Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A03s

Bulan September lalu Samsung telah meluncurkan Galaxy A03s yang siap bersaing di pasar entry-level dengan harga 1 jutaan saja di Indonesia. Saat ini jika ditilik segmen smartphone dengan harga di bawah 2 jutaan, ada banyak pilihan yang membingungkan. Namun pada umumnya kebanyakan pengguna Android akan memilih ponsel dengan layar besar dan baterai tahan lama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A03s
  • Rilis September 2021
  • Layar 6.5 inci PLS LCD ~270 ppi
  • Chipset MediaTek MT6765 Helio P35 (12nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 15W
  • Harga Rp 1.800.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A03s dan Harganya

Selain itu, Samsung juga terhitung cukup sering menghadirkan perangkat yang memiliki spesifikasi tidak jauh berbeda di seri yang sama. Nah, apakah kalian masih bingung memilihnya? Informasi pada tulisan ini akan membantu kalian untuk menentukan pilihan dengan menyajikan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A03s.

Kelebihan Samsung Galaxy A03s

Meskipun dibanderol dengan harga sangat terjangkau, namun perangkat di seri ini jarang mengecewakan pengguna setia Samsung. Pasalnya, Samsung sangat bermurah hati dengan menghadirkan keunggulan berupa layar besar dan baterai yang tahan lama. Untungnya keunggulan dari Galaxy A03s tentu tidak sebatas itu saja. Mari simak deretan kelebihannya di bawah ini.

Layar Besar

Smartphone masa kini membutuhkan ukuran display yang besar untuk memenuhi kebutuhan maksimum penggunanya. Galaxy A03s memiliki parameter layar yang baik dengan ukuran 6,5 inci. Secara keseluruhan dimensi dan bobot Galaxy A03s serupa dengan generasi sebelumnya, yakni panjang 164 mm, lebar 7.6 mm, tebal 9.1 mm, dan berat 196 g.

Dipadukan dengan bagian belakang yang melengkung dengan bagian tepinya, maka kalian akan mendapatkan kualitas build dan genggaman Galaxy A03s di tangan relatif nyaman. Layar yang besar dipadukan rentang body standar adalah salah satu poin lebih dari perangkat ini.

Penyimpanan Besar dan Performa Lancar

Dalam hal penyimpanan dan kemampuan multitasking, Samsung Galaxy A03s memiliki memori internal 64GB dan RAM 4GB. Produk ini memang memiliki ruang yang cukup untuk membantu kalian menyimpan banyak data seperti dokumen, aplikasi favorit, serta data untuk belajar atau bekerja.

Kapasitas ruang cukup besar pada Galaxy A03s bertujuan untuk menunjukkan kemampuan multitasking yang baik. Dengan begitu kalian bisa secara fleksibel beralih di antara tugas-tugas biasa seperti browsing web, scrolling sosial media, dan bermain game tanpa harus me-restart aplikasi.

Dipadukan dengan performa yang dibawa oleh chip Helio P35, Samsung Galaxy A03s menawarkan performa yang tidak kalah cepat dengan vendor lain di titik harga yang sama. Yang lebih menarik adalah chipset-nya memiliki proses fabrikasi 12nm. Walaupun manufaktur ini bukan tergolong kelas atas, namun kalian bisa mengandalkan kinerjanya yang diklaim mulus.

Prosesor Octa-core tersebut sangat dihargai karena menawarkan kecepatan clock maksimum 4x 2,35 GHz. Di sisi lain, kehadiran unit grafis PowerVR GE8320 menjadikan Galaxy A03s pilihan yang tepat untuk pengguna yang produktif.

Kapasitas Baterai Tinggi

Dalam beberapa tahun terakhir, Samsung telah menunjukkan keseriusannya dalam branding Galaxy A series. Hal ini terbukti ketika Samsung terus menerus melengkapi seri yang satu ini dengan baterai 5.000 mAh. Galaxy A03s adalah salah satu dari sekian banyak perangkat di seri A yang mendapatkan nilai jual berharga tersebut.

Dengan baterai 5.000 mAh, Galaxy A03s menunjukkan kemampuannya untuk beroperasi sepanjang hari meskipun harus melakukan banyak aktivitas atau membuka beberapa aplikasi sehingga menghabiskan banyak daya. Selain itu, kapasitas tinggi tersebut hadir dengan teknologi fast charging hingga 15W yang biasanya memang tampak di segmen entry-level milik Samsung.

Kombinasi Kamera Belakang yang Pas

Saat ini, Realme dan Redmi telah mendapatkan banyak ruang di pasar global dengan membuat smartphone kamera terbaik. Oleh karena itu, Samsung tampaknya tidak ingin kalah saing dengan kompetitornya tersebut.

Galaxy A03s hadir dengan tiga kamera belakang sebagai langkah untuk menyamai kedudukan spesifikasi sensor optiknya. Kamera belakang pada perangkat ini memuat sensor wide sebagai kamera utama dengan resolusi 13MP. Sementara kamera sekundernya masing-masing mencakup sensor depth 2MP dan kamera makro 2MP. Terdapat pengaturan yang bisa digunakan secara manual seperti ISO, white balance, dan EV untuk membuat foto kalian menjadi lebih menarik.

Memiliki Dukungan Ekspansi Penyimpanan MicroSD

Jangan dulu kecewa dengan konfigurasi tunggal ruang penyimpanan Samsung Galaxy A03s. Bagi sebagian orang, kapasitas ruang RAM 4GB dan memori internal 64GB yang dimiliki oleh smartphone ini memang tergolong kurang. Oleh sebab itu Samsung telah menyediakan dukungan ekspansi penyimpanan melalui microSD yang bisa kalian gunakan. Tak tanggung-tanggung, kapasitas memori yang bisa dimuatnya mencapai 1TB.

Kekurangan Samsung Galaxy A03s

Adalah hal yang wajar bagi smartphone terjangkau memiliki beberapa kekurangan. Namun kalian harus menilik terlebih dahulu apakah kekurangan di bawah ini adalah hal-hal yang bisa diabaikan sebelum membeli Galaxy A03s.

Resolusi Hanya HD+

Pada bagian depan, Samsung Galaxy A03s masih memiliki layar Infinity-V dengan ukuran yang sama dengan pendahulunya, yakni 6,5 inci. Namun sangat disayangkan bahwa panel IPS LCD tersebut adalah panel lebar dengan resolusi HD+ (720 x 1.600 piksel). Kami masih dapat menjalankan banyak film HD untuk streaming, namun sangat disayangkan kualitasnya agak kurang memuaskan.

Di sisi lain untuk smartphone dengan harga 1 jutaan, ada vendor yang telah menawarkan kualitas display Full HD+ sehingga hal ini bisa menjadi poin minus bagi Galaxy A03s. Selain itu, batas layar sekitar Galaxy A03s juga relatif tebal jika dibandingkan dengan kompetitornya.

Kamera Selfie Resolusi Kecil

Kamera pada perangkat ini memang tidak menawarkan kualitas yang lebih baik saat mengambil foto di malam hari. Meskipun kameranya bisa merekam video 1080p, namun tidak ada dukungan gyro-EIS. Tak cukup sampai di situ saja, kualitas selfie dari Galaxy A03s terhitung masih di bawah rata-rata.

Saat sebagian besar pesaingnya menawarkan setidaknya kamera selfie 8 MP, Samsung Galaxy A03s hadir dengan kamera selfie standar 5 MP. Oleh karena itu, kalian harus bekerja lebih ekstra saat ingin membuat selfie grup menjadi maksimal dengan detail yang memuaskan.

Samsung Galaxy A03s memang tidak menawarkan fitur khusus yang membuat aktivitas memotret dan merekam menjadi menyenangkan. Jika kalian termasuk pengguna Android yang selektif dalam memilih smartphone dengan kamera menawan, mungkin akan sedikit kecewa dengan kinerja kamera selfie-nya.

Tidak Memiliki Pelindung Layar

Kekurangan yang satu ini memang sudah menjadi hal yang hampir selalu menjadi titik perhatian di smartphone dengan harga 1 jutaan. Karena tidak memiliki perlindungan layar atau body yang memadai, perangkat ini harus digunakan dengan hati-hati di segala situasi agar tidak rentan mengalami kerusakan.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Galaxy A03s yang wajib diketahui. Dengan deretan kelebihan dan beberapa kekurangan di atas, tentu saja smartphone terbaru dari Samsung ini masih worth it to buy karena tidak akan menguras kantong kalian.