Kelebihan dan Kekurangan Asus ROG Phone 7 Ultimate

Gambar Asus ROG Phone 7 Ultimate
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Asus ROG Phone 7 Ultimate
  • Rilis juli 2023
  • Layar 6.78 inci AMOLED 165Hz HDR10+
  • Chipset Qualcomm SM8550-AB Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm)
  • GPU Adreno 740
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 16/512 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 13 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan 32 MP
  • Baterai Li-Po 6000 mAh, Fast charging 65W
  • Harga Rp 19.000.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Asus ROG Phone 7 Ultimate dan Harganya
ASUS merilis generasi terbaru dari seri ROG Phone secara global pada bulan April 2023 dengan judul ASUS ROG Phone 7 Ultimate, sebagai varian tertinggi di antara ASUS ROG Phone 7 reguler.

Ponsel ini menggantikan ASUS ROG Phone 6D yang dirilis pada tahun 2022. ASUS kali ini menonjolkan chipset terkemuka di tahun 2023, yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Chipset ini mendukung ray tracing secara real time, mirip dengan teknologi yang ada pada PC dan konsol gaming.

Berbagai peningkatan dapat dirasakan, termasuk konektivitas Wi-Fi 7, UFS 4.0, dan inovasi-inovasi lainnya. ASUS ROG Phone 7 Ultimate memperoleh pujian terutama untuk sistem pendingin yang efisien dan kemampuannya dalam menjaga kinerja maksimal, bahkan dalam situasi beban berat. Sebagai versi Ultimate, ponsel ini juga disertai dengan aksesoris AeroActive Cooler 7 dalam paket penjualannya. Untuk lebih mengetahui, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan ASUS ROG Phone 7 Ultimate

Meskipun dari penampilan luar, ASUS ROG Phone 7 Ultimate terlihat akrab dengan seri-seri sebelumnya, namun terdapat sejumlah peningkatan dan keunggulan yang dihadirkan. Berikut adalah daftarnya:

Performa Superior dengan Snapdragon 8 Gen 2

ASUS ROG Phone 7 Ultimate, yang dirilis pada tahun 2023, hadir dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang sangat powerful. Chipset ini dianggap sebagai salah satu SoC Android terkuat di dunia, bahkan menduduki peringkat teratas pada saat peluncurannya.

ASUS menonjolkan bahwa SoC yang digunakan telah mengalami overclocking GPU untuk memberikan performa yang lebih unggul. Namun, perlu dicatat bahwa ini bukanlah Snapdragon 8 Gen 2 biasa, melainkan versi yang menawarkan sejumlah peningkatan dibandingkan dengan varian reguler.

Dibuat dengan fabrikasi 4 nm dari TSMC, Snapdragon 8 Gen 2 memiliki konfigurasi delapan inti yang mencakup Kryo Prime berbasis Cortex X3 (3.2 GHz), dua Kryo Gold berbasis Cortex A715 (2.8 GHz), dua Kryo Gold berbasis Cortex A710 (2.8 GHz), dan dua inti Cortex A510 (2.0 GHz).

Keunikan SoC ini terletak pada jumlah inti bertenaga tinggi yang mencapai enam, sementara chipset umumnya hanya memiliki empat inti hemat daya. ASUS ROG Phone 7 Ultimate juga menawarkan penyimpanan internal UFS 4.0 yang dua kali lebih cepat dari UFS 3.0, serta fitur X Mode yang meningkatkan performa ponsel ke tingkat lebih tinggi.

Berdasarkan informasi, ASUS ROG Phone 7 Ultimate mencapai skor AnTuTu v9 sebesar 1.218.533 poin, yang meningkat menjadi 1.310.055 poin ketika X Mode diaktifkan. Dengan X Mode+ dan AeroActive Cooler, skor tersebut bahkan meningkat menjadi 1.325.105 poin.

IGN India juga mencatat bahwa ponsel ini mampu menjalankan Genshin Impact dan Apex Legends pada pengaturan grafis tertinggi tanpa hambatan, dengan masing-masing gim hanya menggunakan 50% daya hardware.

Performa Sistem Pendingin Optimal Tanpa Kompromi

ASUS ROG Phone 7, sebagai flagship HP gaming bergengsi, tidak hanya menonjol dalam performa tetapi juga didukung oleh salah satu sistem pendingin terbaik di dunia. Dalam uji thermal throttling, perangkat ini menunjukkan hasil yang luar biasa.

Pada mode Dynamic tanpa X Mode, ponsel dapat mempertahankan 65% dari performa puncak maksimal setelah 60 menit pengujian. Penurunan performa terjadi secara perlahan, menghindari penurunan drastis yang sering mengakibatkan grafis patah-patah.

Saat X Mode diaktifkan, ROG Phone 7 menunjukkan hasil yang memuaskan, mempertahankan 75% dari performa puncak selama 60 menit uji coba. Dengan pemasangan kipas eksternal (X Mode+), perangkat ini bahkan mampu mempertahankan 82% dari total kapasitas performanya, menunjukkan kinerja pendinginan yang sangat baik.

Peningkatan juga terjadi pada aksesoris AeroActive Cooler 7, yang kini dapat berfungsi sebagai subwoofer ketika dipasangkan dengan ponsel, meningkatkan kualitas audio secara signifikan.

Tombol Bahu Air Trigger yang Inovatif

Tombol bahu pada ASUS ROG Phone 7 Ultimate bukanlah hal biasa, melainkan sebuah inovasi yang tidak tertandingi. Tidak hanya berfungsi sebagai tombol tekan biasa, tombol ini juga dilengkapi dengan serangkaian gesture yang beragam.

Selain dapat ditekan, tombol ini juga dapat di-swipe untuk memberikan perintah yang berbeda. Terdapat pula gesture lain seperti tap, slide vertikal dan horizontal, dan banyak lagi. Menariknya, kedua tombol ini dapat dipisahkan menggunakan partisi, memungkinkan pengguna memberikan empat perintah berbeda dengan menekan tombol di lokasi yang berbeda.

Fitur motion control juga menjadi daya tarik, memungkinkan pengguna menggerakkan karakter atau memberikan perintah hanya dengan menggerakkan ponsel. Ada hingga 10 motion control yang dapat dengan mudah dipetakan melalui antarmuka khusus yang disediakan.

Kualitas Layar Lebih Tajam

Layar ASUS ROG Phone 7 Ultimate, berukuran 6,78 inci dengan resolusi Full HD+, menggunakan panel E4 AMOLED dari Samsung yang menawarkan peningkatan kecerahan yang signifikan.

Kini, layar mendukung kecerahan HBM hingga 1000 nit dan kecerahan puncak mencapai 1500 nit. Panel ini juga mendukung 1 miliar warna, bersertifikasi HDR10+, dan memiliki refresh rate mencapai 165 Hz, menjadi salah satu yang tertinggi di industri.

Layar ini juga mendukung touch sampling rate hingga 720 Hz untuk meningkatkan responsivitas layar terhadap sentuhan jari. Berdasarkan uji coba GSM Arena, kecerahan layar ponsel ini mencapai 522 nit dalam mode manual dan 1095 nit dalam mode otomatis.

ASUS ROG Phone 7 Ultimate juga memberikan dukungan penuh untuk konten HDR dengan sertifikasi HDR10, HDR10+, dan HLG. Fitur baru pada layar dapat mengonversi konten SDR menjadi HDR secara real-time. Penting juga dicatat bahwa layar ini memiliki sertifikasi DRM Widevine L1, memungkinkan akses ke konten Full HD di layanan streaming seperti Netflix dan Amazon Prime Video.

Baterai Awet dan Charger Cepat

ASUS ROG Phone 7 Ultimate, dirancang khusus untuk gaming intensif, dilengkapi dengan baterai yang sangat tahan lama. Dengan kapasitas 6.000 mAh, baterai ini melanjutkan tradisi ASUS ROG Phone series sebelumnya.

ASUS menggunakan teknologi MMT (Middle Middle Tab) untuk meningkatkan kepadatan energi dalam baterai dengan cara mengisi daya dari pusat ke pinggir. Pendekatan ini juga membantu mengendalikan suhu baterai.

Menurut uji endurance rating dari GSM Arena, ASUS ROG Phone 7 Ultimate mencapai skor 131 jam, menunjukkan daya tahan luar biasa di kelas flagship. Ponsel ini bahkan mampu bertahan hingga hampir 30 jam saat menonton video, dengan pengujian menggunakan refresh rate 165 Hz, kecuali pada pemutaran video yang memicu penurunan ke 60 Hz.

Untuk pengisian daya, ROG Phone 7 Ultimate menyajikan fast charging 65 W yang berjalan dengan sangat cepat. Meskipun tidak secepat beberapa pesaingnya yang menggunakan daya 80 W atau bahkan 120 W, tetapi fast charging 65 W ini masih termasuk sangat efisien, hanya membutuhkan waktu 1 jam 7 menit untuk mengisi baterai dari 0-100%. Charger 65 W juga disertakan dalam paket penjualan, bahkan dapat digunakan untuk mengisi perangkat lain seperti laptop atau Nintendo Switch.

Desain Ponsel Gaming Elegan dengan ROG Vision

Desain adalah soal selera, namun ASUS ROG Phone 7 Ultimate tanpa diragukan lagi menawarkan tampilan yang unik dan berbeda dari mayoritas flagship lainnya.

Bodi belakangnya menampilkan berbagai aksen visual yang menghadirkan nuansa gaming tanpa keberlebihan seperti seri sebelumnya. Tren desain HP gaming saat ini cenderung clean dan minimalis, tetapi ASUS ROG Phone 7 Ultimate tetap mempertahankan ciri khasnya, ROG Vision. ROG Vision adalah layar di bagian belakang ponsel yang mampu menampilkan animasi warna-warni, seperti saat menerima panggilan, memulai gim, atau ketika dalam proses pengisian daya.

Material kaca pada bodi belakang memberikan sentuhan mewah dan nyaman di tangan. Selain itu, tampilan ponsel tetap bersih tanpa terlalu banyak bekas sidik jari, menjaga penampilannya selalu prima.

ASUS ROG Phone 7 Ultimate juga mendapatkan sertifikasi tahan air IP54, menempatkannya sebagai salah satu dari sedikit HP gaming flagship yang menawarkan perlindungan terhadap cipratan air atau gerimis, meskipun tidak tahan terhadap kedalaman air.

Speaker Stereo Inovatif

ASUS ROG Phone 7 menghadirkan pengalaman audio yang unik dengan dua speaker stereo yang menghadap langsung ke pengguna, berbeda dengan mayoritas ponsel flagship lainnya yang menempatkan speaker di sisi luar.

Teknologi enkapsulasi 3D digunakan untuk meningkatkan volume speaker hingga 50%, memberikan pengalaman audio yang lebih intens. Dengan tuning dari Dirac, kualitas bass pada ponsel ini terdengar lebih baik dan memukau.

Berdasarkan laporan GSM Arena, kualitas suara ASUS ROG Phone 7 Ultimate diakui sangat baik dan cukup lantang tanpa distorsi. Suaranya dianggap salah satu yang paling jernih dan jelas di industri.

Keunikan lainnya, aksesoris AeroActive Cooler 7 yang disertakan dengan ponsel ini dapat berfungsi sebagai subwoofer, meningkatkan performa bass hingga 77%.

Menurut GSM Arena, ponsel ini mencapai skor kelantangan -25,5 LUFS, dan dengan subwoofer, skornya meningkat menjadi -24,4 LUFS, menunjukkan kualitas audio yang luar biasa pada ASUS ROG Phone 7 Ultimate.

Kekurangan ASUS ROG Phone 7 Ultimate

Sementara ASUS ROG Phone 7 Ultimate menonjol dalam fitur gaming-nya, terdapat beberapa sektor di mana ponsel ini masih terasa kurang, antara lain:

Tidak Dilengkapi Kamera Telefoto

Meskipun bukan fokus utama, ASUS ROG Phone 7 Ultimate menawarkan konfigurasi kamera yang cukup baik. Sensor utama ponsel ini adalah kamera wide-angle 50 MP dengan bukaan f/1.9 dan ukuran 1/1.56 inci. Mendampinginya, terdapat kamera ultrawide 13 MP f/2.2 dengan cakupan 120 derajat. Namun, ponsel ini tidak dilengkapi dengan kamera telefoto yang dapat memberikan kemampuan zoom lebih jauh. Sebuah kamera telefoto mungkin akan lebih berguna daripada kamera makro untuk memberikan kemampuan zoom yang lebih baik tanpa kehilangan kualitas.

Tidak Didukung Wireless Charging

Meskipun ROG Phone 7 Ultimate hadir dengan fitur fast charging yang sangat cepat, ponsel ini tidak menyediakan opsi wireless charging. Bagi beberapa pengguna, ketersediaan wireless charging dapat memberikan kenyamanan ekstra dan mengurangi risiko kerusakan pada port charging. Selain itu, beberapa orang juga menyukai kemampuan reverse wireless charging untuk mengisi daya perangkat lain melalui ponsel, yang sayangnya tidak ada pada ASUS ROG Phone 7 Ultimate.

Tidak Tersedia Slot Memori Eksternal

Kehilangan slot memori eksternal menjadi kenyataan pada banyak flagship termasuk ASUS ROG Phone 7 Ultimate. Namun, beberapa pengguna mungkin merasa kurang puas dengan ketiadaan opsi memori tambahan yang dapat digunakan untuk backup data secara instan dan efisien. Slot memori eksternal seringkali menjadi nilai tambah bagi pengguna yang memiliki kebutuhan penyimpanan yang besar atau yang ingin dengan mudah mentransfer data antar perangkat.

Kesimpulan

ASUS ROG Phone 7 Ultimate menawarkan satu varian penyimpanan yang kuat, yaitu RAM 16 GB LPDDR5x dan penyimpanan internal 512 GB UFS 4.0, dengan harga 1.399 euro (sekitar Rp22,7 juta). Kehadiran chipset Snapdragon 8 Gen 2 menjadi poin kunci yang sangat diapresiasi, memberikan performa yang luar biasa untuk kebutuhan gamer e-sport dan pemain emulator konsol.

Meskipun formulanya tampak familiar dari generasi sebelumnya, ROG Phone 7 Ultimate terus memberikan peningkatan di berbagai sektor tanpa membawa inovasi revolusioner. Hal ini dapat dimaklumi, mengingat ASUS ROG Phone series telah menjadi representasi teknologi terdepan. Meskipun demikian, harapan untuk melihat peningkatan pada sektor kamera mungkin muncul di penerus ASUS ROG Phone series, sehingga lebih seimbang dengan harga yang ditetapkan.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn