Kelebihan dan Kekurangan Oppo A15

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo A15
  • Rilis Oktober 2020
  • Layar 6.52 inci IPS LCD ~269 ppi
  • Chipset MediaTek Helio P35 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Internal 3/32 GB
  • Eksternal Tersedia slot MicroSD
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Po 4230 mAh
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A15
Selain merilis OPPO A11k, pada bulan November 2020, OPPO juga memperkenalkan produk lain dalam seri A, yaitu OPPO A15. Ponsel ini tergolong dalam kategori level entri dengan harga awal sekitar Rp 1,9 juta untuk satu varian memori yang tersedia. Dengan harga tersebut, OPPO A15 diharapkan dapat bersaing di pasar yang penuh dengan beberapa pesaing yang cukup tangguh.

Jika Anda tengah mempertimbangkan untuk membeli ponsel ini, kami telah merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan dari OPPO A15 berdasarkan pandangan kami untuk membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik.

Kelebihan OPPO A15

Apakah OPPO A15 memiliki nilai yang sepadan dengan harga Rp 1,9 jutaan? Beberapa kelebihan berikut mungkin dapat menjadi pertimbangan sebelum Anda membuat keputusan pembelian.

Desain Elegan dan Ringan

OPPO A15 membanggakan diri dengan bodi yang ringan dan elegan. Dibandingkan dengan beberapa pesaing utamanya, ponsel ini unggul dalam desain dan konstruksi. Dengan bobot 175 gram dan ketebalan 7,9 mm, OPPO A15 memberikan kenyamanan selama penggunaan sehari-hari. Desainnya yang solid dengan pilihan warna dasar hitam dan putih menambah kesan elegan, sementara desain kamera yang seirama memberikan sentuhan premium.

Tampilan Layar yang Cerah

Layar OPPO A15 menonjol dalam hal kecerahan dibandingkan dengan beberapa produk kompetitor. Dengan kecerahan tipikal 480 nit, ponsel ini memberikan keterbacaan yang baik, terutama saat digunakan di bawah sinar matahari terang. Keunggulan ini didukung oleh kecerdasan buatan yang menyesuaikan kecerahan secara otomatis berdasarkan preferensi pengguna.

Kapasitas Baterai Besar Tahan Lama

OPPO A15 didukung oleh baterai berkapasitas 4230 mAh yang tahan lama. Baterai ini mampu mendukung penggunaan sepanjang hari dengan satu kali pengisian penuh. Klaim dari OPPO menyatakan bahwa ponsel dapat bertahan hingga 16 jam untuk menonton video HD online atau 6 jam untuk bermain game. Fitur Super Nighttime Standby juga membantu mengurangi konsumsi daya pada malam hari.

Sistem Operasi yang Mudah Digunakan

Ponsel ini menjalankan sistem operasi ColorOS 7.2 berbasis Android 10. ColorOS 7.2 membawa berbagai peningkatan untuk kenyamanan pengguna, termasuk Mode Gelap baru, Smart Sidebar, dan Icon Pull-Down Gesture. Mode Gelap memberikan tampilan yang nyaman, Smart Sidebar memudahkan akses ke berbagai fitur, dan Icon Pull-Down Gesture meningkatkan pengoperasian dengan satu tangan.

Performa yang Cukup Tangguh

Dari segi performa, OPPO A15 menunjukkan kinerja yang cukup tangguh secara keseluruhan. Ditenagai oleh prosesor delapan inti yang mumpuni di kelasnya dan didukung oleh RAM 3 GB, OPPO A15 memberikan kinerja baik untuk tugas-tugas ringan sehari-hari, seperti penggunaan media sosial, penelusuran web, dan streaming video HD online. Fitur Hyper Boost 2.1 yang terintegrasi juga membantu meningkatkan kinerja game dan respons sentuhan, meskipun tidak dirancang khusus untuk gaming intensif.

Sensor Sidik Jari dan Face Unlock

Kehadiran sensor sidik jari pada OPPO A15 menjadi suatu keharusan, memungkinkan pengguna untuk mengakses perangkat hanya dengan satu sentuhan. Selain itu, ponsel ini juga mendukung fitur Face Unlock yang dapat mengidentifikasi pengguna berdasarkan 128 fitur wajah. Meskipun mungkin tidak secepat sensor sidik jari, Face Unlock tetap merupakan opsi yang dapat diandalkan.

Kinerja Kamera Utama yang Memuaskan

Sistem kamera OPPO A15 terdiri dari tiga lensa di bagian belakang. Kamera utamanya, dengan sensor 13 MP, memberikan kinerja yang memuaskan untuk menangkap momen-momen indah sehari-hari. Selain itu, keberadaan dua kamera tambahan, yaitu kamera makro untuk fotografi close-up dan kamera bokeh untuk potret, memberikan fleksibilitas ekstra bagi para pengguna untuk berkreasi dalam fotografi.

Kekurangan OPPO A15

Meskipun memiliki penampilan yang cukup meyakinkan, OPPO A15 ternyata menunjukkan sejumlah kelemahan pada beberapa sektor penting. Dalam persaingan dengan berbagai produk pesaing yang menawarkan spesifikasi yang lebih unggul, OPPO perlu berusaha keras untuk meyakinkan calon pelanggan bahwa produk mereka pantas dimiliki.

Dalam perbandingan dengan beberapa produk kompetitor dengan harga sebanding, seperti realme C15 (3/64 GB) dan Redmi 9 (4/64 GB), berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki OPPO A15.

Memori Penyimpanan Terbatas

OPPO A15 hadir dengan kapasitas penyimpanan yang lebih kecil, yaitu 32 GB, dibandingkan dengan dua pesaingnya, realme C15 (3/64 GB) dan Redmi 9 (4/64 GB). Meskipun memiliki slot microSD tambahan, kapasitas ini dapat menjadi faktor utama bagi calon pengguna dalam pertimbangan pembelian. Dengan tingginya penggunaan gadget saat ini, idealnya ponsel memiliki kapasitas penyimpanan minimal 64 GB, cukup untuk menyimpan beragam data seperti aplikasi, media, dan lainnya.

Tanpa Kamera Ultrawide

OPPO A15 kurang kompetitif dalam urusan kamera jika dibandingkan dengan realme C15 dan Redmi 9. Ponsel ini tidak menyertakan lensa ultrawide yang dapat menangkap lebih banyak gambar. Sementara realme C15 dan Redmi 9 masing-masing menawarkan satu sensor kamera tambahan dengan lensa ultrawide 8 MP.

Pengisian Lambat Tanpa Fast Charging

Meskipun memiliki ukuran baterai yang baik, OPPO A15 hanya mendukung pengisian 10W, yang berarti memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengisi daya penuh dari baterai yang kosong. Sementara itu, realme C15 dan Redmi 9 memiliki baterai yang lebih besar dan mendukung pengisian cepat 18W, memberikan kecepatan pengisian yang lebih efisien.

Kesimpulan

OPPO A15 menawarkan desain menarik dengan bodi ramping, warna solid, dan desain elegan yang cocok untuk semua kalangan. Layar cerah, performa yang memadai, dan daya tahan baterai yang baik membuatnya menjadi perangkat andal untuk penggunaan sehari-hari. Namun, dalam perbandingan dengan pesaing di pasar yang semakin kompetitif, OPPO A15 mungkin tidak seoptimal produk lain dengan parameter yang lebih baik di kelas harga yang sama, sehingga memerlukan pertimbangan lebih lanjut dari calon pembeli.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn