Kelebihan dan Kekurangan Realme Note 50

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Realme Note 50
Gambar Realme Note 50

Spesifikasi
Rilis Februari 2024
Layar 6.7 inci IPS LCD 90Hz
Chipset Unisoc Tiger T612 (12 nm)
GPU Mali-G57
Eksternal Tersedia slot microSD
Kamera Belakang 13 Mp (wide), 0.08 MP (auxiliary lens)
Kamera Depan 5 MP (wide)
Baterai 5000 mAh, 10W
Harga
3/64 GB - Rp 1.200.000
4/64 GB - Rp 1.300.000
4/128 GB - Rp 1.500.000
Lihat Harga Terbaru
Penilaian
Desain & Material : 6.4
Kinerja : 5.8
Kamera : 4.9
Konektivitas : 5.6
Baterai : 7.0

Pada bulan Februari 2024, realme Indonesia menghadirkan kejutan menarik dengan meluncurkan produk terbaru dalam seri terbarunya, yakni realme Note 50. Meskipun mengusung angka 50 yang menjanjikan, perlu dicatat bahwa realme Note 50 menjadi langkah pertama realme dalam mengisi segmen seri Note.

Melihat secara seksama, realme Note 50 menampilkan desain bodi yang sangat identik dengan realme C51 yang sebelumnya diperkenalkan pada Agustus 2023. Tak hanya sebatas desain, spesifikasi dan kemampuannya pun mirip, hampir membuatnya terlihat sebagai versi yang lebih sederhana dari realme C51.

Kelebihan Realme Note 50

Meskipun berada dalam kelas entry, realme Note 50 tampil dengan sejumlah kelebihan yang menarik perhatian. Faktor-faktor ini bisa menjadi daya tarik utama untuk pengguna di pasar Indonesia. Mari kita bahas beberapa keunggulan yang dimiliki oleh realme Note 50.

Layar IPS LCD Luas dan Terang

Salah satu keunggulan yang membedakan realme Note 50 adalah layar IPS LCD yang luas dan terang. Dengan ukuran 6,74 inci dan rasio 20:9, layar ini memberikan pengalaman visual yang memikat. Bezel yang tipis, terutama di bagian sampingnya, dan water drop notch memberikan rasio layar ke bodi sebesar 90,3 persen.

Selain luas, layar ini juga cocok untuk kegiatan multimedia dengan resolusi HD+ dan kerapatan piksel mencapai 261 ppi. Kualitas gambar yang ditampilkan sangat menarik dengan color gamut mencapai 83 persen dan kemampuan menampilkan sekitar 16,7 miliar warna.

Kelebihan lainnya adalah adopsi refresh rate 90 Hz, memberikan tampilan yang mulus saat scrolling, browsing, atau bermain game. realme Note 50 juga menawarkan kinerja optimal di luar ruangan dengan kecerahan layar mencapai 560 nit, membuat tampilan tetap jelas meski di bawah sinar matahari terik.

Fitur Mini Capsule: Sentuhan Unik realme Note 50

realme Note 50 menyajikan keunikan tambahan dengan fitur Mini Capsule. Meskipun bukan hal baru, fitur ini memberikan sentuhan unik pada perangkat ini. Mini Capsule berfungsi serupa dengan Dynamic Island milik iPhone 14 Pro, menggabungkan tampilan notifikasi dinamis dengan kamera depannya.

Fitur ini sebelumnya diperkenalkan oleh realme C55 NFC dan ditemui pada beberapa model realme lainnya, seperti realme C53 NFC dan realme C51. realme Note 50 membawa fitur ini ke kelasnya dengan desain water drop notch untuk kamera depan, menciptakan tampilan Mini Capsule yang menyatu dengan layar.

Meski beberapa perangkat Android lainnya juga memiliki fitur serupa dengan nama berbeda, realme Note 50 menonjol dengan integrasinya yang elegan. Mini Capsule aktif sesuai dengan aktivitas pengguna, memberikan notifikasi yang dinamis, informasi baterai saat pengisian, dan elemen visual menarik lainnya.

Desain Tipis yang Memikat

Melihat tampilannya, realme Note 50 seakan menampilkan nuansa yang mirip dengan realme C51. Kedua perangkat ini menonjolkan dua sentuhan akhir di bagian belakang, yakni glossy dan matte. Sentuhan glossy terletak di bagian atas sebagai penutup modul kamera, dengan pusat cahaya yang menonjol pada kamera utama di bagian atas.

Bagian bawah perangkat memiliki sentuhan matte dengan tekstur khas yang tidak hanya nyaman disentuh, tetapi juga tahan terhadap noda sidik jari. Susunan kamera yang diatur zig-zag tanpa menggunakan modul menciptakan tampilan yang unik.

Tidak hanya memiliki desain yang stylish, realme Note 50 juga membanggakan ketebalan bodi yang tipis. Dengan dimensi ultra-tipis sekitar 7,99 mm dan bobot 186 gram, perangkat ini memberikan kenyamanan saat digenggam dalam waktu lama. Tepian bodi yang sedikit melengkung semakin menambah kesan pas saat digunakan.

Satu elemen menarik lainnya adalah kualitas build realme Note 50, yang membedakannya dari realme C51. Meskipun hadir dengan harga terjangkau sekitar Rp1 jutaan, realme Note 50 telah dilengkapi dengan sertifikasi IP54. Sertifikasi ini menjadikannya tahan terhadap debu dan percikan air.

Build quality realme Note 50 telah melewati berbagai uji coba, termasuk penekanan tombol power hingga 500 ribu kali, plug-in USB hingga 20 ribu kali, menerima tekanan hingga 25 kg sebanyak seribu kali, serta mengalami jatuh ringan hingga 14 ribu kali.

Baterai 5000 mAh yang Tahan Seharian Penuh

realme Note 50 dibekali dengan baterai berkapasitas besar, mencapai 5000 mAh. Kapasitas baterai yang standar ini menjadi nilai tambah untuk mendapatkan daya tahan yang optimal. Terlebih, untuk perangkat kelas entry yang umumnya digunakan untuk keperluan harian daripada bermain game intensif.

Menurut HazelPhone, realme Note 50 menjadi pilihan terbaik untuk berbagai aktivitas sehari-hari tanpa perlu khawatir baterai cepat habis. realme mengklaim bahwa perangkat ini dapat bertahan hingga 106 jam untuk mendengarkan musik, lebih dari 10 jam untuk merekam video, 13 jam untuk menonton YouTube, 24 jam untuk beraktivitas di media sosial, 32 jam untuk panggilan telepon, dan bahkan 607 hari dalam mode standby.

UNISOC T612: Keandalan di Sektor Dapur Pacu

Sebagai penerus realme Note Series, realme Note 50 membawa keunggulan menarik pada sektor dapur pacunya. Meskipun tidak dapat disebut sebagai chipset terbaik di kelasnya, realme Note 50 menawarkan daya tarik dengan mengadopsi chipset dari UNISOC Tiger T612.

UNISOC T612, meski tidak dirancang untuk penggunaan berat seperti bermain game, telah memperlihatkan kinerja yang memadai untuk aktivitas harian. Dengan proses fabrikasi 12 nm, chipset ini memberikan efisiensi daya yang baik. Chipset ini hadir dengan delapan inti CPU, termasuk dua core Cortex A75 (1,8 GHz) untuk performa dan enam core Cortex A55 (1,8 GHz) untuk efisiensi daya.

GPU Mali G57 MP1 dengan frekuensi 614 MHz mendukung performa grafis dari chipset ini. realme mengklaim bahwa UNISOC T612 pada realme Note 50 dapat mencapai skor 245.343 poin di AnTuTu v10. Kinerjanya terbukti dapat mempersingkat waktu membuka aplikasi hingga 5 persen dan waktu aktif hingga 15 persen, menurut klaim realme.

Menurut Nanoreview, chipset ini mencetak skor 243.610 poin untuk AnTuTu v10 dan skor 421 untuk single-core serta 1.503 untuk multi-core pada GeekBench 6. Namun, pengujian oleh JM Chavaria dari YugaTech menunjukkan skor AnTuTu v10 yang lebih tinggi, yakni 247.239 poin dan skor 422 untuk single-core serta 1.466 untuk multi-core pada GeekBench 6.

Meskipun skor bervariasi, UNISOC T612 cenderung menonjol dalam efisiensi dibandingkan dengan performa tinggi. Chipset ini optimal untuk aktivitas ringan seperti menonton film, chatting, atau beraktivitas di media sosial. Meskipun dapat menangani game ringan seperti Free Fire atau Mobile Legends, pengguna perlu memperhatikan pengaturan grafis.

Triple Slot: Fleksibilitas SIM dan MicroSD

realme Note 50, meskipun mampu untuk bermain game, lebih difokuskan pada penggunaan sehari-hari. Selain faktor chipset, kapasitas memori perangkat ini terbatas. Hadir dengan RAM LPDDR4x 4 GB, realme Note 50 menawarkan fitur Dynamic RAM Expansion yang memungkinkan penambahan hingga 4 GB.

Sementara itu, pilihan memori internal mencakup varian 64 GB dan 128 GB, namun, menggunakan jenis eMMC 5.1 yang memberikan kecepatan transfer baca-tulis yang lebih lambat. realme Note 50 mengatasi keterbatasan ini dengan menyediakan triple slot, termasuk slot microSD untuk memperluas kapasitas hingga 1 TB. Dengan ruang penyimpanan tambahan, pengguna dapat dengan mudah menangani aktivitas harian tanpa khawatir kehabisan ruang.

Pengalaman Fotografi yang Memuaskan

realme Note 50, dengan harga yang terjangkau di kisaran Rp1 jutaan, menawarkan kemampuan fotografi yang cukup memuaskan. Bagian belakangnya dilengkapi dengan dua kamera: kamera utama 13 MP dengan bukaan f/2.2 dan kamera kedalaman dengan lensa auxiliary 0,08 MP.

Fokus utama pada penggunaan kamera utama yang didukung oleh focal length 25mm dengan PDAF untuk penyesuaian fokus. Kamera kedalaman, di sisi lain, bertanggung jawab atas kejernihan latar belakang. Kamera depannya memiliki resolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2 dan focal length 27 mm.

Fitur Night Mode yang disematkan pada realme Note 50 memungkinkan pengguna untuk mengambil foto saat kondisi cahaya rendah. Mode ini meningkatkan penangkapan cahaya tanpa mengorbankan detail dan ketajaman gambar.

Menurut penilaian JM Chavaria dari YugaTech, realme Note 50 mampu menghasilkan foto dengan warna yang memuaskan, terutama dalam kondisi pencahayaan yang cukup. Namun, dalam kondisi cahaya rendah, kualitas gambar dapat mengalami penurunan meskipun menggunakan fitur Night Mode. Meski memiliki resolusi yang lebih rendah, kamera depannya juga memberikan kinerja yang baik dalam menghasilkan foto yang layak.

Kekurangan Realme Note 50

Realme Note 50, salah satu ponsel terjangkau dalam jajaran HP realme, tak luput dari beberapa kekurangan yang patut dipertimbangkan. Mari kita eksplorasi beberapa catatan yang perlu diperhatikan dari Realme Note 50.

Kapasitas RAM Terbatas pada 4 GB

Realme Note 50 menunjukkan kekurangan pada kapasitas RAM-nya yang terbatas. Dengan RAM LPDDR4x hanya 4 GB, serta fitur Dynamic RAM Expansion yang hanya mampu menambahkan 4 GB, keterbatasan ini dapat memengaruhi kinerja HP secara keseluruhan. Pilihan kapasitas memori internal hanya terdiri dari dua varian, yakni 64 GB dan 128 GB, dengan jenis eMMC yang cenderung lebih lambat dibandingkan UFS. Meski demikian, slot microSD masih tersedia untuk memperluas kapasitas memori.

Dalam kelas harga yang sama, beberapa HP lain, seperti itel S23, Infinix Hot 40i, dan Redmi 12, menawarkan RAM lebih besar, mencapai 8 GB, serta kapasitas memori internal yang lebih luas, mencapai 256 GB. realme perlu mempertimbangkan pembaruan pada kapasitas memori di ponsel entry-level berikutnya.

Absennya Fitur NFC dan Gyro

Realme Note 50 juga terlihat kurang lengkap dari segi konektivitas karena tidak menyertakan fitur NFC. Padahal, fitur ini semakin penting untuk kemudahan transaksi digital, penggunaan e-money, dan konversi menjadi kartu akses. Beberapa HP di kelas harga yang sama, seperti Tecno Spark 10C NFC dan POCO M5, sudah dilengkapi dengan fitur NFC.

Selain itu, realme Note 50 tidak dilengkapi dengan sensor gyro hardware. Kurangnya fitur ini juga dialami oleh realme C51. Dengan hanya menawarkan sensor fingerprint di bagian samping, akselerometer, proksimitas, dan sensor lainnya, realme Note 50 terlihat kurang memadai dalam sektor sensor.

Tanpa Speaker Stereo

Meskipun realme Note 50 cocok untuk penggunaan sehari-hari, seperti menonton dan bermain media sosial, ponsel ini hanya dilengkapi dengan satu speaker mono di bagian bawah. Kualitas suara yang dihasilkan mungkin cukup lantang, tetapi pengalaman audio stereo tidak dapat dinikmati. Dalam hal ini, realme Note 50 mungkin lebih memuaskan jika digunakan dengan earphone, baik berkabel maupun nirkabel, untuk menikmati kualitas suara yang lebih baik saat menonton film atau konten multimedia favorit.

Kesimpulan

Sebagai debut dari lini Realme Note Series, Realme Note 50 memulainya dengan langkah yang menjanjikan. Beberapa aspeknya telah ditingkatkan dengan fitur yang unik. Sebagai contoh, pada sektor layar, meskipun tetap menggunakan notch waterdrop, kini hadir fitur Mini Capsule yang menarik. Fungsi Mini Capsule ini mirip dengan Dynamic Island milik iPhone 14 Pro.

Dengan layar selebar 6,74 inci, Realme Note 50 memberikan pengalaman yang nyaman untuk aktivitas multimedia. Namun, satu speaker tunggal mungkin dapat meninggalkan keinginan untuk pengalaman audio yang lebih memuaskan. Meskipun begitu, kebutuhan aktivitas sepanjang hari dapat terpenuhi berkat baterai 5000 mAh yang tahan lama.

Dalam hal performa, Realme Note 50 menunjukkan kinerja yang solid di kelasnya. Meskipun kapasitas RAM terbatas, ponsel ini tetap mampu menangani beberapa game ringan dengan penyesuaian grafik yang tepat.

Beberapa sektor lainnya juga menunjukkan kualitas yang layak untuk ponsel dengan harga sekitar Rp1 jutaan. Contohnya adalah kemampuan kamera yang memadai, keberadaan slot microSD dedikasi, dan sertifikasi IP54 untuk ketahanan terhadap debu dan percikan air. Bagaimana dengan Anda? Apakah Realme Note 50 berhasil menarik perhatian Anda? Bagikan jawaban dan alasan Anda di kolom komentar!

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn