Review Kelebihan dan Kekurangan Nokia G20

Nokia G20 diluncurkan pada Agustus 2021 dengan harga ramah di kantong, yakni Rp 2 jutaan saja. Dari harga tersebut, ada sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh perangkat ini mulai dari sektor daya hingga dapur pacu.

HP Nokia
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Nokia G20
  • Rilis Mei 2021
  • Layar 6.52 inci IPS LCD ~269 ppi
  • Chipset MediaTek Helio G35 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 5 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5050 mAh, Charging 10W
  • Harga Rp 2.300.000
Selengkapnya : Spesifikasi Nokia G20 dan Harganya
Namun tak kalah pentingnya kalian juga tak boleh lupa mempertimbangkan kekurangan yang dimiliki oleh Nokia G20. Yuk, simak informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Nokia G20 berikut ini.

Kelebihan Nokia G20

Nokia G20 bersaing dengan ponsel Rp 2 jutaan lainnya yang turut menawarkan kelebihan-kelebihan yang sayang dilewatkan. Berikut ini beberapa kelebihan yang dibawa oleh Nokia G20.

Baterai Besar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, perangkat ini punya baterai besar yang akan menemani aktivitas penggunanya seharian penuh. Menurut klaim dari Nokia sendiri, ponsel ini bisa bertahan hingga 3 hari lamanya dalam mode standby! Dengan baterai 5.050 mAh yang dikemasnya, memang Nokia G20 cocok untuk kalian yang tidak ingin buru-buru mengisi ulang daya.

Lebih dari itu, Nokia G20 juga dibekali dengan teknologi adaptive battery sehingga konsumsi daya yang dibawanya menjadi jauh lebih efisien lagi. Pendek kata, Nokia G20 punya daya tahan baterai yang oke punya.

Konfigurasi Quad-Camera

Bukan Android biasa, kelebihan selanjutnya ada pada sensor optiknya yang punya konfigurasi quad-camera. Setup kamera belakang yang tersemat di punggungnya terdiri dari 48 MP sensor utama, 5 MP sensor ultra wide, 2 MP kamera makro, dan 2 MP sensor depth. Dengan mode AI yang andal, kameranya juga dilengkapi oleh flash LED untuk membuat jepretan lebih solid.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan swafoto yang tak kalah apik, Nokia G20 memiliki sensor kamera depan beresolusi 8 MP. Baik kamera depan maupun kamera belakang ponsel ini disebut dapat mencapai resolusi rekaman maksimum Full HD (1080 piksel) pada kecepatan30 fps. Cocok ini untuk kalian yang hobi membuat konten sosial media.

Didukung NFC

Siapa nih yang mencari ponsel Rp 2 jutaan dengan fitur NFC? Hadirnya fitur Near-field Communication alias NFC pada perangkat ini membuatnya unggul di antara para rivalnya. Dengan fitur NFC, kalian bisa melakukan transfer data secepat kilat atau melakukan transaksi digital dengan mudah.

Dukungan Sensor Lengkap

Nokia G20 memiliki kelebihan di bagian dukungan sensornya yang terbilang lengkap. Mulai dari sensor sidik jari di bagian samping perangkat, sensor gyro untuk bermain game lebih asyik, sensor proksimiti untuk pengaman kinerja layar, hingga sensor akselerometer turut hadir di dalam perangkat ini. Sangat lengkap bukan?

Jaminan Pembaruan Software

Dapat menggunakan perangkat smartphone untuk waktu yang lama adalah dambaan bagi sebagian pengguna. Tenang saja, dalam hal ini Nokia G20 sudah menjamin pembaruan software yang membuatnya banyak dicari oleh pengguna setia Android.

Nokia G20 mempunyai jaminan pembaruan sistem operasi hingga dua tahun dan pembaruan keamanan selama 3 tahun penuh. Bagaimana? Sudah tergoda untuk memilikinya?

Desain Nordik Simpel

Kelebihan Nokia G20 juga ada pada bagian desain yang langsung dapat diketahui sejak pertama kali melihatnya. Dengan desain Nordik yang simpel dan elegan, perangkat ini menghadirkan panel belakang bersih yang cocok untuk kalian pencinta desain simpel. Nokia G20 menyuguhkan warna unik yang bervariasi antara warna Glacier dan Night.

Kekurangan Nokia G20

Jangan hanya penasaran dengan kelebihannya saja. Kalian juga harus mencatat beberapa kekurangan Nokia G20 berikut.

Performa Biasa Saja

Dari segi performa, Nokia G20 termasuk golongan ponsel yang biasa-biasa saja. Pasalnya, di saat para rivalnya mengandalkan prosesor gaming kelas menengah seperti MediaTek Helio G85 atau bahkan chipset di atasnya, Nokia G20 justru masih bergantung kepada Helio G35. Kendati turut membawa fitur HyperEngine andalannya, performanya masih kalah saing dan belum bisa optimal untuk kerja multitasking berat.

Nokia memadukan kinerjanya bersama konfigurasi penyimpanan yang sudah standar di kelasnya, yakni RAM 4 GB dan memori internal sebesar 64 GB.

Layar HD Plus

Kalian tidak bisa mengharapkan kualitas display yang unggul dari Nokia G20. Pasalnya, layar IPS LCD berukuran 6.5 inci pada ponsel ini hanya bisa menampilkan resolusi sebatas HD Plus saja. Meskipun begitu, ia masih dapat diandalkan untuk menampilkan berbagai konten favorit penggunanya dengan kecerahan hingga 400 nits.

Pengisi Daya Hanya 10W

Nokia G20 memang unggul dalam hal kapasitas daya. Namun sangat disayangkan Nokia belum membekalinya dengan fitur fast charging setidaknya 18W seperti ponsel lain di rentang harga yang sama. Kalian harus puas dengan dukungan charging yang mentok di 10W.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Nokia G20 yang wajib kalian ketahui sebelum memilihnya sebagai daily driver. Semoga informasi ini membantu kalian agar tidak salah pilih ya.

Nokia G20
Rilis : Mei 2021
4/64 GB - Rp 2.300.000
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn