Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A22 5G

Berikut kelebihan Samsung Galaxy A22 5G dan kekurangannya lengkap dengan info harga dan spesifikasi

Acara terkait 5G di Indonesia semakin populer. Saat ini, orang tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli ponsel kelas atas karena ponsel standar pun sudah dilengkapi dengan konektivitas 5G.

HP Samsung
Spesifikasi Samsung Galaxy A22 5G
  • Rilis Juni 2021
  • Layar 6.6 inci TFT 90Hz ~399 ppi
  • Chipset MediaTek Dimensity 700 5G (7 nm)
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 5 MP (ultrawide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 15W
  • Harga Rp 3.300.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A22 5G dan Harganya

Misalnya Samsung yang telah meluncurkan perangkat 5G dengan harga yang terjangkau misalnya Samsung Galaxy A22 5G. Samsung Galaxy A22 5G. Harganya Rp. 3.299.000 + (biaya rilis).

Pasar pasti memiliki smartphone 5G murah dari merek seperti realme, OPPO, atau Xiaomi. Hal yang mengejutkan adalah bahwa merek mapan seperti Samsung juga keluar dengan ponsel 5G dengan biaya yang masuk akal. Sebenarnya saat artikel ini ditulis Samsung Galaxy A22 5G merupakan smartphone 5G dengan harga termurah yang bisa Anda beli di Indonesia.

Hal ini tentunya akan menarik banyak perhatian dari para pecinta gadget. Apa saja aspek yang dikorbankan oleh ponsel ini untuk mendapatkan harga tersebut?

Apakah spesifikasi yang bukan kehadiran 5G diciptakan untuk bersaing dengan ponsel Cina murah? Untuk mengetahui jawabannya, simak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A22 5G!

Kelebihan Samsung Galaxy A22 5G

Biaya rendah tidak berarti bahwa smartphone Samsung 5G dinilai terlalu tinggi. Ada banyak keunggulan Galaxy A22 ini, yang memungkinkannya untuk bersaing di bagian berikut.

Chipset Dimensity 700 Berkinerja Tinggi

Dibandingkan dengan Galaxy A22 yang merupakan model 4G LTE, Samsung mempersenjatai model 5G ini dengan chipset yang lebih bertenaga. Galaxy A22 5G ini mengandalkan MediaTek Dimensity 700 5G yang merupakan fabrikasi 7nm, dipadukan dengan kartu pengolah grafis Mali G57 MC2.

Chip Mediatek Dimensity 700 5G dipandang sebagai "teknologi baru" pada saat ponsel Galaxy A22 5G-nya dirilis. Chip ini dirilis pada April 2021 dan sebelumnya digunakan di Realme 8 5G.

Dimensity 700 5G dilengkapi dengan konfigurasi octa-core yang terdiri dari dua inti Cortex A76 ARM (2,2 GHz) dan enam inti Cortex A55 (2,0 GHz). Untuk smartphone yang optimal Galaxy A22 5G dilengkapi dengan RAM LPDDR4x Dual Channel 6GB yang berjalan pada kecepatan 1866 MHz.

Berdasarkan laporan GSM Arena, Samsung Galaxy A22 5G hadir dengan skor benchmark Geekbench 5 yang cukup tinggi untuk kelasnya. Ini skor 562 poin pada tes single-core, dan 1755 untuk tes multi-core.

Namun tampaknya Galaxy A22 5G juga terbukti lebih efisien dibandingkan pendahulunya, Galaxy A22 LTE dalam hal benchmark AnTuTU v8. Berdasarkan laporan Kimovil Varian 4G yang menggunakan Helio G80 hanya mendapat skor 200.458 poin, sedangkan Galaxy A22 5G mendapat skor 249.720 poin.

Bagaimana performa ponsel ini di game berat? Meski dibanderol dengan harga hanya 3 juta rupiah, ternyata Galaxy A22 5G sudah bisa memainkan game sekeras Genshin Impact, lho!

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh YouTube Cupu menurut pengujian yang dilakukan oleh YouTube Cupu, perangkat ini mampu mencapai kecepatan rata-rata sekitar 28 frame per detik pada pengaturan terendah. Bisa dimainkan karena 30 FPS adalah patokan yang harus dipenuhi agar game bisa dimainkan dengan nyaman. Di ujung bawah cukup dapat diterima.

Ia juga dapat memainkan game PUBG M dengan pengaturan Smooth dan Extreme serta memberikan pengalaman yang memuaskan. Tanpa lag, kecuali frame drop sesekali yang sangat jarang terjadi. gamer juga bisa memanfaatkan sensor gyro untuk mengincar musuh.

Ukuran layar besar, 90Hz dengan Resolusi Full HD+

Bagi kami, smartphone dengan layar yang lebih besar dari 6,5 inci bisa tergolong lebar. Jadi, Samsung Galaxy A22 5G Samsung Galaxy A22 5G layak mendapatkan pengakuan karena menawarkan layar 6,6 inci dengan resolusi Full HD Plus 1080p.

Ukuran layar meningkat secara signifikan jika dibandingkan dengan Galaxy A22 4G. Galaxy A22 4G yang masih menggunakan layar 6,4 inci dengan resolusi 720p. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan gambar yang lebih jelas dan lebih besar di layar Galaxy A22 5G ini yang memiliki kerapatan piksel yaitu 399ppi.

Dengan tambahan kecepatan refresh 60 Hz, ini membuat layar tampak lebih halus dari 60 Hz. Selain membuat transisi antar layar menjadi lebih mulus, game tertentu seperti Subway Surfer dan Temple Run juga berjalan dengan kecepatan refresh 90 Hz.

Galaxy A22 5G dari Samsung memiliki poni berbentuk tetesan air yang juga dikenal sebagai takik tetesan air. Ini agak kuno, terutama jika Anda mempertimbangkan bahwa banyak ponsel lain dengan 3 juta pengguna memiliki fitur punch hole. Bezel yang ada di bagian dagu terlihat cukup tebal. Secara keseluruhan, ponsel ini memiliki rasio body-to-screen pada ~82,3 persen.

Baterainya besar, dengan kapasitas baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Sebuah ponsel yang memiliki baterai yang mengesankan adalah impian bagi sebagian besar pengguna. Pasalnya, ponsel dengan kapasitas besar mampu bertahan lebih lama seperti Samsung Galaxy A22 5G yang hadir dengan baterai Li-Po non-removable berkapasitas 5.000 mAh.

Kapasitas 5.000mAh hadir dengan ponsel ini, Samsung Galaxy A22 LTE. Namun mengingat ponsel ini dilengkapi dengan prosesor dengan peningkatan TDP (10 W, bukan lima W) serta layar yang lebih banyak daya, ada kemungkinan Galaxy A22 5G tidak seefisien Galaxy A22 5G. Versi 4G dalam hal penggunaan baterai.

Kami terkesan dengan masa pakai baterai ponsel 5G. Berdasarkan laporan dari JagatReview bahwa baterai pada ponsel hanya akan sedikit menyusut saat digunakan untuk game yang berat. Jika Anda mendukung pemutaran video dengan baterai 100 persen, perangkat akan berjalan selama 19 jam 37 menit hingga baterai habis.

Namun diuji menggunakan Genshin Impact (Setelan terendah, 60 FPS) selama 30 menit, baterai hanya berkurang 9 persen. Ini adalah masa pakai baterai yang mengesankan, artinya pengguna tidak bergantung pada stopkontak.

HP 5G Murah yang Menawarkan Kamera Ultrawide

Jika dibandingkan dengan ponsel 5G lainnya yang dibanderol entry level seperti Realme 8 5G, Redmi Note 10 5G dan OPPO A53 5G serta Samsung Galaxy A22 5G akan tampil lebih unggul dari segi kamera. Pasalnya, tak satu pun dari ketiga ponsel yang disebutkan sebelumnya memiliki kamera ultrawide seperti yang dimiliki Galaxy A22 5G.

Untuk informasi lebih lanjut, perangkat ini dilengkapi dengan pengaturan Triple Camera yang terdiri dari lensa utama dengan 48 MP dan lensa ultrawide 5MP yaitu 115@ dan sensor kedalaman yang memiliki resolusi dua MP. Dimasukkannya lensa ultrawide adalah fitur penting untuk kompetisi HP 5G yang paling terjangkau, memungkinkan pengguna untuk mengakomodasi lebih banyak subjek ke dalam satu bingkai.

Selain itu, kamera belakang dapat merekam video pada resolusi hingga 2K, alih-alih terjebak pada 1080p seperti versi 4G. Untuk kamera di bagian depan Samsung Galaxy A22 5G menawarkan kamera 8MP yang memiliki aperture f/2.0 yang memungkinkan perekaman video hingga 1080p dan 30 FPS.

Pada kenyataannya, perangkat keras OIS tidak termasuk dalam versi LTE. Sementara OIS hadir, OIS dapat membantu pengguna dalam membuat rekaman video yang stabil dan berkualitas baik.

Satu UI tanpa Bloatware

Antarmuka pengguna ponsel ini hadir dengan One UI Core 3.1 yang dibangun di atas Android 11. Versi terbaru One UI Core 3.1 membawa banyak peningkatan seperti desain ikon yang diperbarui dan lebih seragam, selain peningkatan kinerja sehingga aplikasi dapat dijalankan lebih cepat.

Seperti antarmuka lainnya, Anda juga dapat bekerja dengan berbagai aplikasi pihak ketiga yang menghabiskan banyak ruang. Namun, selama penginstalan awal, Anda akan dapat menghapus centang pada berbagai opsi aplikasi untuk memastikan bahwa aplikasi ini tidak diinstal.

Ini sangat berguna untuk menghilangkan bloatware karena Anda memiliki opsi untuk memilih mana yang Anda inginkan dan mana yang tidak.

Kekurangan Samsung Galaxy A22 5G

Terlepas dari kelebihan tersebut Selain kelebihan tersebut, Samsung Galaxy A22 5G ini juga dilengkapi dengan sejumlah kekurangan yang dapat digunakan untuk membantu Anda memutuskan apakah Anda ingin membeli ponsel.

Apakah Anda memiliki tubuh yang berat?

Ponsel yang nyaman digunakan adalah ponsel yang memiliki bobot yang ringan, sehingga tidak menyebabkan tangan cepat gatal. Samsung Galaxy 5G ini cukup berat dengan bobot 203 gram.

Untuk persaingan HP 5G di segmen low-end Samsung Galaxy A22 dikalahkan oleh berbagai pesaing, antara lain Realme 8 5G yang ringan sekitar 185 gram, dan OPPO A55 5G dengan berat 186 gram. Untuk lebih jelasnya perlu diketahui bahwa Galaxy A22 memiliki dimensi panjang 167,2 milimeter, lebar 76,4 mm, dan tebal 9 milimeter.

Masih Menggunakan Layar TFT

Tampilan panel PLS-nya adalah tampilan merek dagang Samsung dengan IPS. Ini adalah kerugian dibandingkan Super AMOLED, karena tidak memiliki rasio kontras yang sama serta kecerahan yang lebih rendah.

Namun, menurut JagatReview layarnya tidak terlalu buruk saat Anda menatapnya di bawah teriknya sinar matahari. Keterbacaannya tetap tajam, dan saat Anda menggunakannya untuk menonton film di luar, sangat nyaman.

Ini adalah masalah mengingat banyak dari 3 juta smartphone lainnya sudah memiliki panel Super AMOLED , meskipun semuanya menggunakan LTE. Anda juga harus memutuskan apakah lebih penting memiliki koneksi 5G atau panel layar yang lebih baik?

Pengisian Cepat 15 W. Terasa sangat lambat

Untuk memudahkan aktivitas di luar rumah Setiap merek berlomba-lomba menawarkan kemampuan fast charging untuk setiap produk yang mereka jual. Samsung Galaxy A22 5G ini tidak terkecuali. Muncul dengan pengisian cepat 15 W.

Namun, daya pengisian bukanlah yang paling efisien yang tersedia untuk harga Rp. 3 juta karena perangkat di bawah ini menawarkan sumber daya hingga 33 W. Ini akan memberikan waktu pengisian rata-rata lebih dari 2 jam menggunakan pengisi daya 15W.

Tidak ada NFC

Fungsi NFC seperti Bluetooth Dapat digunakan untuk mentransfer dokumen antara dua perangkat. Namun, menggunakan NFC Anda hanya perlu mengetuk perangkat lain dan Anda akan dapat mengirim file dengan segera. Selain itu, NFC juga berguna sebagai dompet elektronik yang memungkinkan Anda melakukan transaksi di perangkat yang mendukung fitur ini.

Samsung Galaxy A22 5G memang menyediakan konektivitas WiFi 5G dan 5G dual-band namun tidak mendukung NFC. Jika Anda tidak memerlukan NFC, itu bukan kerugian. Hal ini dikarenakan tidak semua kota memiliki mesin transaksi NFC dan tidak semua orang memiliki eToll atau eMoney Card.

Jika Anda tertarik dengan smartphone Samsung 5G yang juga dilengkapi dengan NFC dan tidak menguras kantong, pilihan terbaik adalah Samsung Galaxy A32 5G. Meskipun mahal, di Rs. 3.999.000,-, setidaknya masih dalam segmen 3 juta rupiah.

Satu-satunya Pembicara Mono Saat Ini

Ini bisa menjadi kerugian, berdasarkan preferensi pengguna. Bahkan sudah banyak pengguna HP 3 juta yang telah memanfaatkan speaker stereo, yang dapat menghasilkan suara yang nyaring saat menonton film.

Dalam konteks ponsel berkemampuan 5G cukup normal untuk tidak memiliki speaker ganda. Jika Anda memiliki speaker mono atau speaker yang hanya menyala satu arah, pengalaman bermain game atau kebutuhan multimedia lainnya mungkin bukan yang terbaik.

Samsung Galaxy A22 akan menawarkan spesifikasi yang kompetitif meskipun harganya murah. Dengan biaya $3 juta Anda sudah akan menggunakan perangkat 5G yang menggunakan n40 band yang merupakan satu-satunya yang didukung oleh Telkomsel saat ponsel pertama kali diluncurkan.

Lensa ultrawide di handset ini mungkin menjadi sinyal untuk bangun bagi produsen lain. Ada kemungkinan bahwa perusahaan seperti Xiaomi dan realme akan segera dapat menawarkan lensa ultra lebar ke ponsel 5G mereka yang murah.

Namun kami sangat kecewa dengan tidak adanya NFC di handset ini. Kabar baiknya adalah Anda hanya perlu merogoh kocek beberapa ratus ribu rupiah untuk mendapatkan Samsung Galaxy A32 yang memiliki NFC. Apa pendapat dan pesan Anda tentang ponsel ini? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar, ya!

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn