Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno4 F

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno4 F
  • Rilis Oktober 2020
  • Layar 6.43" Super AMOLED ~409 ppi
  • Chipset Mediatek MT6779V Helio P95 (12 nm)
  • GPU PowerVR GM9446
  • Internal 8/128GB
  • Eksternal Slot MicroSD
  • Kamera Belakang 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro), 2MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Baterai Li-Po 4000mAh, Fast charging 18W
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno4 F
Setelah berhasil memukau para penggemar OPPO dengan merilis OPPO Reno4 dan OPPO Reno4 Pro, kini konsumen dapat menikmati varian terbaru yang dinamakan OPPO Reno4 F. Ponsel ini meluncur di pasar Indonesia pada 12 Oktober 2020 dengan harga yang lebih terjangkau, yakni Rp4.299.000,-.

Meskipun dibanderol dengan harga yang lebih ekonomis, OPPO Reno4 F tetap menawarkan sejumlah fitur menarik yang setara dengan OPPO Reno4. Pengguna masih dapat menikmati keunggulan-keunggulan yang relevan sambil tetap menjaga anggaran. Apa saja kelebihan yang tetap dihadirkan oleh OPPO Reno4 F? Dan apa kekurangan yang perlu diakui demi menekan harga? Simak daftar kelebihan dan kekurangan OPPO Reno4 F berikut ini untuk mengetahui jawabannya!

Kelebihan OPPO Reno4 F

OPPO Reno4 F membawa sejumlah kelebihan yang menarik. Kira-kira apa saja? Berikut penjelasan selengkapnya:

Layar Super AMOLED

OPPO Reno4 F membawa pengalaman visual yang memukau melalui layar Super AMOLED berukuran 6,43 inci. Dengan resolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel), layar ini memberikan kontras dinamis yang luas, menciptakan visual yang memanjakan mata pengguna. Rasio perbandingan bodi ke layar yang tinggi, mencapai sekitar 84,5%, juga memaksimalkan penggunaan ruang di bagian depan perangkat.

Keunggulan lainnya terletak pada tingkat kecerahan maksimal layar yang mencapai 800 nits, ideal untuk penggunaan di luar ruangan tanpa mengorbankan keterbacaan di bawah sinar matahari. Meskipun memiliki laju penyegaran 60 Hz, layar Super AMOLED memberikan kejernihan gambar yang luar biasa.

Dengan teknologi Super AMOLED, OPPO Reno4 F juga mengintegrasikan sensor sidik jari tersembunyi dalam layar, memberikan sentuhan keunikan pada desain dengan tampilan belakang yang bersih.

Setup Empat Camera dengan AI Color Portrait

OPPO Reno4 F menonjolkan kemampuan kamera unggul, baik pada kamera utama maupun kamera depan. Fitur AI Color Picker memberikan sentuhan kreatif dengan kemampuan mengisolasi subjek dan mempertahankan warna pada subjek tersebut, sementara latar belakang diubah menjadi hitam putih.

Spesifikasi kamera yang tangguh mencakup kamera utama 48 MP f/1.7, kamera ultra lebar 8 MP dengan sudut pandang 119 derajat, serta dua lensa kedalaman 2 MP f/2.4. Dual Punch Hole di layar memuat kamera depan 16 MP sebagai sensor utama dan kamera 2 MP sebagai sensor kedalaman, menghasilkan foto yang jernih dan detail.

Daya Tahan Baterai Panjang

OPPO Reno4 F menawarkan ketahanan baterai yang andal dengan baterai tipe LiPo berkapasitas 4.000 mAh. Keunggulan ini diperkuat oleh efisiensi daya layar Super AMOLED, membuat ponsel ini cocok untuk pengguna yang aktif di luar ruangan. Fitur Super Power Saving Mode menjadi penyelamat di saat-saat darurat dengan memperpanjang masa pakai baterai saat tinggal 5%, memungkinkan pengguna untuk tetap melakukan aktivitas penting dalam kondisi baterai hampir habis.

Desain Bodi yang Ramping

OPPO Reno4 F menampilkan desain bodi yang lebih ramping dibandingkan dengan versi reguler. Dengan berat 164 gram dan ketebalan 7,5 mm, ponsel ini menawarkan kenyamanan saat disimpan di saku. Dimensi bodi 160.1 mm x 73.8 mm membuatnya lebih ramping dan kompak jika dibandingkan dengan OPPO Reno4 versi reguler yang memiliki dimensi 160.3 x 73.9 x 7.7 mm. Perbedaan desain ini juga mencakup variasi warna, yaitu Metallic White dan Matte Black, dengan modul kamera belakang yang disusun menyerupai "boba" dan tekstur matte yang lembut di bagian belakangnya.

Handal Untuk Bermain Game

OPPO Reno4 F menawarkan performa gaming yang memadai dengan chipset MediaTek Helio P95. Chipset ini, dengan proses fabrikasi 12 nm, menampilkan konfigurasi octa-core dengan dua inti ARM Cortex A75 (2,2 GHz) dan enam inti ARM Cortex A55 (2.0 GHz). Dengan RAM 8 GB LPDDR4x dan memori internal 128 GB UFS 2.1, ponsel ini mampu menjalankan game berat seperti PUBG Mobile dengan baik. Video pengujian menunjukkan kemampuan permainan yang mulus pada pengaturan hingga HD - High, dengan sensor gyro yang responsif.

Slot MicroSD Khusus dan 3,5mm Jack

OPPO Reno4 F menunjukkan kelebihan dengan menyediakan slot microSDXC terpisah yang mendukung hingga SDXC UHS-3 Kelas-10 A1 V31. Slot ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan memori eksternal dan menyimpan lebih banyak aplikasi, video, atau data game. Ponsel ini juga mempertahankan 3,5mm jack audio untuk headset atau speaker berkabel, serta menggunakan port USB tipe-C yang mendukung OTG untuk konektivitas yang lebih fleksibel. Meskipun era headset nirkabel sedang berkembang, OPPO Reno4 F tetap mempertahankan opsi konektivitas kabel untuk kenyamanan pengguna.

Kekurangan OPPO Reno4 F

Berikut adalah penjabaran mengenai kekurangan dari OPPO Reno4 F yang penting untuk diperhatikan sebelum membeli

Tidak Tersedia Fitur AI Monochrome

OPPO Reno4 F tidak menyediakan fitur AI Monochrome yang biasanya digunakan pada perekaman video. Fitur ini biasanya menghitam-putihkan latar belakang untuk membuat subjek video lebih menonjol. Meskipun OPPO Reno4 memiliki fitur serupa yang dapat digunakan pada pemotretan foto, namun OPPO Reno4 F hanya memiliki fitur AI Color Portrait untuk foto dan tidak menyertakan fitur serupa pada perekaman video.

Tanpa Lensa Telefoto

OPPO Reno4 F tidak dilengkapi dengan lensa telefoto, yang sering hadir pada beberapa ponsel terkini untuk memungkinkan zoom tanpa kehilangan kualitas. Meskipun tidak sekuat lensa telefoto pada ponsel flagship, kemampuan zoom tanpa kehilangan kualitas biasanya tetap menjadi daya tarik. Kehadiran lensa telefoto dapat memberikan fleksibilitas lebih, terutama dalam situasi memotret objek dari jarak jauh.

Tidak Memiliki NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) tidak tersedia pada OPPO Reno4 F. NFC sering digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk transaksi digital yang mudah dan duplikasi kartu apartemen. Bagi pengguna yang mengandalkan fitur NFC dalam kehidupan sehari-hari, ketiadaannya pada OPPO Reno4 F mungkin menjadi kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Fast Charging Kurang Berdaya Saing

Kemampuan fast charging OPPO Reno4 F terbilang kurang berdaya saing, dengan daya 18 W. Hal ini dapat dianggap lambat jika dibandingkan dengan varian reguler OPPO Reno4 yang memiliki fast charging 30 W. Pengguna mungkin mengalami waktu pengisian daya yang lebih lama, sebuah pertimbangan penting terutama dalam situasi ketika waktu pengisian daya sangat diperlukan.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa poin kelebihan dan kekurangan OPPO Reno4 F yang dapat dijadikan pertimbangan bagi calon pengguna. Meskipun dengan harga yang lebih terjangkau, OPPO Reno4 F tetap menonjol sebagai alat penunjang fotografi yang unggul, walaupun mengalami beberapa pengurangan, terutama pada kemampuan Fast Charging.

Keunggulan layarnya yang menggunakan teknologi Super AMOLED, sensor sidik jari di layar yang responsif, dan desain bodi yang lebih ramping, memberikan daya tarik khusus pada keluarga OPPO Reno4. Meskipun demikian, calon pembeli disarankan untuk mempertimbangkan kebutuhan pribadi mereka, terutama terkait fitur Fast Charging yang mungkin menjadi pertimbangan krusial dalam penggunaan sehari-hari.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn