Review Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 6

Jika kalian adalah pelajar yang sedang mencari smartphone untuk aktivitas belajar online, ada kabar segar dari Infinix yang baru saja meluncurkan smartphone terbaru. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena Infinix telah meluncurkan Smart 6 dan membanderolnya dengan harga tidak sampai 1.5 juta. Oleh sebab itu perangkat terbaru yang satu ini sangat pas untuk kalian para pelajar atau pemula dalam hal penggunaan smartphone.

HP Infinix
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Infinix Smart 6
  • Rilis November 2021
  • Layar 6.6 inci IPS LCD
  • Chipset Unisoc SC9863A (28nm)
  • GPU IMG8322
  • Eksternal Tersedia, microSDXC
  • Internal 2/32 GB
  • Kamera Belakang 8 MP
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Harga Rp 1.200.000
Selengkapnya : Spesifikasi Infinix Smart 6 dan Harganya

Menariknya, Infinix Smart 6 adalah samartphone berlayar sangat lega sehingga aktivitas seperti membaca, scrolling sosial media, atau video call bersama keluarga akan terasa memuaskan berkat rentang layarnya. Usut punya usut, ternyata Infinix pun membawa tag line #LayarLuasBateraiGanas yang langsung menunjukkan dimana letak nilai jual utamanya. Nah, berikut ini kami sajikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 6 khusus untuk kalian.

Kelebihan Infinix Smart 6

Tag line yang menonjol dari Infinix Smart 6 berhasil menarik perhatian pasar. Berkat harga banderolnya yang sangat terjangkau, kelebihan dari perangkat ini dijamin tidak akan mengecewakan kalian. Apa saja kelebihan dari Infinix Smart 6? Simak informasinya di bawah ini.

Layar Luas Hingga 6.6 inci

Seiring dengan perkembangan teknologi smartphone yang semakin canggih, besar layar yang ditawarkan oleh vendor ternama semakin beragam. Bahkan ada beberapa perangkat terbaru yang menawarkan ukuran hampir 7 inci sehingga tampak seperti phablet. Infinix Smart 6 sendiri adalah salah satu perangkat terbaru yang menawarkan ukuran besar untuk kenyamanan pengguna setianya.

Kalian akan mendapatkan ukuran layar mencapai 6.6 inci yang tentu termasuk besar di segmennya. Apalagi jika mengingat harga Infinix Smart 6 yang hanya 1.1 juta saja, ukuran layar ini sangat menguntungkan pengguna. Meskipun memiliki resolusi HD+ dan kepadatan 266 ppi, namun Infinix Smart 6 juga memiliki kecerahan puncak yang diklaim mencapai 500 nits. Kalian bisa melihat visualisasi dengan jelas ketika di dalam maupun di luar ruangan.

Spesifikasi layar ini tidak bisa dibilang mewah namun bisa dikatakan ‘menonjol’ di antara saingannya. Jika dipikirkan sejenak, kapan lagi kalian bisa mendapatkan kualitas cukup baik dengan budget rendah?

Baterai Jumbo 5.000 mAh

Melanjutkan pembahasan mengenai tag line Infinix Smart 6 yang berhubungan dengan layar dan baterai, kalian akan memperoleh kapasitas baterai jumbo hingga 5.000 mAh dari perangkat ini. Melalui uji Infinix, daya baterai tersebut memiliki masa siaga hingga 87 jam yang mengagumkan. Selain itu, dengan daya baterai yang besar berarti kalian tidak perlu buru-buru mengisi ulang karena bisa bertahan seharian penuh.

Apalagi Infinix telah dikenal dengan fitur-fitur hemat dayanya. Ada Ultra Power Mode yang sangat bermanfaat untuk memperpanjang ‘umur’ baterai sehari-hari. Dengan teknologi Power Marathon, kalian akan mendapatkan tambahan masa pakai. Baterai besar dari Infinix Smart 6 ini mendapat dukungan dari pengisi daya microUSB. Ya, meski dibilang agak ketinggalan jaman namun lagi-lagi ini sudah sesuai dengan harga yang harus kalian bayar.

Memiliki Rear-mounted Fingerprint

Dalam kontes meningkatkan rasio layar terhadap bodi, fitur Under Screen Fingerprint (Sidik jari dalam layar) menjadi tren baru dan berpotensi mengalahkan fitur sidik jari yang dipasang di belakang di smartphone. Namun bagi sebagian pengguna Android, fingerprint di belakang atau di samping perangkat lebih praktis.

Soal sistem biometric, Infinix Smart 6 menawarkan tipe finger print di bagian belakang perangkat. Hal ini sangat menarik karena Infinix terlihat memperhatikan kebutuhan penggunanya. Di titik harga yang sangat terjangkau, sensor fingerprint kerap dilupakan dan bahkan sengaja dihilangkan untuk menghemat biaya produksi. Oleh sebab itu kelebihan yang satu ini sangat sayang untuk kalian lewatkan begitu saja.

Menggunakan Android 11 Go Edition

Android 11 Go Edition adalah sistem operasi yang dikhususkan untuk smartphone pas-pasan agar kinerjanya berjalan lancar tanpa hambatan. Meski terdengar agak menyedihkan, namun kenyataannya Android 11 Go Edition akan sangat membantu tugas harian kalian saat menggunakan smartphone.

Google sendiri mengklaim bahwa Android 11 Go Edition memiliki peningkatan kecepatan proses sebanyak 20% dibanding dengan pendahulunya. Oleh sebab itu performa dari smartphone akan semakin lancar dan jarang mengalami lag atau patah. Karena Infinix Smart 6 memiliki kapasitas RAM yang kecil, yakni 2GB, maka penggunakan Android 11 Go Edition adalah pilihan yang tepat bagi perangkat ini.

Kekurangan Infinix Smart 6

Karena Infinix Smart 6 adalah smartphone yang sangat terjangkau, tak heran beberapa komponen spesifikasinya datang mengecewakan bahkan untuk ukuran smartphone yang ditargetkan bagi pemula. Berikut ini pembasahan mengenai kekurangan Infinix Smart 6 yang harus kalian ketahui.

Kamera Ala Kadarnya

Kalian tidak bisa berharap banyak pada sensor kamera yang tersemat di Infinix Smart 6. Pasalnya, Infinix hanya menyediakan kamera standar yang tidak mendukung untuk fotografi mumpuni. Apalagi bagi para remaja masa kini, sensor kamera sering dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih smartphone.

Di bagian punggungnya, Infinix Smart 6 membawa 2 buah kamera yang terdiri dari 8MP kamera utama beserta lensa AI yang ditemani oleh lampu kilat LED ganda. Jika kalian hanya membutuhkan sensor kamera untuk memotret tugas sekolah yang telah dikerjakan atau dokumentasi standar, maka smartphone ini bisa membantu. Namun untuk lebih dari itu Infinix Smart 6 tidak memberi dukungan yang memadai.

Selain kamera utama di belakang, Infinix Smart 6 membawa kamera selfie beresolusi 5MP saja. Namun kabar baiknya Infinix mengklaim bahwa kamera utama perangkat ini bisa membantu kalian untuk merekam video hingga 1080p pada 30fps.

Performa Standar di Kelasnya

Hal yang satu ini mungkin lebih pantas disebut sebagai hal yang tidak menonjol dan bukan kekurangan. Infinix Smart 6 ditenagai oleh chipset standar yang memang biasa disematkan pada smartphone sangat terjangkau di kelas entry-level. Dengan Unisoc SC9863A, kalian bisa melakukan tugas-tugas dasar smartphone yang tidak menuntut performa kuat.

For your information, chipset ini adalah SoC octa core entry level dengan 8 core ARM Cortex-A55 dalam dua cluster. Satu cluster kinerja hingga 1,6 GHz dan cluster efisiensi hingga 1,2 GHz. SoC ini juga mengintegrasikan modem LTE (TDD-LTE/FDD-LTE/TD-SCDMA/WCDMA/GGE), kartu grafis PowerVR IMG8322/GE8322, dan dukungan video 1080p.

Melihat komponennya, tentu saja kalian sudah berkesimpulan bahwa ia sangat cocok digunakan oleh Infinix Smart 6. Apalagi ia turut dikombinasikan dengan penyimpanan standar RAM 2GB dan memori internal 32GB. Untungnya kalian masih bisa memperluas kapasitas ruang penyimpanan tersebut melalui slot microSD khusus jika suatu saat membutuhkannya.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 6 yang cukup menggoda untuk ditilik lebih dalam. Jika kalian membutuhkan smartphone baru untuk mendukung aktivitas standar alias tidak berat, maka Infinix Smart 6 adalah pilihan yang affordable.