Review Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero X Pro

Tahun ini, Infinix memang cukup sibuk berkutat di segmen mid-range. Pangsa pasarnya juga semakin luas karena Infinix telah meluncurkan seri Zero X. Jajaran ini termasuk smartphone Infinix Zero X dan Infinix Zero X Pro, bersama dengan versi Zero X Neo yang menawarkan spesifikasi tidak kalah unggul. Semua smartphone seri Infinix Zero tersebut memang sayang untuk dilewatkan.

HP Infinix
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Infinix Zero X Pro
  • Rilis Oktober 2021
  • Layar 6.67 inci AMOLED 120Hz ~395 ppi
  • Chipset Mediatek Helio G95 (12 nm)
  • GPU Mali-G76 MC4
  • Eksternal Tersedia, microSDXC
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 108 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 8 MP (periscope)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4500 mAh, Fast Charging 45W
  • Harga Rp 4.900.000
Selengkapnya : Spesifikasi Infinix Zero X Pro dan Harganya

Namun kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Infinix Zero X Pro. Di Indonesia Infinix Zero X Pro dibanderol dengan harga 4 jutaan sehingga menjadi opsi yang affordable bagi kalian yang ingin membeli smartphone baru.

Bukan hanya body rampingnya saja, ternyata ada highlight yang bisa membuat vendor lain minder. Pasalnya perangkat ini membawa sensor kamera beresolusi besar yang cocok untuk para pembuat konten. Penasaran apa saja kelebihan dan kekurangannya? Mari simak informasi berikut ini.

Kelebihan Infinix Zero X Pro

Seperti yang telah disinggung di atas, Infinix Zero X Pro menonjolkan kecanggihan kamera yang dibawanya. Strategi marketing dari Infinix sendiri turut membawa keunggulan komponen optik ini dalam tajuk “Infinix Zero X Fly to The Sky Challenge”. Namun selain kamera, tentu ada deretan kelebihan lain yang akan kalian dapatkan.

Desain Premium dan Layar AMOLED

Infinix Zero X Pro memiliki layar AMOLED 6.67 inci edge-to-edge yang besar punch-hole kamera di atasnya. Pada perangkat ini, Infinix memilih tipe sudut membulat dengan layar datar dan tidak melengkung. Selain itu Infinix Zero X Pro termasuk tipis dengan ukuran 7.8mm dan bobot 193 gram.

Untuk layar sebesar itu, tentu saja Infinix Zero X Pro adalah smartphone lebar yang memuaskan untuk digunakan menonton konten streaming dan bermain game. Kalian bisa memilih salah satu dari tiga varian warna yang dihadirkan, yakni Nebula Black, Starry Silver, dan Tuscany Brown.

Berkat panel AMOLED yang membalut bagian depan tentu saja ia menghasilkan hitam pekat dan kontras yang dalam. Apalagi terdapat resolusi FHD+ (1080 x 2400 piksell dan kecepatan refresh tinggi 120Hz. Tak ayal, hal ini membuat transisi dan pengguliran terasa lebih mulus. Perangkat ini menyediakan opsi refresh rate antara 120hz yang lebih halus, 60hz standar, atau otomatis.

Kombinasi Kamera Mumpuni

Keluarga seri Zero X memang membawa highlight kamera dan fitur-fitur fotografi sekaligus videografi yang mumpuni. Zero X Pro sendiri memiliki kamera 108MP dengan OIS (Optical Image Stabilization). Menariknya, kamera pada smartphone ini membawa lensa “moonshot” 8MP dengan zoom optik 5X dan “zoom hybrid” 60X, serta lensa ultra-wide dan periscope telefoto 8MP. Kemampuan videografi yang diunggulkan pada kamera utamanya mencapai kualitas resolusi 4K pada 30fps.

Infinix bahkan menambahkan sentuhan-sentuhan kecil seperti lampu LED yang menghadap ke depan yang dapat kalian sesuaikan kecerahannya. Pada bagian depan, perangkat ini membawa kamera selfie 16MP yang cukup standar di segmennya. Aplikasi kamera tersebut memiliki sangat banyak mode mulai dari AI default kamera hingga AR shot. Dengan begitu kalian bisa membuat banyak konten mengesankan.

Baterai yang Solid

Baterai tahan lama menjadi nilai jual utama dari smartphone Infinix dan hal ini juga berlaku pada Infinix Zero X Pro. Dibalik body ringan yang dibawanya terdapat baterai Li-Po 4.500 mAh sehingga memberi ketahanan daya yang cukup lama. Baterai tersebut didukung oleh fast charging 45W yang akan mengisi ulang daya baterai hingga 100% dalam waktu kurang dari 50 menit. Oleh sebab itu tak salah menjadikan Infinix Zero X Pro sebagai daily driver yang bisa bertahan lama untuk aktivitas sehari-hari.

Penyimpanan Jumbo

Adanya ruang penyimpanan baik RAM ataupun memori internal yang besar sangat diperlukan untuk meningkatkan kinerja game dan membuat grafik optimal. Komponen ruang tersebut akan berkolaborasi dengan kecepatan refresh adaptif yang diperlukan untuk game. Dalam hal dukungan penyimpanan, kalian mendapatkan konfigurasi jumbo RAM tunggal 8GB. Sementara untuk ruang internal kalian bisa memilih antara 128GB dan 256GB.

Kekurangan Infinix Zero X Pro

Infinix Zero X Pro memang menawarkan spesifikasi mumpuni yang bersaing ketat dengan kompetitornya. Namun perlu diketahui bahwa smartphone ini juga memiliki kekurangan yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum memilihnya sebagai smartphone baru kalian. Nah, berikut ini adalag beberapa kekurangan smartphone Infinix Zero X Pro.

Chipset Standar MediaTek Helio G95

Infinix Zero X Pro ditenagai oleh chipset gaming MediaTek Helio G95 yang sudah sering terlihat di perangkat kompetitornya. Chipset ini memiliki fabrikasi 12nm yang standar dan dinilai kurang gahar untuk layar yang memiliki refresh rate 120Hz. Di kelasnya, MediaTek Helio G95 biasa digunakan pada smartphone yang memiliki kamera utama beresolusi 64MP untuk menghadirkan AI Super Resolution.

Untuk Infinix Zero X Pro tentu saja kehadiran MediaTek Helio G95 belum memenuhi ekspektasi pengguna. Selain itu, chipset yang satu ini tidak mendukung jaringan 5G yang merupakan koneksi jaringan terbaru untuk kecepatan internet yang lebih memuaskan.

Tidak Memiliki Proteksi Tambahan dan IP Rating untuk Dustproof Serta Waterproof

Saat ini ketahanan air dan debu menjadi salah satu poin penting yang menjadi pertimbangan dalam memilih smartphone. Namun sayangnya Infinix Zero X Pro tidak memiliki IP Rating yang mendukung ketahanan tersebut sehingga menjadi poin minusnya. Selain itu tidak ada pula proteksi dari Gorilla Glass agar ketahanan layarnya semakin terjamin. Padahal di sisi lain, kompetitornya telah menyediakan proteksi tersebut agar penggunaan sehari-hari menjadi lebih nyaman dan aman.

Tidak Mendukung HDR10+

Pengguna setia smartphone Android sudah biasa mengincar fitur HDR10+ karena sangat menyenangkan untuk melihat detail gambar dan kontras yang nyata. Bahkan di latar gambar yang tergolong gelap, layar yang mendukung HDR10+ akan menampilkan gambar yang jelas. Karena Infinix Zero X Pro tidak mendukung HDR10+, maka ini adalah salah satu kekurangannya yang patut kalian pertimbangkan.

Tidak Mendukung NFC

Fitur NFC atau Near-Field Communication adalah teknologi yang sangat penting dan diperlukan bagi smartphone canggih saat ini. NFC memang termasuk fitur yang cukup umum di sebagian besar smartphone kelas menengah dan kelas atas saat ini. Konektivitas nirkabel yang satu ini diandalkan untuk kegiatan peer-to-peer dan pembayaran digital. Namun fitur yang sangat membantu tersebut tidak dimiliki oleh Infinix Zero X Pro sehingga akan mengecewakan kalian yang menginginkannya.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Infinix Zero X Pro. Karena termasuk perangkat smartphone terbaru yang diluncurkan tahun 2021, tak heran jika spesifikasi yang ditawarkan sangat menggiurkan. Namun terlepas dari beberapa kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan, tentu saja Infinix Zero X Pro termasuk perangkat smartphone yang affordable sebagai daily driver andalan.