Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Samsung meluncurkan dua ponsel lipat terbarunya, Galaxy Z Flip3 5G (dan Galaxy Z Fold3 5G) di acara Galaxy Unpacked 2021. Kedua ponsel lipat ini inovatif karena menghadirkan cara baru agar ponsel dapat digunakan untuk memperkaya kehidupan sehari-hari orang.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip3 5G
  • Rilis Juli 2021
  • Layar 6.7 inci Foldable Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+ ~426 ppi
  • Chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU Adreno 660
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 10 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 3300 mAh, Fast charging 15W
  • Harga Rp 15.000.000 - 16.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip3 5G dan Harganya

Galaxy Z Flip3 memungkinkan pengguna untuk melipat ponsel. Fold3 dapat digambarkan sebagai "tablet lipat", tetapi tidak demikian halnya dengan Galaxy Z Flip3. Kedua model ini populer di kalangan konsumen yang bosan dengan ponsel biasa dan ingin mencoba konsep ponsel lipat Samsung yang baru.

Ponselhub akan menghadirkan spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Flip3 5G. Anda harus mengetahui peningkatan kualitas dan fitur yang dilakukan pada model ini dibandingkan model sebelumnya sebelum Anda membeli. Anda bisa melihat spesifikasinya di bawah ini tanpa menunggu lama.

Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Anda tidak bisa menunggu Galaxy Z Flip3 5G terungkap, setelah Anda melihat spesifikasinya. Ini hanya 7 dari banyak manfaat yang perlu Anda ketahui.

Inovasi Ponsel Lipat Sedang Naik Daun

Ponsel lipat Z Flip generasi pertama sangat mengesankan, Anda akan terpesona lagi oleh Z Flip3. Teknologi yang sebenarnya tidak banyak berubah dari generasi sebelumnya. Pengalaman pengguna Z Flip3 jauh lebih baik daripada Z Flip.

Karena ukuran layarnya yang kecil, layar cover Z Flip dulunya hanya memungkinkan satu baris tulisan saja. Layar sampul Z Flip3 memiliki lebih banyak fungsi. Anda dapat melihat notifikasi, membaca pesan, dan bahkan menggunakan layar sampul sebagai jendela bidik untuk mengambil foto narsis.

Anda juga dapat membuat penutup layar menjadi cermin dengan menekan tombol volume di samping. Anda juga dapat menggunakan tombol volume di samping tubuh Anda untuk mengambil gambar atau menutup ponsel. Flex Mode memungkinkan pengguna untuk menggunakan telepon untuk melakukan panggilan video, bahkan tanpa menggunakan kedua tangan.

Cukup letakkan ponsel di atas meja dan tekuk layar secara perlahan 90 derajat. Telepon kemudian akan berdiri tanpa perlu berdiri. Flex Mode terlihat sangat mirip dengan Nintendo 3DS pada pandangan pertama.

Bukan hanya pengalaman pengguna yang telah ditingkatkan. Ini juga memiliki layar dan engsel daya tahan yang diperkuat. Galaxy Z Flip3 menghilangkan semua kekhawatiran tentang Z Flip 2020.

Bodi yang Ringan, Kuat, Tahan Air

Galaxy Z Flip3 patut Anda perhatikan karena desain bodinya yang lebih kokoh dan ergonomis dibandingkan Galaxy Z Flip. Galaxy Z Flip6 memiliki lapisan pelindung Gorilla Glass 6 di belakangnya. Kini Galaxy Z Flip3 memiliki bagian depan dan belakang Gorilla Glass Victus.

Bingkai aluminium dan bahan plastik polikarbonat di bagian depan ponsel lipat ini juga disertakan. Z Flip generasi ke-2 memiliki bodi yang lebih tipis dari generasi sebelumnya, berukuran 6,9mm (tanpa dilipat).

Ketebalan Z Flip3 saat dilipat adalah 15,9 hingga 17,1 milimeter. Z Flip3 lebih tipis dari Z Flip, berukuran 7,2 mm saat dibuka dan 17,3 mm saat dilipat.

Galaxy Z Flip3 jelas merupakan peningkatan dalam hal kekompakan. Ponsel ini memiliki berat 186g, yang sama dengan aslinya.

Galaxy Z Flip3 tidak hanya memiliki bodi yang kuat dan ringkas tetapi juga bersertifikat IPX8. Artinya, perangkat tersebut diduga dapat bertahan saat dijatuhkan ke dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Kami terkejut mengetahui bahwa Galaxy Z Flip3 memiliki ketahanan bodi yang tinggi terhadap air, mengingat bentuk ponsel yang kompleks. Ini membuatnya lebih jelas bahwa pemutakhiran Galaxy Z Flip3 layak untuk ditunggu.

Layar AMOLED dengan Kecepatan Refresh Rate 120Hz

Awalnya diperkenalkan dengan Samsung Galaxy S20 Series, panel 2X Dynamic MOLED untuk Galaxy Z Flip3 adalah Samsung Galaxy S20 Series. Simbol 2X berarti panel mendukung kecepatan refresh 120 Hz, dua kali lebih cepat dari biasanya.

Pengguna dapat merasakan layar bergerak jauh lebih mulus daripada kecepatan refresh 60 Hz. Ini terutama benar saat menggulir Instagram, membaca artikel, dan bermain game yang memungkinkan kecepatan refresh tinggi.

Ukuran layarnya sama dengan generasi sebelumnya. Ukurannya 6,7 inci dengan resolusi 1080x2640 piksel. Kualitas layar Galaxy Z Flip3 mirip dengan ponsel flagship Samsung. Harapkan tampilan yang cerah dan penuh warna.

Layar ini sangat terang bahkan di bawah terik matahari dan menawarkan teknologi HDR10+. Ini juga memiliki kecerahan puncak 1200 nits. Sertifikasi Widevine L1 memungkinkan Anda mengakses konten HD Netflix dan Amazon Prime. Meski demikian, kualitas layarnya masih setinggi model flagship.

Layar penutup asli memiliki lebar 1,1 inci. Sekarang berukuran 1,9 inci dengan resolusi 260 x512 piksel. Rasanya lebih nyata daripada gimmick.

Tampilan sekunder ini menyediakan antarmuka yang mudah digunakan, seperti yang telah kami jelaskan. Bisa digunakan untuk selfie, menampilkan animasi jam, dan juga menampilkan notifikasi.

Performa Snapdragon 888 yang Menakjubkan

Z Flip3 mengikuti jejak generasi sebelumnya dan dilengkapi dengan chipset paling bertenaga. Sebelumnya, Z Flip memiliki Snapdragon 865 Plus. Z Flip3 sekarang menggunakan Snapdragon 888. Memiliki fabrikasi 5 nm dan kartu prosesor grafis Adreno 660.

Perangkat ini mampu bersaing dengan smartphone unggulan dalam hal kinerja dalam hal game 3D yang berat dan pengeditan foto/video. Beberapa aktivitas dapat dilakukan secara bersamaan, dan RAM LPDDR5 8GB dapat digunakan dengan sangat baik.

Snapdragon 888 mencakup delapan prosesor inti. Salah satu core tersebut adalah ARM Cortex X1 prime CPU dengan kecepatan 2,84 GHz. Meskipun kecepatan clock lebih lambat daripada Snapdragon 865 Plus, yang memiliki clock speed 3,1 GHz, Snapdragon 888 tetap memberikan kinerja superior karena desain arsitekturnya yang lebih baik.

Tiga inti ARM Cortex A78 beroperasi pada 2,42 GHz, dan empat inti ARM Cortex A55 yang hemat daya beroperasi pada 1,8 GHz.

Skor benchmark untuk Samsung Galaxy Z Flip3 adalah 700 ribu. Ini sama seperti ponsel flagship lainnya, seperti realme GT dan ASUS ROG Phone Ultimate.

Galaxy Z Flip3 tidak dipasarkan sebagai ponsel gaming. Namun, itu memang menawarkan pengalaman bermain game baru. Itu dapat menjalankan Genshin Impact pada pengaturan grafis tertinggi dan mempertahankan frame rate yang stabil. Ponsel ini akan memakan semua aplikasi dan game dari Play Store tanpa terkecuali.

Desain Modern dalam Berbagai Warna

Desain ponsel lipat ini sangat mirip dengan generasi sebelumnya. Konsumen memiliki lebih banyak pilihan warna untuk mengekspresikan individualitas mereka.

Warna-warna ini termasuk hitam, putih dan merah muda serta abu-abu, hijau, ungu dan tembaga. Orang-orang yang sebelumnya tidak puas dengan generasi sebelumnya mungkin menganggap generasi baru ini menarik. Galaxy Z Flip 5G hanya memiliki tiga pilihan warna, Mystic Grey dan Mystic Bronze.

Samsung tampaknya sangat peduli dengan keinginan pelanggannya akan pilihan warna yang lebih banyak dan desain bodi yang lebih ramping.

Mendukung Konektivitas WiFi 6 dan 5G

Ponsel dengan konektivitas 5G adalah keuntungan besar. Generasi ini tersedia dalam versi LTE dan 5G, tetapi konektivitas 5G sekarang tersedia dengan kecepatan unduh yang cepat dan andal.

Ponsel ini mendukung pita jaringan berikut: n1 (2100), 700, n28b (700), 700), n41 (2500), 2500), 3700, 3500, 3700, dan 3500. Itu tidak mendukung n40, yang dimiliki sebagian oleh jaringan 5G.

Meski cukup besar, tujuh band jaringan tetap patut diperhatikan sembari menunggu Indonesia mendukung band jaringan lainnya.

Galaxy Z Flip3 menawarkan konektivitas tambahan, seperti NFC dan Bluetooth 5.1. Ini dapat membantu membuat koneksi internet Anda lebih cepat dan stabil. Anda akan mengalami koneksi internet yang lebih cepat baik Anda mengunduh atau bermain game online.

Harga Yang Wajar

Masih ingat dengan peluncuran Galaxy Z Flip di tahun 2020. Mungkin karena teknologi ponsel lipat saat itu masih baru, banyak yang kaget dengan harganya. Kenapa ini? Anda harus merogoh kocek minimal Rp. 21 juta, jika Anda ingin membawanya pulang.

Masalahnya, Galaxy Z Flip3 dan Flip3 tidak memiliki teknologi canggih. Anda dapat menemukan ponsel andalan yang lebih murah yang menawarkan keunggulan yang sama dengan Z Flip, seperti layar AMOLED dan chipset berperforma tinggi.

Anda bisa mendapatkan ponsel yang memiliki daya tahan baterai lebih lama dan fitur pengisian daya canggih seharga Rp 21 jutaan.

Samsung telah menawarkan Galaxy Z Flip3 dengan harga lebih murah pada tahun 2021. Varian termurah dibanderol Rp14.999.000 (RAM 8GB/128GB) dan varian kedua dibanderol Rp15.999.000. (RAM 8 GB/256 GB).

Hal ini membuat Samsung Galaxy Z Flip3 lebih value-for-money dan dapat bersaing dengan ponsel flagship yang lebih mahal.

Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Anda harus menerima beberapa kekurangan dari Samsung Galaxy Z Flip3 5G, yang cukup mengecewakan. Apa kerugiannya? Ini adalah 3 poin utama.

Kamera Tidak Ada Peningkatan

Galaxy Z Flip3 5G menawarkan pengalaman pengguna yang luar biasa. Mirip dengan milik Xiaomi Mi 11 Ultra, ia bisa digunakan untuk selfie dengan kamera belakang. Pengguna dapat menggunakan layar sekunder di bagian belakang sebagai jendela bidik atau cermin.

Galaxy Z Flip3 tidak mengharuskan Anda membuka ponsel untuk mengaktifkan fitur kamera ini. Kami kecewa karena spesifikasi kamera belum diperbarui.

Bagian belakang kamera memiliki konfigurasi Dual Camera. Ini terdiri dari lensa utama Sony IMX563 sudut lebar 12MP, dengan diafragma f/1.8, ukuran sensor 1/2,55 inci, dan ukuran piksel 1,4um.

Lensa tambahan: Sensor Sony IMX258, resolusi 12 MP dan aperture f/2.2. Ini memiliki ukuran piksel 1,12um dan dapat menangkap gambar pada sudut 123 derajat.

Fitur OIS dan Dual Phase Detection Autofocus pada kamera utama memungkinkan Anda mengambil foto yang tajam tanpa blur. Anda juga dapat mengandalkan kamera untuk merekam video berkualitas tinggi. Resolusi maksimum yang didukung adalah 4K pada 60 frame per detik. Ponsel andalan ini belum mendukung 8K.

Selfie bisa dilakukan meski ponsel tidak dilipat. Kamera depan memiliki desain punch hole dan 10 MP f/2.4 dengan ukuran piksel 1.22um dan panjang fokus 26mm. Ini benar-benar tidak seperti itu

Galaxy Z Fold3 memiliki kamera tersembunyi yang terlihat di layar. Namun, lubang punch tidak benar-benar menghalangi tampilan layar.

Konfigurasi kamera Galaxy Z Flip tidak berubah sejak saat itu. Meskipun kamera dapat mengambil foto berkualitas, itu tidak sebanding dengan ponsel andalan.

Baterai Kecil dengan Pengisian yang Lambat

Ada banyak pilihan jika Anda menginginkan ponsel andalan yang dapat mengisi daya dengan kecepatan secepat kilat selain Galaxy Z Flip3. Ponsel ini tidak mendukung pengisian cepat pada 15 W. Khususnya, banyak ponsel di kelas entry-level dan midrange sudah memiliki daya pengisian 25W.

Tidak masuk akal jika Samsung Galaxy Z Flip3 berharga lebih dari 10 juta dan lebih lambat dalam kecepatan pengisian. Kapasitas baterai, pada 3.300 mAh, juga sangat rendah.

Untuk memiliki teknologi yang dapat dilipat, Anda harus membayar untuk ini. Baterai kecil adalah pilihan terbaik untuk ponsel dengan faktor bentuk yang rumit.

CNET Monitoring telah menunjukkan bahwa masa pakai baterai Flip3 bukanlah yang terbaik dalam kisaran harga. Ponsel ini hanya bertahan 11 jam saat kecerahan disetel ke 80 persen dan frekuensinya 120 Hz.

Tidak ketinggalan, Samsung Galaxy Z Flip3 hadir dengan pengisian nirkabel 10W dan pengisian nirkabel terbalik untuk mengisi daya perangkat lain.

Tidak Termasuk Charger

Produsen smartphone memiliki kecenderungan untuk tidak menyertakan kasing dengan kotak pembelian mereka karena berbagai alasan. Samsung Galaxy Z Flip3 tidak berbeda. Hal ini awalnya dilakukan oleh Apple, produsen iPhone 12 Series.

Tujuan Apple adalah mengurangi jejak karbonnya melalui kotak pembelian yang lebih kecil. Hal ini meningkatkan jumlah produk yang dapat masuk ke dalam satu distribusi, yang mengurangi kebutuhan kendaraan kontainer selama distribusi.

Ini awalnya diejek oleh produsen smartphone lain. Kini, hal itu juga sedang dilakukan oleh Samsung dan Xiaomi pada produk andalan mereka. Galaxy Z Flip mengharuskan Anda membeli kasing terpisah. Ini cukup janggal mengingat Galaxy Z Flip dibanderol 10 jutaan. Namun, itu tidak termasuk pengisi daya yang merupakan aksesori paling penting untuk telepon.

Seiring kemajuan teknologi, kemungkinan ponsel lipat akan meningkat. Samsung Galaxy Z Flip3 telah memungkinkan hal ini dengan peningkatan desain dan pengalaman pengguna yang praktis.

Layar sekunder yang besar dapat ditempatkan di sampul untuk menampilkan garis atau kalimat. Ia juga memiliki sisi fungsional yang solid dan bervariasi. Semua ini tersedia dengan harga yang lebih murah dari Galaxy Z Flip yang dirilis saat itu.

Ini juga memicu lebih banyak minat pada ponsel lipat. Kita mungkin akan segera melihat ponsel lipat yang menawarkan fitur lebih baik dengan harga terjangkau. Kami telah merekomendasikan Samsung Galaxy Z Flip3 sebagai salah satu ponsel lipat favorit kami untuk sementara waktu.