Kelebihan dan Kekurangan Pova 5 Pro 5G

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Pova 5 Pro 5G
Gambar Pova 5 Pro 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Pova 5 Pro 5G
  • Rilis Agustus 2023
  • Layar 6.78 inci IPS LCD 120Hz
  • Chipset Mediatek Dimensity 6080 (6 nm)
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 0.08 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 68W
  • Harga Rp 2.950.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Pova 5 Pro 5G dan Harganya
Pada awal bulan Agustus 2023, Tecno POVA 5 Pro 5G resmi hadir di Indonesia bersamaan dengan dua varian lainnya, yaitu Tecno POVA 5 dan Tecno POVA Neo 3. Ponsel ini mengemban tugas sebagai penerus dari Tecno POVA 4 Pro yang sebelumnya telah dirilis pada Desember 2022.

Sebagai ponsel gaming, Tecno POVA 5 Pro 5G membawa sejumlah peningkatan signifikan, termasuk performa chipset yang lebih canggih, dukungan jaringan 5G, desain bodi yang lebih eksklusif, dan peningkatan drastis pada kecepatan pengisian baterai.

Tecno POVA 5 Pro 5G menempatkan diri sebagai salah satu ponsel gaming terjangkau dengan harga sekitar Rp2 jutaan. Ponsel ini langsung bersaing dengan Redmi 12 yang juga dirilis pada periode waktu yang sama.

Demi memenuhi tingginya permintaan untuk ponsel gaming di kisaran harga yang terjangkau, Tecno POVA series selalu berupaya keras untuk memberikan nilai yang tinggi sesuai dengan harga yang dibayarkan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Tecno POVA 5 Pro 5G yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber.

Kelebihan Tecno POVA 5 Pro 5G

Berikut adalah 7 Keunggulan yang Dimiliki oleh Tecno POVA 5 Pro 5G, dengan beberapa di antaranya berfokus pada performa, desain, dan layar. Rincian lebih lanjut dapat ditemukan pada poin-poin berikut:

Performa Hebat dengan Chipset Dimensity 6080

Tecno POVA 5 Pro menampilkan kekuatan impresif dengan chipset Dimensity 6080 di kisaran harga Rp2 jutaan. Chipset ini, yang sebenarnya merupakan rebranding dari Dimensity 810, memberikan kinerja luar biasa untuk ponsel dengan harga sekelasnya.

Keberadaan Dimensity 6080 menandai langkah maju, membawa dukungan jaringan seluler 5G, menggantikan pendahulunya, Tecno POVA 4 Pro, yang masih menggunakan jaringan 4G. Sementara 5G mungkin belum merata di Indonesia, tetapi memiliki ponsel 5G memastikan keberlanjutan penggunaan di masa depan saat teknologi ini lebih banyak diadopsi.

Dimensity 6080 memiliki konfigurasi prosesor yang sama dengan Dimensity 810, yaitu dua inti performance core Cortex A76 (2.4 GHz) dan enam unit hemat daya Cortex A55 (2.0 GHz), serta GPU Mali G57 MC2. Chipset ini mendukung kamera hingga resolusi 108 MP dengan noise reduction bertenaga hardware dan mampu menampilkan laju penyegaran layar 120 Hz pada layar Full HD+ 1080p.

Tecno POVA 5 Pro mengesankan dengan menyediakan penyimpanan internal sebesar 256 GB pada standar UFS 2.2. Tambahan fitur Extended RAM memungkinkan pengguna memperluas RAM hingga 16 GB (8+8 GB), memberikan pengalaman pengguna sekelas flagship dengan kecepatan storage yang tinggi.

Performa Dimensity 6080 terbukti luar biasa melalui uji AnTuTu v9 dengan skor mencapai 405.736 poin. Meskipun tidak jauh berbeda dengan Helio G99 pada Tecno POVA 5 reguler atau Tecno POVA 4 Pro, chipset ini memberikan pengalaman gaming memukau. Skor Geekbench 5 juga menunjukkan performa yang impresif, dengan 743 poin (single core) dan 1983 poin (multi-core).

Tecno POVA 5 Pro 5G dilengkapi dengan sistem pendingin ruang uap (vapor chamber) seluas 2.820 mm persegi dan area peredam panas seluas 12.979 mm persegi.

Sistem ini menjaga suhu ponsel agar tetap optimal, membuatnya 2 derajat Celsius lebih dingin saat bermain gim intensif. Pengguna dapat menikmati sesi gaming lebih lama tanpa khawatir tentang panas atau throttling.

Dengan performa yang teruji pada gim-gim berat seperti Genshin Impact, Tecno POVA 5 Pro 5G menawarkan kemampuan untuk menjalankan gim ini dengan lancar, bahkan pada pengaturan Medium atau Low.

Dengan demikian, ponsel ini diharapkan dapat dengan mudah menangani gim-gim ringan seperti Mobile Legends Bang Bang, Free Fire, PUBG Mobile, Asphalt 9, dan COD Mobile dengan frame rate yang mulus pada pengaturan tinggi.

Gyro Hardware untuk Presisi dalam Gaming

Tecno POVA 5 Pro membuktikan komitmennya terhadap pengalaman gaming dengan menyematkan gyro hardware. Berbeda dengan beberapa ponsel sekelasnya yang hanya menyediakan gyro secara software dengan responsivitas kurang memuaskan, Tecno POVA 5 Pro hadir dengan hard gyroscope.

Fitur ini meningkatkan akurasi bidikan crosshair pada gim populer seperti PUBG Mobile dan COD Mobile, memberikan pengalaman gaming yang lebih responsif dan realistis.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur konektivitas, termasuk sensor sidik jari di samping, Bluetooth, Wi-Fi 5 dual band, dan USB Type C 2.0. Tidak hanya itu, Tecno POVA 5 Pro juga menyajikan Z-axis Linear Motor untuk memberikan getaran haptic feedback yang terasa nyata, menambahkan dimensi realisme pada pengalaman gaming.

Layar 120 Hz yang Responsif

Layar Tecno POVA 5 Pro 5G memiliki ukuran yang lebih besar, yaitu 6,78 inci, dibandingkan dengan pendahulunya. Dengan layar IPS LCD, ponsel ini menawarkan tingkat kecerahan puncak hingga 580 nit dan resolusi Full HD+ 1080 x 2460 piksel.

Salah satu pembaruan signifikan adalah peningkatan refresh rate menjadi 120 Hz, meningkat dari 90 Hz pada Tecno POVA 4 Pro. Refresh rate yang lebih tinggi memberikan pengalaman grafis yang lebih halus, 50% lebih cepat dari laju standar 60 Hz.

Dengan touch sampling rate 240 Hz, layar ponsel ini dapat merespons sentuhan jari dengan lebih cepat, menjadikan pengalaman gaming lebih responsif. Pengguna juga dapat menikmati kontrol yang lebih leluasa berkat layar yang mendukung teknologi ini.

Dual Stereo Speaker untuk Suara Lebih Jelas

Tecno POVA 5 Pro memanjakan pengguna dengan pengalaman audio yang memukau berkat kehadiran dual stereo speaker. Dengan satu speaker di bagian bawah dan earpiece di atas yang berfungsi sebagai speaker kedua, suara yang dihasilkan lebih jelas dan memberikan pengalaman audio yang lebih memuaskan.

Keberadaan stereo speaker tidak hanya meningkatkan kualitas audio secara keseluruhan, tetapi juga menciptakan efek spasial yang imersif dengan memisahkan suara antara kiri dan kanan.

Selain itu, ponsel ini tetap mempertahankan keberagaman opsi audio dengan menyediakan jack audio port 3.5 mm, memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan earphone mereka. Sebuah fitur yang sangat diapresiasi mengingat banyak ponsel menengah dan flagship menghilangkan port audio 3.5 mm.

Fast Charging Meningkat menjadi 68 W

Tecno POVA 5 Pro 5G membawa peningkatan signifikan pada fitur fast charging. Sebelumnya, model sebelumnya, Tecno POVA 4 Pro, sudah dilengkapi dengan fast charging 45 W yang cukup impresif.

Namun, kini, Tecno POVA 5 Pro 5G memperkenalkan fast charging 68 W. Teknologi Ultra Charge 68 W ini memungkinkan pengguna mengisi baterai hingga 50 persen dalam waktu singkat, hanya dalam 15 menit saja.

Dalam kemasan penjualan, pengguna akan menemukan charger 68 W Ultra Charge beserta kabelnya. Kapasitas baterai yang besar, mencapai 5.000 mAh, membuat ponsel ini dapat bertahan sepanjang hari dengan penggunaan normal. Proses pengisian daya dari kosong hingga penuh hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit.

Fitur lain yang perlu dicatat adalah fitur bypass charging yang aktif ketika baterai sudah penuh. Ini memastikan pasokan arus listrik langsung menuju motherboard alih-alih ke baterai, mengurangi risiko peningkatan suhu ponsel dan kerusakan akibat penggunaan sambil di-charge.

Selain itu, ponsel memberikan peringatan jika mendeteksi carian atau benda asing di port pengisian, dan teknologi hardware STS untuk mengurangi risiko korsleting.

Desain Naik Kelas dengan Lampu Penanda Notifikasi

Tecno POVA 5 Pro 5G tidak hanya unggul dalam hal performa, tetapi juga desain. Ponsel ini tetap mempertahankan desain khas seri POVA namun dengan sentuhan baru. Desain 3D Mecha memberikan kesan futuristik dengan detail teknologi engraving litografi nano-micro pada bodi belakang.

Yang menarik adalah adopsi konsep Colorful LED Ambient Light Strip, sebuah inovasi pada garis-garis diagonal di bodi belakang yang memberikan sembilan warna RGB saat menerima notifikasi, panggilan, atau ketika baterai sedang lemah. Efek berkedip pada lampu LED juga menarik, mengikuti kecepatan getaran ringtone.

Material plastik polycarbonate pada frame dan belakang memberikan kesan kokoh, dengan sensor sidik jari yang terletak di samping untuk kenyamanan pengguna.

Dimensi yang proporsional dengan bezel tipis memberikan screen-to-body ratio hingga ~85,7 persen, sementara tiga varian warna, yaitu Dark Illusion, Silver Fantasy, dan Free Fire Edition, menambah opsi personalisasi bagi pengguna.

Slot Memori Khusus untuk Ekspansi Storage

Sebagai poin penting yang membuat Tecno POVA 5 Pro 5G semakin menarik, ponsel ini kini dilengkapi dengan slot memori khusus. Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa ponsel ini sudah menyediakan internal storage sebesar 256 GB dan RAM 8 GB. Namun, keunikan terletak pada adanya slot memori yang dapat digunakan secara terpisah.

Fitur slot memori khusus ini menjadi penambahan yang dinantikan, terutama bagi mereka yang menginginkan opsi ekspansi storage. Dengan adanya slot memori ini, pengguna dapat dengan mudah pertukaran data atau melakukan backup menggunakan microSD, memastikan keamanan file saat ponsel mengalami factory reset.

Fitur ini menjadi solusi praktis untuk pengguna yang memerlukan ruang penyimpanan tambahan atau ingin memindahkan data dengan lebih mudah tanpa harus menggantikan kartu SIM atau mengandalkan transfer data online.

Kekurangan Tecno POVA 5 Pro

Selain menyajikan kelebihan-kelebihan yang menonjol, terdapat beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli Tecno POVA 5 Pro 5G. Pertimbangan-pertimbangan tersebut meliputi:

Kemampuan Kamera yang Standar, Tanpa Lensa Ultrawide

Meskipun Tecno POVA 5 Pro 5G menampilkan dual camera, sebagian besar pemakai cenderung menganggapnya hanya memiliki satu kamera utama.

Hal ini dikarenakan kamera kedua berupa sensor depth dengan resolusi 0,08 MP, yang pada akhirnya tidak memberikan kontribusi signifikan pada kualitas foto. Kamera utama ponsel ini adalah sensor 50 MP AI dengan fungsi wide-angle dan fitur PDAF. Kemampuan perekamannya mencapai resolusi 1080p dan 1440p (2K) pada kecepatan 30 FPS.

Di sisi depan, Tecno POVA 5 Pro 5G dilengkapi dengan desain punch hole yang menyematkan sensor 16 MP untuk pengambilan selfie.

Kemampuan perekamannya mencapai resolusi 1080p pada 30 FPS. Meskipun ponsel ini memiliki berbagai fitur unik, pengalaman fotografi yang dihasilkan tergolong standar dan terasa kurang optimal, terutama dengan ketiadaan lensa ultrawide.

Bobot Bodi yang Cukup Berat

Meskipun memiliki desain menarik dan fitur lampu LED yang mencolok, Tecno POVA 5 Pro 5G memiliki bobot yang tergolong berat, yakni mencapai 220 gram. Bobot yang tinggi memang umum terjadi pada ponsel gaming karena kompleksitas komponennya.

Namun, beberapa ponsel gaming mampu menjaga bobotnya agar tetap ringan. Contohnya, Infinix GT 10 Pro dengan bobot 187 gram sebagai ponsel gaming di kisaran harga Rp3 jutaan. Infinix Note 30 Pro juga memiliki bobot yang lebih ringan, yaitu 203 gram, sementara tetap menawarkan fitur-fitur tambahan seperti bypass charging dan wireless charging.

Penurunan Kapasitas Baterai

Meski bobot yang cukup berat pada Tecno POVA 5 Pro 5G bisa dimaklumi jika ponsel mempertahankan kapasitas baterai 6.000 mAh seperti pendahulunya, namun kenyataannya berbeda. Tecno POVA 5 Pro 5G kini hanya dibekali baterai standar 5.000 mAh, menjadikannya tidak berbeda jauh dengan sejumlah smartphone mainstream lainnya di pasaran.

Fitur unggulan pada Tecno POVA 4 Pro yang menarik perhatian, yaitu baterai ekstra besar yang mendukung durasi gaming lebih lama, tampaknya tidak dipertahankan. Tecno tampaknya memilih jalur fast charging yang lebih cepat dengan mengorbankan kapasitas baterai.

Meskipun belum ada ulasan yang secara khusus membahas daya tahan baterai Tecno POVA 5 Pro 5G, namun jika merujuk pada ponsel lain dengan kapasitas baterai serupa, diperkirakan bahwa ponsel ini dapat bertahan sepanjang hari atau bahkan hingga hari kedua dengan pemakaian ringan.

Hal ini didukung oleh kehadiran chipset berfabrikasi 6 nanometer yang cenderung hemat daya. Selain itu, ponsel ini dilengkapi dengan fitur penghematan daya perangkat lunak yang dapat mengurangi konsumsi daya ketika diaktifkan.

Kesimpulan

Dengan harga rilis sebesar Rp2,9 juta di Indonesia, Tecno POVA 5 Pro 5G menyajikan sejumlah fitur yang dapat membuat pesaingnya "tersungkur" mengingat spesifikasinya yang sangat kuat pada kisaran harga tersebut.

Ponsel ini menawarkan fast charging super cepat 68 W, skor AnTuTu v9 mencapai 400 ribuan, dan desain bodi yang dilengkapi dengan mekanisme lampu RGB yang menarik. Bayangkan, semua fitur ini bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp3 juta.

Keberadaan teknologi 5G pada ponsel ini juga menjadikannya lebih tangguh untuk masa depan dibandingkan dengan pendahulunya yang hanya menggunakan Helio G99. Meskipun peningkatan performa tidak terlalu signifikan, kehadiran 5G membuat pengguna tidak perlu khawatir tentang ketinggalan teknologi saat jaringan 5G mulai berkembang di Indonesia.

Bagi pengguna Tecno POVA 4 Pro, melakukan pertukaran dengan Tecno POVA 5 Pro 5G nampaknya menjadi pilihan yang masuk akal. Terutama bagi para gamer yang ingin menikmati Genshin Impact tanpa mengeluarkan biaya yang terlalu besar, ponsel ini dapat dianggap sebagai pilihan terdekat dengan kata "sempurna" dalam kisaran harga Rp2 jutaan. Apakah Anda tertarik?

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn