Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 9

HP Infinix
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Infinix Hot 9
  • Rilis April 2020
  • Layar 6.6 inci IPS LCD ~266 ppi
  • Chipset MediaTek Helio A25 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia, microSDXC
  • Internal 4/128 GB
  • Kamera Belakang 16 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 9
Jika kita berbicara tentang merek ponsel yang fokus pada segmen harga entry-level dan secara konsisten menghadirkan produk menarik, maka jawabannya adalah Infinix. Merek ini dikenal karena berhasil menghadirkan produk yang terjangkau, dengan kisaran harga mulai dari Rp1 juta hingga sedikit di atas Rp2 juta.

Menariknya, produk-produk dari Infinix cukup diminati di pasaran. Produk dengan harga terjangkau seperti Infinix Smart 4, yang dijual mulai dari Rp1 juta, atau Infinix S5 dengan harga sekitar Rp2 jutaan, berhasil mencuri perhatian konsumen.

Tidak mengherankan, Infinix terus berinovasi dan merilis produk menarik di segmen harga ini. Salah satu produk terbaru mereka adalah Infinix Hot 9, yang dihargai sekitar Rp1,9 juta. Harga yang cukup menarik. Namun, pertanyaannya sekarang adalah apakah produk ini memang layak untuk dibeli? Untuk mengetahuinya, mari kita telaah kelebihan dan kekurangan dari Infinix Hot 9 berikut ini.

Kelebihan Infinix Hot 9

Infinix Hot 9 menawarkan beberapa kelebihan yang membuatnya menonjol di pasar. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan:

Layar Punch-Hole

Infinix Hot 9 menyuguhkan layar 6.6 inci dengan panel IPS LCD beresolusi 720 x 1600 piksel dan kerapatan 266 ppi. Desain layar ini terasa modern dengan keberadaan punch hole kamera depan, memberikan tampilan penuh yang memikat.

Desain dan Kualitas Build yang Memukau

Desain Infinix Hot 9 menawarkan keindahan gradasi warna pada bodi belakangnya. Meskipun menggunakan plastik, desain glossy memberikan kesan premium. Dengan bobot 185 gram, ponsel ini terasa ringan, dan garis desain yang disebut "Game Cut" memberikan sentuhan unik dibandingkan model Infinix lainnya.

Memori Luas dengan LPDDR4X

Infinix Hot 9 mengesankan dengan penyimpanan internal 128 GB dan RAM 4 GB. Kapasitas memori yang besar ini menjadikannya pilihan menarik di kelas harga di bawah Rp2 juta. Jenis RAM LPDDR4X yang digunakan menambah performa yang responsif.

Daya Tahan Baterai yang Optimal

Ditenagai oleh baterai 5.000 mAh, Infinix Hot 9 menawarkan daya tahan yang cukup lama. Channel Youtube Canggih Kali menyebutkan bahwa ponsel ini bisa bertahan hingga 36 jam dengan penggunaan ringan dan sehari penuh dengan penggunaan intensif.

Quad Kamera Berkualitas

Mengusung konfigurasi AI QUAD CAMERA, Infinix Hot 9 memiliki kamera utama 16 MP, kamera makro 2 MP, kamera efek mendalam 2 MP, dan sensor low-light QVGA. Kamera depan 8 MP. Hasil tangkapan kamera dinyatakan cukup baik dengan detail gambar yang memuaskan, baik untuk kamera belakang maupun depan.

Fitur DTS untuk Kualitas Audio Lebih Baik

Keunggulan lain dari Infinix Hot 9 adalah fitur Audio DTS yang meningkatkan kualitas suara dari speaker. Hal ini memberikan pengalaman multimedia yang lebih memuaskan, khususnya bagi pengguna yang sering menggunakan ponsel untuk kebutuhan audio-visual.

Kekurangan Infinix Hot 9

Setelah memahami enam aspek positif yang dimiliki oleh Infinix Hot 9, mari kita eksplorasi beberapa keterbatasannya. Terdapat empat poin kekurangan pada Infinix Hot 9 yang patut dipertimbangkan.

Waktu Pengisian Baterai yang Tegolong Lama

Infinix Hot 9 menghadapi tantangan familiar yang sering ditemui pada perangkat Infinix lainnya, yaitu daya tahan baterai yang baik namun waktu pengisian baterai yang relatif lama. Meskipun didukung oleh X-Charge 10W, pengisian baterai HP ini membutuhkan waktu kurang dari 3 jam, seperti yang diinformasikan oleh channel Canggih Kali.

Performa Kurang Memuaskan di Kelasnya

Infinix Hot 9 membawa chipset MediaTek Helio A25 dengan prosesor octa core (4 core 1,8 GHz dan 4 core 1,5 GHz) serta GPU PowerVR GE8320. Meskipun chipset ini dikonsep untuk hemat daya dan memberikan daya tahan baterai yang baik, performa yang dihasilkan kurang memadai untuk kelas harganya. Hasil uji dengan Antutu benchmark mencapai 99 ribu, menunjukkan performa yang pas-pasan, terutama dalam penggunaan aplikasi berat atau bermain gim dengan pengaturan grafis lebih tinggi.

Dukungan Layar Sentuh Terbatas

Salah satu kelemahan Infinix Hot 9 terletak pada teknologi layar sentuhnya, yang hanya mendukung 5 titik sentuh. Hal ini menjadi kekurangan mengingat banyak ponsel di kelas harga serupa sudah mendukung layar sentuh 10 titik, memberikan pengalaman sentuhan yang lebih akurat dan responsif.

Masih Menggunakan Port Micro-USB

Infinix Hot 9 masih menggunakan port micro-USB, sebuah kekurangan umum yang masih ditemui pada ponsel dengan harga terjangkau. Sementara beberapa pesaingnya di kelas harga serupa, seperti Redmi 8A, Redmi 8A Pro, dan Redmi 8, telah beralih ke port USB Type-C yang dianggap lebih modern dan efisien.

Kesimpulan

Infinix Hot 9 pada dasarnya merupakan perangkat yang melanjutkan ciri khas dari seri HP Infinix sebelumnya. Meskipun memiliki beberapa kemiripan dengan model sebelumnya, Infinix Hot 9 menonjol dengan keunggulan seperti penyimpanan yang luas dan daya tahan baterai yang mencolok.

Meskipun secara umum terlihat konvensional, Infinix Hot 9 tetap menawarkan nilai yang cukup baik. Kelebihannya, seperti layar yang luas dan kualitas audio yang ditingkatkan dengan teknologi DTS, memberikan pengalaman multimedia yang memuaskan. Meskipun tidak menonjol dalam hal inovasi, apakah Anda tertarik untuk memiliki perangkat ini? Keputusan pembelian dapat dipertimbangkan berdasarkan kebutuhan dan preferensi pengguna.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn