Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno3

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno3
  • Rilis Maret 2020
  • Layar 6.4" AMOLED ~411 ppi
  • Chipset Mediatek MT6779 Helio P90 (12 nm)
  • GPU PowerVR GM9446
  • Internal 8/128GB
  • Eksternal Slot MicroSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 13 MP (telephoto), 8 MP (ultrawide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 44 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4025mAh, Fast charging 30W
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno3
OPPO Reno merupakan rangkaian produk yang pertama kali diperkenalkan oleh OPPO pada tahun 2019. Dalam waktu setahun, tepatnya pada tahun 2020, berbagai produk yang mengusung nama Reno mulai bermunculan. Ini menandakan bahwa seri OPPO Reno mencakup rentang produk dari kelas menengah hingga kelas atas.

Seri OPPO Reno menampilkan berbagai varian, mulai dari yang memiliki kelas atas seperti OPPO Reno 10x Zoom, hingga varian kelas menengah seperti OPPO Reno2 F. Dengan demikian, tidaklah mengherankan apabila di masa mendatang akan terus diperkenalkan berbagai varian baru dari lini produk OPPO Reno, salah satunya adalah OPPO Reno3.

OPPO Reno3 dapat ditemui di pasaran dengan harga sekitar Rp5 jutaan pada saat artikel ini ditulis. Harga ini umumnya mengalami penurunan seiring berjalannya waktu, dan relatif tidak jauh berbeda dengan OPPO Reno2 F. Fakta ini menunjukkan bahwa OPPO Reno3 dapat dianggap sebagai penerus dari OPPO Reno2 F.

Pertanyaannya kemudian, seperti apa spesifikasi dan fitur yang dimiliki oleh OPPO Reno3? Untuk menjawabnya, mari kita telaah bersama kelebihan dan kekurangan dari OPPO Reno3 di bawah ini.

Kelebihan OPPO Reno3 OPPO Reno3 menawarkan sejumlah kelebihan yang dapat menjadi daya tarik bagi para pengguna. Mari simak beberapa keunggulan yang dimiliki oleh OPPO Reno3:

Layar AMOLED dengan Fitur Always on-display: OPPO Reno3 menyajikan layar berukuran 6,4 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Dengan teknologi layar AMOLED, tampilan layar ponsel ini tergolong bagus. Keberadaan fitur Always-on-display semakin menambah daya tarik layar ini, memudahkan pengguna untuk melihat informasi penting tanpa harus membuka kunci layar.

Daya Tahan Baterai yang Panjang: Ponsel ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.025 mAh, memberikan daya tahan yang baik. Meskipun kapasitasnya tergolong standar, OPPO Reno3 menunjukkan performa yang solid. Dengan penggunaan yang tidak terlalu intensif, ponsel ini dapat bertahan hingga 2 hari 11 jam, menurut ulasan dari BangRipiu.

Fitur Pengisian Cepat VOOC 3.0: OPPO Reno3 menghadirkan teknologi pengisian cepat VOOC 3.0. Klaim dari OPPO bahwa ponsel ini dapat terisi 50% dalam waktu 30 menit dan 100% dalam 73 menit ternyata terbukti. Berdasarkan pengujian, waktu pengisian dari 10% ke 99% memakan waktu hanya 67 menit, memberikan kemudahan pengguna dalam mengisi daya ponsel dengan cepat.

Dengan kombinasi layar AMOLED yang memukau, daya tahan baterai yang baik, dan pengisian cepat yang efisien, OPPO Reno3 menjadi pilihan menarik bagi pengguna yang menginginkan ponsel dengan performa yang handal.

Sensor Biometrik yang Cepat: OPPO Reno3 menyajikan sensor biometrik yang responsif dan cepat. Baik sensor pengenalan wajah maupun sensor sidik jari di layar bekerja dengan kecepatan tinggi, memastikan pengguna dapat dengan mudah membuka kunci perangkat secara aman dan efisien.

Kualitas Kamera yang Oke: Kamera Belakang: OPPO Reno3 menawarkan sistem kamera belakang dengan empat lensa. Kamera utama 48 MP dengan bukaan f/1.8 menghasilkan foto dengan detail tinggi. Kamera telefoto 13 MP dengan kemampuan 2x optical zoom menambah fleksibilitas dalam pemotretan. Kamera ultrawide 8 MP dan kamera monokrom 2 MP memberikan variasi dalam gaya fotografi.

Hasil foto dari OPPO Reno3 menunjukkan kualitas yang baik, dengan detail yang tajam dan natural. Mode HDR berfungsi dengan baik, sementara fitur 108 MP Ultra Clear Image dan Ultra Dark Mode meningkatkan kemampuan fotografi dalam berbagai kondisi.

Kamera selfie 44 MP dengan fitur AI Beauty dan Ultra Night Selfie Mode memberikan pengalaman selfie yang unggul. Fitur Dazzle Color menambahkan kejernihan warna pada hasil foto.

Fitur Ultra Steady Video 2.0: Kemampuan Videografi: Fitur Ultra Steady Video 2.0 memungkinkan OPPO Reno3 merekam video dengan resolusi 1080p 60fps dalam kondisi bergerak. Hal ini memberikan stabilitas pada hasil rekaman video, membuatnya cocok untuk pembuatan konten video berkualitas.

Earphone Bawaan yang Kualitasnya Oke: Earphone: OPPO Reno3 disertakan dengan earphone berkualitas tinggi di dalam kotak penjualan. Kualitas audio dari earphone ini dikatakan memiliki karakter audio dengan detail yang baik, memberikan pengalaman mendengarkan yang memuaskan bagi pengguna.

Kekurangan OPPO Reno3 Berikut adalah tiga kekurangan yang dapat ditemui pada OPPO Reno3:

Chipset yang Biasa Saja di Kelas Harganya: Chipset Mediatek Helio P90 yang digunakan pada OPPO Reno3 dianggap sebagai kekurangan utama. Meskipun terjadi peningkatan dibandingkan dengan Helio P70 yang ada pada OPPO Reno2 F, namun penggunaan Helio P90 menunjukkan bahwa OPPO Reno3 tidak dirancang sebagai ponsel dengan rasio harga dan performa yang optimal. Performa Helio P90 mungkin memadai untuk sebagian besar kebutuhan, tetapi jika dibandingkan dengan beberapa pesaing di kelas harga serupa, seperti Huawei Nova 5T dengan chipset kelas atas, performanya terlihat kurang mengesankan.

Tidak Ada NFC: Absennya fitur NFC pada OPPO Reno3 menjadi kekurangan tersendiri. NFC merupakan fitur yang semakin umum digunakan, terutama untuk pembayaran digital dan konektivitas yang cepat. Kehadiran NFC diharapkan pada ponsel kelas harga ini, sehingga absennya dapat menjadi pertimbangan bagi beberapa pengguna.

Sidik Jari Mudah Menempel di Bodi: Meskipun OPPO Reno3 memiliki desain polikarbonat yang mirip dengan kaca, bodi plastik ini rentan terhadap sidik jari. Hal ini membuatnya mudah menempel, dan agar tampilan tetap bersih, disarankan untuk menggunakan kasing pelindung pada ponsel ini. Meskipun tampilannya premium, kekurangan ini dapat menjadi kekhawatiran bagi pengguna yang menginginkan penampilan ponsel yang selalu terjaga.

Kesimpulan OPPO Reno3 yang dijual dengan harga di bawah Rp5 juta hadir dengan spesifikasi RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Dengan harga yang bersaing, OPPO Reno3 menonjolkan keunggulan pada sektor kamera dan baterai.

Meskipun performanya cukup memadai, namun perlu dicatat bahwa OPPO Reno3 tidak menawarkan performa terbaik di kelas harganya. Oleh karena itu, ponsel ini lebih cocok untuk pengguna yang lebih memprioritaskan kemampuan kamera, terutama bagi mereka yang aktif dalam merekam video menggunakan ponsel. Dengan demikian, OPPO Reno3 dapat menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang mengutamakan aspek kreatifitas dalam penggunaan ponsel mereka.

Ponselhub.com.