Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Berikut kelebihan Samsung Galaxy Z Fold3 5G dan kekurangannya lengkap dengan info harga dan spesifikasi

Samsung adalah produsen smartphone yang disegani dan tidak memiliki rangkaian produk yang terbatas. Samsung sekarang menjadi merek pertama yang meluncurkan smartphone yang dapat dilipat, dengan Samsung Galaxy Fold memulai debutnya pada tahun 2019.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold3 5G
  • Rilis Juli 2021
  • Layar 7.9 inci Foldable Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+ ~374 ppi
  • Chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU Adreno 660
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 12/256 GB, 12/512 GB
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 12 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 4 MP, 10 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4400 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 25.000.000 - 27.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold3 5G dan Harganya

Samsung terus tumbuh sebagai merek dengan dua generasi tambahan ponsel lipat, Galaxy Z Fold2 (dan Galaxy Z Fold3).

Galaxy Z Fold2 tersedia dalam dua versi, LTE dan 5G. Varian-varian tersebut akan dirilis pada 2020. Generasi kedua ini memiliki peningkatan fitur di beberapa area, seperti ukuran cover screen, performa dan pengalaman pengguna, serta bodi yang lebih kuat.

Samsung Galaxy Z Fold3 5G terpilih sebagai ponsel lipat Android terbaik pada tahun 2021 setahun kemudian. Pengamat gadget terkemuka di dunia segera melihat ponsel ini, karena merupakan inovasi baru yang belum sepenuhnya dieksplorasi.

Inilah alasan mengapa banyak yang menantikan kehadiran Galaxy Z Fold3. Banyak orang yang ingin mengetahui detail ponsel lipat ini.

Ponselhub akan membeberkan spesifikasi, harga, serta poin kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold3 5G. Jangan lupa untuk membaca seluruh artikel!

Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Apa saja peningkatan baru yang dilakukan Galaxy Z Fold Series generasi ketiga? Lihatlah manfaat ini sebelum Anda membeli!

Dua Layar Super AMOLED

Ponsel lipat ini merupakan generasi ketiga dalam Galaxy Z Fold Series. Ini memiliki lebih banyak fitur daripada dua generasi sebelumnya. Layar adalah yang paling mencolok, dengan generasi pertama menawarkan layar AMOLED pada layar utama dan penutup.

Layar penutup generasi kedua lebih besar dan lebih efektif untuk mengambil semua ruang yang tersedia. Galaxy Z Fold3 mendapat peningkatan lagi. Sekarang tersedia di layar utama dan layar penutup.

Ya, baik layar utama maupun layar sekunder memiliki panel 2X Dynamic MOLED berukuran 7,6 inci (penutup) dan 6,2 inci (layar utama). Kecepatan refresh panel 2X Dynamic AMOLED dua kali lipat dari standar 60 Hz. Ini memiliki resolusi 1768x2208 piksel pada layar utama, dan 832x2268 piksel pada sampul.

Kedua layar dipertajam dengan resolusi tinggi. Rasio aspek layar sampul adalah 25:9 sehingga mungkin terasa aneh bagi mereka yang menggunakan rasio 20/9.

Layarnya mendukung sertifikasi HDR10+, yang memudahkan untuk mendukung aktivitas hiburan seperti menonton YouTube atau konten HDR lainnya.

Kedua layar ini sebanding dengan ponsel andalan Samsung lainnya seperti Galaxy S21 Series. Galaxy Z Fold3 5G memiliki tingkat kecerahan puncak 1200 nits dan ideal untuk penggunaan di luar ruangan.

Ini adalah pertama kalinya seri Galaxy Z Fold memungkinkan pengguna menikmati pengguliran dan permainan yang lebih mulus di layar utama dan layar penutup. Hal ini berbeda dengan Galaxy Z Fold2 yang hanya menyediakan 120 Hz di layar utamanya.

Baik Galaxy Z Fold3 5G & Flip3 5G memiliki teknologi Infinix Flex Screen, yang membuatnya setengah setipis ponsel Galaxy sebelumnya. Mereka juga menggunakan Samsung Ultra Thin Glass, yang merupakan bahan fleksibel yang dapat dilipat dengan mudah.

Kamera Selfie Di Bawah Layar

Galaxy Z Fold3 menawarkan desain kamera depan yang tidak dimiliki kebanyakan smartphone, kamera tersembunyi di bawah layar. Ini masih merupakan cara yang bagus untuk melihat layar. Alias, sensor kamera depan telah disematkan ke dalam layar untuk memastikan tidak ada lubang atau bintik yang terlihat.

Inovasi ini memungkinkan pengguna untuk menonton konten video tanpa gangguan visual. Pengalaman AndroidCentral menunjukkan bahwa Anda tidak akan terganggu oleh kamera saat Anda menonton video.

Dimungkinkan untuk melihat bayangan di sekitar lensa, tetapi ini tidak akan memengaruhi pengalaman pengguna saat berselancar online atau melihat konten visual.

Inovasi ini pertama kali terlihat pada ZTE Axon 20 5G. Vendor lain mungkin melakukan hal yang sama. Xiaomi yang meluncurkan Xiaomi Mix 4 pada Agustus 2021 dengan lensa depan tersembunyi ini adalah salah satu vendor tersebut.

Performa Multitasking yang Menakjubkan dan Fitur Lainnya

Ponsel ini, seperti banyak ponsel andalan lainnya di tahun 2021 seperti Galaxy Z Flip3, seringkali dilengkapi dengan SoC paling kuat. Bisa jadi Snapdragon 888, tapi bukan.

Pikiran awal adalah bahwa Samsung tidak akan berkompromi untuk menawarkan ponsel lipat baru ini. Galaxy Z Flip3 5G masih sangat kompetitif dalam hal performa gaming dan aktivitas berat lainnya.

Snapdragon 888 memiliki delapan inti. Ini termasuk inti inti Cortex X1 dengan peringkat daya 2,84 GHz dan tiga inti kinerja tinggi dengan frekuensi 2,4 GHz. Ada pula empat core Cortex A55 yang beroperasi pada kecepatan 1,8 GHz.

SoC Qualcomm yang paling kuat juga memiliki TDP 10 W dan proses manufaktur 5 nanometer. Hal ini memungkinkan GPU Adreno660 untuk menjalankan game apa pun dengan lancar pada 840 MHz tanpa menggunakan terlalu banyak daya. Perangkat ini tidak diragukan lagi akan mencapai skor benchmark AnTuTu 700.000.

Performa baru ini memastikan Fortnite dan Genshin Impact akan berjalan lancar di semua pengaturan grafis. Performa gaming ponsel bukan satu-satunya alasan yang layak untuk dilihat.

Anda dapat menggunakannya dengan banyak fitur antarmuka, sehingga lebih fleksibel dan unik. Multi Active Window, fitur yang memungkinkan Anda membagi layar menjadi beberapa aplikasi sekaligus, disebut Multi Active Window. YouTube dapat dilihat saat Anda menelusuri atau mengetik di aplikasi pengolah kata.

Galaxy Z Fold3 5G hadir dengan sistem operasi Android 11 yang dibalut OneUI 3.1.1. Ini memiliki antarmuka yang fleksibel untuk mendukung penggunaan smartphone yang dapat dilipat secara terintegrasi. Layarnya yang besar membuatnya tampak seperti komputer.

AndroidCentral mengklaim bahwa ponsel yang dapat dilipat ini memiliki sistem manajemen memori yang dapat menyimpan banyak aplikasi secara bersamaan. RAM LPDDR5 12 GB dioptimalkan dengan sangat baik dan aktivitas multitasking dapat didukung. Setting juga bisa diatur di menu Setting.

Sidebars dapat ditampilkan yang menampilkan berbagai ikon untuk aplikasi yang tersedia untuk diluncurkan setiap saat. Ini mirip dengan Task Bar di Windows 10. Anda dapat menyesuaikan sidebar ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat membuatnya menjadi Bilah Sisi yang Disematkan, atau Bilah Sisi Mengambang.

Anda juga dapat menggunakan fitur Good Lock App agar aplikasi video tetap berjalan, meskipun jendela tidak aktif atau tidak muncul. Anda juga dapat membuat YouTube tetap berjalan di latar belakang, seperti halnya YouTube Premium. Ini menyenangkan, bukan?

AndroidCentral mengungkapkan bahwa fitur multi-tasking seperti AndroidCentral tidak tersedia langsung dari ponsel, tetapi harus diaktifkan terlebih dahulu melalui menu Samsung Labs. Jika Anda ingin menggunakan ponsel ini, pastikan untuk masuk ke Pengaturan.

Dukungan untuk S Pen

Anda mungkin mengira ukuran layar Galaxy Z Fold3 mirip dengan tablet. Ini berarti ia akan dapat menggambar dengan stylus. Ponsel ini mendukung S Pen, yang merupakan alat populer di Galaxy Tab Series dan Galaxy Note.

Layar Galaxy Z Fold3 7,6 inci memungkinkan Anda menggambar, mencatat, dan bahkan berkreasi dengan bebas. Anda dapat memilih dari S Pen Fold Edition atau S Pen Pro. S Pen Pro menawarkan fungsionalitas yang lebih luas daripada S Pen Fold Edition.

S Pen Pro perlu diisi daya secara teratur. Namun, S Pen ini memiliki Bluetooth untuk remote control (gerakan udara) dan Bluetooth untuk pairing Bluetooth. S Pen Fold Edition yang lebih terjangkau bisa digunakan sebagai pulpen biasa. Meskipun tidak perlu diisi daya sama sekali, ia tidak memiliki Bluetooth atau kemampuan remote control.

S Pen memungkinkan Anda membuat anotasi gambar dengan mudah, menarik dan melepas gambar ke aplikasi lain, dan sebagainya. Sayangnya, S Pen tidak bisa bekerja di cover screen.

Layar tidak rusak jika S Pen terlalu sering digunakan. Karena ujung S Pen yang disebutkan di atas memiliki ujung yang otomatis akan masuk jika Anda menekan terlalu keras.

Ini adalah ponsel lipat yang bisa menguras dompet Anda jika gagal dan harus diganti. Kami menghargai kepedulian Samsung untuk membuat ponsel ini sukses.

Bodi lebih kokoh dan menghadirkan sertifikasi IPX8

Samsung menggunakan bahan khusus untuk membuat layar utama Galaxy Z Fold3 50% lebih tipis dari seri Galaxy sebelumnya. Ini membuatnya lebih mudah untuk dilipat dan dibuka.

AndroidCentral mengklaim bahwa pelindung layar PET Galaxy Z Fold3 membuatnya lebih tahan terhadap goresan yang disebabkan oleh kuku atau S Pen.

Corning Gorilla Glass Victus, generasi terkuat dari Corning Gorilla Glass Victus, juga disertakan. Melindungi ponsel dari kerusakan akibat jatuh hingga 2 meter.

Jika Anda menggunakan ponsel di kamar mandi, tidak perlu khawatir ponsel akan rusak karena air. Ponsel ini merupakan ponsel Galaxy Z-series pertama yang mendapatkan sertifikasi IPX8, yang artinya mampu menahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Mendukung WiFi 6E

Sektor konektivitas telah mengalami peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya. Tak perlu menghadirkan WiFi 6 seperti Galaxy Z Fold2, kini Anda juga bisa merasakan kecepatan WiFi6E yang bisa terhubung di pita 6 GHz.

WiFi 6E sangat mirip dengan WiFi 6. WiFi 6E bekerja dengan cara yang sama seperti WiFi 6. Namun, Anda sekarang mengakses pita 6GHz dan bukan WiFi 6, yang menggunakan pita 5GHz atau 2,4GHz. WiFi 6E memiliki tambahan 14 saluran pada 80 MHz dan 7 saluran pada 160 MHz.

WiFi 6E menyediakan koneksi internet yang mulus, yang tidak mengganggu perangkat lain. Ini memastikan bahwa pengguna bisa mendapatkan yang terbaik dari jaringan ISP rumah mereka. Router harus mendukung WiFi 6E.

Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Samsung Galaxy Z Fold3 5G memiliki banyak keunggulan, tetapi ada juga beberapa kekurangan yang dapat membuat Anda enggan membelinya. Seperti yang Anda lihat, ada beberapa kelemahan.

Body yang berat dan besar

Galaxy Z Fold3 5G akan lebih berat dari ponsel lainnya. Kami tidak dapat menganggap Galaxy Z Fold3 5,G sebagai ponsel biasa. Layar utama berukuran 7,6 inci dan layar sekunder pada penutupnya, yang berukuran 6,2 inci, keduanya cukup besar.

Galaxy Z Fold3 5G, tidak seperti Galaxy Z Flip3 5G, menawarkan inovasi ponsel yang dapat dilipat untuk membuatnya lebih kecil, tetapi Galaxy Z Fold3 5G dapat dilipat dengan ketebalan, panjang, lebar yang sama dengan dua ponsel. Ini adalah sesuatu yang harus Anda perhatikan karena bahkan hal-hal kecil dapat membuat perbedaan besar dalam kehidupan sehari-hari.

Galaxy Z Fold3 5G memiliki berat 271g dan ukuran lipatan 14,4-16 mm.

Jika Anda menyimpan ponsel ini di saku, kemungkinan besar ponsel akan terlipat. Karena bodinya yang tebal, akan terasa lebih besar dari ponsel flagship kebanyakan.

Meskipun Fold3 tidak setebal Flip3, namun masih lebih kecil dari Flip3. Namun, dimensi Fold3 sama dengan Flip3 dan membuatnya mudah disimpan di saku.

Anda mungkin tidak nyaman membawa "batu bata", sehingga Anda juga dapat memperlakukan Galaxy Z Fold3 5G seperti tablet atau laptop dan memasukkannya ke dalam tas Anda. Ini juga memiliki kelemahan.

Perangkat ini adalah telepon. Anda mungkin tidak ingin tablet Anda digunakan sesering smartphone. Alih-alih, letakkan ponsel Anda di tempat yang mudah diakses saat Anda menerima panggilan atau pemberitahuan.

Tidak nyaman untuk memasukkan ponsel Anda ke dalam saku, tetapi praktis untuk membawa perangkat Anda di dalam tas. Ponsel lipat seperti ini adalah pembelian yang mahal. Anda juga dapat memilih Flip3, yang dibuat untuk portabilitas.

Tidak Ada Peningkatan Pengaturan Kamera Belakang

Kami tidak akan menyangkal bahwa gambar Samsung Galaxy Z Fold3 buruk. Foto-fotonya hidup dan diambil dengan baik. Kami tidak mempertimbangkan harga ponsel ini saat mengevaluasi kameranya.

Performa kamera kamera ponsel akan kalah dari iPhone 12 Series atau Samsung Galaxy S21 Series. Samsung menolak untuk meningkatkan spesifikasi kameranya meskipun harganya mahal.

Desain Galaxy Z Fold2 tidak berubah. Ini fitur pengaturan Tiga Kamera dengan lensa utama Sony IMX555 12MP f/1.8, sensor ultrawide Sony IMX258 12MP f/2.2 dan kamera telefoto Sony IMX258 12MP f/2.4. Kemampuan zoom optik 2x.

OIS tersedia baik pada kamera utama maupun lensa telefoto. Hal ini memungkinkan untuk foto kualitas maksimal, tanpa kabur karena tangan kabur. Mode perekaman video, yang tidak tersedia untuk semua mode pemotretan, tidak akan memungkinkan pengguna merekam pada resolusi lebih tinggi dari 4K.

Galaxy Z Flip3 tidak memiliki perekaman resolusi 8K, sama seperti saudaranya Galaxy Z Flip3. Kedua ponsel ini bisa dibilang tidak sehebat seri Galaxy S dalam hal perekaman dan pengambilan gambar video.

Ponsel ini memiliki dua lensa selfie, satu di setiap lokasi. Galaxy Z Fold3 5G memiliki kamera depan di bawah layar yang tersembunyi di dalam layar utama. Lensa ini memiliki resolusi 4MP f/1.8 dengan ukuran piksel 2.0um.

Anda dapat mengambil foto narsis tanpa harus membuka ponsel. Kamera depan kedua dapat ditemukan di sampul. Lensa ini memiliki resolusi lebih tinggi 10 MP dan aperture f/2.2. Ini juga memiliki sensor 1/3 inci.

Kami pikir Galaxy Z Flip3 5G lebih baik untuk selfie. Anda dapat menggunakan kamera belakang untuk menampilkan pratinjau, dan layar di belakang bodi dapat digunakan sebagai pratinjau.

Samsung Galaxy Fold3 5G tetap bisa menghadirkan foto yang tajam, bahkan dibandingkan dengan iPhone 12 Pro Max. Kontrasnya tidak sekuat iPhone 12 Pro Max. Garis-garisnya halus dan membedakan warna yang berbeda dalam bunga yang sama. Ini lebih terlihat pada iPhone 12 Pro Max.

Perbandingan antara Galaxy S21 Ultra dan ponsel ini lebih jelas. Jelas yang menghasilkan warna yang paling indah.

Pantauan AndroidCentral menunjukkan bahwa kamera under-display 4MP pada perangkat ini sangat mengecewakan. Gambar selfie di atas menunjukkan bahwa eksposur kamera bagian dalam kurang terang dibandingkan dengan cover cam selfie 10 MP.

S Pen dan Casan dijual terpisah

Galaxy Z Fold3 5G, ponsel andalan dengan harga tinggi, seharusnya dilengkapi dengan pengisi daya. Setelah Samsung Galaxy S21 Series dirilis, charger tidak disertakan.

Apple memulai tren ini dengan seri iPhone 12. Mereka memutuskan untuk berhenti menjual pengisi daya karena masalah lingkungan. Ini membantu menurunkan biaya produksi per unit.

Produsen smartphone juga dapat mengurangi biaya pengiriman dengan menggunakan kotak yang lebih kecil, sehingga menghasilkan jejak karbon yang lebih rendah.

Galaxy Z Fold3 5G tidak hadir dengan S Pen, meskipun mendukung pena canggih. Jika Anda memutuskan untuk membeli S Pen secara terpisah, mungkin sulit untuk memasangnya ke telepon Anda karena tidak memiliki kompartemen untuk itu.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan membeli kasing terpisah. Pembeli perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk mendapatkan hasil maksimal dari Galaxy Z Fold3 5G.

Harganya terlalu tinggi

Ini adalah teknologi baru yang hanya dapat dibanggakan oleh beberapa ponsel. Pabrikan bisa membebankan harga tinggi untuk Galaxy Z Fold3 yang harganya sama dengan Galaxy Z Fold2 yang dirilis pada 2020, karena hal tersebut.

Harga rilis Galaxy Z Fold3 telah turun, tetapi harganya masih terlalu mahal untuk ponsel andalan. Varian terendah bisa dibeli seharga Rp. Varian terendah dijual dengan harga Rp. 26.999.000 (RAM 12GB/512GB).

Galaxy Z Flip3 dibanderol Rp. 15 juta padahal sama-sama dirilis secara bersamaan. Harga Galaxy Z Fold3 lebih murah dibandingkan Galaxy Z Fold2 yang dibanderol Rp 29,3 jutaan.

Harga ini masih cukup tinggi meski terjadi penurunan harga rilis dibandingkan generasi sebelumnya. Xiaomi Mi Mix Fold yang dibanderol dengan harga Rp. Ponsel lipat ini masih sangat mahal yakni Rp 22 juta.

Kami bangga untuk mengatakan bahwa Samsung Galaxy Z Fold3 5G adalah salah satu ponsel lipat paling canggih di pasaran. Label harga terlalu tinggi dan pengaturan kamera tidak secara akurat mencerminkan kualitas unggulan ini, yang kami sesali.

Galaxy Z Fold3 5G tidak hanya inovatif, tetapi juga memiliki banyak fitur lain yang akan membuat pelanggan senang. Kamera layar benar-benar meningkatkan imersi, baik Anda menonton film atau bermain game.

Ponsel lipat pertama Samsung di tahun 2021 ini memiliki bodi yang kuat dan tahan air. Jelas bagi kita jika Galaxy Z Fold3 tidak memiliki kemampuan tahan air. Kami tidak dapat mengharapkan ponsel yang memiliki desain unik seperti itu tahan air.

Inilah yang membuat sertifikasi IPX8 ponsel ini semakin luar biasa. Seperti yang Anda harapkan dari ponsel unggulan, Anda dapat merasakan kekuatan struktur yang kokoh. Anda akan menjadi yang pertama merasakan teknologi masa depan dan pengalaman eksklusif dengan menggunakan ponsel lipat Samsung.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn