Kelebihan dan Kekurangan Redmi 12

Gambar Redmi 12
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Redmi 12
  • Rilis Agustus 2023
  • Layar 6.79 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset Mediatek Helio G88 (12nm)
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, PD 18W
  • Harga Rp 2.000.000 - 2.200.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Redmi 12 dan Harganya
Redmi 12 resmi hadir di Indonesia pada tanggal 1 Agustus 2023, setelah sebelumnya diluncurkan di Thailand pada bulan Juni 2023. Redmi 12 dapat dianggap sebagai penerus dari Redmi 10 dan Redmi 10 2022, tanpa adanya seri Redmi 11. Xiaomi memilih untuk melewati Redmi 11, mungkin untuk mempermudah penamaan dan menyelaraskan dengan seri Redmi Note yang pada tahun 2023 sudah mencapai seri Redmi Note 12.

Redmi 12 dibanderol dengan harga sekitar Rp2 jutaan. Dengan harga tersebut, Redmi 12 menjadi salah satu pilihan HP Xiaomi yang cocok untuk digunakan dalam bermain game menengah berkat penggunaan chipset yang digunakan.

Mungkin masih banyak dari Anda yang penasaran dengan kemampuan yang dimiliki oleh HP dengan harga Rp2 jutaan tersebut. Oleh karena itu, dalam artikel ini, tim Ponselhub telah menyusun daftar kelebihan dan kekurangan dari Redmi 12.

Kelebihan Redmi 12

Xiaomi memang dikenal selalu menawarkan spesifikasi dan kemampuan yang menarik bahkan pada ponsel entry-level, termasuk Redmi 12. Terdapat beberapa poin menarik yang menjadi kelebihan dari ponsel ini. Berikut beberapa poin kelebihannya:

Desain Premium dan Kualitas Material yang Baik

Salah satu aspek yang menonjol dari Redmi 12 adalah desainnya yang menarik. Desain ini terinspirasi dari tren saat ini yang juga ditemui pada beberapa ponsel kelas entry lainnya seperti Tecno Spark 10 Series, Infinix Hot 30 Series, dan realme C53 NFC.

Redmi 12 mengadopsi desain kamera bulat dengan susunan zig-zag yang sedang populer. Bahkan, beberapa ponsel kelas menengah seperti POCO F5 dan Redmi Note 12 Series juga memiliki desain serupa, terinspirasi dari iPhone Pro Series.

Tampilan Redmi 12 lebih minimalis dan bersih, dengan kesan premium berkat susunan tiga kamera di bagian belakang yang langsung ditempatkan di bodi tanpa modul tambahan. Bodinya menggunakan bahan kaca, memberikan tampilan glossy dan halus. Desainnya yang rata membuatnya nyaman digenggam, dengan dimensi tipis 168,6 x 76,28 x 8,17 mm dan bobot ringan 198,5 gram.

Redmi 12 hadir dalam tiga varian warna menarik, termasuk Polar Silver dengan gradasi unik saat terkena cahaya matahari, serta Sky Blue dan Midnight Black.

Selain estetika, Redmi 12 juga menawarkan kualitas bangunan yang baik dengan bodi belakang berbahan kaca dan frame plastik. Ponsel ini juga dilengkapi dengan sertifikasi IP53, membuatnya tahan terhadap debu dan percikan air dari segala arah, meningkatkan daya tahan dan kehandalannya.

OS Android 13 dan MIUI 14

Redmi 12 dilengkapi dengan sistem operasi Android 13 dan antarmuka pengguna MIUI 14, menandai peningkatan signifikan dari pendahulunya. Hal ini memungkinkan Redmi 12 beroperasi dengan lebih optimal, dengan kemampuan seperti floating windows untuk multitasking yang lebih efisien.

Pengguna juga dapat menikmati jaminan dua kali pembaruan sistem operasi Android, sehingga Redmi 12 dapat terus menggunakan sistem operasi yang lebih baru. Xiaomi juga akan menyediakan pembaruan keamanan reguler hingga Juni 2027, meningkatkan keamanan dan kinerja ponsel ini secara keseluruhan.

Layar dengan Refresh Rate Adaptif

Redmi 12 menampilkan layar yang memukau, menawarkan pengalaman visual yang memikat di kelasnya. Dengan ukuran 6,779 inci dan panel IPS LCD, layarnya cukup lebar, ideal untuk aktivitas multimedia seperti menonton video atau bermain game.

Desain kamera depan yang berbentuk punch hole dan bezel tipis menghadirkan tampilan layar yang luas dengan rasio 20:9, mencapai rasio layar ke bodi sebesar 85,1 persen.

Meskipun menggunakan panel IPS LCD, resolusi Full HD+ 1080 x 2460 piksel memberikan ketajaman yang luar biasa dengan kerapatan piksel mencapai 396 ppi.

Yang membuat layar Redmi 12 semakin menarik adalah refresh rate-nya yang mencapai 90 Hz, membuat animasi terlihat lebih mulus dan responsif. Fitur AdaptiveSync memungkinkan layar untuk menyesuaikan refresh rate sesuai dengan aktivitas yang dilakukan, mengoptimalkan konsumsi daya dan kinerja.

Fitur ini juga dilengkapi dengan sertifikasi SGS Low Blue Light untuk perlindungan mata, serta fitur Reading mode 3.0 untuk meningkatkan kenyamanan saat membaca.

Namun, kecerahan puncak layar Redmi 12 mencapai hanya 550 nit, membuatnya kurang optimal digunakan di luar ruangan terutama dalam kondisi terik. Selain itu, tidak adanya sensor proximity dapat membuat layar tetap menyala saat menelepon, meningkatkan risiko sentuhan yang tidak disengaja.

Memori Berkapasitas Lega

Redmi 12 menawarkan kapasitas memori yang luas, memperkuat performa yang tangguh. Dengan dua varian RAM, 4 GB dan 8 GB, serta fitur Memory Extension yang memperluas kapasitas RAM hingga 16 GB, Redmi 12 dapat menjalankan aplikasi dengan lancar.

Terdapat juga dua varian memori internal, 128 GB dan 256 GB, dengan opsi perluasan menggunakan microSD hingga 1 TB. Meskipun demikian, sayangnya tidak ada slot khusus untuk microSD, memaksa pengguna untuk memilih antara menggunakan 2 SIM atau 1 SIM dengan microSD.

Meskipun jenis memori internal yang digunakan masih eMMC 5.1, Redmi 12 tetap menawarkan ruang penyimpanan yang luas dan fleksibilitas yang tinggi bagi pengguna untuk menyimpan lebih banyak data dan aplikasi.

Kinerja Chipset Handal di Kelasnya

Redmi 12, meskipun masuk dalam kategori HP entry-level dengan harga terjangkau, tak mengorbankan performa. Sebaliknya, Redmi 12 menonjol dengan performa unggul yang menempatkannya di puncak kelasnya.

Ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G88, Redmi 12 mampu menghadirkan kinerja yang impresif. Dengan prosesor octa-core, termasuk dua core Cortex A75 (2 GHz) untuk performa dan enam core Cortex A55 (1,8 GHz) untuk efisiensi daya, serta dukungan GPU Mali G52 MC2 dengan frekuensi 1000 MHz, chipset ini membawa performa yang mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa Redmi 12 mampu mencetak skor yang mengesankan. Dalam benchmark AnTuTu v9, Helio G88 mampu meraih skor 248.443, sementara dalam GeekBench 5, skornya adalah 367 (single-core) dan 1.270 (multi-core).

Performa tersebut membuat Redmi 12 layak diandalkan untuk berbagai keperluan, termasuk gaming. Dengan chipset yang tangguh, pengguna dapat menikmati berbagai game populer tanpa kendala.

Meski begitu, untuk pengguna yang membutuhkan performa lebih tinggi, chipset seperti Dimensity 700 atau Snapdragon 685 mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Kedua chipset tersebut menawarkan kinerja yang lebih unggul tanpa mengorbankan daya baterai yang besar.

Baterai Berkapasitaas 5000 mAh Tahan Seharian

Redmi 12 menawarkan daya tahan baterai yang impresif, salah satu keunggulan yang tidak bisa diabaikan. Dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, Redmi 12 mampu bertahan seharian penuh dengan penggunaan yang intensif.

Dukungan dari chipset Helio G88 dan refresh rate adaptif membuat penggunaan baterai lebih efisien. Menurut klaim dari Xiaomi, Redmi 12 dapat bertahan hingga 23 hari dalam mode standby dan mampu memutar video selama 16 jam secara terus-menerus.

Pengujian yang dilakukan oleh GSM Arena juga memperlihatkan ketahanan baterai Redmi 12 yang mengesankan. Dengan skor endurance rating hingga 117 jam, Redmi 12 menawarkan pengalaman pengguna yang tak tertandingi dalam hal daya tahan baterai.

Selain itu, fitur fast charging 18 W memungkinkan pengguna untuk mengisi daya baterai dengan cepat, mengurangi waktu pengisian yang dibutuhkan. Meskipun begitu, beberapa hasil pengujian masih menempatkan Redmi 12 di bawah beberapa pesaingnya seperti Redmi 10 dan Samsung Galaxy A14 5G dalam hal daya tahan baterai.

Kamera Handal

Redmi 12 menawarkan pengalaman fotografi yang memuaskan, terutama dalam kondisi siang hari. Meski memiliki konfigurasi kamera yang mirip dengan pendahulunya, Redmi 12 berhasil meningkatkan kualitas pengambilan gambar dengan baik.

Dengan kamera utama 50 MP yang dilengkapi dengan autofokus PDAF dan dukungan pixel-binning, Redmi 12 mampu menghasilkan gambar yang tajam dengan banyak detail halus. Warna yang ditampilkan juga lebih hidup dan kontras yang solid, terutama saat digunakan di luar ruangan.

Kamera ultrawide 8 MP memberikan kontras warna yang lebih baik, terutama pada langit yang terlihat lebih biru. Namun, kamera zoom 5x dan kamera makro memiliki sedikit masalah dengan noise dan kurangnya detail.

Meski begitu, Redmi 12 dilengkapi dengan mode portrait yang mampu menghasilkan efek bokeh yang rapi dan detail yang terjaga. Bahkan, kamera selfie 8 MP juga mampu menghasilkan gambar yang cukup tajam dengan warna dan kontras yang baik, baik dalam ruangan maupun di luar.

Namun, performa kamera Redmi 12 masih belum optimal saat digunakan dalam kondisi cahaya rendah atau malam hari. Detail dan highlight pada gambar tidak sebaik saat digunakan pada kondisi siang hari.

Meski begitu, secara keseluruhan, Redmi 12 menawarkan pengalaman fotografi yang memuaskan untuk kelas harganya. Meskipun tidak dilengkapi dengan kemampuan perekaman video yang istimewa, Redmi 12 masih menjadi pilihan yang baik untuk pengguna yang mengutamakan kualitas foto dalam penggunaan sehari-hari.

Kekurangan Redmi 12

Meskipun Redmi 12 memiliki sejumlah kelebihan yang menonjol di beberapa aspek, tetap saja sebagai HP kelas entry dengan harga terjangkau, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa poin kelemahan dari Redmi 12 yang perlu dipertimbangkan:

Speaker Mono pada Redmi 12

Salah satu kekurangan yang perlu diperhatikan dari Redmi 12 adalah kehadiran speaker tunggal atau mono. Ini menjadi poin yang menarik untuk dicatat, mengingat pendahulunya, Redmi 10, telah dilengkapi dengan speaker stereo meskipun dengan harga yang lebih terjangkau.

Keputusan untuk mempertahankan satu speaker mungkin sengaja diambil untuk memberikan fokus pada aspek lain dari perangkat ini. Hal ini sebenarnya tidak jarang terjadi di pasar ponsel, termasuk dalam strategi Xiaomi. Terlebih lagi, mengingat harga yang ditawarkan untuk Redmi 12, pemangkasan ini mungkin bisa dimaklumi.

Meskipun hanya memiliki satu speaker, Redmi 12 mampu menghasilkan suara yang cukup baik. Kualitas suara yang dihasilkan cukup lantang, memberikan pengalaman audio yang memuaskan. Namun, perlu diingat bahwa ketika speaker ditutup, suara benar-benar hilang karena hanya satu speaker yang aktif.

Sebagai solusi, Redmi 12 menawarkan penggunaan earphone atau headset. Ponsel ini masih dilengkapi dengan port audio jack 3,5 mm di bagian bodinya. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan TWS atau earbud nirkabel dengan memanfaatkan koneksi Bluetooth 5.3 yang telah disediakan.

Memori Internal eMMC pada Redmi 12

Redmi 12 hadir dengan peningkatan kapasitas memori internal dibandingkan pendahulunya, Redmi 10. Terdapat dua pilihan varian memori yaitu 128 GB dan 256 GB. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jenis memori internal yang digunakan masih menggunakan teknologi eMMC 5.1. Padahal, beberapa ponsel lain dalam rentang harga yang sama sudah beralih ke jenis UFS, seperti Redmi 12C dan Redmi 10C.

Perlu diketahui, eMMC memiliki kecepatan transfer yang lebih lambat dibandingkan UFS. Hal ini membuat proses ekstraksi file dan transfer data memerlukan waktu lebih lama.

Di sisi lain, UFS mendukung command queue (CQ) yang memungkinkannya untuk mengoperasikan beberapa perintah sekaligus, serta memiliki antarmuka full-duplex yang memungkinkan operasi baca dan tulis secara simultan. Dengan begitu, kecepatan transfer data pada UFS jauh lebih cepat daripada eMMC.

Perlindungan Layar Tanpa Gorilla Glass pada Redmi 12

Sebagai ponsel entry-level yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari, penting bagi Redmi 12 untuk memiliki tingkat ketahanan yang memadai, baik dari segi baterai maupun fisik, terutama pada bagian layarnya yang rentan terhadap goresan dan kerusakan.

Salah satu perlindungan layar yang umum digunakan adalah Gorilla Glass dari Corning, yang tersedia dalam berbagai jenis mulai dari Gorilla Glass 3 hingga Victus yang sangat tahan terhadap retakan akibat benturan keras.

Namun, disayangkan bahwa Redmi 12 tidak dilengkapi dengan perlindungan layar apapun, meskipun pendahulunya, Redmi 10, sudah menggunakan Gorilla Glass 3. Oleh karena itu, disarankan bagi pengguna Redmi 12 untuk menggunakan tempered glass agar layar tetap terlindungi.

Kesimpulan

Redmi 12 dari Xiaomi menarik perhatian sebagai salah satu HP entry-level yang menarik. Selain cocok untuk aktivitas sehari-hari, ponsel ini juga mampu memberikan pengalaman bermain game yang lancar berkat chipset Helio G88 dan ruang penyimpanan yang luas. Dengan baterai 5000 mAh, Redmi 12 juga menjamin daya tahan yang cukup untuk digunakan sepanjang hari.

Dalam penggunaan sehari-hari, Redmi 12 menawarkan layar Full HD+ dengan refresh rate adaptif 90 Hz, serta sektor kamera yang memungkinkan Anda untuk mengabadikan momen-momen penting.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Redmi 12 juga memiliki beberapa kekurangan. Mulai dari keputusan untuk menggunakan speaker mono, memori internal yang masih menggunakan teknologi eMMC, hingga ketiadaan perlindungan layar.

Secara keseluruhan, Redmi 12 menawarkan banyak fitur yang menarik, namun ada pilihan HP alternatif dalam rentang harga yang sama. Misalnya, Samsung Galaxy A14 5G yang dilengkapi dengan Dimensity 700 dan dukungan jaringan 5G, realme C55 dengan kamera unggulan dan teknologi fast charging, serta Redmi Note 12 4G yang menawarkan layar AMOLED 120 Hz dan Snapdragon 680.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Redmi 12 masih menjadi pilihan Anda, atau Anda lebih tertarik pada HP alternatif lainnya? Silakan tuliskan jawaban dan alasan Anda di kolom komentar.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn