Review Kelebihan dan Kekurangan Nokia C30

HP Nokia
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Nokia C30
  • Rilis Juli 2021
  • Layar 6.82 inci IPS LCD ~257 ppi
  • Chipset Unisoc SC9863A (28nm)
  • GPU IMG8322
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 2/32 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Po 6000 mAh, Charging 10W
  • Harga Rp -
Selengkapnya : Spesifikasi Nokia C30 dan Harganya
Nokia C30 adalah anggota seri C terbaik dari HMD Global untuk mendongkrak kepopuleran Nokia di pasar smartphone murah yang sengit. Berbodi polikarbonat khas smartphone ramah di kantong, Nokia C30 menawarkan spesifikasi mantap yang berani diadu dengan vendor ternama lainnya.

Hanya dibanderol Rp 1 jutaan saja, ini dia kelebihan dan kekurangan yang dibawa oleh Nokia C30.

Kelebihan Nokia C30

Kalau kalian ingin mendapatkan smartphone baru dengan bekal budget Rp 1 jutaan, memang ada banyak opsi affordable yang bisa dijadikan pilihan, salah satunya adalah Nokia C30. Dijamin tidak akan rugi, berikut ini deretan kelebihan yang ditawarkan oleh Nokia C30.

Layar Besar

Nokia C30 mengusung layar besar untuk menyuguhkan penggunanya pengalaman visual yang lebih baik. Kalian akan mendapatkan kualitas display yang menyenangkan dengan ukuran 6.82 inci berpanel IPS LCD. Dengan rasio aspek 20:9 dan resolusi HD Plus alias 720 x 1600 piksel, perangkat ini tak ingin kalah saing dari para rivalnya soal spesifikasi display.

Nokia menyertakan konsep display water drop dengan notch kecil di atas layar yang tampak familier untuk ponsel level entri. Kabar baiknya, layar Nokia C30 sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1 sehingga kalian bisa menonton berbagai konten favorit dengan mudah. Tak hanya itu saja, layar Nokia C30 membawa tingkat touch sampling rate hingga 120 Hz sehingga bisa menavigasikan layar dengan lancar jaya.

Baterai Jumbo

Nokia C30 masuk dalam jajaran smartphone dengan baterai jumbo berkapasitas 6.000 mAh. Oleh sebab itu, ia dapat diandalkan lebih dari seharian penuh untuk menemani aktivitas penggunanya. Menurut klaimnya sendiri, baterai Nokia C30 dapat bertahan hingga 3 hari jika full battery.

Konfigurasi Kamera Menarik

Kelebihan selanjutnya yang ditawarkan oleh Nokia C30 adalah konfigurasi kamera yang menarik. Hanya dengan Rp 1 jutaan saja, kalian akan mendapatkan sensor utama 13 MP yang berpadu dengan depth sensor 2 MP.

Meski kurang cocok untuk pengguna yang fotogenic, Nokia C30 akan membantu kalian untuk mengabadikan momen dengan mudah. Apalagi Nokia juga telah menyertakan berbagai fitur kekinian seperti blurry effect sehingga bisa menyamarkan bakcground dan membuat jepretan lebih estetik.

Sementara untuk kamera selfienya Nokia C30 memuat resolusi 5 MP yang tergolong standar di kelasnya. Secara keseluruhan, kombinasi kamera pada perangkat ini cukup mumpuni. Kalian bahkan bisa merekam video hingga resolusi 1080p pada kecepatan 30fps menggunakan kamera depan dan kamera belakang Nokia C30 lho.

Kapasitas Penyimpanan Lega

Nokia C30 mengalami peningkatan dari pendahulunya dari segi kapasitas penyimpanan. Untuk mendorong kinerja yang lebih baik, Nokia menyertakan RAM bervariasi antara 2/3 GB yang dipasangkan bersama dengan memori internal hingga 64 GB.

Untuk ponsel murah, tentu kehadiran variasi penyimpanan yang lega akan memudahkan penggunanya memilih sesuai kebutuhan. Jika dirasa masih membutuhkan kapasitas lebih, kalian dapat memanfaatkan slot microSD khusus pada Nokia C30 yang dapat menampung hingga 256 GB penyimpanan tambahan secara eksternal.

Didukung Sensor Sidik Jari

Salah satu pertimbangan dalam memilih smartphone baru adalah hadirnya dukungan sensor ponsel yang memadai. Nokia C30 memiliki sensor sidik jari yang dipasang di bagian belakang perangkat agar mudah dijangkau.

Kekurangan Nokia C30

Selain menawarkan sejumlah kelebihan, Nokia C30 juga memiliki beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan. Yuk, simak tiga kekurangan Nokia C30 berikut ini.

Performa Lesu

Nokia C30 memiliki kekurangan di sektor dapur pacu yang membuatnya belum mampu menjamin performa kencang. Perangkat ini mengandalkan chipset Unisoc SC9863 yang diproses melalui fabrikasi 28 nanometer. Ia membawa komponen CPU Octa core dengan kecepatan maksimum hanya 1.6 GHz saja dan GPU IMG8322.

Penggunaan chip yang tidak bisa menangani kerja berat ini membuat Nokia C30 memilih untuk memakai Android Stock. Jika dibandingkan dengan para pesaingnya, kekurangan dari sektor performa tentu saja agak mengecewakan kalian yang menyukai smartphone dengan kinerja yang gesit.

Belum Bisa Fast Charging

Nokia C30 memang mengemas daya baterai berkapasitas jumbo hingga 6.000 mAh. Namun sayangnya belum ada dukungan teknologi pengisi daya cepat pada perangkat ini sehingga durasi pengisian daya pun berlangsung lama karena masih menggunakan microUSB 10 Watt saja.

Tidak Ada Perlindungan Layar

Layar lapang Nokia C30 juga tidak dilapisi oleh pelindung layar sehingga masih rentan tergores atau retak. Jika memilih Nokia C30 sebagai HP baru kalian tahun ini, jangan lupa siapkan budget lebih untuk membeli kaca pelindung tambahan ya.

Itulah kelebihan dan kekurangan Nokia C30 yang harus kalian ketahui. Meskipun bukan yang paling unggul di kelas entri, Nokia C30 termasuk salah satu opsi yang paling worth it to buy bagi siapa saja yang ingin menjajal HP murah dengan spesifikasi menggiurkan.

Nokia C30
Rilis : Juli 2021
2/32 GB - Rp -
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn