Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 5

HP Infinix
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Infinix Smart 5
  • Rilis Agustus 2020
  • Layar 6.6 inci IPS LCD ~266 ppi
  • Chipset Mediatek MT6761D Helio A20 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia, microSDXC
  • Internal 2/32 GB
  • Kamera Belakang 13 MP
  • Kamera Depan 8 MP
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Charging 10W
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 5
Dalam waktu yang bersamaan dengan peluncuran Infinix Zero 8, merk ponsel ini juga memperkenalkan produk di segmen harga entry-level dengan harga yang sangat terjangkau. Infinix Smart 5, yang hanya dijual dengan harga Rp1.249.000,-, menawarkan fitur dan spesifikasi yang cukup memadai untuk kebutuhan sehari-hari.

Dibandingkan dengan pendahulunya, Infinix Smart 4, terdapat peningkatan beberapa parameter untuk memenuhi standar teknologi yang lebih canggih saat ini. Apa saja keunggulan dan kelemahan Infinix Smart 5 yang membuatnya layak untuk dimiliki? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Kelebihan Infinix Smart 5

Ponsel yang berada di kisaran harga Rp1 jutaan, seperti Infinix Smart 5, memang menarik untuk dibahas. Hal ini memberikan kita wawasan tentang kenyamanan apa yang bisa diperoleh dengan budget yang terjangkau. Berikut beberapa poin keunggulan Infinix Smart 5 yang perlu diperhatikan:

Dilengkapi Face Unlock dan Fingerprint Sensor

Infinix Smart 5 mempersembahkan kelebihan langka pada ponsel entry-level, yaitu kehadiran dua metode pembukaan layar, yakni fingerprint scanner (di bagian belakang) dan Face Unlock. Hal ini memberikan nilai tambah pada daya tarik perangkat, terutama mengingat jarangnya sensor sidik jari pada ponsel dengan harga sekelasnya.

Layar Luas dengan Desain Poni

Infinix Smart 5 menawarkan layar panel IPS LCD berukuran 6,6 inci dengan desain poni, memberikan pengalaman visual yang lebih luas. Meskipun resolusinya HD+ (720 x 1600 piksel), namun dengan teknologi Sunlight Display, teks tetap mudah terbaca di bawah sinar matahari.

Kapasitas Baterai Tergolong Besar

Dengan kapasitas baterai mencapai 5.000 mAh, Infinix Smart 5 menawarkan daya tahan yang cukup lama, mampu bertahan hingga 4 hari dalam mode siaga. Meskipun proses pengisian daya memerlukan waktu yang cukup lama, keberadaan baterai besar ini merupakan nilai tambah untuk penggunaan sehari-hari.

Desain Potongan Diamond yang Menawan

Infinix Smart 5 mempertahankan tradisi desain keren dengan potongan berlian yang menciptakan efek visual yang menarik. Tersedia dalam tiga varian warna yang elegan, yaitu Ocean Wave (biru tua), Quetzal Cyan (biru kehijauan), dan Midnight Black (hitam).

Menggunakan OS Android 10 Go Edition

Meskipun hadir dengan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB, Infinix Smart 5 mengatasi keterbatasan ini dengan menggunakan Android 10 Go Edition. Ini memastikan kinerja yang lebih ringan dan memberikan pengalaman pengguna serupa dengan Android standar.

Dilengkapi Triple Camera

Infinix Smart 5 memberikan pesaing kuat di segmen kameranya dengan kehadiran triple camera di bagian belakang, termasuk kamera utama 13 MP dan dua lensa QVGA. Meskipun terkesan sebagai gimmick, kualitas hasil foto tergolong baik untuk ponsel dengan harga terjangkau.

Speaker dengan Dukungan Fitur DTS

Infinix Smart 5 menyajikan pengalaman audio yang lebih baik dengan dukungan DTS pada speaker. Meskipun tidak sebanding dengan ponsel kelas menengah atau flagship, keberadaan pengolahan suara DTS pada ponsel ini memberikan nilai tambah untuk kategori harganya.

Kapasitas Memori Internal Cukup Besar + Slot Khusus

Dengan memori internal sebesar 32 GB, Infinix Smart 5 menawarkan kapasitas yang memadai untuk menyimpan berbagai aplikasi dan data. Slot tambahan pada SIM tray juga memungkinkan pengguna menambahkan kartu memori eksternal hingga 256 GB dan kartu SIM kedua secara bersamaan.

Kekurangan Infinix Smart 5

Meskipun Infinix Smart 5 menawarkan sejumlah keunggulan dengan harga terjangkau, seperti halnya ponsel murah lainnya, tentu masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Berikut adalah beberapa poin kekurangan Infinix Smart 5 yang perlu diketahui:

Kinerja Chipset Mengalami Penurunan

Infinix Smart 5 menghadapi kritik terutama terkait performa chipsetnya. Meskipun merupakan generasi terbaru, perangkat ini menunjukkan penurunan kinerja dengan clock speed CPU sebesar 1.8 GHz, lebih rendah dari pendahulunya, Infinix Smart 4, yang memiliki clock speed 2.0 GHz dengan Helio A22.

Meskipun jenis chipset tidak secara resmi diumumkan, GSMArena menyebutkan bahwa Smart 5 menggunakan Helio A20, yang dapat dianggap memiliki performa lebih rendah dari Helio A22. Beberapa pilihan di kisaran harga yang sama, seperti Redmi 9A dengan Helio G25 atau Infinix Hot 8 dengan Helio P22, mungkin menawarkan performa yang lebih baik, khususnya untuk kebutuhan gaming.

Kemampuan Bluetooth Kurang

Infinix Smart 5 juga dikritik karena kemampuan Bluetooth-nya yang kurang optimal dibandingkan dengan pendahulunya, Infinix Smart 4. Dengan harga yang relatif serupa, Infinix Smart 5 hanya menyediakan Bluetooth versi 4.2, sementara Smart 4 telah dilengkapi dengan Bluetooth versi 5.

Perbedaan ini memengaruhi kecepatan transfer data, dengan Smart 5 memiliki kecepatan maksimal 1 Mbps dibandingkan dengan 2 Mbps pada Smart 4. Selain itu, Bluetooth 5 memiliki jangkauan deteksi perangkat yang lebih luas, mencapai 240 meter, sementara Bluetooth 4.2 hanya mencapai 60 meter. Bagi pengguna yang sering menggunakan fitur Bluetooth, kekurangan ini dapat dianggap sebagai pertimbangan, meskipun Smart 5 tetap menyediakan opsi WiFi Direct untuk transfer data antar perangkat.

Kesimpulan

Infinix Smart 5 menawarkan solusi ponsel super hemat dengan sejumlah spesifikasi terbaik yang tersedia di pasar. Harga yang terjangkau tidak menghalangi Infinix untuk menyematkan sensor sidik jari dan kemampuan Face Unlock, serta menyajikan kemampuan kamera yang mumpuni untuk pemotretan dalam ruangan dan mode bokeh.

Meskipun memiliki chipset dengan performa relatif rendah, terutama untuk bermain game berat, Infinix Smart 5 tetap menjadi pilihan menarik bagi mereka yang membutuhkan ponsel dengan fitur lengkap tanpa harus menguras kantong. Ponsel ini menyediakan memori internal dan RAM yang memadai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti berkomunikasi melalui media sosial, fotografi ringan, dan bahkan pertemuan online.

Dengan mempertimbangkan keseimbangan antara harga dan fitur yang ditawarkan, Infinix Smart 5 menjadi salah satu opsi terbaik di segmen ponsel entry-level yang kompetitif.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn