Kelebihan dan Kekurangan Redmi 13C

Gambar Redmi 13C
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Redmi 13C
  • Rilis Desember 2023
  • Layar 6.74 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset Mediatek Helio G85 (12nm)
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (macro), 0.08 MP (auxiliary lens)
  • Kamera Depan 8 MP
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, PD 18W
  • Harga Rp 1.500.000 - 1.800.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Redmi 13C dan Harganya
Xiaomi Indonesia memperkenalkan Redmi 13C pada bulan Desember 2023. Perangkat ini menarik perhatian karena menyajikan beragam fitur unggulan dalam rentang harga sekitar Rp1 jutaan. Bahkan, dengan kisaran harga sekitar Rp1,4 jutaan, konsumen sudah bisa mendapatkan ponsel dengan RAM sebesar 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Kelebihan Redmi 13C

Xiaomi telah terkenal memberikan penawaran menarik, bahkan untuk ponsel kelas entry-level. Redmi 13C merupakan salah satu contohnya, dengan sejumlah kelebihan menarik yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Berikut adalah beberapa keunggulan Redmi 13C:

Desain Modern dan Ergonomis

Redmi 13C menampilkan desain yang lebih segar dan modern jika dibandingkan dengan pendahulunya, seperti Redmi 12C atau Redmi 10C. Khususnya pada bagian modul kamera belakangnya.

Modul kamera belakang Redmi 13C mengingatkan pada desain yang ditemui pada Redmi Note 13 Pro. Terdapat garis tipis yang memisahkan atau membagi setiap bagian kamera. Namun, modul kamera Redmi 13C tidak menonjol dan hanya menampilkan dua lingkaran kamera di dalamnya.

Dengan ketebalan hanya 8,1 mm, bagian belakang Redmi 13C dirancang secara rata namun tetap ergonomis dengan sedikit lengkungan di tepinya, memberikan kenyamanan saat digenggam.

Bagian depan Redmi 13C masih mempertahankan tampilan serupa dengan pendahulunya. Ukuran bezel-nya masih cukup, terutama di bagian dagu yang terlihat lebih tebal. Notch-nya pun masih mengadopsi desain waterdrop yang menjadi ciri khas ponsel entry-level dengan harga terjangkau.

Keunikan lain dari desain Redmi 13C adalah pilihan warnanya. Ponsel ini tersedia dalam empat varian warna menarik, antara lain Clover Green, Glacier White, Navy Blue, dan Midnight Black. Varian Glacier White dengan motif berwarna putih salju tampak unik dan menarik perhatian.

Layar Luas dengan Refresh Rate Tinggi

Redmi 13C dilengkapi dengan layar yang cukup luas, berukuran 6,74 inci, cocok untuk menikmati konten multimedia seperti menonton video atau melakukan aktivitas scrolling. Rasio layar terhadap bodinya mencapai 83,7 persen, memberikan pengalaman visual yang lebih luas tanpa gangguan yang berarti.

Meskipun menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi HD Plus 720 x 1600 piksel, layar Redmi 13C tetap mampu memberikan kualitas visual yang memuaskan untuk kelas harganya.

Salah satu peningkatan yang signifikan adalah refresh rate layarnya yang mencapai 90 Hz, meningkat dari 60 Hz pada pendahulunya. Hal ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih halus dan nyaman.

Kelebihan lainnya adalah kecerahan layar puncak hingga 600 nit, lebih tinggi 100 nit dari Redmi 12C, memungkinkan penggunaan yang nyaman di luar ruangan. Redmi 13C juga dilengkapi dengan sertifikasi TuV Rheinland low blue light dan flicker free, menjadikannya lebih nyaman dan aman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Tidak ketinggalan, layar Redmi 13C dilindungi oleh Corning Gorilla Glass, meningkatkan ketahanan terhadap goresan dan retakan, serta memperpanjang umur layar.

Performa Tangguh dengan Chipset MediaTek Helio G85 dan Kapasitas Memori Luas

Redmi 13C didukung oleh MediaTek Helio G85, sebuah chipset yang menawarkan performa yang handal untuk ponsel di kelas harga yang sama atau bahkan lebih tinggi. Chipset ini hadir dengan proses fabrikasi 12 nm dan memberikan kinerja yang optimal untuk aktivitas sehari-hari maupun bermain game.

Helio G85 menampilkan delapan inti prosesor, terdiri dari dua core Cortex A75 (2 GHz) untuk kinerja dan enam core Cortex A55 (1,8 GHz) untuk efisiensi. Ditambah dengan GPU Mali G52 MP2 dengan frekuensi 1000 MHz, chipset ini mampu menghasilkan visual grafis yang baik dan lancar saat bermain game.

Skor AnTuTu v10 mencapai 263.579, menunjukkan kinerja yang sebanding dengan ponsel lain yang menggunakan Helio G85. Anda dapat dengan nyaman memainkan game populer seperti Mobile Legends dengan pengaturan grafis yang baik, meskipun throttling mungkin terjadi setelah penggunaan yang panjang.

Meskipun MediaTek Helio G85 masih dipertahankan dari model sebelumnya, Redmi 13C menawarkan peningkatan dalam kapasitas memori. Tersedia varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 256 GB dan varian RAM 6 GB dengan opsi penyimpanan 128 GB. Dan bagi pengguna yang membutuhkan lebih banyak ruang, ponsel ini juga mendukung slot microSD yang dapat diperluas hingga 1 TB.

Triple Camera dengan Lensa 50 MP Ultra-Clear

Redmi 13C hadir dengan konfigurasi tiga kamera belakang, meningkat dari dua kamera pada model sebelumnya. Sensor kamera utama 50 MP-nya menggunakan sensor SmartSens sc202cs dengan bukaan f/1.8 dan panjang fokus hingga 28 mm.

Selain itu, terdapat kamera makro 2 MP (f/2.4) dan auxiliary lens 0,08 MP yang mungkin berfungsi sebagai kamera kedalaman. Kecepatan dalam menghasilkan potret meningkat hingga 65 persen, serta lebih cepat dalam kondisi cahaya minim hingga 34,9 persen.

Redmi 13C secara spesifikasi sangat mirip dengan POCO C65, bahkan menggunakan sensor kamera utama yang sama. Namun, keduanya memiliki branding produk yang berbeda, tetapi tetap merupakan bagian dari ekosistem Xiaomi.

Di bagian depan, Redmi 13C meningkatkan resolusi kameranya menjadi 8 MP (f/2.0) dan menyediakan fitur HDR untuk selfie yang lebih maksimal. Kamera depan dan belakang mampu merekam video hingga 1080p dengan 30 fps.

Konektivitas Canggih dengan NFC dan USB Type-C

Redmi 13C dilengkapi dengan konektivitas yang lengkap dan unggul. Salah satunya adalah konektivitas WiFi yang mendukung fitur dual-band, memungkinkan penggunaan internet secara optimal dengan membagi antara dua band atau pita jaringan.

Selain itu, kecepatan dan efisiensi ditawarkan melalui Bluetooth 5.3. Redmi 13C juga dilengkapi dengan NFC yang semakin populer, memungkinkan berbagai fungsi seperti transaksi digital, pengecekan saldo e-money, atau menggunakan ponsel sebagai kartu penginapan.

Tambahan lain yang menarik adalah penggunaan port USB Type-C, meningkatkan kemudahan penggunaan dan kecepatan transfer data jika dibandingkan dengan model sebelumnya yang masih menggunakan microUSB.

Posisi Fingerprint yang Mudah Diakses

Selain konektivitas, Redmi 13C juga menawarkan sensor yang cukup canggih. Dari sensor akselerometer, proksimitas, kompas, hingga pemindai sidik jari atau fingerprint.

Yang menarik, fingerprint pada Redmi 13C ditempatkan di samping, yang digabungkan dengan tombol power. Penempatan ini mempermudah akses dengan ibu jari saat memegang ponsel, berbeda dengan model sebelumnya yang menempatkan fingerprint di bagian belakang.

Baterai Awet 5000 mAh

Xiaomi terkenal dengan ketahanan baterai yang luar biasa, dan Redmi 13C tidak terkecuali. Dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, ponsel ini mampu bertahan seharian dengan penggunaan normal.

Baterai Redmi 13C diklaim mampu bertahan hingga 31 jam untuk panggilan telepon, 23 jam untuk pemutaran video online, dan 114 jam untuk pemutaran musik. Bahkan dalam mode standby, ponsel ini dapat bertahan hingga 25 hari.

Daya tahan baterai ini didukung oleh layar HD+ yang mengurangi konsumsi daya, memastikan ponsel tidak perlu bekerja keras untuk menghasilkan kinerja yang optimal.

Jaminan Update OS

Salah satu fitur menarik dari Redmi 13C adalah layanan purna jualnya. Pembeli Redmi 13C mendapatkan garansi hingga 15 bulan, sebuah jaminan yang jarang ditemukan pada ponsel dengan harga terjangkau.

Selain itu, Redmi 13C dijamin akan menerima pembaruan OS hingga 2 tahun atau 2 kali. Dengan OS awal Android 13, ponsel ini dapat menerima pembaruan hingga Android 15, menjamin ketersediaan fitur dan keamanan terbaru. Jaminan pembaruan OS ini sangat berharga, terutama untuk ponsel di kelas harga yang terjangkau.

Kekurangan Redmi 13C

Meskipun Redmi 13C memiliki sejumlah keunggulan yang menarik, tetaplah menjadi ponsel kelas entry dengan harga yang terjangkau. Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya. Berikut beberapa hal yang menjadi kekurangan dari Redmi 13C:

Menggunakan Storage eMMC

Redmi 13C hadir dengan kapasitas penyimpanan internal yang luas hingga 256 GB, namun masih menggunakan jenis memori eMMC yang merupakan standar penyimpanan yang lebih lambat dibandingkan dengan UFS yang digunakan oleh beberapa ponsel lain di kelas harga yang sama.

Meskipun eMMC lebih terjangkau secara biaya produksi, namun memiliki kekurangan dalam hal kecepatan transfer data yang cenderung lambat. Hal ini dapat menghambat pengguna dalam berbagai aktivitas seperti mengekstrak file, memindahkan data, atau menyalin file dari satu folder ke folder lainnya.

Meski demikian, Redmi 13C masih menyediakan slot microSD terpisah yang memungkinkan pengguna untuk memperluas kapasitas penyimpanan hingga 1 TB tanpa mengorbankan penggunaan dual SIM.

Fitur Pengisian Daya Terbatas

Meskipun Redmi 13C telah meningkatkan fitur pengisian daya menjadi 18W dari sebelumnya 10W pada Redmi 12C, namun masih tertinggal jika dibandingkan dengan beberapa ponsel lain di kelas harga yang sama. Bahkan, ponsel sebelumnya seperti Redmi 10C telah dilengkapi dengan fitur pengisian daya 18W dengan harga yang lebih terjangkau.

Meskipun menggunakan kabel USB Type-C, yang memungkinkan pengisian daya yang lebih cepat, peningkatan ini tidak cukup signifikan jika dibandingkan dengan peningkatan pada model sebelumnya.

Tidak Didukung Wi-Fi Direct

Salah satu kekurangan Redmi 13C adalah ketiadaan dukungan untuk fitur Wi-Fi Direct, yang sebelumnya tersedia pada model pendahulunya seperti Redmi 12C dan Redmi 10C. Fitur ini memungkinkan ponsel untuk terhubung langsung dengan perangkat lain tanpa memerlukan akses poin seperti router.

Meskipun mungkin merupakan fitur yang jarang digunakan oleh sebagian pengguna, namun keberadaannya dapat menjadi pertimbangan bagi mereka yang mengandalkan konektivitas langsung antarperangkat tanpa perlu akses poin tambahan.

Kesimpulan

Redmi 13C merupakan salah satu ponsel kelas entry yang menarik dari Xiaomi dengan harga yang terjangkau. Ponsel ini memberikan kesan yang lebih segar dan berkualitas, bahkan dengan harga sekitar Rp1,9 jutaan.

Salah satu keunggulan utama Redmi 13C terletak pada layarnya. Meskipun resolusi masih HD+, layarnya lebih besar dan memiliki refresh rate 90 Hz serta kecerahan 600 nit, yang membuat pengalaman penggunaan menjadi lebih nyaman. Perlindungan Gorilla Glass juga membuat layar lebih tahan terhadap goresan, sebuah fitur yang tidak ada pada pendahulunya, Redmi 12C.

Dari segi performa, Redmi 13C menggunakan chipset yang sama dengan Redmi 12C, yaitu Helio G85. Namun, dengan konfigurasi memori yang lebih besar hingga 8/256 GB, performanya dapat lebih optimal dan mampu menjalankan game dengan lancar.

Sayangnya, Redmi 13C masih menggunakan jenis memori internal eMMC yang lebih lambat daripada UFS, sebuah kekurangan mengingat Redmi 10C yang lebih murah sudah menggunakan UFS.

Namun, Redmi 13C memiliki kelebihan lain yang menarik seperti peningkatan kemampuan kamera, penggunaan USB Type-C, dan penempatan fingerprint yang lebih ergonomis di samping.

Dengan pertimbangan kelebihan dan kekurangan tersebut, apakah Anda tertarik untuk memiliki Redmi 13C? Silakan berikan jawaban dan alasan Anda di kolom komentar.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn