Review Kelebihan dan Kekurangan Nokia C1 2nd Edition

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Nokia C1 2nd Edition
Hingga saat ini kehadiran smartphone low-end masih sangat dinantikan oleh pengguna Android. Apalagi bagi yang pertama kali ingin mengenal smartphone seperti anak sekolah atau para orangtua yang mengedepankan fungsi dasar ponsel pintar, tentu saja pasar Android kelas bawah tetap diminati.

Nokia C1 2nd Edition
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Nokia C1 2nd Edition
  • Rilis Januari 2022
  • Layar 5.45 inci IPS LCD ~295 ppi
  • Chipset Quad Core 1.3GHz processor
  • GPU -
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 1/16 GB
  • Kamera Belakang 5 MP
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Ion 2500 mAh
  • Harga Rp 700.000
Selengkapnya : Spesifikasi Nokia C1 2nd Edition dan Harganya
Salah satu smartphone low-end adalah Nokia C1 2nd Edition yang dirilis pada tahun 2021 lalu. Harga banderolnya tidak mencapai 1 juta sehingga cocok untuk kantong pelajar. Penasaran apa saja kelebihan yang ditawarkan serta kekurangan yang dibawanya? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Kelebihan Nokia C1 2nd Edition

Nokia C1 2nd melanjutkan perjuangan suksesornya dengan membawa spesifikasi yang telah diperbarui. Beberapa kelebihan yang akan kalian dapatkan dari perangkat ini adalah sebagai berikut.

Bodi Kompak dan Ringan

Kelebihan pertama yang ada pada Nokia C1 2nd Edition adalah mengenai bodinya yang kompak dan menjamin ergonomis. Dimensi ponsel ini hanya berukuran 148 x 71.8 x 9.3 mm saja dengan bobot 154 gram. Ya, penggunaan material plastik memang berdampak pada beratnya sehingga ringan dan nyaman di genggam. Kendati demikian, tampilannya tidak terlihat murah karena Nokia menyuguhkan kesan warna doff.

Nokia C1 2nd Edition juga mengusung desain unibody yang tampak seperti ponsel masa kini karena bezel relatif tipis di kedua sisi ponsel. Kalian dapat memilih salah satu di antara dua variasi warna yang disediakan oleh Nokia, yakni warna Blue dan Purple. Tenang, kualitasnya sudah terjamin karena HMD memang menyuguhkan build quality jempolan pada smartphone Nokia.

Mendukung Fitur Face Unlock

Meskipun harga banderol ponsel yang satu ini tidak sampai 1 jutaan, siapa sangka bahwa ia juga memiliki fitur buka kunci wajah atau face unlock. Dukungan fitur praktis yang satu ini dapat menjadi asalan mengapa Nokia C1 2nd Edition menjadi pilihan pengguna Android pemula.

Menggunakan OS Android 11 Go Edition

Sistem operasi Android Go merupakan versi sistem yang memang cocok untuk menjalankan Nokia C1 2nd Edition. Pasalnya, spesifikasi dasar dari ponsel ini akan dapat dijalankan dengan lancar dan tanpa kendala jika menggunakan OS yang ringan dan tidak kompleks. Namun kalian tidak perlu risau soal fitur dan efisiensinya karena ia akan membantu ponsel membuka lebih banyak aplikasi secara bersamaan alias multitasking dengan lebih baik.

Kamera Dilengkapi Flash LED

Salah satu pertimbangan penting sebelum memilih smartphone baru adalah mengenai spesifikasi kamera. Total ada dua kamera yang disuguhkan oleh Nokia C1 2nd Edition yang sudah dilengkapi dengan LED flash baik di bagian belakang maupun di kamera depan. Tentu saja hal ini menjadi kelebihan Nokia C1 2nd Edition yang membuat proses memotret akan lebih mudah meskipun di tempat yang minim cahaya menggunakan kamera depan dan belakang.

Kamera utama perangkat ini memiliki resolusi 5 MP dan diklaim bisa merekam video dengan resolusi maksimum 720 piksel pada 30 frame per detiknya. Resolusi dan kemampuan yang sama juga akan kalian temui pada kamera depan Nokia C1 2nd Edition dengan konfigurasi 5 MP. Overall, kombinasinya cukup menarik untuk ponsel low-end.

Layar Lapang HD Plus

Dibandingkan dengan pendahulunya, jelas spesifikasi layar Nokia C1 2nd Edition lebih oke. Pengguna lebih leluasa menikmati berbagai konten favorit dengan luas layar 5.4 inci yang mengusung resolusi HD Plus. Resolusinya telah naik sehingga kalian lebih nyaman menggunakan ponsel ini sebagai daily driver.

Kekurangan Nokia C1 2nd Edition

Sebagai ponsel super ramah di kantong, Nokia C1 2nd menyimpan beberapa kekurangan yang khas ala ponsel low-end, yakni sebagai berikut.

Performa Minim

Kalian tidak bisa mengharapkan performa kebut dari Nokia C1 2nd Edition mengingat dapur pacunya yang terbatas. Nokia menyematkan proses Quad-core dari Unisoc SC7731e yang memiliki kecepatan maksimal di angka 1.3 GHz saja.

Ia dipadukan bersama dengan kapasitas kecil RAM 1 GB dan memori internal sebesar 16 GB. Namun kalian masih bisa memperluas penyimpanannya secara eksternal dengan menggunakan microSD khusus hingga kapasitas 128 GB.

Baterai Kecil Tanpa Fast Charge

Lagi-lagi harus dimaklumi bahwa Nokia C1 2nd Edition menyimpan kekurangan dari aspek baterai. Daya ponsel ini adalah 2.500 mAh yang masih bertipe removable. Untuk memangkas harga, tentu saja Nokia juga tidak menyertakan dukungan pengisi daya cepat dan hanya memberi dukungan microUSB 2.0 saja.

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Nokia C1 2nd Edition yang wajib kalian pertimbangkan sebelum membelinya. Perangkat yang satu ini memang tidak cocok jika digunakan untuk pengguna Android yang ingin upgrade daily driver. Namun jika ingin memberikan Nokia C1 2nd Edition sebagai kado untuk adik yang masih berstatus pelajar atau untuk orangtua yang masih pemula dalam menggunakan smartphone, ponsel ini tetap worth it kok.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn