Kelebihan dan Kekurangan Camon 20 Premier 5G

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Camon 20 Premier 5G
Gambar Camon 20 Premier 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Camon 20 Premier 5G
  • Rilis Juli 2023
  • Layar 6.67 inci AMOLED 120Hz
  • Chipset Mediatek Dimensity 8050 (6 nm)
  • GPU Mali-G77 MC9
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/512 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 108 (ultrawide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 45W
  • Harga Rp 3.100.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Camon 20 Premier 5G dan Harganya
Pada bulan Mei 2023, Tecno Mobile memperkenalkan lini terbarunya, Tecno Camon 20 Series. Salah satu model unggulan dalam seri ini adalah Tecno Camon 20 Premier 5G. Dalam hierarki model, Tecno Camon 20 Premier 5G menempati posisi tertinggi dibandingkan dengan varian lainnya, seperti Tecno Camon 20, 20 Pro, dan 20 Pro 5G.

Prestige Tecno Camon 20 Premier 5G sebagai model paling tinggi sangat beralasan mengingat spesifikasi dan kemampuannya yang unggul dibandingkan dengan model-model lainnya.

Keunggulan tersebut terlihat dari kehadiran kamera ultrawide 108 MP yang dipadukan dengan sensor-shift OIS pada kamera utama, serta kehadiran chipset tangguh dengan kapasitas memori yang luas. Selain itu, Tecno Camon 20 Premier 5G juga menonjol dengan kelebihan-kelebihan di berbagai sektor lainnya.

Kelebihan Tecno Camon 20 Premier 5G

Tecno Camon 20 Premier 5G hadir sebagai salah satu perangkat terbaru dari Tecno yang siap bersaing di pasaran. HP ini tidak hanya satu kelebihan, melainkan beberapa aspek yang layak diperhatikan. Berikut adalah daftar kelebihan dari Tecno Camon 20 Premier 5G:

Desain Elegan yang Unik

Tecno Camon 20 Premier 5G memukau dengan desain estetik yang unik. Modul kamera yang membentuk ruang bangun segi lima menciptakan tampilan khas dan avant-garde.

Dengan desain bernama Masterful Aesthetics, garis-garis berpola pada bodi layar membentuk Tyson Polygon Deconstructionist Aesthetic. Pengguna dapat dengan mudah mengenali keunikan Tecno Camon 20 Premier 5G dari desain belakangnya.

Tersedia dalam dua varian warna, Serenity Blue dan Dark Welkin, yang cocok dengan tekstur kulit bodi berbahan lychee pattern leather. Material ini tidak hanya memberikan sentuhan premium, tetapi juga tahan noda sidik jari dan goresan. Modul kamera menggunakan bahan keramik klasik, sementara sertifikasi IP53 menambah daya tahan terhadap air dan debu.

Resolusi Layar AMOLED 120 Hz

Layar AMOLED berukuran 6,67 inci pada Tecno Camon 20 Premier 5G memberikan pengalaman visual premium. Dengan color gamut Cinema-grade P3 dan kecerahan puncak 700 nit, layar ini memanjakan mata pengguna. Rasio layar ke bodi mencapai 88,1 persen, memberikan tampilan yang luas dan nyaman.

Refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 360 Hz menjadikan layar responsif dan ideal untuk menonton konten atau bermain game. Desain bezel tipis menambah kesan elegan, sementara resolusi Full HD Plus 1080 x 2460 piksel memberikan kualitas visual yang memukau. Fitur Always-on-Display juga menambah kenyamanan dengan tetap menampilkan notifikasi penting.

Kinerja Tangguh Dimensity 8050

Tecno Camon 20 Premier 5G membawa performa tangguh dengan mengusung chipset terbaru MediaTek, Dimensity 8050. Meskipun baru, chipset ini sebenarnya merupakan varian dari Dimensity 1300. Dengan proses manufaktur 6 nm, Dimensity 8050 menawarkan ketahanan daya yang optimal. Chipset ini memiliki prosesor octa-core dengan tiga klaster.

Klaster utama hadir dengan satu core Cortex A78 berfrekuensi 3,0 GHz, sementara klaster kedua memiliki tiga core Cortex A78 berfrekuensi 2,6 GHz sebagai core performa.

Klaster ketiga yang fokus pada efisiensi dilengkapi dengan empat core Cortex A55 berfrekuensi 2,0 GHz. Teknologi GPU Mali G77 MC9 dengan sembilan core mendukung pengolahan grafis, memungkinkan HP ini untuk menangani game berat.

Pengujian oleh FRED’S TECH HUB di Channel YouTube menunjukkan hasil impresif. Tecno Camon 20 Premier 5G mencapai skor 655.463 pada AnTuTu Benchmark v9 dan 1.090 (single-core) dan 3.073 (multi-core) pada GeekBench 5. Performa tangguhnya terlihat saat memainkan game seperti Call of Duty Mobile, berjalan lancar dan stabil tanpa penurunan kinerja.

Kehadiran jaringan 5G membuatnya bekerja lebih cepat, sementara sistem pendingin Camon Fluency dengan Triathlon memberikan efisiensi termal yang optimal. Dengan demikian, Tecno Camon 20 Premier 5G menawarkan pengalaman pengguna yang luar biasa dalam hal kinerja dan gaming.

Kapasitas Penyimpanan Besar untuk Kelas Harganya

Performa unggul Tecno Camon 20 Premier 5G tak hanya berasal dari chipset, melainkan juga dari kapasitas RAM dan storage yang luar biasa. Sebagai model tertinggi, HP ini menonjolkan memori internal sebesar 512 GB, menjadi salah satu yang terbesar di kelasnya pada tahun 2023.

RAM berkapasitas 8 GB dapat diperluas hingga 16 GB melalui fitur MemFusion, memastikan kelancaran multitasking dan kinerja yang optimal. Meskipun tidak dilengkapi dengan slot microSD, kapasitas yang disajikan sudah cukup untuk menangani berbagai kegiatan harian.

Baterai Berkapasitas Besar dengan Fast Charging 45 W

Tecno Camon 20 Premier 5G menghadirkan keunggulan pada sektor baterai meski berkapasitas standar 5000 mAh. Dukungan chipset yang efisien membuatnya bertahan seharian dengan sekali pengisian.

Fitur AI Smart Charge memberikan extended battery life untuk daya tahan lebih lama. Kelebihan lainnya adalah fitur fast charging super cepat hingga 45 W. Meskipun baterainya besar, proses pengisian tetap efisien dan aman, bahkan ketika digunakan di tempat umum.

Kinerja Kamera Mumpuni

Tecno Camon 20 Premier 5G membawa spesifikasi kamera yang mengesankan, menjadikannya unggul di antara model lain dalam lini serinya. Keunggulan tidak hanya terletak pada resolusi tinggi, tetapi pada penggunaan sensor kamera yang memberikan nilai tambah yang signifikan.

Di bagian belakang, terdapat tiga lensa kamera utama. Kamera utama 50 MP (f/1.8) dengan sensor-shift OIS dan ukuran lensa 1/1.5 inci, memberikan kestabilan lebih baik dengan pergerakan sensor.

Teknologi ini pertama kali digunakan pada iPhone 12 Pro Max dan terbukti efektif dalam meredam guncangan. Hasilnya, gambar yang dihasilkan tetap stabil tanpa goyangan. Kamera utama juga mendukung RGBW Pro ultra steady camera.

Kemudian, kamera ultrawide 108 MP (f/2.2) menawarkan sudut pandang luas hingga 115 derajat dan juga berfungsi sebagai kamera makro. Dilengkapi dengan kamera bokeh atau depth 2 MP (f/2.4) dan LED flash berbentuk ring, serta Laser autofocus, meningkatkan kemampuan dalam pengambilan gambar.

Kamera depan Tecno Camon 20 Premier 5G memiliki resolusi 32 MP (f/2.5) dan didukung oleh Dual-LED flash. Meskipun kualitas perekaman videonya mencapai 1080p dengan 30 fps, kamera depan berhasil menangkap gambar dengan warna natural dan detail yang mencolok. Untuk pengujian lebih lanjut, FRED’S TECH HUB menyajikan hasil langsung dari kamera ini dalam video mereka.

Dari hasil pengujian, Tecno Camon 20 Premier 5G menunjukkan kemampuan yang luar biasa. Kualitas gambar lebih tajam dan warna yang lebih hidup, terutama dalam mode malam yang menghadirkan detail yang lebih baik. Kamera depan juga memberikan hasil yang memuaskan dengan warna yang natural dan detail yang mencolok.

Sensor Lengkap dengan Fingerprint Under Display

Tecno Camon 20 Premier 5G tidak hanya unggul dalam sektor utama, tetapi juga menawarkan kelengkapan sensor yang menarik. Salah satu fitur yang mencolok adalah kehadiran sensor gyroscope, memungkinkan navigasi dan penentuan arah dengan gerakan HP. Sensor ini sangat berguna dalam game balap atau perang seperti PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile.

Keberadaan sensor gyroscope menjadi poin menarik, terutama karena hanya Tecno Camon 20 Premier 5G dan 20 Pro 5G yang memiliki fitur ini. Model lain dalam lini serinya, seperti Tecno Camon 20 dan 20 Pro, tidak dilengkapi dengan sensor gyroscope.

Selain itu, Tecno Camon 20 Premier 5G dilengkapi dengan sensor lainnya, termasuk accelerometer, proximity, dan compass. Ponsel ini juga menyematkan sensor sidik jari di bawah layar, memudahkan pengguna untuk membuka HP dengan cepat dan aman.

Respon dari sensor sidik jari ini sangat cepat, dengan waktu deteksi kurang dari satu detik, mulai dari saat jari ditempelkan hingga layar terbuka.

Speaker Stereo

Tecno Camon 20 Premier 5G membawa sektor speaker dengan dual speaker atau speaker stereo yang ditempatkan di bagian atas dan bawah perangkat. Kualitas suara yang dihasilkan sangat memuaskan, terutama dalam hal bass. Penggunaan teknologi High-bass Synergy pada speaker menghasilkan suara bass yang kuat.

Dengan sertifikasi Hi-Res Audio professional, suara yang dihasilkan menjadi lebih jernih, lebih akurat, dan lebih nyata. Keberadaan speaker stereo ini memberikan nilai tambah yang signifikan, terutama karena seri sebelumnya, Tecno Camon 19 Series, tidak mendukung speaker stereo.

Pengguna dapat menikmati kualitas suara yang luar biasa saat menonton film, mendengarkan musik, atau bermain game. Speaker stereo membawa pengalaman audio yang lebih kaya dan mendalam pada Tecno Camon 20 Premier 5G.

Kekurangan Tecno Camon 20 Premier 5G

Sebagai Sebuah HP Kelas Menengah, Tecno Camon 20 Premier 5G Mungkin Memiliki Beberapa Kekurangan yang Perlu Dipertimbangkan:

Absennya Slot MicroSD

Tecno Camon 20 Premier 5G memiliki kekurangan dengan tidak menyertakan slot microSD. Ini bisa menjadi kendala bagi sebagian pengguna, terutama yang membutuhkan ruang penyimpanan internal lebih besar untuk menyimpan berbagai file, termasuk game. Kapasitas memori internal yang tertinggi hanya mencapai 512 GB, dan tanpa slot microSD, pengguna tidak dapat memperluas kapasitas penyimpanan internalnya.

Ketidakberadaan Port Audio Jack 3,5 mm

Meskipun kualitas suara speaker Tecno Camon 20 Premier 5G diakui baik, kekurangan lainnya adalah absennya port audio jack 3,5 mm. Hal ini menjadi kekurangan bagi pengguna yang sering menggunakan earphone kabel.

Meskipun bisa diatasi dengan menggunakan converter USB Type-C, namun hal ini membatasi kemampuan pengguna untuk menggunakan earphone saat mengisi daya HP. Alternatifnya adalah menggunakan earbuds atau earphone wireless, dan Tecno menyertakan earphone Type-C dalam kotak penjualannya sebagai solusi.

Kesimpulan

Tecno Camon 20 Premier 5G mengemuka sebagai salah satu ponsel terbaru dari Tecno yang mengundang perhatian. Sebagai varian tertinggi dalam seri Camon 20, ponsel ini menonjol berkat sejumlah spesifikasi dan kemampuan unggulnya.

Salah satu keunggulan utama Tecno Camon 20 Premier 5G adalah sektor kamera. Meskipun resolusi kamera utamanya "hanya" 50 MP, kehadiran sensor-shift OIS menambah nilai positif pada kinerjanya. Sensor ini, yang umumnya digunakan pada produk Apple seperti iPhone 12 Pro Max, meningkatkan kemampuan stabilisasi, melampaui OIS konvensional.

Ponsel ini juga menonjol dengan kamera ultrawide hingga 108 MP, yang juga berfungsi sebagai kamera makro. Kinerja kameranya patut diacungi jempol, terutama mengingat harga yang masih terjangkau. Tecno Camon 20 Premier 5G dijual sekitar 450 Dolar AS atau sekitar Rp6,6 jutaan di Nigeria.

Selain sektor kamera, chipset yang digunakan sangat tangguh untuk kelasnya. Tecno Camon 20 Premier 5G ditenagai oleh Dimensity 8050 dengan kecepatan clock hingga 3 GHz. Kinerja optimal diperoleh dengan RAM hingga 8 GB dan penyimpanan internal luas 512 GB.

Layar ponsel ini menjadi salah satu keunggulan lain dengan panel AMOLED 120 Hz dan resolusi Full HD Plus. Dengan layar lebar 6,67 inci, ponsel ini cocok untuk menonton, terlebih lagi dengan dukungan speaker stereo berkualitas tinggi.

Setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan Tecno Camon 20 Premier ini, apakah Anda tertarik untuk memilikinya? Untuk kepastian, sebaiknya cari tahu perbedaan antara model Tecno Camon 20 Series lainnya. Sekian pembahasan kali ini, dan sampai jumpa.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn