Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M12

Berbagai smartphone masa kini banyak berfokus pada segmen entry-level. Perusahaan seperti Realme, Xiaomi dan bahkan Samsung sibuk meluncurkan beberapa smartphone di seri ini untuk memberikan persaingan yang ketat satu sama lain. Mengingat tren yang sedang berkembang dengan pesat, Samsung telah meluncurkan salah satu smartphone murah seri M, yakni Galaxy M12 yang bisa kalian peroleh berbekal budget 1 jutaan saja.

HP Samsung
Spesifikasi Samsung Galaxy M12
  • Rilis April 2021
  • Layar 6.5 inci PLS IPS 90Hz ~270 ppi
  • Chipset Exynos 850 (8 nm)
  • GPU Mali-G52
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 3/32 GB, 4/64 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 5 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 15W
  • Harga Rp 1.800.000 - 2.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy M12 dan Harganya

Selain seri A yang laris manis, Samsung memiliki penawaran yang kurang lebih sama dalam seri M. Namun jika kalian adalah pengguna setia Samsung, tentu sudah mengetahui bahwa M-series milik perusahaan asal Korea Selatan ini terkenal dengan daya tahan baterainya.

Lantas, apa saja nilai jual alias kelebihan yang akan didapatkan dari Galaxy M12? Tulisan ini akan membantu kalian menemukan jawaban sembari memberi informasi berupa penjabaran kekurangan Galaxy M12 yang bisa dipertimbangkan kembali.

Kelebihan Samsung Galaxy M12

Samsung Galaxy M12 merupakan salah satu smartphone yang terkenal dengan chipset yang bertenaga, kamera mumpuni, dan masa pakai baterai yang tahan lama. Mari simak penjabarannya di bawah ini.

Desain Tidak Kuno

Meskipun sekilas tampak serupa dengan perangkat lainnya di seri yang sama, Samsung Galaxy M12 adalah salah satu smartphone M-series yang menadik. Jika melihat desain M31 dan M51, keduanya terlihat cukup sederhana tetapi memiliki tawaran spesifikasi yang mengesankan. Meskipun Galaxy M12 tidak memiliki spesifikasi terbaik, ia mendapatkan desain bernuansa masa kini.

Panel belakang smartphone ini memiliki nuansa lapisan warna ganda yang terbagi menjadi lapisan bertekstur di bagian atas dan lapisan polos di bagian bawah. Agar semakin terkesan kekinian, Samsung telah menyematkan sensor sidik jari terintegrasi ke dalam tombol daya. Seperti semua pembaca sidik jari kapasitif, fingerprint perangkat ini turut diklaim memiliki akurasi yang sangat tinggi.

Kapasitas Tinggi Daya Baterai

Hal istimewa lain yang akan kalian dapatkan dari Galaxy M12 adalah kapasitas daya. Seperti yang telah diungkapkan pada paragraf pembuka di atas, M-series memang sayang dilewatkan jika mengingat kapasitas dayanya yang tinggi. Pada perangkat ini kalian bisa menikmati daya 5.000 mAh yang bisa diandalkan untuk menemani aktivitas seharian. Apalagi di masa pandemi keinginan untuk menonton drama favorit semakin besar sehingga membutuhkan ketahanan daya di atas rata-rata.

Layar Besar dengan Refresh Rate 90Hz

Jangan dulu meremehkan harganya yang terjangkau karena Samsung Galaxy M12 memiliki penawaran layar yang cukup menggiurkan. Pasalnya, bagian depan perangkat ini dibalut oleh layar berukuran 6.5 inci yang mengusung tampilan Infinity V. Hal yang lebih menarik adalah kecepatan refresh 90Hz pada layarnya ini.

Meskipun masih menggunakan tipe panel IPS LCD, namun hal ini masih termasuk standar karena harganya tidak membuat kantong kalian jebol. Apalagi sejauh ini, Samsung Galaxy M12 adalah satu-satunya smartphone dalam kisaran harga ini dalam keluarganya yang hadir dengan kecepatan refresh tinggi ini.

Samsung Galaxy M12 hadir dengan kecepatan refresh adaptif yang berarti panel tidak dapat dikunci pada kecepatan refresh tinggi. Tampilan refresh rate yang tinggi diklaim berfungsi dengan lancar selama menggulir melalui Facebook dan Instagram sehingga kalian bisa berselancar dengan nyaman.

Performa Mumpuni di Kelasnya

Soal performa, kalian harus mempercayakannya pada Samsung Galaxy M12. Meski dibanderol terjangkau, kali ini Samsung tak pelit membekalinya dengan chipset bertenaga. Usut punya usut, Samsung Galaxy M12 ditenagai oleh prosesor Exynos 850 octa-core Samsung sendiri. Meskipun Exynos 850 adalah prosesor low-end yang sangat sederhana karena hanya berfokus pada efisiensi, namun proses fabrikasi 8nm yang dimilikinya akan mampu membantu tugas harian kalian dengan lancar.

Dapur pacu tersebut dihadirkan bersama dengan RAM hingga 4GB yang seharusnya cukup membantu untuk multi-tasking. Selain itu, ada juga penyimpanan internal hingga 64GB untuk menampung berbagai file kalian. Untungnya, perangkat ini memiliki ketentuan ekspansi eksternal alias slot untuk kartu microSD yang bisa menampung hingga 1TB.

Konfigurasi Kamera yang Sip

Tak ingin kalah saing, Samsung Galaxy M12 turut menawarkan susunan kamera quad layaknya smartphone terbaru. Smartphone murah dari Samsung ini memiliki pengaturan kamera quad-belakang yang terdiri dari sensor utama 48MP dengan aperture f/2.0, lensa ultra-wide-angle 5MP dengan aperture f/2.2, sensor depth 2MP, dan kamera makro 2MP yang sama-sama hadir dengan aperture f/2.4.

Meskipun merupakan smartphone entry-level, Samsung Galaxy M12 akan memberikan kinerja kamera yang memuaskan untuk kalian. Sementara untuk perekaman video, hal ini adalah urusan yang sangat mendasar. Kalian bisa merekam dengan kemampuan maksimal di resolusi Full HD atau 1080p pada 30 frame per detik. Lagi-lagi karena harganya yang terjangkau harus dimaklumi apabila hasil rekaman video kalian goyah hanya dengan sedikit gerakan berkat kurangnya stabilisasi gambar optik.

Kekurangan Samsung Galaxy M12

Ada beberapa komponen yang menjadikan Samsung Galaxy M12 juga diwarnai kekurangan. Mari simak beberapa kekurangan perangkat ini yang bisa dipertimbangkan kembali sebelum memantapkan hati untuk memilihnya.

Resolusi Layar Masih HD+

Jangan dulu bersuka ria dengan refresh rate 90Hz dari Galaxy M12. Kecepatan refresh tinggi pada smartphone ini harus kalian tukar dengan resolusi layarnya yang masih HD+. Artinya semakin sedikit dukungan fitur-fitur dan tampilan yang kurang menawan dibanding layar dengan resolusi Full HD+.

Kekecewaan kalian terhadap kekurangan pertama ini juga harus bertambah karena Samsung Galaxy M12 tidak dibekali kerapatan layar yang tinggi untuk detail visualnya. Samsung hanya menyediakan kerapatan layar sebesar 270 piksel per inci saja.

Hanya Dibekali Fast Charging 15W

Ketimpangan antar komponen pada perangkat ini terus berlanjut dan kali ini mengenai sektor daya. Meskipun daya baterainya tergolong besar, namun tidak demikian dengan pengisi ulangnya. Kalian harus sedikit bersabar jika ingin mengisi ulang daya karena Samsung Galaxy M12 hanya dibekali fast charging 15W saja yang tergolong rendah di kelasnya. Dengan kata lain, tren fast charging yang saat ini dibanggakan tidak diindahkan oleh Samsung. Padahal rekan-rekannya telah memperoleh setidaknya dukungan teknologi fast charging 18W.

Bobot Perangkat Cukup Berat

Kekurangan terakhir yang akan ditemui pada Galaxy M12 adalah mengenai bobot perangkat. Material plastik pada Galaxy M12 rupanya tidak serta merta membuatnya memiliki bobot yang ringan. Justru perangkat ini memiliki bobot lebih dari 200 gram, yakni 214 gram. Jika kalian terbiasa menggunakan smartphone dengan berat yang relatif ringan, maka Galaxy M12 tidak bisa jadi pilihan yang tepat.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M12 yang bisa kalian jadikan rujukan saat ingin membandingkan smartphone entry-level. Bagi para pengguna produktif, bisa jadi kecepatan refresh, performa, serta daya tahan baterai perangkat ini adalah kawan yang bisa diandalkan dalam penggunaan sehari-hari. Apakah kalian setuju?