Kelebihan dan Kekurangan Redmi A2

Gambar Redmi A2
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Redmi A2
  • Rilis Mei 2023
  • Layar 6.52 inci IPS LCD
  • Chipset Mediatek Helio G36 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 2/32 GB, 3/32 GB, 3/64 GB
  • Kamera Belakang 8 MP (wide), 0.08 MP (auxiliary lens)
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, 10W
  • Harga Rp 850.000 - 1.000.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Redmi A2 dan Harganya
Tersedia sebagai penerus Redmi A1, HP Redmi A2 mungkin menjadi opsi yang menarik bagi Anda, terutama jika Anda mencari ponsel di kelas harga terjangkau. Ponsel ini menawarkan spesifikasi dan fitur yang khas untuk lini ponsel entry-level. Salah satu fitur yang menonjol adalah sistem operasi Android Go.

Meskipun tidak banyak perubahan yang diperkenalkan, Redmi A2 tetap menarik untuk dibahas. Ponsel ini setidaknya menawarkan kinerja yang memadai di kelasnya, berkat kehadiran chipset terbaru dari MediaTek untuk kelas entri.

Kelebihan Redmi A2

Selain menawarkan chipset baru, ada beberapa aspek lain yang menjadi kelebihan Redmi A2. Berikut adalah daftarnya:

Layar IPS LCD yang Luas dengan Harga yang Bersahabat

Tidak banyak perubahan pada layar Redmi A1. Redmi A2 masih menggunakan layar berukuran 6,52 inci dengan resolusi 720 x 1600 pada rasio aspek 20:9.

Layar ini menggunakan panel IPS LCD. Meskipun resolusinya masih HD+, layar Redmi A2 mampu memberikan tampilan yang baik untuk ponsel di kelasnya. Seperti Redmi A1, kecerahan layarnya mencapai 400 nit. Jadi, Anda dapat mengandalkan layar ponsel ini bahkan saat berada di bawah sinar matahari yang terik.

Redmi A2 memiliki rasio layar-ke-bodi sebesar 81,00%. Bezel di sisi depannya tipis, memberikan kesan layar yang luas. Dengan layar yang dimilikinya, Redmi A2 tetap nyaman digunakan untuk bermain game dan menonton film favorit Anda.

Menawarkan Android Go Edition yang Ramah Spesifikasi

Seperti pendahulunya, Redmi A1 menggunakan sistem operasi Android Go. Ponsel ini tidak menggunakan MIUI seperti ponsel Redmi atau Xiaomi lainnya. Google menyatakan bahwa Android Go mampu meningkatkan performa hingga 30% saat membuka aplikasi.

Pada sistem operasi ini, Anda masih dapat menikmati fitur dan aplikasi bawaan Google, tetapi dalam versi yang lebih ringan. Misalnya, Google Go, Gallery Go, Assistant Go, Layanan Google Play, Temukan Perangkat Saya, hingga fitur untuk menerjemahkan teks melalui Google Lens.

Sayangnya, Anda tidak dapat menggunakan fitur picture-in-picture atau PIP di Android Go. Fitur ini biasanya membantu Anda menjalankan video atau musik secara background. Meskipun demikian, kehadiran Android Go di Redmi A2 menjadi kelebihan tersendiri. Terlebih, tanpa MIUI, ponsel tidak akan terganggu oleh bloatware.

Namun, ada kabar baik lainnya. Xiaomi menjamin keamanan perangkat dengan menyediakan pembaruan perangkat lunak selama 2 tahun setelah penggunaan Redmi A2.

Desain Menawan dengan Tekstur Kulit Imitasi

Redmi A2 masih mengusung desain yang sama dengan Redmi A1. Desainnya menawan dan minimalis, meninggalkan kesan yang memikat pada pengamatannya. Bagian belakang ponsel masih menggunakan lapisan polikarbonat, tetapi tekstur kulit imitasi memberikan kesan mewah. Tekstur ini juga mampu mengurangi sidik jari yang menempel di bagian belakang.

Redmi A2 memiliki berat 192 gram dengan dimensi 164,9 mm (panjang) dan 76,8 mm (lebar), serta ketebalan 9,1 mm. Meskipun tidak terlalu tipis dan ringan, Redmi A2 tetap nyaman digenggam.

Tersedia dalam dua varian warna: Hitam dan Biru Muda. Anda dapat memilih warna yang sesuai dengan preferensi Anda. Keduanya akan membuat Anda terlihat menawan.

Kualitas Foto Memuaskan dalam Segmen Harganya

Redmi A2 tetap mempertahankan konfigurasi kamera yang sama dengan pendahulunya. Pada bagian belakang, terdapat dual kamera yang terdiri dari sensor wide-angle 8 MP dengan bukaan f/2.0, serta lensa kamera 0.08 MP untuk sensor kedalaman (depth sensor).

Fitur tambahan pada kamera juga tidak jauh berbeda. Terdapat LED Flash dan HDR. Meskipun tidak ada fitur spesial seperti mode malam, pro, atau panorama, Anda masih dapat menggunakan mode potret, video pendek, dan time-lapse.

Ponsel ini mendukung perekaman video dengan dua resolusi, yaitu 720p dan 1080p. Namun, sayangnya, keduanya tidak mendukung frame rate lebih dari 30fps. Selain itu, ponsel ini belum dilengkapi dengan fitur stabilisasi apa pun, sehingga hasil rekaman videonya mungkin terasa tidak stabil.

Di bagian depan, terdapat kamera 5 MP dengan bukaan f/2.2 yang masih dapat diandalkan untuk swafoto dan panggilan video.

Tim Ponselhub berhasil mengumpulkan hasil foto dari kamera Redmi A2 yang diambil oleh YouTuber MobileDone Bq. Berikut beberapa contohnya:

Hasil foto masih memuaskan saat diambil dalam kondisi cahaya yang cukup. Meskipun mode malam tidak tersedia pada kamera ponsel ini, hasil fotonya sudah cukup baik untuk mengabadikan momen penting.

Baterai 5.000 mAh yang Awet

Baterai berkapasitas besar dan tahan lama menjadi hal yang penting dalam smartphone modern. Xiaomi menyadari hal ini dengan menyematkan baterai 5.000 mAh pada Redmi A1. Ukuran baterai sebesar ini sudah menjadi hal umum, bahkan banyak ponsel entry-level yang sudah mengadopsinya.

Redmi A2 menggunakan port pengisian daya microUSB yang mendukung pengisian 10 W. Xiaomi mengklaim bahwa baterai ponsel ini dapat bertahan sepanjang hari. Dengan kapasitas baterai yang besar ini, Redmi A2 mampu menangani berbagai aktivitas sehari-hari, seperti menonton video selama 19 jam, menelepon selama lebih dari 24 jam, dan membaca selama kurang lebih 33 jam.

Dengan teknologi pengisian daya 10 W, biasanya dibutuhkan waktu lebih dari satu jam untuk mengisi daya baterai penuh. Berdasarkan pengujian dari GadgetToUse, Redmi A1 yang dilengkapi dengan teknologi dan kapasitas baterai yang sama membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk mencapai daya penuh.

Xiaomi telah menyertakan kabel dan kepala pengisi daya dalam paket penjualan Redmi A2. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang biaya tambahan saat membeli ponsel ini.

Dilengkapi dengan Slot 3 Kartu

Meskipun Redmi A2 memiliki kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang tidak terlalu besar, hal ini umum dijumpai pada ponsel entry-level dengan harga sekitar Rp1 jutaan.

Beruntungnya, Redmi A1 menawarkan tiga slot terpisah, salah satunya adalah slot untuk kartu microSD. Dengan demikian, Anda masih dapat memperluas kapasitas penyimpanan dengan menggunakan kartu memori eksternal hingga 1 TB. Keberadaan memori eksternal ini tentu akan sangat membantu Anda dalam menyimpan file dengan ukuran besar.

Selain slot untuk kartu microSD, terdapat juga dua slot khusus untuk kartu SIM. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan dua nomor berbeda pada satu ponsel. Praktisnya, Anda tidak perlu lagi bergantian antara menggunakan kartu SIM dan microSD.

Chipset yang Sedikit Lebih Unggul dari Sebelumnya

Redmi A2 menggunakan chipset kelas entry dari MediaTek, yaitu Helio G36. Kehadiran chipset ini seolah menjadi penyegar. Setidaknya, MediaTek Helio G36 tergolong lebih baik dibandingkan dengan SoC yang digunakan pada Redmi A1.

MediaTek Helio G36 adalah chipset dengan fabrikasi 12 nm yang menawarkan efisiensi daya yang baik. SoC ini terdiri dari delapan inti CPU, termasuk 4 ARM Cortex A53 dengan clock speed 2,2 GHz, dan 4 ARM Cortex A53 dengan kecepatan 1,7 GHz. Selain itu, chipset ini dilengkapi dengan GPU PowerVR GE380 yang mampu menampilkan resolusi maksimal hingga 2400 x 1080 piksel dengan refresh rate 90Hz.

Chipset ini didukung oleh MediaTek HyperEngine 2.0 Lite yang mencakup Networking dan Resource Management Engine 2.0. Kedua teknologi ini diklaim oleh MediaTek mampu meningkatkan kualitas konektivitas dan membantu perangkat agar dapat menjalankan game lebih lama.

MediaTek Helio G36 juga membawa peningkatan pada sektor kamera dengan adanya fitur kecerdasan buatan (AI) yang dapat meningkatkan kualitas foto.

Berdasarkan pengujian oleh YouTuber Rincon Tecnologico, Redmi A2 dengan MediaTek Helio G36 berhasil mencapai skor AnTuTu sebesar 105.106. Meskipun tidak dapat menjalankan game berat seperti PUBG Mobile atau Genshin Impact dengan lancar, Redmi A2 masih mampu menangani aktivitas ringan seperti menjelajahi media sosial, menonton film atau video di YouTube, atau berkomunikasi melalui aplikasi chatting. Ponsel dengan RAM 2/3 GB dan penyimpanan internal 32 GB ini mampu menjalankan beberapa game ringan seperti Clash Royale dan Subway Surfers dengan baik.

Kekurangan Redmi A2

Berikut adalah kekurangan atau "turn offs" yang dapat ditemui pada Redmi A2:

Tidak Dilengkapi dengan Sensor Sidik Jari

Sensor sidik jari telah menjadi fitur umum dan penting pada banyak ponsel, terutama pada segmen kelas menengah ke bawah. Keberadaan sensor ini memberikan keamanan tambahan pada ponsel, terutama untuk melindungi data sensitif. Namun, Redmi A2 tidak dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari. Ini menjadi kekurangan karena banyak ponsel di kelasnya sudah memiliki fitur ini, bahkan beberapa juga sudah dilengkapi dengan face unlock.

Kapasitas RAM Terasa Kurang untuk Kebutuhan Saat Ini

Dengan kapasitas RAM hanya 2 atau 3 GB, Redmi A2 terasa kurang untuk kebutuhan sehari-hari pada tahun 2023. Ponsel dengan RAM yang terbatas seperti ini seringkali mengalami kesulitan dalam menjalankan aplikasi secara multitasking dengan lancar. Meskipun ada fitur ekstensi RAM hingga 2 GB, kapasitasnya tetap dirasa kurang untuk memenuhi tuntutan penggunaan aplikasi modern.

Minimnya Sensor dan Tidak Mendukung WiFi Dual Band

Redmi A2 hanya dilengkapi dengan sensor akselerometer, sementara tidak ada sensor kompas dan giroskop yang berguna dalam aplikasi navigasi seperti Google Maps. Selain itu, protokol WiFi pada Redmi A2 hanya mendukung koneksi pada pita jaringan 2,4 GHz, sehingga tidak mendukung WiFi dual band. Hal ini bisa menjadi kendala saat mengakses jaringan WiFi dengan frekuensi yang lebih tinggi, dan koneksi WiFi mungkin tidak terdeteksi oleh perangkat.

Kesimpulan

Kesimpulan Redmi A2 mungkin bukan pilihan utama di segmen ponsel dengan harga di bawah 1 jutaan. Masih ada pilihan lain seperti Samsung Galaxy A04 yang menawarkan fitur-fitur seperti sensor sidik jari dan kelengkapan sensor yang lebih baik.

Tampaknya, Redmi A2 juga tidak cocok bagi pengguna yang gemar bermain game dengan kinerja tinggi. Batasan ponsel dengan harga terjangkau ini menjadi jelas di sini, karena hanya mampu menangani aktivitas ringan saja. Jadi, jika Anda mencari ponsel untuk keperluan gaming, Redmi A2 mungkin bukan pilihan yang tepat.

Meskipun demikian, jika Anda mencari ponsel dengan kamera yang baik di rentang harga 1 jutaan, Redmi A2 masih dapat dipertimbangkan. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memilih Redmi A2 sebagai pilihan Anda?

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn