Kelebihan dan Kekurangan Spark 20 Pro+

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Spark 20 Pro+
Gambar Spark 20 Pro+

Spesifikasi
Rilis Maret 2024
Layar 6.78 inci AMOLED 120Hz
Chipset Mediatek Helio G99 Ultimate
GPU Mali-G57 MC2
Eksternal Tersedia slot microSD
Kamera Belakang 108 MP (wide), 0.08 (auxiliary lens)
Kamera Depan 32 MP (wide)
Baterai 5000 mAh, Fast charging 33W
Harga
8/256 GB - Rp 2.700.000
Lihat Harga Terbaru
Penilaian
Desain & Material : 6.4
Kinerja : 6.8
Kamera : 6.8
Konektivitas : 6.0
Baterai : 7.5

Tecno telah resmi merilis perangkat terbaru mereka di pasar Indonesia pada bulan Februari 2024 dengan menghadirkan Tecno Spark 20 Series. Seri ini hadir dengan dua model utama, yaitu Tecno Spark 20 Pro dan Tecno Spark 20 Pro+. Kedua model ini melengkapi jajaran Tecno Spark 20 Series yang sebelumnya telah diperkenalkan dengan Tecno Spark 20 dan Spark 20C pada bulan Januari 2024.

Tecno Spark 20 Pro+ hadir sebagai model tertinggi dalam seri ini, menawarkan spesifikasi dan kemampuan yang lebih unggul dibandingkan dengan model lainnya. Terutama dalam hal kamera, layar, dan performa. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Tecno Spark 20 Pro+.

Kelebihan Spark 20 Pro+

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagai model unggulan, Tecno Spark 20 Pro+ hadir dengan sejumlah spesifikasi yang mengesankan, bahkan mungkin melebihi model-model lain dalam seri ini. Mari kita simak beberapa keunggulan menonjol yang patut Anda ketahui tentang Tecno Spark 20 Pro+.

Performa Kamera Mumpuni dengan 108 MP

Sektor yang menjadi keunggulan utama dari Tecno Spark 20 Pro+ adalah kamera. Meskipun demikian, kemampuannya sebenarnya tidak jauh berbeda dari model di bawahnya, Tecno Spark 20 Pro. Namun, ada perbedaan signifikan dalam modul kamera yang membuatnya lebih menonjol.

Tecno Spark 20 Pro+ menawarkan konfigurasi kamera ganda dengan kamera utama yang luar biasa, 108 MP (f/1.75). Terobosan ini diberi nama 108 MP Ultra Sensing, yang merupakan fitur baru di seri Tecno Spark dengan tingkat kejernihan yang mengesankan.

Kamera utama ini menggunakan sensor berukuran 1/1.67 inci dan lensa 6P yang memiliki adaptasi cahaya yang luar biasa, baik dalam kondisi terang, backlit, maupun low-light. Fitur HDR Algorithm memungkinkan penggabungan beberapa frame menjadi satu, menghasilkan gambar yang kaya detail.

Tidak hanya untuk memotret objek dekat, kamera utama ini juga cocok untuk pemotretan objek jauh dengan kemampuan zoom optik 3x dan digital zoom hingga 10x.

Khusus untuk pemotretan dalam kondisi cahaya rendah, Tecno Spark 20 Pro+ dilengkapi dengan fitur 900 persen Ultra Sensitive Adaptive Pixel. Fitur ini menggabungkan beberapa piksel kecil menjadi satu piksel besar untuk meningkatkan sensitivitas cahaya. Dengan piksel yang lebih besar, hasil foto dalam kondisi cahaya rendah menjadi lebih baik.

Sedangkan kamera tambahan hanya memiliki lensa auxiliary atau depth 0,08 MP. Meskipun resolusinya cukup tinggi, kemampuan perekaman videonya terbatas pada 1440p 30 fps. Namun, hal ini tidak menjadi masalah besar mengingat fokus utama dari Spark 20 Pro+ adalah pada fotografi.

Kamera depan, yang disebut Glowing Selfie 32 MP (f/2.2) oleh Tecno, tetap mempertahankan kualitas yang baik dengan dukungan AI. Dengan FoV yang luas sekitar 88,9 derajat, kamera ini cocok untuk swafoto bersama teman atau keluarga.

Menurut Vincenz dari GadgetMatch, kamera 108 MP milik Tecno Spark 20 Pro+ memberikan hasil yang memuaskan, terutama mengingat kelas harganya. Namun, stabilitas tetap menjadi faktor penting untuk menghasilkan foto yang tajam dan jernih.

Desain dengan Tampilan Premium

Tampilan desain Tecno Spark 20 Pro+ mencuri perhatian dengan desainnya yang menarik. Berbeda dengan model lain dalam seri ini, HP ini hadir dengan modul kamera berbentuk lingkaran besar, memberikan kesan yang lebih eksklusif.

Modul kamera ini dikelilingi oleh empat lingkaran kecil, meskipun hanya dua di antaranya yang benar-benar berisi kamera. Dua lingkaran lainnya hadir untuk menambah nilai estetika, menciptakan desain "Quadrant Stray Array". LED Flash disematkan di luar modul kamera untuk menyeimbangkan komposisi.

Salah satu fitur yang membuat tampilan Tecno Spark 20 Pro+ terlihat mewah adalah desainnya yang double curved. Lengkungan dengan sudut 56,5 derajat membuatnya terasa tipis dan nyaman digenggam. Dengan ketebalan hanya 7,55 mm, HP ini tergolong tipis untuk kelasnya.

Tecno Spark 20 Pro+ hadir dalam dua varian warna basic dan satu varian warna khusus. Varian basic tersedia dalam Temporal Orbits dan Lunar Frost, menggunakan material plastik dengan akhiran matte yang elegan. Sedangkan varian khusus, Magic Skin 2.0 Green, hadir dengan material kulit imitasi dengan tekstur yang unik.

Varian Magic Skin 2.0 Green tidak hanya menawarkan tampilan yang premium, tetapi juga ketahanan yang lebih baik, dengan tingkat kekuatan 500 persen lebih tinggi dan perlindungan terhadap sinar UV hingga 25 persen. Selain itu, bahan yang ramah lingkungan membuatnya menjadi pilihan yang bertanggung jawab.

Dengan sertifikasi IP53, Tecno Spark 20 Pro+ mampu bertahan dari debu dan percikan air ringan, memberikan keamanan tambahan untuk penggunaan sehari-hari. Meskipun bukan sertifikasi tertinggi dalam kelasnya, ini merupakan peningkatan signifikan dari generasi sebelumnya.

Layar Curved AMOLED yang Cantik

Tecno Spark 20 Pro+ menawarkan pengalaman visual yang menakjubkan dengan layar curved AMOLED berukuran 6,78 inci, menjadikannya unggul di antara model lain dalam Seri Tecno Spark 20. Dengan rasio layar ke bodi mencapai 93 persen, Anda akan merasakan luasnya layar saat bermain game, menonton film, atau sekadar melakukan scrolling.

Keunggulan layar AMOLED pada Tecno Spark 20 Pro+ memberikan ketajaman dan kejernihan warna yang luar biasa. Didukung oleh color gamut DCI-P3 dengan lebih dari 1 miliar warna, pengalaman visualnya menjadi hidup dan memikat.

Tidak hanya itu, kecerahan layarnya yang mencapai 1000 nit membuatnya ideal untuk penggunaan di luar ruangan, bahkan di bawah sinar matahari terik sekalipun. Resolusi Full HD+ layarnya juga turut menjaga kenyamanan pengguna dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Pergerakan layar yang responsif dan nyaman didukung oleh refresh rate 120 Hz, serta fitur Adaptif refresh rate yang secara otomatis menyesuaikan penggunaan layar. Teknologi Smart Refresh 3.1 yang digunakan dalam fitur ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna tetapi juga menghemat daya baterai hingga 3–5 persen.

Salah satu fitur menarik lainnya dari layar Tecno Spark 20 Pro+ adalah Dynamic Port, yang memperindah tampilan punch hole sebagai tempat kamera depan. Fitur ini menawarkan pengalaman interaktif yang menarik, seperti menampilkan notifikasi, melakukan panggilan telepon, atau bahkan proses pengisian baterai.

Meskipun beberapa fitur ini telah ditemukan sebelumnya dalam perangkat Android lainnya, seperti Mini Capsule dari realme atau Dynamic Bar dari itel, kehadiran Dynamic Port pada Tecno Spark 20 Pro+ memberikan sentuhan unik yang memikat.

Performa Handal di Segmen Harga Kompetitif

Dari segi performa, Tecno Spark 20 Pro+ tidak kalah tangguhnya dengan chipset MediaTek Helio G99 Ultimate yang digunakannya. Helio G99 Ultimate menawarkan kinerja yang handal untuk ponsel 4G dalam segmen harganya.

Meskipun demikian, penambahan embel-embel "Ultimate" pada namanya memunculkan pertanyaan mengenai perbedaannya dengan Helio G99 standar. Meskipun spesifikasinya sama, seperti proses fabrikasi 6 nm dan delapan inti CPU, pengujian langsung menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam kinerja antara Helio G99 Ultimate Tecno Spark 20 Pro+ dan Helio G99 Tecno Spark 20 Pro.

Meskipun demikian, performa Helio G99 Ultimate tetap tangguh di kelasnya, memungkinkan untuk menjalankan berbagai aktivitas mulai dari multitasking hingga bermain game dengan lancar. Dengan tambahan fitur seperti Aurora Engine 2.0 dan Darwin Engine 2.0, pengguna dapat menikmati peningkatan kecepatan membuka game berat hingga 85 persen dan multitasking hingga 95 persen, serta stabilitas frame rate yang lebih baik.

Secara keseluruhan, meskipun penambahan embel-embel "Ultimate" mungkin terasa lebih sebagai strategi pemasaran, Tecno Spark 20 Pro+ tetap menawarkan kinerja yang tangguh dan fitur menarik dalam segmen harganya. Dengan kombinasi layar AMOLED yang memukau dan performa yang handal, ponsel ini layak dipertimbangkan bagi mereka yang mencari pengalaman yang memuaskan dalam penggunaan sehari-hari.

Baterai Tahan Lama dengan Pengisian Super Charge 33W

Salah satu keunggulan utama Tecno Spark 20 Pro+ adalah daya tahan baterainya yang luar biasa. Dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang dimiliki, smartphone ini menawarkan ketahanan yang mengesankan tanpa mengorbankan desain yang tipis, dengan ketebalan hanya 7,55 mm.

Keunggulan baterai ini didukung oleh penggunaan chipset Helio G99 Ultimate dengan fabrikasi 6 nm, memberikan efisiensi daya yang optimal. Teknologi adaptive refresh rate juga membantu menghemat daya hingga 3–5 persen. Ditambah lagi dengan fitur pengisian daya Super Charge 33 W yang memungkinkan pengisian baterai yang cepat dan efisien.

Stereo Speaker dengan Volume Hingga 400 Persen

Tecno Spark 20 Pro+ menawarkan pengalaman audio yang mengagumkan dengan dual speaker atau stereo speaker yang luar biasa lantang. Dengan teknologi DTS, suara yang dihasilkan benar-benar menggelegar tanpa distorsi, bahkan dapat ditingkatkan hingga 200 persen tanpa kehilangan kualitas.

Fitur Volume Plus memungkinkan pengguna meningkatkan volume hingga 400 persen, memastikan suara yang jernih dan nyaring dalam berbagai situasi. Dual-microphone dengan fitur AI noise cancellation juga menjamin panggilan suara dan video yang jernih, bahkan di lingkungan yang bising.

Dengan kombinasi fitur-fitur unggulan ini, Tecno Spark 20 Pro+ menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang menginginkan smartphone dengan performa tinggi dan pengalaman multimedia yang memuaskan. Dengan harga yang bersaing, smartphone ini menawarkan nilai lebih bagi pengguna yang menginginkan kualitas dan inovasi dalam satu paket yang elegan.

Sensor Sidik Jari Under Display dan Gyroscope yang Canggih

Tecno Spark 20 Pro+ tidak hanya menjadi model tertinggi dalam seri ini, tetapi juga menonjol dengan kemampuan sensor yang mengesankan. Salah satunya adalah penggunaan sensor sidik jari yang canggih, yang disematkan di bawah layar AMOLED melengkungnya.

Dengan teknologi fingerprint under display, kecepatan responsnya luar biasa cepat, memberikan akses dalam hitungan milidetik saja. Hal ini sangat berguna saat Anda membutuhkan akses cepat ke ponsel Anda.

Selain itu, kehadiran sensor gyroscope menjadi nilai tambah yang signifikan. Hanya Tecno Spark 20 Pro+ yang dilengkapi dengan sensor ini di antara seri lainnya. Sensor gyro digunakan untuk mendeteksi orientasi atau pergerakan ponsel, terutama berguna saat bermain game balapan atau tembakan seperti PUBG Mobile atau COD Mobile.

Sistem Operasi HiOS 14 di Android 14

Tecno Spark 20 Pro+ hadir dengan sistem operasi terbaru, Android 14, yang ditambah dengan antarmuka HiOS 14. Fitur unggulan yang ditawarkan termasuk Always-on-Display (AoD), yang memungkinkan layar tetap aktif meskipun dalam keadaan terkunci. Tecno menyediakan beragam tampilan AoD yang menarik, serta pilihan widget yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, mulai dari cuaca hingga produktivitas.

Dynamic Port adalah fitur lain yang menarik, yang mengubah tampilan notch kamera depan agar lebih atraktif, tergantung pada aktivitas yang dilakukan, seperti mengisi daya, merekam, atau mendapatkan notifikasi.

Fitur 4G CA 2.0 memungkinkan penggunaan dua saluran internet secara bersamaan, meningkatkan kecepatan unduhan hingga 130 persen. Sementara itu, koneksi WiFi ditingkatkan dengan memangkas latensi hingga 25 persen dan meningkatkan kecepatan unduhan sebesar 25 persen.

APP Twins adalah fitur tambahan yang berguna bagi pengguna yang memisahkan kegiatan pribadi dan profesional. Dengan fitur ini, beberapa aplikasi seperti WhatsApp, Messenger, atau Instagram dapat digandakan untuk keperluan yang berbeda, menjaga kedua aspek kehidupan tetap terpisah dan teratur.

Kekurangan Spark 20 Pro+

Meskipun Tecno Spark 20 Pro+ menawarkan sejumlah keunggulan yang menarik mengingat harganya, namun, tidak dapat disangkal bahwa ponsel ini tidaklah sempurna. Ada beberapa catatan atau kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membuat keputusan pembelian. Berikut adalah beberapa kekurangan Tecno Spark 20 Pro+ yang perlu diperhatikan:

Tidak Mendukung Perekaman Video 4K

Salah satu kekurangan yang patut disayangkan dari Tecno Spark 20 Pro+ adalah ketidakmampuannya dalam perekaman video 4K. Meskipun menghadirkan kamera utama beresolusi tinggi hingga 108 MP, perekaman video terbatas pada resolusi 1440p dengan 30 fps. Bahkan, hal ini tidak mengalami peningkatan dari seri sebelumnya seperti Tecno Spark 10 Pro. Dengan demikian, pengguna akan terbatasi dalam penciptaan konten video berkualitas tinggi.

Selain itu, perekaman video kamera depan juga hanya mencapai resolusi 1080p 30 fps, sementara pendahulunya telah mencapai 1440p 30 fps. Terlebih lagi, konfigurasi kamera belakang yang hanya dua lensa dengan tambahan lensa auxiliary 0,08 MP menambahkan keterbatasan dalam pilihan fotografi dan videografi.

Tidak Mendukung Jaringan 5G

Salah satu kekurangan yang patut dicatat adalah absennya dukungan untuk jaringan 5G pada Tecno Spark 20 Pro+. Meskipun Helio G99 Ultimate yang ditanamkan memberikan kinerja yang cukup baik untuk aktivitas seperti bermain game dan multitasking, kecepatan jaringan 4G masih kalah jika dibandingkan dengan jaringan 5G.

Meskipun jaringan 4G mampu mencapai kecepatan yang cukup untuk kegiatan seperti streaming, browsing, dan bermain game, namun, kehadiran jaringan 5G dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih cepat dan lancar.

Penting untuk dicatat bahwa persebaran jaringan 5G di Indonesia belum merata, namun, absennya dukungan 5G pada Tecno Spark 20 Pro+ dapat menjadi pertimbangan bagi pengguna yang ingin mengadopsi teknologi terbaru dalam konektivitas mereka. Jika jaringan 5G menjadi prioritas, terdapat beberapa pilihan alternatif dalam kelas harga yang sama yang sudah mendukung jaringan 5G, seperti Tecno POVA 5 Pro 5G, POCO X6 5G, atau iQOO Z7x 5G.

Kesimpulan

Tecno Spark 20 Pro+ menonjol sebagai model paling canggih dalam lini produk Tecno Spark 20 Series. Desainnya yang mengagumkan dengan motif Quadrant Stray Array dan modul kamera berbentuk lingkaran memberikan tampilan yang unik. Varian warna eksklusif, Magic Skin 2.0 Green, menambahkan sentuhan istimewa dengan bahan kulit imitasi yang berkualitas tinggi.

Menghadirkan layar curved AMOLED, Tecno Spark 20 Pro+ memukau pengguna dengan estetika yang mengesankan. Meskipun dengan harga terjangkau, fitur-fitur seperti refresh rate adaptive 120 Hz, Always-on-Display (AoD), dan sensor sidik jari under display menunjukkan bahwa smartphone ini tidak kalah dengan produk kelas atas.

Dibalik layarnya, sektor kamera menjadi sorotan utama. Kamera utama Ultra Sensing 108 MP menghadirkan pengalaman fotografi yang luar biasa dengan beragam fitur dan dukungan yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Ditenagai oleh chipset Helio G99 Ultimate, Tecno Spark 20 Pro+ menawarkan kinerja yang tangguh, cocok untuk gaming dan multitasking. Dukungan audio dengan volume hingga 400 persen memastikan pengalaman mendengarkan yang mengesankan.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Tecno Spark 20 Pro+ tidak luput dari kekurangan. Absennya perekaman video 4K dan dukungan jaringan 5G menjadi catatan penting. Namun, mengingat kinerja yang ditawarkan, kekurangan ini mungkin dapat diterima.

Jadi, setelah melihat berbagai fitur dan spesifikasi dari Tecno Spark 20 Pro+, apakah Anda tertarik untuk memiliki satu? Bagikan pendapat dan alasannya di kolom komentar!

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn