Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Note 20 Ultra 5G

Samsung mengumumkan flagship terbarunya yang masuk dalam jajaran smartphone besar, yakni Galaxy Note 20 5G dan Galaxy Note 20 Ultra 5G di Galaxy Unpacked Event bulan Agustus lalu. Kedua perangkat tersebut dihadirkan bersama dengan jumlah produk wearable dan penambahan tablet.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G
  • Rilis Juli 2021
  • Layar 6.9 inci Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+ ~496 ppi
  • Chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU Exynos 990 (7 nm+)
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 12/256 GB, 12/512 GB
  • Kamera Belakang 108 MP (wide), 12 MP (periscope telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 10 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 4500 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 17.000.000 - 19.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G dan Harganya

Seperti yang biasanya terjadi ketika Samsung menambahkan koleksi perangkat high-end, maka ada sejumlah upgrade yang akan kalian dapatkan.

Keluarga Galaxy Note 20 yang baru ini misalnya menawarkan peningkatan berupa platform yang lebih kuat, teknologi dan fitur canggih pada kamera dan video, menawarkan dukungan untuk teknologi nirkabel Ultra Wide Band baru, dan memiliki integrasi aplikasi Microsoft, serta beberapa fitur baru lainnya.

Jika kalian termasuk penggemar smartphone yang memiliki layar super lapang menyerupai phablet, maka Note 20 Ultra 5G adalah opsi yang menarik untvuk dipertimbangkan. Namun sebelum itu ketahuilah kelebihan dan kekurangan Note 20 Ultra 5G berikut ini.

Kelebihan Samsung Note 20 Ultra 5G

Kelebihan dari Samsung Note 20 Ultra yang langsung diketahui secara jelas adalah dukungan jaringan 5G seperti yang tersemat pada namanya. Lebih dari itu, ada beberapa kelebihan menawan yang bisa kalian tebus dengan harga mulai dari 17 jutaan.

1. Layar Dynamic AMOLED Quad HD+

Untuk penggunaan yang memerlukan rentang layar yang lebar, Note 20 Ultra 5G tidak akan mengecewakan karena mengusung panel Dynamic AMOLED quad HD+ berukuran 6.9 inci. Lebih penting lagi, ini adalah ponsel Samsung pertama yang menawarkan kecepatan refresh 120Hz yang dinamis.

Jajaran Galaxy S20 memang memperkenalkan refresh rate yang lebih cepat ke smartphone Samsung sehingga menghadirkan pengguliran yang lebih mulus serta visual yang lebih baik, terutama untuk game dan film. Dengan Note 20 Ultra 5G, kecepatan refresh yang ada akan secara otomatis menyesuaikan berdasarkan konten apa yang ada di layar untuk menghemat masa pakai baterai.

Pada 2019, ketika Samsung memperkenalkan keluarga smartphone Galaxy S10 , ia memperkenalkan teknologi tampilan baru yang disebut Dynamic AMOLED. Singkatnya, layar Dynamic AMOLED adalah layar Super AMOLED dengan dukungan HDR10+ tambahan. Selain itu, layar Dynamic AMOLED juga telah menerima sertifikasi kualitas kenyamanan mata dari TUV Rheinland.

Berdasarkan emisi cahaya biru yang lebih rendah dari layar OLED, layar ini tentu lebih aman digunakan dibandingkan dengan layar (LCD) lain di pasaran. Bagaimana? Sangat mengesankan bukan?

2. Dukungan Stylus Pen

Kelebihan selanjutnya yang ditawarkan oleh Samsung melalui perangkat ini adalah adanya fitur dan teknologi primadona Samsung, S Pen. Berbeda dengan seri Galaxy Note 10, S Pen sekarang menawarkan lima tindakan Anywhere baru, yang dibangun di atas Air Actions dari seri Galaxy Note 10.

Kalian bisa kembali ke layar beranda, mengambil screen shot, kembali ke aplikasi terbaru, dan lainnya melalui berbagai gerakan.

Tak hanya itu saja, Note 20 Ultra 5G bahkan cukup pintar untuk menyinkronkan catatan dengan rekaman suara sehingga kalian bisa mengaksesnya dengan mudah saat membutuhkan. Itulah yang menyebabkan smartphone high-end ini cocok bagi para pengguna produktif yang sering bekerja secara digital.

3. Sensor Kamera yang Mendukung Fotografi Epik

Sebagai flagship terbaru, Galaxy Note 20 Ultra 5G juga menyediakan kombinasi sensor kamera yang tidak kalah menyenangkan. Note 20 Ultra 5G kini dilengkapi kamera wide angle 108MP sebagai kamera utama. Sensor tersebut dilengkapi dengan sepasang kamera ultrawide dan telefoto beresolusi 12MP.

Khusus untuk telefoto, Samsung menggunakan sistem periskop "terlipat". Jadi sensornya berada di belakang satu set cermin yang memperluas jangkauan zoom optiknya yang sebenarnya hingga 5x. Samsung juga memiliki hal yang disebutnya "Space Zoom" yang berguna untuk menggabungkan zoom optik dan digital hingga 50x. Menariknya, justru S20 Ultra memiliki jumlah megapiksel yang lebih tinggi dan menawarkan zoom 100x.

Kemampuan perekaman video perangkat ini pun tidak bisa diabaikan. Jika ingin merekam video setajam mungkin, kalian akan senang mengetahui bahwa Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G dapat merekam video 8K dengan rasio aspek 21:9 hingga 24 frame per detik. Ada juga mode Pro Video baru yang memungkinkan untuk mengontrol fokus, eksposur, dan kecepatan zoom. Kalian juga bisa menggunakan mikrofon onboard atau mikrofon eksternal, seperti Galaxy Buds Live.

4. Chipset Kencang dan Baterai Besar

Berbeda dengan pasar U.S dimana Note 20 Ultra 5G dibekali dengan chipset Snapdragon, di Indonesia perangkat ini ditenagai oleh Exynos 990 milik Samsung. Exynos 990 kemungkinan akan tercatat dalam sejarah sebagai prosesor Samsung terakhir yang menampilkan core Mongoose kustom.

Namun tenang saja karena performa andal dari chipset ini juga sangat maksimal. Samsung mengklaim bahwa mikroarsitektur M5 baru 20% lebih cepat daripada M4 di Exynos 9820 dengan peningkatan hingga 20% yang juga disebut-sebut untuk kinerja dan efisiensi daya GPU. Inilah yang membuatnya mampu memberi daya pada pengaturan kamera tunggal 108MP dan dapat memproses perekaman video 8K pada 30fps.

5. Penyimpanan Jumbo

Kabar baiknya, memori onboard Note 20 Ultra 5G telah ditingkatkan dari LPDDR4 ke LPDDR5, yang juga memberikan kecepatan lebih pada model tahun ini. Kalian akan mendapatkan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal dua variasi, yakni 256/512GB. Tentu saja perpaduan tersebut sangat mendukung aktivitas perangkat yang lancar tanpa hambatan.

Seluruh kinerja dari Note 20 Ultra 5G didukung oleh baterai besar yang memiliki kapasitas hingga 4.500 mAh sehingga bisa menemani kalian seharian penuh untuk berbagai penggunaan.

6. Dilengkapi Proteksi

Selain aman dari segi ketahanan daya, kalian juga tak perlu merisaukan ketahanan body perangkat ini. Samsung telah menyertakan lapisan Corning Gorilla Glass Victus di belakang agar lebih nyaman dan aman saat digunakan. Tak hanya itu, Note 20 Ultra 5G juga telah mengantongi IP68 yang artinya tidak rentan terhadap debu, cipratan, dan terendam air di kedalaman 1.5m.

Kekurangan Samsung Note 20 Ultra 5G

Setelah mengetahui kelebihan yang menggiurkan dari Note 20 Ultra 5G, mari ulas beberapa kekurangannya berikut ini.

1. Fast Charger Hanya 25W

Sangat disayangkan bahwa Samsung enggan memberikan dukungan fast charger yang bersaing di antara perangkat di atas 15 jutaan. Jika dibandingkan dengan pasaran smartphone saat ini, bahkan ada banyak vendor yang membanderol smartphone jagoannya di harga 5 jutaan dengan fast charging 65W.

2. Harga Relatif Mahal

Untuk mendapatkan Note 20 Ultra 5G, kalian harus merogoh kocek agak dalam mulai dari 17 jutaan untuk varian dasar RAM 12GB + penyimpanan internal 256GB. Meskipun persoalan harga adalah hal yang relative, namun untuk standar high-end dan spesifikasi yang dibawa, Samsung Note 20 Ultra 5G termasuk mahal.

Itulah kelebihan dan kekurangan Samsung Note 20 Ultra 5G yang wajib untuk diketahui. Varian Ultra dari keluarga Note 20 ini memang mengesankan secara keseluruhan sehingga cocok bagi kalian pengguna workaholics.