Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 9

Pada zaman sekarang, memiliki ponsel pintar yang bagus dengan harga terjangkau bukanlah hanya sekedar impian. Redmi Note 9, yang merupakan generasi penerus dari Note 8, sudah bisa dibeli di Indonesia sejak bulan Juni 2020. Ponsel ini hadir dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp2.499.000,-.

HP Xiaomi
Spesifikasi Redmi Note 9
  • Rilis Mei 2020
  • Layar 6.53" IPS LCD ~395 ppi
  • Chipset MediaTek Helio G85 (12nm)
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Internal 4/64GB, 6/128GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 13 MP (standar)
  • Baterai Li-Po 5020 mAh, Fast charging 18W
Selengkapnya : Spesifikasi dan Harga Redmi Note 9
Seri Redmi Note 9 memiliki varian Pro dan reguler, dan kali ini Ponselhub akan membahas kelebihan dan kekurangan Redmi Note 9. Meskipun ponsel ini memiliki spesifikasi yang sedikit lebih rendah dari versi Pro, bukan berarti beberapa keunggulannya tidak bisa diapresiasi. Jadi, apa saja hal-hal yang perlu diketahui tentang ponsel ini? Mari kita simak kelebihan dan kekurangan Redmi Note 9 sebagai bahan pertimbangan Anda.

Kelebihan Redmi Note 9

Pada segmen harga entry-level, Redmi Note 9 menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda dapatkan. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa kelebihan Redmi Note 9 yang ingin kami sebutkan agar Anda tidak penasaran.

Performa yang Baik

Meskipun Redmi Note 9 tidak termasuk dalam ponsel kelas atas, bukan berarti performanya diabaikan. Ponsel Xiaomi ini dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio G85 dengan fabrikasi 12nm.

Chipset ini memiliki 8 inti dengan rincian sebagai berikut: 2 inti Cortex A75 dengan kecepatan 2.0 GHz dan 6 inti Cortex A55 dengan kecepatan 1,8 GHz. Sementara itu, dalam hal pengolahan grafis, ponsel ini menggunakan Mali G52 MC2.

Di pasar dengan harga di kisaran Rp2 jutaan, chipset ini dianggap cukup unggul dan bersaing. Menurut laporan dari HiTekno, Helio G85 mampu mencapai skor benchmark AnTuTu 8 sebesar 205.946. Angka ini lebih tinggi daripada Redmi Note 8, yang merupakan generasi sebelumnya.

Redmi Note 8 menggunakan Snapdragon 665 dan hanya mendapatkan skor 169.585 pada benchmark AnTuTu 8. Sebagai perbandingan, Snapdragon 665 adalah chipset yang umum ditemukan pada ponsel dengan harga sekitar Rp2 jutaan, seperti Realme 5s, Realme 5, dan OPPO A5. Dengan demikian, Redmi Note 9 memiliki performa yang lebih unggul dibandingkan dengan empat ponsel pesaing tersebut. Lumayan, bukan?

Baterai Berkapasitas Besar

Dengan adanya baterai yang besar, Anda tidak perlu terus-menerus dekat dengan stop kontak untuk menghindari kehabisan daya. Redmi Note 9 hadir dengan baterai berkapasitas 5020 mAh yang dapat membuat ponsel bertahan lama saat digunakan untuk bermain game, menonton video, atau hanya berinteraksi di media sosial.

Berdasarkan ulasan dari GSMArena, Redmi Note 9 memiliki endurance rating dengan durasi 125 jam. Jika digunakan untuk menelepon dengan jaringan 3G, ponsel ini bisa bertahan selama 35 jam. Sedangkan untuk menonton video atau melakukan browsing, ponsel ini bisa bertahan hingga 18 jam.

Dilengkapi dengan Jack Audio 3.5mm

Saat ini, beberapa ponsel terbaru tidak lagi dilengkapi dengan jack audio 3.5mm. Namun, Anda dapat merasa lega karena Redmi Note 9 masih menyediakan port ini. Dengan adanya jack audio ini, Anda dapat menggunakan berbagai perangkat audio seperti headset atau speaker tanpa harus mengaktifkan Bluetooth di ponsel.

Karena mengaktifkan Bluetooth dapat mempercepat penggunaan daya baterai, baik itu baterai ponsel maupun baterai headset Bluetooth. Dengan adanya konektivitas jack 3,5mm ini, Anda dapat menggunakan headset selama mungkin tanpa khawatir kehabisan daya.

Performa Kamera yang Baik

Redmi Note 9 adalah ponsel dengan harga terjangkau namun memiliki performa kamera yang layak. Ponsel ini dilengkapi dengan konfigurasi empat kamera, yaitu 48 MP (wide), 8 MP (ultra-wide), 2 MP (makro), dan 2 MP (depth sensor). Di bagian depan, terdapat kamera selfie 13 MP dengan bukaan f/2.3 dan panjang fokus sebesar 29mm.

Ponsel ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang baik, baik dalam pemotretan close-up maupun dalam kondisi malam hari. Kamera makro 2 MP-nya dilengkapi dengan fitur autofocus sehingga Anda tidak perlu melakukan usaha besar untuk menjaga agar objek tetap tajam. Berikut adalah beberapa contoh foto makro yang diambil dengan ponsel ini.

Dilihat dari beberapa contoh di atas, dapat terlihat bahwa hasil foto close-up masih memiliki detail yang baik dan reproduksi warna yang alami.

Selain itu, kamera ponsel ini juga mampu mengambil foto dengan eksposur yang cukup jelas, bahkan dalam kondisi malam hari. Hal ini memungkinkan Anda mengambil foto dengan lebih leluasa dalam berbagai kondisi pencahayaan. Berikut adalah beberapa contoh foto malam hari yang diambil dengan kamera utama Redmi Note 9.

Memori Internal Berkapasitas Besar dengan Slot Khusus

Sangat menyenangkan jika kita dapat menyimpan banyak file seperti film, seri TV, atau menginstal banyak aplikasi dan game. Saat ini, banyak ponsel yang sudah dilengkapi dengan memori internal berkapasitas besar, termasuk Redmi Note 9.

Generasi penerus Redmi Note 8 ini memiliki pilihan memori internal sebesar 64 GB dan 128 GB, dengan RAM 3 GB dan 4 GB. Dengan kapasitas internal yang besar ini, Anda tidak perlu lagi menghapus aplikasi karena kehabisan ruang penyimpanan.

Selain itu, ponsel ini juga memiliki slot khusus untuk kartu microSD, sehingga Anda dapat menyimpan file tambahan.

Desain yang Kokoh dan Menarik

Untuk cocok digunakan oleh generasi muda yang aktif, sebuah ponsel perlu memiliki bodi yang tahan lama. Redmi Note 9 dilengkapi dengan pelindung kaca Corning Gorilla Glass 5 pada layarnya dan juga memiliki kemampuan tahan air yang membuatnya mudah dibersihkan jika terkena hujan atau tumpahan air minum.

Selain kekuatan bodinya, ponsel ini juga hadir dalam beberapa varian warna yang memberikan tampilan elegan, seperti Forest Green, Midnight Grey, dan Polar White. Meskipun warnanya polos, pendekatan minimalis ini membuat Redmi Note 9 terlihat sangat stylish. Selain itu, penempatan kamera belakang di tengah membuat tampilan belakangnya simetris dan menambah estetika.

Dukungan Fitur Widevine L1

Trend menonton serial dan film melalui layanan streaming semakin populer seiring perkembangan zaman. Saat ini, memiliki akun Netflix menjadi sesuatu yang membanggakan karena terdapat banyak konten berkualitas yang sayang untuk dilewatkan.

Untuk pengalaman menonton Netflix yang lebih baik, Anda dapat memilih paket yang menawarkan resolusi HD. Namun, tidak semua ponsel mendukung resolusi HD dari Netflix.

Ada lisensi yang mengatur hal ini, yaitu Widevine. Singkatnya, Widevine adalah cara untuk menentukan apakah sebuah ponsel memiliki tingkat keamanan yang kuat sehingga konten pada layanan streaming seperti Netflix tidak mudah disalin. Terdapat tiga tingkatan lisensi Widevine, dengan tingkatan terendah adalah L3, yang umumnya ditemukan pada beberapa ponsel.

Ponsel dengan lisensi Widevine L3 hanya dapat menampilkan konten dengan resolusi 480p, sedangkan Widevine L1 merupakan tingkat keamanan tertinggi. Dengan lisensi Widevine L1, Anda dapat menikmati konten dengan resolusi Full HD pada Redmi Note 9.

Kekurangan Redmi Note 9

Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan mengenai Redmi Note 9.

Fast Charging yang Kurang Optimal

Di era yang mengutamakan kecepatan dalam segala hal, pengisian daya baterai yang cepat menjadi penting. Redmi Note 9 dilengkapi dengan fitur fast charging, namun sayangnya, daya pengisian yang hanya 18 W dianggap kurang cepat untuk mengisi baterai secara efisien.

Menurut laman GSMArena, Redmi Note 9 membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi daya baterai dari nol hingga penuh. Durasi pengisian yang relatif lama ini masih tergolong cukup lama untuk ponsel yang memiliki fitur fast charging. Hal ini dapat membuat pengguna yang mengharapkan pengisian daya yang lebih cepat merasa sedikit kecewa.

Kecerahan Layar yang Rendah

Redmi Note 9, sebagai ponsel yang dirilis pada tahun 2020, memiliki layar besar berukuran 6,53 inci. Layar ini menggunakan panel IPS LCD yang cukup boros daya, namun panel ini umumnya digunakan pada ponsel dengan harga sekitar Rp2 jutaan.

Sayangnya, layar ini memiliki tingkat kecerahan maksimal yang rendah. Saat diatur secara manual, Redmi Note 9 hanya mencapai kecerahan sebesar 370 nits. Dengan tingkat kecerahan ini, Anda mungkin akan mengalami kesulitan melihat layar di luar ruangan pada siang hari.

Sebagai perbandingan, beberapa varian lain seperti Note 9s memiliki tingkat kecerahan 421 nits dan Note 9 Pro memiliki tingkat kecerahan 456 nits. Jika mode layar diatur ke mode otomatis, Redmi Note 9 mencapai tingkat kecerahan 466 nits, tetapi masih kalah dari Redmi Note 9s yang mencapai 575 nits dan Note 9 Pro yang mencapai 616 nits.

Tidak Mendukung Fitur NFC

Meskipun minat terhadap NFC di Indonesia belum sebesar di negara maju, fitur ini dapat memberikan kemudahan dalam transaksi digital dan pengecekan saldo kartu eToll. Redmi Note 9 sebenarnya sudah mendukung NFC, tetapi hanya tersedia pada model atau wilayah tertentu.

Redmi Note 9 yang mendukung NFC hanya tersedia pada model M2003J15SG yang tidak dirilis di Indonesia. Jika fitur NFC ini penting bagi Anda, lebih baik memilih Redmi Note 9 Pro karena semua modelnya sudah dilengkapi dengan NFC.

Kesimpulan

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Redmi Note 9 yang telah kami sampaikan. Ponsel ini, yang telah mengalami beberapa peningkatan dari Redmi Note 8, layak dipertimbangkan. Terutama jika Anda mencari ponsel yang dapat memenuhi kebutuhan fotografi sehari-hari, kemampuan kamera Redmi Note 9 mampu menghasilkan gambar yang bagus, bahkan dalam kondisi pencahayaan rendah.

Selain itu, dengan lisensi Widevine L1, ponsel ini cocok dipilih untuk menikmati konten berkualitas dari Netflix atau Amazon Prime Video. Namun, kecerahan maksimal layarnya masih belum unggul dibandingkan dengan beberapa ponsel pesaingnya, sehingga sulit untuk melihat layar di luar ruangan pada siang hari.

Jika Anda ingin mengetahui perbandingan yang lebih detail antara Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro, Ponselhub juga telah merangkum perbedaannya.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn