Kelebihan dan Kekurangan Camon 20 Pro 5G

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Camon 20 Pro 5G
Gambar Camon 20 Pro 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Camon 20 Pro 5G
  • Rilis Juli 2023
  • Layar 6.67 inci AMOLED 120Hz
  • Chipset Mediatek Dimensity 8050 (6 nm)
  • GPU Mali-G77 MC9
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 4.500.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Camon 20 Pro 5G dan Harganya
Tecno, sebagai bagian dari kelompok yang sama dengan Infinix dan itel di bawah naungan Transsion, memiliki ciri khas uniknya sendiri.

Meskipun tergabung dalam satu perusahaan, setiap merek memiliki keunggulan masing-masing. Tecno dikenal dengan desain bodi yang ikonik, memberikan nilai tinggi dengan harga yang terjangkau, dan dilengkapi dengan layar yang berkualitas.

Salah satu produk unggulan Tecno yang mencerminkan karakteristik ini adalah Tecno Camon 20 Pro 5G. Tecno Camon 20 Pro 5G merupakan bagian dari seri Tecno Camon 20 yang diumumkan secara global pada bulan Mei 2023.

Di Indonesia, kehadiran Tecno Camon 20 Pro 5G secara resmi diumumkan pada tanggal 6 Juli 2023, bersamaan dengan perilisan Tecno Camon 20 Pro dan Tecno Camon 20 Premier 5G.

Kelebihan Tecno Camon 20 Pro 5G

Walaupun nama Tecno belum sepopuler merek lain seperti Samsung dan Xiaomi, kualitas Tecno Camon 20 Pro 5G dapat diandalkan dan sebanding dengan pesaing-pesaingnya. Bahkan, beberapa aspek dari Tecno Camon 20 Pro 5G dapat dianggap lebih unggul. Berikut adalah penjelasan mengenai keunggulan-keunggulannya.

Kamera Berkualitas dengan Optical Image Stabilization (OIS)

Meskipun Tecno tidak selalu menonjolkan kemampuan kameranya, Tecno Camon 20 Pro 5G membuktikan keberbedaannya. Kemampuan kameranya yang tinggi untuk kelasnya patut diakui. Perhatian pertama tertuju pada kamera utama 64 MP dengan filter RGBW dan dukungan OIS. Filter warna RGBW tidak hanya meningkatkan kualitas foto dalam kondisi cahaya rendah, tetapi juga memperluas rentang dinamis dan meningkatkan akurasi warna.

Kehadiran OIS merupakan nilai tambah, terutama karena biasanya fitur ini hanya ditemukan pada ponsel dengan harga lebih tinggi. OIS memungkinkan pengguna menghasilkan foto yang tajam, bahkan saat bergerak atau berjalan.

Kamera wide angle 64 MP ini merupakan bagian dari konfigurasi triple camera, dengan tambahan dua sensor pendamping, yaitu 2 MP makro dan 2 MP depth sensor. Kamera makro memungkinkan pengambilan foto close up dengan detail, sementara depth sensor menciptakan efek bokeh dalam mode potret.

Bodi belakang yang menarik juga dilengkapi dengan Ring Light LED Flash, memberikan pencahayaan optimal saat memotret dalam kondisi minim cahaya. Desain berbentuk cincin memberikan eksposur yang lebih baik pada subjek dibandingkan dengan LED Flash konvensional.

Selain itu, Tecno Camon 20 Pro 5G memiliki fitur flagship yang memungkinkan pengguna menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Ini membuka peluang untuk menciptakan konten video yang lebih bervariasi, dengan satu bagian menampilkan tampilan kamera belakang dan sisi lain menampilkan wajah pengguna melalui kamera selfie.

Kamera depan Tecno Camon 20 Pro 5G memiliki resolusi 32 MP dengan bukaan f/2.5 dan sensor berukuran 1/2.8 inci. Piksel berukuran 0.8 ┬Ám, didukung oleh Micro-slit Dual LED Flash, memberikan peningkatan kecerahan saat melakukan selfie.

Meskipun tidak mendukung perekaman 60 FPS, Tecno Camon 20 Pro 5G menawarkan perekaman video 4K pada kamera belakangnya. Perekaman video pada resolusi 4K memberikan fleksibilitas lebih besar untuk pengeditan, memastikan ketajaman video tetap terjaga bahkan setelah proses cropping dan zooming.

Tecno Camon 20 Pro 5G mampu menghasilkan foto dengan detail yang luar biasa dan pencahayaan yang berkualitas. Contohnya, pola-pola pada daun terlihat jelas dalam sampel foto di atas. Efek bokeh terasa rapi, dan foto malam hari menampilkan sedikit atau tanpa noise.

Performa Unggul dengan Dimensity 8050

Tecno Camon 20 Pro 5G menonjolkan performa unggulnya berkat chipset MediaTek Dimensity 8050, yang dibuat dengan teknologi fabrikasi 6 nm. Chipset ini merupakan hasil rebranding dari Dimensity 1300 yang telah diperkenalkan pada tahun 2021.

Dalam hierarki chipset MediaTek, Dimensity 8000 series ditempatkan di kelas menengah, berada di bawah seri flagship Dimensity 9000. Dimensity 8000 series juga berada di atas Dimensity 6000 dan 7000, yang merupakan seri SoC mid to low.

Dimensity 8050 hadir dengan konfigurasi delapan inti (octa-core), sebuah klaster inti prime Cortex A78 berkecepatan 3.0 GHz, empat unit inti performa Cortex A78 berkecepatan 2.6 GHz, dan klaster hemat daya yang menggunakan empat unit inti Cortex A55 berkecepatan 2 GHz.

Chipset ini, yang dibangun dengan teknologi manufaktur 6 nm, juga dilengkapi dengan GPU Mali G77 MC9 yang menggunakan arsitektur Valhall, dengan kecepatan clock GPU mencapai 850 MHz.

Meskipun Tecno Camon 20 Pro 5G bukanlah ponsel yang secara khusus ditujukan untuk gaming, ponsel ini mampu mencetak skor yang mengesankan pada Geekbench 5 dengan 855 poin (single core) dan 2939 poin (multi-core). Namun, perlu dicatat bahwa ponsel ini tidak dilengkapi dengan sistem pendingin yang optimal.

Pengguna dapat mengharapkan performa tinggi pada game mobile ringan seperti Mobile Legends. Namun, pada game berat seperti Honkai Star Rail, terjadi throttling setelah bermain selama 15 menit pada pengaturan Medium 60 FPS, yang menyebabkan stuttering.

Menurut uji AnTuTu v10 yang dilakukan oleh Plou di video YouTube-nya, Tecno Camon 20 Pro 5G mencetak skor 719.609 poin. Video tersebut juga menunjukkan bahwa game Genshin Impact dapat berjalan lancar dengan pengaturan Highest 60 FPS.

Jadi, jika Anda mencari smartphone dengan kamera yang unggul dan juga cocok untuk gaming, Tecno Camon 20 Pro 5G bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, perlu diingat bahwa ponsel ini cenderung mengalami throttling jika digunakan untuk waktu yang lama, sehingga disarankan untuk mempertimbangkan penggunaan cooler eksternal jika berencana untuk bermain game dalam waktu lama.

Layar AMOLED + Laju Penyegaran 120 Hz

Di kelas harga menengah, keberadaan smartphone dengan panel IPS LCD masih umum. Meskipun panel ini memiliki kualitas yang baik, kekurangan efisiensi daya dan kontras rasio seringkali menjadi kendala. Namun, Tecno Camon 20 Pro 5G membedakan diri dengan menyajikan panel AMOLED berkualitas pada layarnya yang berukuran 6,67 inci.

Meskipun bukan smartphone flagship, layarnya yang tidak mendukung Dolby Vision atau HDR10+ tetap menarik dengan bezel tipis di semua sisi. Desain ini memberikan pengalaman layar penuh tanpa distraksi dari bezel yang tebal.

Layar smartphone ini memiliki resolusi Full HD+ 1080p dengan rasio aspek 20:9. Untuk pengalaman yang lebih mulus, pengguna dapat memilih refresh rate 60 Hz, 90 Hz, atau 120 Hz. Terdapat juga opsi auto switch yang menyesuaikan laju berdasarkan aktivitas.

Renzo Carlos, seorang YouTuber, memuji kualitas layar Tecno Camon 20 Pro 5G. Menurutnya, layar AMOLED mampu menampilkan sudut pandang yang luas dengan reproduksi warna yang kaya.

Kelebihan lainnya adalah kecerahan yang tinggi, memberikan tingkat keterbacaan yang baik di bawah sinar matahari. Fitur Always on Display (AOD) juga hadir untuk menampilkan informasi di layar setiap saat, dan layar mendukung 1920 Hz PWM untuk mengurangi kedipan saat berada di tingkat kecerahan rendah.

Selain itu, smartphone ini telah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland untuk mengurangi intensitas cahaya biru, menjaga kesehatan mata pengguna.

In-display Fingerprint

Tecno Camon 20 Pro 5G menjadi salah satu dari sedikit smartphone menengah dengan fitur unik, yaitu sensor sidik jari di layar (in-display fingerprint scanner). Keputusan ini memberikan keunggulan tersendiri, mengingat sebagian besar ponsel menengah menempatkan sensor sidik jari di samping.

Keunggulan pertama adalah keunggulan dari segi desain, menjadikannya lebih unggul daripada pesaingnya yang umumnya hanya menggunakan sensor di samping pada kelas menengah. Keunggulan kedua adalah pengalaman membuka kunci yang lebih alami, karena layar adalah area yang paling sering disentuh oleh jari.

Meskipun sensor di layar memiliki beberapa kelemahan, terutama ketika menggunakan tempered glass, Tecno Camon 20 Pro 5G berhasil memberikan respons yang akurat dan cepat, meskipun tidak secepat sensor di samping pada beberapa ponsel lain, seperti yang dijelaskan oleh Renzo Claros dalam video YouTube-nya.

Konsep Desain yang Unik, Tahan Percikan Air

Salah satu ciri khas utama dari seri ponsel Tecno adalah kombinasi harga terjangkau dengan desain bodi yang mencuri perhatian. Tecno Camon 20 Pro 5G tidak hanya mengusung harga yang terjangkau, tetapi juga hadir dengan desain modul kamera yang unik, berbentuk segi lima, yang sebelumnya diperkenalkan pada Tecno POVA 4.

Desain ini memberikan sentuhan estetis yang menonjol, terutama dengan aksen garis-garis geometris diagonal yang menghiasi bodi belakang secara acak.

Modul kamera ini tidak hanya bersifat dekoratif, tetapi juga praktis karena dapat berfungsi sebagai cermin berkat material reflektifnya. Dengan ketebalan hanya 7,8 mm, ponsel ini memberikan pengalaman yang tipis dan nyaman di genggaman.

Tambahan LED Flash berbentuk cincin di bodi belakang memberikan sentuhan unik, menyala sebagai lampu flash, senter, dan bahkan memberi notifikasi ketika ada panggilan masuk. Daya tahan terhadap percikan air dengan sertifikasi IP53 memberikan rasa aman ekstra dalam menghadapi tetesan air minum atau hujan.

Tecno Camon 20 Pro 5G tersedia dalam varian warna Dark Welkin yang misterius dan elegan, serta Serenity Blue yang menyerupai warna air laut.

Menghadirkan NFC untuk Gaya Hidup Praktis

Ponsel ini menyajikan kepraktisan dengan hadirnya fitur Near Field Communication (NFC). NFC memungkinkan pengguna untuk melakukan sejumlah aktivitas, seperti mendeteksi saldo eMoney dan eToll, bertukar data instan, hingga melakukan transaksi kendaraan umum. Dengan NFC pada Tecno Camon 20 Pro 5G, pengisian saldo atau transaksi semakin praktis, cukup dengan menempelkan kartu ke bodi ponsel.

Fitur konektivitas lainnya termasuk protokol Wi-Fi 5 (802.11 a/b/g/n/ac) dan Bluetooth 5.2 yang mendukung penggunaan TWS (True Wireless Stereo) tanpa delay. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur konektivitas lainnya seperti FM Radio, USB Type-C 2.0 dengan antarmuka OTG, dan port audio jack 3.5 mm.

Suara Lantang dan Immersive dengan Stereo Speaker

Tecno Camon 20 Pro 5G menyajikan kualitas suara yang unggul dengan konfigurasi stereo speaker. Dengan suara keluar dari speaker grille di bagian bawah dan earpiece, pengguna dapat menikmati suara yang jernih dan lantang. Konfigurasi stereo ini memastikan suara tetap jelas dan immersive, bahkan di lingkungan yang bising.

Suara yang dihasilkan juga memiliki bass yang cukup kuat, memberikan pengalaman audio yang memikat, terutama ketika mendengarkan musik tanpa menggunakan earphone. Suara yang berkualitas juga memberikan kejelasan pada konten suara seperti video YouTube atau podcast, menjadikan pengalaman multimedia lebih menyenangkan.

Baterai Tahan Seharian

Tecno Camon 20 Pro 5G memastikan kebutuhan mobilitas dengan menyajikan ketahanan baterai yang mengesankan. Dengan kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh dan panel layar AMOLED, ponsel ini dapat memberikan daya tahan yang baik, terutama ketika menggunakan tema dark mode yang dikenal lebih hemat daya dibandingkan IPS.

Chipset Dimensity 8020 yang memiliki fabrikasi 6 nm juga berkontribusi dalam memperpanjang masa ketahanan baterai, membuktikan efisiensi daya yang tinggi.

Tecno Camon 20 Pro 5G dapat bertahan seharian penuh dalam skenario penggunaan harian yang tidak melibatkan gaming, dengan screen on time mencapai hingga 6 jam. Namun, jika digunakan untuk bermain game, durasi screen on time dapat berkurang menjadi sekitar 4-5 jam.

Fitur fast charging 33 W menjadi nilai tambah, memungkinkan pengguna untuk mengisi daya dengan cepat. Meskipun daya sebesar 33 W sudah umum di kelas menengah, Tecno Camon 20 Pro 5G membuktikan bahwa performa ini tidak hanya terbatas pada ponsel dengan harga lebih tinggi.

Pengisian daya dari 20 hingga 100 persen memerlukan waktu sekitar 1 jam 15 menit, sementara fitur AI Smart Charge memberikan opsi untuk menjaga kesehatan baterai dengan menghentikan pengisian hingga batas maksimal tertentu dan melanjutkannya saat pengguna bangun di pagi hari.

Demikianlah ulasan mengenai Tecno Camon 20 Pro 5G yang mengedepankan desain unik, performa handal, kualitas kamera yang menonjol, konektivitas NFC, suara stereo yang memikat, serta daya tahan baterai yang memadai. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari ponsel yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Kekurangan Tecno Camon 20 Pro 5G

Meskipun Tecno Camon 20 Pro 5G menawarkan berbagai kelebihan yang menarik, penting untuk juga memahami beberapa kekurangannya sebelum membuat keputusan pembelian. Berikut adalah beberapa aspek yang perlu diperhatikan:

Tanpa Kamera Ultrawide

Meskipun Tecno Camon 20 Pro 5G merupakan ponsel yang menitikberatkan pada kemampuan fotografi, disayangkan bahwa ponsel ini tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide.

Kamera ultrawide telah menjadi fitur standar yang diharapkan di kelas harga menengah. Kehadirannya memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan sudut pandang yang lebih luas, ideal untuk pemotretan kelompok, mengabadikan pemandangan luas saat berlibur, atau keperluan street photography.

Tidak Ada Slot Memori Eksternal

Tecno Camon 20 Pro 5G hadir dengan kapasitas memori internal sebesar 256 GB dan RAM sebesar 8 GB. Meskipun konfigurasi ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan banyak aplikasi dan game, sayangnya, ponsel ini tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal. Hal ini bisa menjadi kendala terutama bagi pengguna yang ingin melakukan reset pabrik, karena tidak dapat menyimpan file multimedia di kartu memori eksternal agar tidak terhapus.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Tecno Camon 20 Pro 5G merupakan opsi menengah yang cukup baik meskipun memiliki beberapa kekurangan. Kehadiran fitur Optical Image Stabilization (OIS) pada kameranya memberikan stabilitas yang handal saat memotret, dan kemampuan perekaman video 4K menjadi nilai tambah, terutama bagi para vlogger dan kreator konten.

Layar AMOLED dengan laju penyegaran 120 Hz meningkatkan pengalaman pengguna dalam menonton dan menikmati konten video di YouTube. Kualitas stereo speaker yang jernih dan daya tahan baterai yang memadai juga menjadi keunggulan ponsel ini.

Performa Tecno Camon 20 Pro 5G tidak mengecewakan, bahkan memiliki rasio harga terhadap performa yang baik. Dengan penggunaan pendingin tambahan, ponsel ini dapat menjadi pilihan yang handal untuk kebutuhan gaming.

Meskipun dihargai sekitar Rp4 jutaan di Indonesia, harga ini mungkin terlihat sedikit tinggi untuk brand yang belum begitu dikenal oleh semua orang. Namun, jika melihat spesifikasi yang ditawarkan, Tecno Camon 20 Pro 5G seharusnya menjadi salah satu pilihan menarik di pasar ponsel menengah.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn