Review Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 GT

Berikut kelebihan Poco X3 GT dan kekurangannya lengkap dengan info harga dan spesifikasi

Xiaomi telah menambahkan smartphone lain ke lini Poco mereka yang terus berkembang di pasar global dengan peluncuran resmi Poco X3 GT. Perangkat ini pertama kali terlihat di China dan laris manis di segmen mid-range sehingga memberikan Poco lebih banyak amunisi untuk menguasai segmen tersebut.

HP Xiaomi
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Poco X3 GT
  • Rilis Agustus 2021
  • Layar 6.6 inci IPS LCD 120Hz HDR10 ~399 ppi
  • Chipset MediaTek MT6891Z Dimensity 1100 5G (6 nm)
  • GPU Mali-G77 MC9
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 67W
  • Harga Rp 4.200.000 - 4.600.000
Selengkapnya : Spesifikasi Poco X3 GT dan Harganya

Satu hal yang menarik adalah Poco memiliki kemampuan untuk membuat perangkat canggih mereka terlihat dan terasa lebih premium di tangan kalian karena membawa desain yang tidak pasaran. Poco X3 GT tersedia dalam tiga pilihan warna dengan varian warna Wave Blue dan Cloud White mendapatkan tekstur unik seperti Rimowa di bagian belakang serta varian Stargaze Black yang menawarkan hasil akhir yang halus dan mengkilap.

Di Indonesia, perangkat ini bisa kalian dapatkan dengan budget 4 jutaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan yang akan kalian temui pada Poco X3 GT? Berikut ini informasi yang wajib kalian ketahui.

Kelebihan Poco X3 GT

Poco X3 GT memiliki tagline “Go Turbo!” untuk menggambarkan nilai jual utamanya. Secara garis besar, kalian tentu menerka bahwa smartphone unik yang satu ini membawa keunggulan performa. Namun lebih dari itu, ada beberapa hal yang menjadi kelebihan Poco X3 GT yang sayang untuk dilewatkan.

Layar Full HD+ dengan Refresh Rate Tinggi

Poco X3 GT memiliki layar Full HD+ berukuran besar mencapai 6.6 inci dengan kecepatan refresh 120Hz yang diklaim Poco memiliki teknologi switching dinamis sehingga mengubah kecepatan refresh dari 30Hz ke 120Hz tergantung pada kegiatan apa yang kalian lakukan di atas layar.

Menariknya, Poco X3 GT juga dibekali dengan Corning Gorilla Glass Victus, yang berarti layar perangkat ini memiliki tingkat perlindungan yang sama dengan smartphone unggulan di pasarnya yang harganya dua kali lipat lebih mahal. Perlindungan dari Gorilla Glass Victus diklaim 1,5 kali lebih resisten impact dan tahan gores dua kali lebih banyak daripada Gorilla Glass 6.

Selain kecepatan refresh yang tinggi, Poco X3 GT menawarkan touch sampling rate hingga 240Hz. Kalian akan mendapatkan kualitas yang smooth dari layarnya tersebut. Ditambah dengan standar DCI-P3, sudah pasti visualisasi yang dihadirkan memang mumpuni.

Kapasitas Baterai Besar dengan Turbo Charge

Xiaomi memang dikenal royal terhadap penggunanya. Kali ini Poco X3 GT berhasil membuat banyak pengguna Android terkesan lagi melalui kapasitas baterai besar hingga 5.000 mAh. Tak tanggung-tanggung ia didukung oleh turbo charge 65W sehingga bisa mengisi ulang daya secepat kilat.

Turbo charge yang disertakan tersebut akan mengisi 90% dari kapasitas penuh hanya dalam 30 menit dan 100% dalam 42 menit. Kombinasi keduanya sangat cocok bagi kalian si Super Sibuk.

Performa Andal dan Penyimpanan Lapang

Adalah MediaTek Dimensity 1100 yang merupakan dalang di balik berbagai kemampuan Poco X3 GT yang wajib diacungi jempol. Soc Mediatek membawa berbagai teknologi dan dukungan high-end untuk perangkat ini. Cortex-A78 yang menyertai prosesor ini adalah arsitektur inti generasi baru. Jika dibandingkan dengan varian sebelumnya, ada sejumlah kinerja yang signifikan dan peningkatan efisiensi daya.

Dengan menggunakan Dimensity 1100, Poco X3 GT juga dapat memberikan dukungan layar dengan kecepatan refresh yang tinggi. Kalian bisa menggunakannya dalam aplikasi yang mendukung kecepatan refresh hingga 120Hz untuk menghasilkan tampilan animasi yang sangat halus.

Di sisi lain, rendering visual software-nya semakin ditingkatkan melalui grafis Mali-G77 MC9. Dengan pengaturan ini, kalian dapat memainkan game mobile pada pengaturan maksimum tanpa khawatir tentang hambatan apa pun.

Selain proses fabrikasi 6nm dan clock speed mencapai 2.6GHz, SOC tersebut juga membuat Poco X3 GT untuk memiliki dukungan jaringan 5G non-standalone (NSA) yang berlaku di Indonesia. Modem yang ditawarkan mendukung teknologi superior MediaTek seperti True Dual 5G dengan kecepatan hingga 4.7Gbps.

Di Indonesia sendiri, Poco X3 GT mempunyai konfigurasi tunggal RAM 8GB yang dipasangkan dengan penyimpanan internal 128/256GB dan bisa dimiliki dengan merogoh kocek 4 jutaan saja. Nah, kapan lagi bisa memperoleh smartphone murah yang menawarkan ruang penyimpanan lapang?

Sensor Kamera Mumpuni di Segmennya

Berkat ketangguhan jeroannya, Poco X3 GT sekaligus bisa menawarkan kamera dengan kualitas foto dan video yang menjanjikan.Susunan kamera pada smartphone ini berani bersaing dengan menghadirkan kamera primer 64MP untuk memberikan kualitas detail halus. Sementara unit kamera sekundernya mencapai sensor 8MP ultrawide bersama lensa makro 2MP.

Dengan pengaturan kamera ini, kalian akan mendapatkan hasil yang mengesankan untuk penggunaan sehari-hari. Selanjutnya, kamera selfie 16 MP yang menempati notch depan juga tidak akan mengecewakan kalian.

Kamera belakang Poco X3 GT bisa dengan mudah merekam video hingga 4K sementara kamera depannya diklaim mempunyai kemampuan membuat rekaman video 1080p. Meski tidak terlalu ‘wah’, namun hal tersebut tidak di bawah standar.

Memiliki Dukungan NFC dan Sensor Lengkap

Di era teknologi yang semakin modern saat ini, memang sudah sewajarnya smartphone memiliki dukungan NFC agar aktivitas digital semakin efisien. Namun tak cukup sampai di situ saja, kalian pun harus jeli mengenai sensor yang dibawa ketika memilih smartphone baru.

Untungnya Poco X3 GT memiliki sejumlah sensor yang terbilang lengkap. Kalian bisa mengandalkan sistem biometrik fingerprint side-mounted, AI face unlock, sensor cahaya ambient 360°, Akselerometer, Giroskop, sensor jarak, kompas elektronik, motor getaran, hingga IR blaster.

Kekurangan Poco X3 GT

Jangan dulu puas dengan kelebihan yang ditawarkan oleh Poco X3 GT. Soalnya bisa jadi beberapa kekurangan di bawah ini adalah hal-hal yang tidak kalian inginkan. Penasaran apa yang menjadi kekurangan perangkat ini? Berikut informasinya untuk kalian.

Layar IPS LCD

Jika menggunakan Poco X3 GT sebagai daily driver, kalian harus menerima kenyataan bahwa reproduksi warna dan visualisasi layarnya tidak sejajar dengan kualitas AMOLED. Bahkan meskipun memiliki refresh rate tinggi, pengguna Android yang sudah terbiasa menggunakan panel Super AMOLED pasti akan merasakan perbedaannya.

Meskipun memiliki dukungan HDR10 dan sertifikasi Widevine L3, konten Netflix tentu tidak bisa dinikmati dengan nyaman dan sesuai ekspektasi dari smartphone berharga 4 jutaan.

Tidak Memiliki Slot MicroSD

Karena tidak mendukung ekspansi penyimpanan dengan microSD, maka sangat disarankan bagi kalian untuk memilih varian RAM 8GB yang dipasangkan dengan ruang internal 256GB. Karena adanya kekurangan ini, maka Poco X3 GT seperti memberi tugas tambahan bagi para penggunanya untuk rajin mencadangkan serta memindahkan file secara online melalui drive atau opsi lain.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Poco X3 GT yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memilihnya sebagai smartphone baru kalian. Secara keseluruhan terlepas dari kekurangannya, kelebihan yang disajikan oleh Poco X3 GT lebih menjanjikan dan worth it to buy. Semoga informasi di atas bisa membantu ya.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn