jadi, waktu pengisian penuh baterai Redmi 9A membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kapasitas Memori Internal dan RAM Terbatas

Jika Anda ingin menggunakan Redmi 9A, jangan berharap untuk menginstal banyak aplikasi atau melakukan banyak aktivitas multitasking dengan lancar. Ponsel ini hanya dilengkapi dengan memori internal 32 GB dan RAM 2 GB.

Selain itu, memori internal menggunakan teknologi eMMC 5.1 yang kecepatannya lebih lambat dibandingkan dengan Universal Flash Storage (UFS). Hal ini wajar mengingat Redmi 9A berada di kisaran harga yang murah. Sementara itu, RAM 2 GB menggunakan teknologi LPDDR4X.

Masih Menggunakan Port Micro USB

Redmi 9A juga memiliki kekurangan umum yang sering ditemukan pada ponsel murah, yaitu masih menggunakan port pengisian microUSB yang sudah ketinggalan zaman.

Hal ini disayangkan karena microUSB memiliki kecepatan transfer data antara ponsel dan komputer yang lebih lambat dibandingkan dengan USB Type-C.

Selain itu, desain ujung kabel microUSB yang tidak reversible membuat Anda kesulitan saat mencolokkan kabel ke port pengisian ponsel.

Performa Helio G25 yang Kurang Memuaskan

Redmi 9A merupakan versi ringan dari Redmi 9, sehingga ponsel ini menggunakan chipset dengan performa yang lebih rendah. Redmi 9A hanya mengandalkan chipset Helio G25, sementara Redmi 9 menggunakan Helio G80 yang lebih baik untuk bermain game yang berat.

Prosesor 8 inti pada Helio G25 menggunakan Cortex A53, sementara banyak ponsel dengan harga sekitar 1 jutaan sudah menggunakan Cortex seri A7 yang lebih baik.

Berdasarkan hasil uji benchmark pada NanoReview, skor Antutu v8 Helio G25 hanya mencapai 91374 poin, yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan Helio G80 yang mencapai 202.355 poin.

Meskipun harganya hampir sama, perbedaan performanya sangat signifikan. Artinya, Anda tidak dapat mengharapkan performa bermain game yang sama dengan Redmi 9 biasa.

Tidak Ada Sensor Sidik Jari

Agak aneh melihat ponsel saat ini tanpa sensor sidik jari. Ini adalah salah satu kekurangan Redmi 9A yang signifikan, terutama bagi mereka yang terbiasa membuka kunci menggunakan sidik jari.

Padahal, banyak ponsel dengan harga sekitar 1 jutaan sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari untuk membuka kunci layar dengan cepat.

Untungnya, Redmi 9A masih memiliki fitur Face Unlock menggunakan kamera depan. Jadi, setidaknya Anda tidak hanya mengandalkan pola atau PIN setiap kali ingin menggunakan ponsel.

Kesimpulan

Redmi 9A adalah ponsel Xiaomi yang layak dipertimbangkan mengingat harganya yang hanya sekitar 1 jutaan. Baterai besar dan layar lebarnya sudah cukup untuk aktivitas konsumsi konten atau menonton Netflix.

Namun, kekurangan yang cukup mencolok adalah ketiadaan sensor sidik jari, yang berbeda dengan Redmi 9 yang masih memiliki sensor tersebut. Jangan lupa juga untuk melihat ponsel Xiaomi terbaru lainnya yang tidak kalah menarik.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn