Review Kelebihan dan Kekurangan Poco M3 Pro 5G

Kalian pasti tidak asing lagi dengan ponsel satu ini. Ya, POCO M3 Pro 5G telah mulai dikenal di Indonesia sejak kemunculannya di kanal iklan internet. Kini, gawai besutan Xiaomi ini menjadi salah satu handphone 5G yang telah hadir di Indonesia, dengan spesifikasi bertenaga di kelasnya, namun tetap berharga terjangkau.

HP Xiaomi
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Poco M3 Pro 5G
  • Rilis Juni 2021
  • Layar 6.5 inci IPS LCD FHD+ 90Hz
  • Chipset MediaTek Dimensity 700 5G (7 nm)
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Internal 4/64 GB, 6/128 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 2.600.000 - 2.900.000
Selengkapnya : Spesifikasi Poco M3 Pro 5G dan Harganya

Kalian harus tahu soal jaringan 5G merupakan fitur yang paling diandalkan dan dicari pada handphone ini. Dan juga, tersemat baterai berkapasitas besar pun menjadi daya tarik lain dari POCO M3 Pro 5G.

Nah, sudah menjadi ciri khasnya bahwa POCO M3 Pro 5G masih hadir dengan lambang tulisan POCO di belakang. Desainnya yang elegan dan ramping bisa bikin kalian tertarik. Nah, namun tentu saja info tersebut tidak cukup untuk kalian yang penasaran dengan gawai ini. Kalian bisa banget untuk baca artikel di bawah ini sampai habis, dan dapatkan jawaban lengkapnya seputar kelebihan dan kekurangan gawai ini.

Kelebihan Poco M3 Pro 5G

Ditawarkan dengan menawarkan teknologi terbaru yaitu jaringan 5G, Poco M3 Pro 5G juga menawarkan beberapa kelebihan yang menarik untuk dipertimbangkan, diantaranya:

Kecepatan 5G

HP cerdas keluaran Xiaomi ini, atau POCO M3 Pro telah mendukung jaringan 5G. Kalian harus tahu, bahwa ponsel pintar ini telah terkenal dengan julukannya, yaitu “The 5G Killer.” Menurut berbagai sumber, jaringan 5G dalam ponsel ini ditenagai oleh MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G yang bisa memaksimalkan jaringan internet pengguna dengan akses kecepatan tertinggi.

Xiaomi telah merilis fitur dual 5G sehingga kedua kartu SIM yang ada di ponsel. Kalian yang suka banget berselancar di internet tentunya sangat baik memiliki ponsel ini. Apalagi, kalian bisa mendapatkan jaringan 5G dengan kecepatan unduhan akan berkali-kali lipat lebih cepat dan latensinya rendah.

Triple kamera yang asik

Selain koneksi 5G yang tidak bisa diremehkan, kini kalian harus tahu kualitas kamera dari POCO M3 Pro 5G ini. Pasalnya, ini bisa menjadi salah satu poin penting yang dipertimbangkan sebelum membeli HP.

Meskipun spek tinggi, nyatanya POCO M3 Pro masih mampu merilis gawai dengan triple camera 48MP yang memukau. Apalagi dengan tambahan kamera makro 2 MP dan juga sensor portrait 2 MP.

Kalian tentu saja tidak perlu khawatir dengan cahaya redup. Gawai ini juga menyediakan berbagai fitur kamera antara lain mode malam, mode AI, time lapse, dan slow motion yang cukup lengkap.

POCO M3 Pro 5G juga dibekali dengan kualitas perekaman resolusi yang sangat bening. Yakni mampu mencapai hingga 1080p pada frame rate 30 FPS. Jangan takut untuk mengambil video dengan tangan. Pasalnya gawai ini telah dilengkapi dengan fitur anti shaky, karena sudah memiliki stabilisasi.

Layar bening untuk gaming

Kualitas layar sangat penting ketika bermain game, begitu juga dengan aktifitas lainnya. Nah, POCO M3 Pro hadir dengan layar 6.5 inci berpanel IPS LCD yang luas dan responsif baik. Layar perangkat ini memiliki tampilan yang tidak boleh diremehkan di kelasnya. Ya, kalian akan memiliki pengalaman ketika melihat layar gawai ini dengan puas dan terpikat.

Hal tersebut dikarenakan ponsel ini memiliki pengaturan dynamic switch yang dapat mengubah refresh rate secara adaptif mulai dari 30 Hz, 50 Hz, 60 Hz, hingga 90 Hz. Tentu saja menyesuaikan dengan aktivitas kalian ketika menggunakan gawai ini.

Pengalaman gaming yang ajib

Refresh rate yang tinggi akan membuat kalian mampu menikmati setiap momen permainan dalam game akan mulus tanpa nge-frame dengan gawai pintar ini.

POCO memang diklaim merupakan spesialis ponsel Android yang memiliki performa yang tinggi dengan harga terjangkau, termasuk dalam gaming. Nah, hal tersebut dikarenakan POCO M3 Pro 5G ditenagai oleh chipset MediaTek yang sudah mendukung jaringan 5G.

Chipset ini memiliki performa yang baik di kelasnya untuk menunjang berbagai kegiatan sehari-hari, termasuk bermain game berat. Prosesor ponsel ini memiliki konfigurasi CPU 8-core yang terbagi ke dalam 2-core Cortex-A76 2,2 GHz dan 6-core Cortex-A55 2,0 GHz dengan kartu grafis GPU Mali-G57 MC2.

Tersemat NFC

Seperti gawai lain yang telah berkejaran merilis fitur ini, kini kalian bisa bertransaksi dengan mudah hanya dengan NFC dalam sebuah handphone. Termasuk dengan POCO M3 ini.

Memang, berbagai sumber mengatakan bahwa POCO M3 sudah dilengkapi dengan NFC (Near Field Communication) untuk berbagai kemudahan transaksi, membeli tiket, dan menyambungkan dengan perangkat lainnya. Kalian bisa mendapatkan berbagai fitur kecanggihan lainnya yang juga terdapat pada fitur IR Blaster atau infrared yang bisa menjadikan handphone sebagai remote TV, AC, dan peralatan smart home lainnya.

Performa baterai awet

Kini, kalian harus tahu bahwa POCO M3 Pro memiliki baterai berkapasitas besar 5.000 mAh yang mendukung fast charging 18W, lho. Xiaomi mengerti bahwa handphone dengan baterai super awet adalah impian semua orang. Bahkan, Xiaomi mengklaim bahwa ponsel ini dapat bertahan hingga 2 hari pemakaian.

Namun, keawetan baterai juga bergantung dengan jaringan dan aplikasi yang sering dipakai. Pemakaian baterai ponsel ini cukup awet karena saat bermain game, kondisi baterai akan berkurang hanya dengan 10% saja.

Berbasis Android 11

POCO M3 Pro hadir dengan POCO Launcher yang telah dikombinasikan dengan MIUI 12. Tentu saja berbasis Android 11. Nah, kalian bisa mendapatkan beberapa fitur terbaru yang dihadirkan dalam sistem operasi ini, yaitu fitur control center, floating screen, dark mode 2.0, fitur memories di galeri, dan tentunya health tracking.

Kekurangan Poco M3 Pro 5G

Meski memeliki beragam keunggulan yang menarik, sebagaimana kebanyakan smartphone lainnya, Poco M3 Pro 5G memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, diantaranya:

Tidak dibelaki lensa Kamera Ultrawide

Bagi kalian yang sangat addict dengan dunia foto, sayangnya sama seperti seri sebelumnya POCO M3, ponsel dengan triple camera ini tidak memiliki lensa ultrawide. Jadi, untuk pengambilan foto dengan jangkauan yang lebih luas, kalian tidak bisa mendapatkan fitur tersebut.

Hal tersebut dikarenakan POCO lebih memilih lensa makro untuk pengambilan foto objek yang kecil dalam kamera belakangnya. Non Dual Speaker. Namun jangan terlalu kecewa dengan fakta ini. Pasalnya, non dual speaker tidak terlalu berpengaruh pada penggunaan sehari-hari. Bagi kalian yang mengidamkan suara yang asik, bantulah gadget ini dengan headset atau headphone.

Tidak Memiliki Rating IP53

Lagi-lagi, kalian harus mengerti bahwa Xiaomi POCO M3 Pro belum memiliki sertifikasi IP53. Ya, yang artinya ponsel ini tidak memiliki resistensi terhadap debu dan percikan air. Jadi kalian harus hati-hati ketika menggunakan gawai pintar ini. Jangan sampai teledor ketika meletakkan gawai ini di sembarang tempat. Kalian juga perlu berhati-hati saat menyimpan handphone, usahakan untuk tidak sembarangan dan tidak diletakkan di tempat yang kotor.

Nah, setelah membaca ulasan di atas, bagaimana pendapat kalian? Dengan harga 3 jutaan, kalian bisa mengantongi POCO m3 Pro 5G dengan segala fiturnya yang super keren. Performa gaming yang didukung dengan chipset dan layar yang canggih, juga kapasitas baterai yang mumpuni. Tentu saja bisa menjadi pilihan yang baik, bukan?