Review Kelebihan dan Kekurangan Asus ROG Phone 5 Ultimate

Asus ROG Phone 5 Ultimate ikut serta dalam list persaingan smartphone gaming kekinian yang patut kalian jajal performanya.

HP Asus
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Asus ROG Phone 5 Ultimate
  • Rilis Juni 2021
  • Layar 6.78 inci AMOLED 144Hz HDR10+
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU Adreno 660
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 18/512 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 13 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan 24 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 6000 mAh, Fast charging 65W
  • Harga Rp 19.000.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Asus ROG Phone 5 Ultimate dan Harganya
Berbeda dari model reguler maupun model Pro, Asus ROG Phone 5 Ultimate bahkan berani memberikan banyak keunggulan yang menjamin aktivitas gaming bertambah gesit.

Diluncurkan pada 2021 lalu, simak kelebihan dan kekurangan yang akan kalian dapatkan dari Asus ROG Phone 5 Ultimate.

Kelebihan Asus ROG Phone 5 Ultimate

Sebagai ponsel yang menyasar para gamer, tentu saja keunggulan Asus ROG Phone 5 Ultimate berkisar mengenai performa dan komponen gaming yang mendukung. Penasaran? Ini dia kelebihan Asus ROG Phone 5 Ultimate.

Performa Mantap

Tak dapat disangkal, performa Asus ROG Phone 5 Ultimate sangat unggul dan mumpuni. Ponsel ini ditenagai oleh chip jagoan Qualcomm pada tahun 2021, yakni Snapdragon 888. Selayaknya HP flagship, kinerja Asus ROG Phone 5 Ultimate tidak mengalami kendala saat digunakan untuk bermain game dan multitasking aplikasi berat dengan clock speed CPU di angka 2.84 GHz.

Oleh Asus, chip tersebut dikombinasikan dengan konfigurasi penyimpanan lega yang bervariasi. Kalian bisa memiliki RAM jumbo berukuran hingga 18 GB yang dipasangkan bersama memori internal hingga 512 GB.

Desain Futuristik

Bukan sembarang HP gaming, Asus ROG Phone 5 Ultimate hadir dengan desain futuristik yang memberikan kesan mewah. Tanpa RGB, Asus membekali perangkat ini dengan panel AMOLED mini di punggungnya yang diberi nama ROG Vision untuk menampilkan teks, grafis, dan lainnya.

Layar Memanjakan Mata

Untuk membuat penggunanya betah menggunakan Asus ROG Phone 5 Ultimate, tentu saja layar yang diusung harus berkualitas. Perangkat ini telah menjamin visualisasi display kelas atas dengan panel AMOLED berukuran 6.78 inci Full HD Plus.

Kemampuan scrolling dan navigasi Asus ROG Phone 5 Ultimate tidak usah diragukan lagi karena terdapat refresh rate tinggi mencapai 144 Hz dan touch sampling rate 360 Hz. Dukungan gamut warna Asus ROG Phone 5 Ultimate mencapai DCI-P3 111% sehingga kalian dapat menikmati kualitas tampilan yang oke. Selain itu, panel E4 dari Samsung ini juga memiliki akurasi Delta E<1

Baterai Jumbo

Asus ROG Phone 5 Ultimate dijamin dapat bertahan seharian penuh dengan kapasitas 6.000 mAh yang terbagi menjadi dual cell 3.000 mAh. Asus menyertakan dukungan fast charging hingga 65 Watt yang meningkat dari pendahulunya untuk durasi charging yang lebih kencang, yakni hanya butuh waktu kurang dari 1 jam untuk mengisi ulang daya dari 0 hingga 100%.

AeroActive Cooler 5 Hadir dalam Paket Penjualan

Asus ROG Phone 5 Ultimate mempunyai keistimewaan dibanding dua saudaranya yang lain. Jika memilihnya sebagai daily driver, kalian akan mendapatkan paket penjualan lengkap termasuk aksesoris gaming AeroActive Cooler 5 dalam boks pembelian. Dengan menggunakan aksesoris pendingin ini, maka suhu ponsel akan turun hingga 15 derajat Celsius. Wah, makin mantap nih untuk nge-game!

Kekurangan Asus ROG Phone 5 Ultimate

Kendati spesifikasi Asus ROG Phone 5 Ultimate terlihat sangat menggiurkan, ingat bahwa perangkat ini juga memiliki beberapa kekurangan yang tidak boleh lupa untuk dipertimbangkan. Berikut ini beberapa kekurangan Asus ROG Phone 5 Ultimate yang wajib kalian ketahui.

Tidak Ada Sertifikasi IP Rating

Asus ROG Phone 5 Ultimate hadir ke persaingan ponsel kelas atas tanpa dibekali dengan sertifikasi IP Rating. Sangat disayangkan keputusan Asus ini membuatnya enggan dipilih oleh sebagian pengguna yang mengutamakan keamanan dan jaminan ketahanan ponsel di berbagai kondisi.

Karena absennya sertifikasi IP Rating ini, maka Asus ROG Phone 5 Ultimate harus digunakan dengan hati-hati karena masih rentan terhadap debu dan air yang menyebabkan kerusakan pada komponen perangkat. Apakah hal ini tidak menjadi masalah bagi kalian?

Konfigurasi Kamera Tidak Meningkat

Sudah tradisi pada lini ROG milik Asus dengan tidak menghadirkan konfigurasi kamera yang bersaing dari para rivalnya. Setup kamera Asus ROG Phone 5 Ultimate terasa biasa-biasa saja dan minim upgrade masih dengan setup triple kamera di bagian belakangnya.

Meski demikian, kalian masih dapat mengandalkan kamera utama 64 MP yang diiringi dengan dua kamera pelengkap berupa kamera ultrawide 13 MP dengan kamera makro 5 MP. Sementara kamera depannya juga tetap memiliki resolusi yang sama dengan pendahulunya, yakni 24 MP saja. Menurut klaimnya, Asus ROG Phone 5 Ultimate memiliki kemampuan rekaman video hingga resolusi 8K pada kecepatan 30 fps.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan Asus ROG Phone 5 Ultimate yang wajib kalian pertimbangkan sebelum fix memboyongnya pulang dan menyiapkan budget belasan juta. Secara keseluruhan, Asus ROG Phone 5 Ultimate memang sangat worth it to buy untuk gamer sejati.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn