Kelebihan dan Kekurangan Asus ROG Phone 7

Gambar Asus ROG Phone 7
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Asus ROG Phone 7
  • Rilis Juli 2023
  • Layar 6.78 inci AMOLED 165Hz HDR10+
  • Chipset Qualcomm SM8550-AB Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm)
  • GPU Adreno 740
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB, 12/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 13 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan 32 MP
  • Baterai Li-Po 6000 mAh, Fast charging 65W
  • Harga Rp 11.000.000 - 14.000.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Asus ROG Phone 7 dan Harganya
ASUS ROG Phone 7 tampil sebagai unggulan ASUS dalam ranah ponsel gaming untuk tahun 2023. Diluncurkan secara global bersamaan dengan varian ROG Phone 7 Ultimate pada bulan April 2023, perangkat ini dihadirkan sebagai penerus ROG Phone 6.

Fokus utama ROG Phone 7 adalah peningkatan performa, terutama dengan penggunaan System on Chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 2. Meski demikian, ASUS tidak hanya berhenti di situ, melainkan juga menyajikan berbagai peningkatan lainnya untuk memuaskan penggemar game. Apa saja perbaikan dan peningkatan yang ditawarkan?

Jika Anda merasa informasi di atas masih kurang jelas, mari kita teruskan untuk membaca artikel ini hingga selesai. Terdapat banyak informasi terkait ROG Phone 7 yang dapat memuaskan rasa ingin tahu Anda.

Kelebihan ASUS ROG Phone 7

ASUS ROG Phone 7 tidak hanya sekadar smartphone dengan kinerja tinggi, melainkan sebuah perangkat yang secara khusus dirancang untuk mendukung aktivitas gaming. Selain performa unggul, HP ini juga menawarkan berbagai fitur menarik yang dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal kepada para gamers.

Desain Tangguh dan Tahan Air

ASUS menghadirkan desain baru pada bodi ROG Phone 7, terutama pada bagian belakang. Terdapat dua pola diagonal yang mencolok di bagian belakang ponsel, dengan corak semi-transparan di bagian atas dekat modul kamera yang memberikan sentuhan glossy.

Di bagian bawah, terdapat pola polos dengan sentuhan matte tempat logo RGB ROG Phone. Desainnya mencerminkan identitas sebagai ponsel gaming tanpa berlebihan. Perubahan signifikan lainnya adalah sertifikasi ketahanan yang naik menjadi IP54 dari sebelumnya IPX4. Ini menandakan ketahanan terhadap debu dan percikan air.

Keberhasilan mendapatkan sertifikasi IP54 merupakan pencapaian positif, terutama mengingat sulitnya menerapkan sertifikasi pada ponsel dengan banyak colokan dan speaker besar, menurut GSM Arena. Kualitas build-nya juga mendapat penilaian baik dengan menggunakan material seperti aluminium untuk rangka, Gorilla Glass 3 untuk penutup belakang, dan Gorilla Glass Victus untuk bagian depan.

Bentuk fisik yang melengkung pada rangka dan tepi penutup belakang membuat ROG Phone 7 nyaman digenggam. Tersedia dalam dua pilihan warna, Phantom Black dan Storm White.

Layar AMOLED Super Terang

Meskipun spesifikasi layar ROG Phone 7 mirip dengan pendahulunya, terdapat peningkatan signifikan pada tingkat kecerahan. Layarnya tetap menggunakan panel AMOLED 6,78 inci dengan resolusi Full HD (1080 x 2448 piksel) dan refresh rate hingga 165 Hz, serta touch sampling rate hingga 720 Hz.

Kecerahan layar ROG Phone 7 mencapai 1000 nit dalam kondisi outdoor, 200 nit lebih tinggi dibanding ROG Phone 6. Saat digunakan untuk konten HDR, kecerahan bahkan tembus 1500 nit, meningkat 300 nit dari pendahulunya.

Dengan gamut warna mencapai 111,23% DCI-P3 dan 150,89% sRGB, layar ROG Phone 7 tidak hanya cocok untuk gaming, tetapi juga untuk menonton film dan mengedit video. Akurasi warna yang tinggi dengan tingkat penyimpangan kurang dari 1 (DeltaE) membuatnya cocok untuk menikmati konten streaming berkualitas tinggi.

Tambahan fitur seperti sensor pemindai sidik jari optik memberikan kemudahan dalam keamanan, dengan kecepatan dan akurasi yang tinggi menurut penilaian GSM Arena.

Daya Tahan Baterai Unggulan

ROG Phone 7 hadir dengan keunggulan daya tahan baterai yang mengesankan. Ditenagai oleh dua baterai berkapasitas 3000 mAh, total kapasitas mencapai 6000 mAh. Meskipun tetap setia pada warisan pendahulunya, penggunaan System on Chip (SoC) baru memberikan pengalaman daya tahan baterai yang lebih baik.

Sebuah uji coba yang dilakukan oleh GSM Arena menunjukkan bahwa ROG Phone 7 berhasil mencapai skor ketahanan baterai sebesar 131 jam. Angka ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan ROG Phone 6 Pro yang hanya mencapai 119 jam.

Dalam uji coba pemutaran video lokal, ROG Phone 7 menunjukkan ketahanan luar biasa hingga 29 jam 27 menit dengan refresh rate tetap pada 60 Hz. Proses pengisian daya 6000 mAh ponsel ini juga sangat efisien, cukup dalam waktu 1 jam 1 menit menggunakan charger bawaan 65W.

Keunggulan lainnya dari segi daya adalah fitur "bypass charging" yang memungkinkan listrik dari charger langsung diteruskan ke smartphone tanpa melibatkan baterai. Fitur ini sangat berguna bagi para gamers yang suka bermain sambil mengisi daya, karena dapat menghindari peningkatan suhu pada ponsel dan memperpanjang umur baterai.

Audio Jack dan Display Out untuk Pengalaman Gaming Optimal

Memahami kebutuhan para gamers, ROG Phone 7 dilengkapi dengan audio jack 3,5 mm yang terletak di bagian bawah ponsel. Pengguna dapat menghubungkan earphone atau headset berkabel, mengatasi masalah latensi yang mungkin timbul pada perangkat TWS.

Selain itu, ROG Phone 7 menawarkan fitur USB Display Out yang terletak pada port USB utama di sisi bodi ponsel. Fitur ini memungkinkan pengguna mentransfer tampilan layar ponsel ke monitor eksternal hanya dengan menggunakan kabel USB. Dengan kombinasi audio jack dan Display Out, ROG Phone 7 memberikan pengalaman gaming yang lengkap dan tanpa hambatan.

Jaminan Pembaruan Perangkat Lunak 4 Tahun

ROG Phone 7 membanggakan sistem operasi Android 13 yang dirancang dengan antarmuka khas ROG UI. ASUS memberikan sentuhan khusus untuk memperkuat nuansa gaming pada tampilan ponsel ini. Meskipun begitu, ASUS juga menyediakan tema standar untuk pengguna yang menginginkan kesederhanaan.

Antarmuka ROG Phone 7 ini dilengkapi dengan berbagai fitur khusus, termasuk Battery Care (mengatur mode pengisian baterai), Mobile Manager (untuk peningkatan performa ponsel), dan Armory Crate yang menyediakan beragam opsi optimasi guna meraih performa gaming terbaik.

Meski banyak fitur tersebut sudah akrab bagi pengguna ROG Phone, keunikan ROG Phone 7 terletak pada jaminan pembaruan perangkat lunak selama 4 tahun. ASUS berkomitmen untuk memberikan pembaruan sistem operasi sebanyak 2 kali dan pembaruan keamanan hingga tahun keempat sejak peluncuran ponsel.

Komitmen ini menandai peningkatan signifikan, terutama jika dibandingkan dengan ROG Phone 6 yang hanya menawarkan upgrade Android sebanyak 2 kali dengan pembaruan keamanan selama 24 bulan. ROG Phone 7, dengan kebijakan ini, diharapkan dapat menikmati Android 15 dan mendapatkan dukungan pembaruan hingga tahun 2027.

Kekurangan ASUS ROG Phone 7

Tidak ada smartphone yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan semua pengguna, bahkan untuk kategori flagship sekalipun. ASUS ROG Phone 7, meskipun menjadi pilihan utama bagi para penggemar gaming, juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah penjelasan mengenai hal-hal tersebut.

Desain Berat dan Tebal

ROG Phone 7, sebagai perwakilan kelas flagship dengan fokus pada gaming, hadir dengan bobot dan ketebalan yang mencolok. Bobot yang lebih tinggi merupakan konsekuensi logis dari fitur dan komponen yang lebih canggih yang dimiliki oleh ponsel kelas atas. Dengan orientasi gaming yang kuat, ROG Phone 7 tidak hanya menonjolkan bobot yang signifikan, tetapi juga ketebalan yang mencolok.

Dengan ketebalan mencapai 10,3 mm dan bobot seberat 239 gram, ROG Phone 7 mungkin terasa agak kurang nyaman bagi mereka yang memiliki tangan kecil dan ingin menggenggam ponsel dengan satu tangan. Namun, desain ini lebih sesuai untuk penggunaan dalam mode landscape dengan dua tangan, di mana berat ponsel terdistribusi merata ke kedua sisi.

Performa Kamera Standar

ASUS memilih untuk mempertahankan sebagian besar spesifikasi kamera dari ROG Phone 6 pada ROG Phone 7. Kamera belakang masih mengusung konfigurasi yang sama dengan kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 13 MP, dan kamera makro 5 MP. Perubahan utama terjadi pada kamera depan yang mengalami peningkatan resolusi menjadi 32 MP.

Meskipun ROG Phone 7 mampu merekam video hingga resolusi 8K pada 24 fps, hasil tangkapan kameranya, meski memuaskan, belum mencapai tingkat keunggulan yang diharapkan dari kamera flagship. Khususnya, kamera ultrawide dan kamera depan kurang optimal dalam kondisi cahaya rendah.

AeroActive Cooler 7 Tersedia Terpisah

Salah satu fitur menarik, AeroActive Cooler 7, hadir sebagai kipas peltier yang tidak hanya menjaga suhu ponsel tetap dingin dan kinerjanya stabil, tetapi juga berfungsi sebagai subwoofer speaker dengan audio jack. Sayangnya, fitur ini tidak disertakan dalam paket penjualan global ROG Phone 7 dan hanya tersedia sebagai tambahan opsional.

Untuk mendapatkan AeroActive Cooler 7, konsumen perlu membeli ROG Phone 7 Ultimate. Paket penjualan global ROG Phone 7 hanya mencakup kabel USB C, kepala charger, SIM ejector, dan hard case. Jika Anda sudah memiliki AeroActive Cooler 6 dari ROG Phone 6, Anda masih dapat menggunakannya, karena kipas ASUS generasi sebelumnya kompatibel dengan ROG Phone 7.

Kesimpulan

ASUS ROG Phone 7 berhasil mempertahankan reputasi sebagai salah satu HP gaming terbaik, mengikuti jejak kesuksesan ROG Phone 6 pada tahun 2022. Meskipun tidak mengalami perubahan drastis, ROG Phone 7 membawa beberapa peningkatan yang signifikan, menjadikannya pilihan yang menarik.

Beberapa perbaikan, seperti peningkatan kecerahan layar, sistem termal yang efisien, dan daya tahan baterai yang mengesankan, memberikan nilai tambah pada pengalaman pengguna. Keberadaan sertifikasi ketahanan IP54 dan pembaruan perangkat lunak selama 4 tahun menambah nilai jangka panjang pada ROG Phone 7.

Meskipun demikian, sebagai HP khusus untuk gaming, kemampuan kamera ROG Phone 7 tidak sebanding dengan flagship umum. Selain itu, kebutuhan tambahan seperti kipas AeroActive Cooler 7 untuk pengalaman gaming intensif memerlukan pengeluaran ekstra.

Jika Anda seorang gamer sejati dan mencari ponsel khusus untuk kebutuhan gaming tinggi, ROG Phone 7 layak dipertimbangkan. Meski dengan beberapa trade-off, ponsel ini menawarkan performa gaming yang luar biasa dan daya tahan yang mumpuni.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn