Review Kelebihan dan Kekurangan Nokia C20

HP Nokia
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Nokia C20
  • Rilis April 2021
  • Layar 6.52 inci IPS LCD ~269 ppi
  • Chipset Unisoc SC9863A (28nm)
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 2/16 GB
  • Kamera Belakang 5 MP
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Ion 3000 mAh
  • Harga Rp 1.200.000
Selengkapnya : Spesifikasi Nokia C20 dan Harganya
Nokia C20 resmi diluncurkan pada April 2021 dengan menyasar segmen level entri. Harga banderolnya tidak menguras kantong karena kalian bisa mendapatkannya di harga Rp 1 jutaan saja.

Membawa spesifikasi dasar yang tak kalah lengkap dari vendor ternama lainnya, Nokia C20 cocok bagi siapa saja yang baru saja mengenal smartphone atau para pelajar. Seperti apa kelebihan dan kekurangan Nokia C20? Simak informasi lengkapnya di dalam tulisan ini.

Kelebihan Nokia C20

Untuk mendukung fungsinya sebagai perangkat harian, Nokia C20 tentu membawa sejumlah keunggulan sehingga menjadikannya layak untuk dipilih. Berikut ini deretan kelebihan Nokia C20.

Desain Nordic Bergaya Simple

Nokia C20 mengusung desain Nordic yang simple dan elegan untuk menimbulkan kesan yang tidak murahan. Nokia merancang bodi perangkat ini pada dimensi yang pas di ukuran 169.9 x 77.9 x 8.8 mm dengan bobot 191 gram. Tanpa konsep yang berlebihan, Nokia C20 berhasil memikat mata calon konsumen dengan varian warna menawan, yakni warna Sand dan Dark Blue yang sama-sama kalem.

Panel belakangnya mempunyai tekstur garis dengan kesan matte untuk membuatnya nyaman di genggaman. Secara keseluruhan, Nokia C20 tampak menarik untuk kalian yang menyukai ponsel ringkas dan kompak.

Layar Lapang

Kelebihan Nokia C20 selanjutnya terdapat pada sektor layarnya yang membawa ukuran panel IPS LCD dengan rentang 6.52 inci. Dengan resolusi HD Plus (720 x 1600 piksel) yang standar di kelasnya, tentu saja tampilan Nokia C20 tergolong unggul.

Layar lapang pada ponsel ini memiliki kerapatan piksel hingga 269 ppi untuk menjamin tampilan yang jelas. Ia memuat rasio layar 20:9 dengan rasio layar ke bodi sebesar 77.5%. Over all, spesifikasi display Nokia C20 bisa dibilang oke kok!

Menggunakan OS Android 11 Go Edition

Sebagai ponsel entry-level, kemampuan Nokia C20 dalam proses kinerja ditentukan oleh software dan hardware yang standar. Nokia menyertakan sistem operasi Android 11 Go Edition pada perangkat ini untuk membuat kinerjanya terasa smooth alias tanpa kendala. Menurut klaimnya, sistem operasi ini membawa performa lebih kencang hingga 20 persen dari generasi sebelumnya.

Selain kinerja yang lebih stabil, penggunaan sistem operasi Go Edition membuatnya memiliki tampilan yang lebih bersih. Nokia menjamin sistem pembaharuan keamanan hingga 2 tahun setiap tiga bulan untuk menjadikan performa Nokia C20 tetap lancar jaya.

Dibekali Dual Flash LED

Spesifikasi kamera Nokia C20 memang tergolong biasa-biasa saja dan bukan yang paling unggul di kelasnya. Dibekali dengan Dual LED Flash, konfigurasi kamera Nokia C20 terdiri dari sensor utama dan kamera selfie yang sama-sama beresolusi 5 MP. Terbilang kecil memang, namun cukup membantu penggunanya untuk mengabadikan momen berharga.

Nokia juga tidak lupa menyertakan fitur-fitur terkini mulai dari HDR hingga resolusi rekaman video mumpuni 720p pada kecepatan 30 frame per detiknya dengan menggunakan kamera depan dan kamera belakang.

Punya Jack Audio 3.5 mm dan Slot microSD Khusus

Nokia C20 dilengkapi dengan port audio 3.5 mm untuk membantu mendengarkan audio dengan nyaman di mana saja dan kapan saja. Mengingat saat ini para vendor smartphone banyak menghilangkan port audio jack dari produk anyarnya, maka kehadiran port ini pada Nokia C20 adalah kelebihan yang sayang untuk dilewatkan.

Selain itu, ponsel ini juga memiliki slot microSD khusus untuk membantu kalian menambah kapasitas penyimpanan dengan mudah. Menurut klaim dari Nokia sendiri, slot microSD khusus pada C20 dapat menampung kapasitas tambahan hingga 256 GB.

Kekurangan Nokia C20

Sangat wajar bagi HP murah jika memiliki beberapa kekurangan yang langsung terlihat dari lembar spesifikasinya. Berikut ini beberapa kekurangan Nokia C20.

Dapur Pacu Kalah Saing

Nokia C20 mengandalkan chip besutan Unisoc, yakni SC9863A yang membawa 8 inti CPU berkecepatan maksimum 1.6 GHz. Ia juga memiliki komponen pengolah grafis GPU PowerVR IMG8322 yang berlari pada frekuensi 550 MHz yang kurang bertenaga untuk proses grafis berat. Dengan kata lain, performa Nokia C20 memang hanya bisa diandalkan sebatas tugas harian ringan saja.

Dibandingkan para rivalnya, dapur pacu Nokia C20 memang kalah saing. Nokia hanya mengombinasikannya bersama konfigurasi penyimpanan seadanya. Kalian akan mendapatkan RAM 2GB dan memori internal 32 GB saja.

Kapasitas Daya Kecil

Perangkat ini hanya mengemas daya 3000 mAh saja bertipe removable alias bisa dilepas pasang. Kalian juga harus sabar saat mengisi ulang dayanya karena Nokia C20 hanya didukung oleh port microUSB jadul.

Tidak Ada Fingerprint

Sayang sekali untuk HP 1 jutaan tidak dibekali dengan sensor sidik jari sehingga Nokia C20 masih kalah saing dibandingkan dengan para rivalnya. Kalian hanya bisa memanfaatkan opsi buka kunci ponsel lain seperti PIN, password, dan sebagainya.

Itulah kelebihan dan kekurangan Nokia C20 yang penting untuk diketahui. Nah, bagaimana? Apakah kalian sudah fix memilih perangkat murah meriah yang satu ini?

Nokia C20
Rilis : April 2021
2/16 GB - Rp 1.200.000
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn