Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 10

HP Infinix
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Infinix Hot 10
  • Rilis Oktober 2020
  • Layar 6.78 inci IPS LCD ~264 ppi
  • Chipset Mediatek Helio G70 (12 nm)
  • GPU Mali-G52 2EEMC2
  • Eksternal Tersedia, microSDXC
  • Internal 4/64 GB, 4/128 GB
  • Kamera Belakang 16 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5200 mAh
Selengkapnya : Spesifikasi dan Harga Infinix Hot 10
Jika berbicara tentang ponsel yang secara konsisten hadir di kelas harga Rp1 jutaan, Infinix menjadi jawabannya. Sebagai vendor yang berkantor pusat di Hongkong, Infinix secara terus-menerus menghadirkan berbagai seri ponsel di rentang harga Rp1 juta hingga Rp2 juta.

Hampir semua seri yang mereka tawarkan dapat ditemui di kisaran harga ini, termasuk Infinix Hot 8, Infinix Hot 9, Infinix S5 Lite, Infinix Smart 5, dan lainnya. Sebagai tambahan, Infinix Indonesia juga memperkenalkan Infinix Hot 10 ke dalam deretan ponsel mereka.

Dari namanya, jelas terlihat bahwa ponsel ini merupakan kelanjutan dari Infinix Hot 9. Namun, seperti apa sebenarnya spesifikasi Infinix Hot 10 ini? Apa kelebihan dan kekurangannya? Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita simak ulasan lengkap berikut ini.

Kelebihan Infinix Hot 10

Tertarik dengan Infinix Hot 10 yang menawarkan sejumlah kelebihan? Berikut beberapa fitur unggulan perangkat ini yang mungkin akan membuat Anda tertarik untuk memilikinya.

Performa Optimal di Kelasnya

Infinix Hot 10 membawa chipset Mediatek dengan proses fabrikasi 12 nm, yaitu Helio G70. Chipset ini juga ditemukan pada pesaingnya, Realme C3. Seri Helio G dari Mediatek sedang populer, digunakan oleh banyak vendor seperti Redmi Note 8 Pro, Realme 6 (G90T), Realme 7 (G95), dan Redmi 9 (G80).

Helio G70 pada Infinix Hot 10 memiliki prosesor octa core, terdiri dari 2 core Cortex-A75 berkecepatan 2.0 GHz untuk kinerja maksimal dan 6 core Cortex-A55 1.7 GHz untuk efisiensi daya. Chipset ini dilengkapi dengan GPU Mali-G52 2EEMC2. Dengan nilai Antutu mendekati 200 ribu, performa Hot 10 diakui sebagai yang terbaik di kelasnya. Situs Androidkenya dan Tech-is menekankan bahwa ponsel ini mampu menangani berbagai tugas dengan baik, bahkan untuk permainan berkat teknologi Hyperengine Game Technology dari Mediatek.

Fakta menariknya, chipset yang sama digunakan pada Infinix Note 7, yang memiliki harga mendekati Rp2 jutaan.

Layar Cerah dengan Dimensi Besar

Layar Infinix Hot 10 berukuran 6,78 inci, cukup besar untuk kelasnya, dengan rasio layar ke bodi sebesar 82,2%. Menggunakan panel IPS LCD dan resolusi 720 x 1640 piksel, layarnya diakui memiliki kualitas yang baik. Meskipun resolusi HD+, warna layar terlihat mencolok menurut Tech-ish, dan layar ini memberikan tampilan cerah dan penuh warna, membuatnya nyaman untuk aktivitas seperti menjelajahi media sosial, browsing, dan menonton video di YouTube.

Secara keseluruhan, layar Infinix Hot 10 dianggap memadai untuk kelas harganya, menggabungkan dimensi yang besar dengan kualitas visual yang baik.

Daya Tahan Baterai Unggul

Infinix Hot 10 menonjolkan baterai berkapasitas 5.200 mAh, memberikan daya tahan yang luar biasa. Menurut Androidkenya, ponsel ini mampu bertahan hingga 2 hari dengan satu kali pengisian daya. Techweez mencatat waktu penggunaan layar selama 15 jam, suatu pencapaian yang mengesankan. Efisiensi daya Hot 10 dipengaruhi oleh layar HD+ dan chipset Helio G70 yang berperforma hemat daya.

Audio Berkualitas dengan Teknologi DTS

Infinix Hot 10 membedakan dirinya dalam kategori ponsel Rp1 jutaan melalui teknologi audio DTS yang dipersembahkan. Teknologi ini memberikan pengalaman audio yang disesuaikan untuk meningkatkan kualitas suara secara signifikan, sesuatu yang jarang ditemui pada ponsel sekelasnya.

XOS dan Fitur Khusus

Menggunakan sistem operasi XOS 7.0 berbasis Android 10, Infinix Hot 10 menawarkan beragam fitur menarik. Diantaranya adalah tampilan desain visual yang trendy dan kaya warna untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Fitur-fitur pintar seperti Smart Scanner, Ear-sensor Receiver, Ulife, dan kemampuan pemindaian dokumen yang dapat mengoreksi hasil foto dokumen, semuanya menambah nilai penggunaan ponsel.

RAM dan Storage Luas di Kelasnya

Infinix Hot 10 unggul dalam sektor memori dengan RAM 4 GB, suatu hal yang jarang ditemui pada ponsel dengan harga di kisaran Rp1 jutaan. Ponsel ini juga menawarkan pilihan memori internal besar, yaitu 64 GB dan 128 GB. Harganya pun menarik, dengan varian 4/64 dijual seharga Rp1.599.000 (flash sale Rp1.749.000) dan varian 4/128 dijual seharga Rp1.799.000 (flash sale Rp1.949.000). Harga yang kompetitif jika dibandingkan dengan spesifikasi memori yang ditawarkan.

Kekurangan Infinix Hot 10

Selain memiliki kelebihan yang menonjol, Infinix Hot 10 juga menghadirkan beberapa kekurangan yang mungkin menjadi catatan penting, seperti yang tercantum di bawah ini.

Kamera dengan Performa Biasa Saja

Infinix Hot 10 membawa empat kamera belakang, terdiri dari kamera utama 16 MP, kamera makro 2 MP, kamera depth 2 MP, dan satu kamera AI. Meskipun memiliki konfigurasi yang cukup baik untuk kelasnya, hasil tangkapan foto dari kamera belakang cenderung memberikan kualitas yang hanya memuaskan dalam kondisi pencahayaan yang baik. Situs Tech-ish dan Androidkenya sama-sama mencatat bahwa ponsel ini mampu menghasilkan foto yang bagus dalam kondisi cahaya optimal, tetapi kurang memuaskan dalam kondisi pencahayaan yang kurang. Sejalan dengan ekspektasi di kelas harga Rp1 jutaan, namun Infinix Hot 10 sedikit lebih baik dari sebagian besar pesaingnya.

Untuk kamera depan 8 MP, hasil selfie yang dihasilkan terbilang standar dan dapat diterima untuk digunakan di media sosial. Secara keseluruhan, kualitas kamera Infinix Hot 10 dapat dianggap sebagai yang biasa saja. Meskipun tidak jelek, tetapi masih kalah dari beberapa pesaing di kelas harga yang sama.

Desain yang Kurang Menarik

Meskipun Infinix Hot 10 menawarkan konsep desain menarik dengan pilihan model warna yang cukup baik, eksekusi desainnya terlihat kurang memukau. Desain ponsel ini, meskipun mencoba menggunakan ukiran laser untuk menciptakan persepsi visual yang menarik, terkesan kurang maksimal dan terlihat sedikit kurang berkualitas. Desainnya dianggap memiliki kesan murahan oleh beberapa pengguna dan tidak sesuai dengan potensinya yang seharusnya menonjolkan keunikan.

Face Unlock yang Lambat Dibandingkan Fingerprint

Meskipun Infinix Hot 10 dilengkapi dengan sensor sidik jari (fingerprint) yang memberikan respon yang baik, sayangnya, sensor pengenalan wajah (Face Unlock) pada ponsel ini cenderung lebih lambat. Aa Gogon, seorang pengulas di saluran YouTube-nya, mencatat bahwa kemampuan pengenalan wajah Infinix Hot 10 memerlukan waktu yang lebih lama. Ini menjadi kekurangan yang disayangkan, terutama jika diharapkan bahwa teknologi Face Unlock pada ponsel ini akan beroperasi dengan cepat.

Masih Menggunakan Port Micro-USB dan Pengisian Baterai yang Lama

Salah satu kelemahan lain dari Infinix Hot 10 adalah penggunaan port microUSB, sementara banyak ponsel di kelas harga di bawah Rp2 juta kini sudah beralih ke port USB Type-C yang lebih modern. Selain itu, ponsel ini juga menghadapi masalah pengisian baterai yang lambat, seperti yang diungkapkan oleh Techweez. Proses pengisian daya dari kosong hingga penuh memerlukan waktu sekitar 2 jam 30 menit, sebuah durasi yang tergolong lama untuk standar waktu pengisian daya pada ponsel saat ini, meskipun tidak mencapai 3 jam.

Kesimpulan

Infinix Hot 10 dapat dianggap sebagai pilihan menarik untuk kelas harga di bawah Rp2 juta. Meskipun bersaing dengan banyak ponsel lain dalam rentang harga tersebut, Infinix Hot 10 membawa kelebihan, termasuk daya tahan baterai yang baik, fitur mode dokumen yang berguna, dan RAM serta penyimpanan internal yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa pesaingnya dalam kisaran harga yang sama.

Keunggulan daya tahan baterai dan kapasitas penyimpanan membuat Infinix Hot 10 cocok untuk mereka yang memerlukan ponsel terjangkau dengan performa tangguh. Ponsel ini juga dapat menjadi pilihan yang menarik untuk keperluan pembelajaran online, mengingat fitur-fitur yang dimilikinya. Meskipun memiliki kekurangan, seperti kualitas kamera yang biasa saja dan desain yang kurang menarik, Infinix Hot 10 tetap menjadi opsi yang layak untuk penggunaan sehari-hari, terutama bagi mereka yang menginginkan nilai lebih dalam aspek daya tahan dan kapasitas penyimpanan.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn