Kelebihan dan Kekurangan Oppo A31

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo A31
  • Rilis Februari 2020
  • Layar 6.5" IPS LCD 16M Warna (~270 ppi density)
  • Chipset Mediatek MT6765V/CB Helio P35 (12nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Internal 4/128 GB, 6/128 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP
  • Baterai Li-Po 4230 mAh
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A31
Ponsel OPPO dengan fitur unggulan umumnya terdapat dalam kisaran harga menengah, berkisar antara Rp3 hingga Rp5 juta. Ponsel OPPO di segmen ini sudah menawarkan beragam fitur yang menarik dan berkualitas.

Meski demikian, OPPO tidak melupakan pasar entry level. Di kelas harga ini, masih banyak konsumen yang mencari ponsel OPPO dengan harga yang lebih terjangkau. Oleh karena itu, OPPO konsisten dalam menyajikan berbagai varian di kisaran harga Rp1 hingga Rp2 juta.

Contohnya, beberapa ponsel OPPO di kelas harga Rp1 jutaan seperti OPPO A5S, OPPO A1K, dan OPPO A3S cukup diminati di pasaran. Selain itu, OPPO juga menawarkan ponsel di kelas harga Rp2 jutaan, seperti OPPO A5 2020.

Pada kesempatan ini, Ponselhub akan membahas HP OPPO di kelas harga Rp2 jutaan, yaitu OPPO A31 atau secara lengkap dikenal sebagai OPPO A31 2020. Ketika pertama kali diluncurkan, ponsel ini dijual dengan harga sekitar Rp2 juta. Namun, sekarang banyak yang menjual OPPO A31 dengan harga di bawah Rp1 juta. Perlu diingat bahwa beberapa produk yang dijual mungkin merupakan OPPO A31 yang telah dibungkus ulang atau tidak sepenuhnya baru.

Kelebihan OPPO A31 OPPO A31 menawarkan sejumlah kelebihan yang membuatnya menarik bagi para pengguna di kelas harga Rp2 jutaan. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki OPPO A31:

1. Kamera Utama Berkualitas: OPPO A31 dilengkapi dengan tiga kamera belakang, termasuk kamera utama 13 MP dengan bukaan f/1.8, kamera makro 2 MP dengan bukaan f/2.4, dan kamera efek kedalaman 2 MP dengan bukaan f/2.4. Meski spesifikasinya tidak istimewa, OPPO A31 fokus pada penggunaan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan kualitas foto. Berbeda dengan beberapa pesaingnya yang menawarkan kamera ultra-wide, OPPO A31 menonjolkan kemampuan AI, memberikan hasil foto yang lebih baik. Menurut penilaian dari berbagai sumber, termasuk channel YouTube 805Gadget, hasil foto dari kamera utama OPPO A31 dianggap bagus dengan detail yang rapi, meskipun kamera makro dinilai sedikit mengecewakan. Beberapa sumber juga mencatat bahwa AI mungkin membuat gambar terlihat kurang realistis, namun secara keseluruhan, kamera utama OPPO A31 dapat diandalkan, terutama dalam kondisi cahaya cerah.

2. Daya Tahan Baterai yang Memadai: Baterai OPPO A31 berkapasitas 4230 mAh, memberikan daya tahan yang cukup baik. Klaim dari OPPO tentang daya tahan baterai hingga 14 jam untuk video streaming, 7 jam untuk bermain gim, dan 111 jam untuk mendengarkan musik di latar belakang, dinilai sesuai oleh beberapa pengulas, termasuk Felix dari 805Gadget. Menurutnya, daya tahan baterai OPPO A31 cukup lama dan dapat bertahan sepanjang hari, menjadikannya sebagai kelebihan yang signifikan.

3. Desain Menarik dan Kualitas Konstruksi Baik: Desain OPPO A31 dinilai menarik dengan menggunakan bahan belakang berjenis polikarbonat, yang OPPO sebut sebagai material komposit berjenis tempered glass. Meskipun menggunakan plastik, desain ponsel ini tetap terasa premium. Tersedia dalam dua varian warna, yaitu fantasy white dan mystery black, OPPO A31 mendapat pujian dari berbagai sumber, termasuk Dailysocial. Mereka menilai bahwa desain ponsel ini memiliki build quality dan konstruksi yang baik serta terasa premium ketika dipegang.

4. Memori Internal Luas: OPPO A31 yang tersedia di pasar Indonesia menyajikan kapasitas memori internal yang besar, yaitu 128 GB. Kapasitas ini dianggap besar, terutama mengingat harga ponsel ini yang berada di kisaran Rp2 jutaan. Harga tersebut berlaku untuk varian RAM 4 GB. Selain itu, OPPO A31 juga menawarkan varian dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB, namun dengan harga sedikit lebih tinggi, berkisar Rp3 jutaan. Memori internal yang luas menjadi keunggulan tersendiri, memungkinkan pengguna untuk menyimpan banyak file, aplikasi, dan media tanpa khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

5. Fitur Game Space dan Soloop: OPPO A31 menjalankan sistem operasi ColorOS 6.1 berbasis Android Pie. Di dalam ColorOS ini, terdapat dua fitur menarik, yaitu Game Space dan Soloop. Game Space adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengumpulkan game dalam satu tempat dengan berbagai opsi pengoptimalan. Meskipun sudah umum di banyak ponsel, fitur ini memberikan kenyamanan ekstra bagi para penggemar game.

Yang menarik adalah kehadiran Soloop, sebuah aplikasi pengeditan video. Soloop merupakan aplikasi edit video sederhana yang memungkinkan pengguna OPPO A31 untuk mengedit video dengan mudah, termasuk opsi trim, filter, subtitle, dan musik. Kehadiran Soloop membuat OPPO A31 cocok digunakan oleh pembuat konten yang ingin membuat dan berbagi konten video dengan lebih kreatif.

Kekurangan Samsung OPPO A31 OPPO A31 hadir dengan sejumlah kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah ulasannya:

1. Hasil Selfie yang Kurang Natural: Kamera depan OPPO A31 dengan resolusi 8 MP dianggap cukup baik untuk swafoto. Namun, beberapa pengulas mengkritik hasil selfie dari ponsel ini, menyatakan bahwa peran AI terlalu dominan dan membuat hasilnya terasa kurang natural. Meskipun hasil swafotonya bagus, penggunaan AI dapat membuat foto terlihat kurang realistis.

2. Layar Hanya HD+: Meskipun layar OPPO A31 memiliki ukuran 6,5 inci dengan rasio 20:9 dan tingkat kecerahan mencapai 480 nits, ponsel ini hanya menawarkan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel. Di kisaran harga Rp2 jutaan, beberapa ponsel pesaing sudah menawarkan resolusi Full HD+. Bahkan, varian RAM 6 GB dengan harga Rp3 juta juga masih mempertahankan resolusi HD+, yang bisa dianggap kurang memadai untuk kelas harganya.

3. Tidak Ada Fast Charging: Kelemahan lainnya adalah penggunaan port microUSB dan ketiadaan dukungan untuk pengisian cepat. Proses pengisian baterai OPPO A31 membutuhkan waktu yang lebih lama, dan tidak mendukung teknologi pengisian cepat 18 W yang banyak ditawarkan oleh ponsel lain di kisaran harga serupa.

4. Chipset Biasa Saja untuk Main Gim: Ponsel ini menggunakan chipset Mediatek Helio P35, yang tergolong sebagai chipset kelas harga terjangkau. Meskipun masih dapat memberikan performa yang cukup baik untuk kegiatan sehari-hari dan gim ringan seperti Mobile Legends, namun untuk gim berat seperti PUBG Mobile, performanya dianggap kurang memuaskan dengan banyaknya frame drop dan pengaturan grafis yang terbatas.

5. Fitur Pas-pasan di Kelas Harganya: Meskipun hadir dengan fitur menarik seperti Soloop dan Game Space, secara keseluruhan, OPPO A31 dianggap kurang menarik. Tidak ada fitur istimewa yang membedakannya dari pesaing di kelas harga serupa. Kekurangan ini, ditambah dengan ketiadaan lensa ultra-wide, membuat spesifikasi ponsel ini terasa standar di dalam segmennya.

Kesimpulan Meskipun OPPO A31 tidak sepenuhnya mencuri perhatian di kelas harga Rp2 jutaan, tetapi beberapa fitur unggulannya membuatnya tetap menjadi pilihan yang layak. Kelebihan OPPO A31 terletak pada daya tahan baterai yang baik, kapasitas memori internal yang besar, kamera utama yang memadai, dan keberadaan aplikasi edit video yang menarik.

Bagi mereka yang memprioritaskan daya tahan baterai yang cukup baik, ruang penyimpanan yang besar, serta kamera utama yang mampu memberikan hasil yang memuaskan, OPPO A31 bisa menjadi pilihan yang masuk akal. Namun, bagi mereka yang mencari ponsel dengan rasio harga dan performa terbaik, mungkin ada opsi lain yang lebih menguntungkan di pasar. Kesimpulannya, OPPO A31 sesuai untuk pengguna yang mengutamakan daya tahan baterai dan kapasitas penyimpanan, namun kurang cocok untuk yang mencari performa terbaik dalam kelas harga yang sama.

Ponselhub.com.